Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Grand Hotel No.33, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Bandung Barat hingga kini masih menjadi daerah yang menarik untuk dijelajahi. Bahkan kabupaten ini sangat cocok mendapatkan julukan sebagai surganya wisata. Ada banyak destinasi yang bisa Anda kunjungi, salah satunya Floating Market Lembang. Destinasi satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Pengunjung akan diajak untuk berburu kuliner sampai dengan menjajal beragam wahana yang ditawarkan. Selengkapnya Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Floating Market Lembang

Tentang Floating Market
Image Credit: Google Maps (Rita Sari)

Sejak baru dibuka hingga saat ini, Floating Market ini menjadi destinasi yang tidak pernah sepi pengunjung. Di buku di akhir 2012, seperti namanya Anda memang akan menemukan pasar apung. Sebelum diubah menjadi lebih modern, tempat ini awalnya adalah danau alami yang namanya Situ Umar dan juga difungsikan sebagai kolam pemancingan.

Awalnya tempat ini memang tidak terlalu luas, namun kini telah mengalami ekspansi. Membuat Anda bisa puas berkeliling di area wisata ini. Sesuai namanya, Anda akan menemukan stand stand penjual kuliner yang ada di perahu. Area kuliner ini menjadi daya tarik utamanya, dan membuatnya menjadi wisata yang cocok dikunjungi dengan keluarga.

Sebenarnya Anda memang akan membeli jajanan dengan perahu. Tetapi ketika menikmatinya, Anda tetap akan di darat. Didukung dengan udara yang begitu sejuk, suasana yang asri dan tertata dipastikan liburan Anda semakin sempurna. Tak hanya di area floating market, hadirnya cafe dan tempat makan di area daratnya juga menarik di coba.

Karena memiliki area yang cukup luas, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di tempat wisata hits Lembang ini. Mengingat taman wisata ini juga telah menghadirkan banyak wahana yang bisa dicoba. Menariknya lagi, Anda juga bisa sekalian berburu spot spot foto untuk mengambil foto. Pasar terapung ini terkenal sebagai tempat yang instagramable.

Daya Tarik Wisata Floating Market Lembang

Daya Tarik Floating Market
Image Credit: Twitter.com @parkim929395

1. Pemandangan Alam Yang Indah

Dengan semua yang dihadirkan, Floating Market terletak di area yang masih sangat alami. Alam pegunungan yang mengelilinginya membuat siapapun ingin berlama lama di tempat wisata andalan Lembang ini. Karena pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah lengkap dengan udara sejuk yang menenangkan.

Memang wisata ini menggabungkan wisata alam dengan sentuhan modern yang cantik. Pepohonan pepohonan rindang hadir semakin menambah asri suasananya. Rumput hijau lengkap dengan taman bunga cantik juga dihadirkan di area daratnya. Deretan gazebo yang berjajar rapi siap untuk menjadi tempat istirahat Anda saat sudah lelah mengelilingi tempat wisata ini.

2. Menghadirkan Banyak Spot Foto

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tempat satu ini memiliki banyak spot foto yang unik. Ketika Anda sudah puas berkeliling danau, Anda memang bisa menjadikan bagian daerah daratannya sebagai bagian selanjutnya. Anda bisa menemukan rumah kaca maupun rumah batik yang sangat cocok sebagai tempat hunting foto.

Anda juga akan menemukan Rainbow Garden yang hadir dengan berwarna warni bunga. Area taman bunga ini sangat sayang untuk dilewatkan, apalagi udaranya di sini sangat segar. Tidak hanya cantik di siang hari, Anda juga akan dimanjakan dengan limpahan lampu saat malam hari. menghasilkan pemandangan yang berbeda dan semakin cantik.

Daya Tarik Floating Market Lembang
Image Credit: Twitter.com @asriel1606

3. Menawarkan Banyak Menu Nikmat

Daya tarik utama yang membuat para pelancong tak melewatkan wisata hits di Lembang ini adalah kulinerannya. Memang rasanya tidak lengkap jika tidak berburu kuliner di suatu daerah. Apalagi Bandung termasuk wilayah Indonesia yang akan memanjakan siapapun dengan kulinernya. Dan di Floating Market, Anda bisa menemukan banyak kuliner khas Bandung.

Makanan khas tradisional ataupun yang kekinian semuanya akan dihadirkan dengan rasa yang luar biasa. Bahkan sudah ada yang disajikan dengan tampilan yang lebih modern. Nantinya Anda tidak bisa menggunakan uang cash untuk belanja di area pasar terapung ini. Anda harus menukarkan terlebih dahulu, karena ada alat tukar khusus telah disiapkan.

Anda akan menaiki sebuah perahu untuk menuju tempat para penjual makanan ini. Suasana danau yang asri menambah kesan tersendiri pada tempat wisata ini. Dengan begitu Anda tidak hanya memanjakan lidah dan perut anda, Anda juga bisa sekalian merasakan pengalaman yang berbeda. Mengingat tidak semua tempat memiliki pasar apung seperti ini.

4. Menawarkan Banyak Wahana

Kegiatan liburan Anda di Floating Market Lembang memang akan semakin lengkap. Karena tempat wisata ini menawarkan banyak wahana yang bisa Anda jajal. Inilah yang juga menjadi alasan mengapa sangat cocok jadi tujuan wisata keluarga. Wahana yang ditawarkan adalah wahana permainan air. Mulai dari kereta air, sampan keluarga, kano, sepeda air hingga paddle boat anak.

Ketika Anda mencoba untuk menaiki wahana yang ada, Anda tak perlu khawatir soal keamanan. Hampir setiap penumpang yang menaiki wahana air akan dikenakan pelampung sebagai pelampung. Bahkan untuk anak anak sekalipun juga akan mengenakan pelindung ini. Berkeliling area danau dengan wahana yang ada tentu akan sangat seru.

Selain wahana air, Anda juga bisa mencoba beberapa wahana yang ada di darat. Seperti mengendarai becak maupun mobil mini. Mengelilingi area wisata ini dengan kedua kendaraan lucu ini tentu menyenangkan. Apalagi seperti yang kita tahu, kawasan wisata ini tidaklah sempit, melainkan sangat luas jika berjalan kaki.

Alamat dan Rute Menuju Floating Market Lembang

AlamatFloating Market Lembang
Image Credit: Twitter.com @nomadictravel1

Untuk menghabiskan liburan Anda di Lembang, Anda yang singgah di Floating Market Lembang akan sangat mudah menjangkaunya. Lokasinya berada di Jl. Grand Hotel No 33E Lembang, Bandung Barat. Untuk sampai di wisata hits Bandung ini, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit jika perjalanan Anda lancar.

Jarak yang harus ditempuh memang tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15 km. Jika dari pusat kota Bandung, Anda hanya perlu untuk menuju Lembang. Memang ada banyak jalur alternatif yang bisa Anda gunakan untuk sampai di wisata ini. Anda bisa memilih yang paling mudah dan dekat untuk menghemat waktu.

Untuk Anda yang melakukan perjalanan dari Bandung, Anda bisa melalui Jalan Cipaganti untuk sampai di Jl. Setiabudi. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Jalan Tangkuban Perahu. Jika Anda sudah sampai di Alun Alun Lembang, Anda akan menemukan perempatan. Di perempatan ini, silahkan ambil belok kanan dan ikuti saja jalannya.

Hingga akhirnya di sebelah kiri Anda akan menemukan Kawasan wisata ini. Sudah ada petunjuk arah yang akan memudahkan Anda untuk mencapai tempat wisata ini. Sementara untuk Anda yang dari Subang, Anda bisa menggunakan jalur Sari Ater. Dilanjutkan sampai ke arah Tangkuban Perahu, lanjutkan sampai di Pasar Lembang ambil kanan dan sampai tujuan.

Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Cirebon, Anda bisa menggunakan tol. Nantinya keluar di Gerbang Tol Subang dan ikuti rute yang ada. Namun jika menggunakan jalur dari Kota Sumedang, Anda bisa menggunakan Jalan Sukajadi dan menuju Jalan Setiabudi. Dilanjutkan menuju Alun Alun Lembak dan ambil belok kanan, sekitar 300 meter akan sampai tujuan.

Harga Tiket Masuk Wisata Floating Market Lembang

Harga Tiket Floating Market Lembang
Image Credit: Twitter.com @mythicals3lf_

Selain mengetahui rute menuju tempat wisata ini, Anda juga harus tahu harga tiket Floating Market Lembang. Biaya yang harus Anda bayarkan tidaklah mahal, masih terbilang ramah kantong. Harga tiket masuk dibanderol sekitar Rp 30 ribu dan berlaku untuk pengunjung mulai usia 2 tahun. Jika usianya dibawah 2 tahun, tentu tidak perlu membayar penuh tiket masuk.

Umumnya harga tiket masuk akan mengalami kenaikan ketika akhir pekan ataupun di musim liburan. Tetapi tenang saja, tidak akan sampai dua kali lipat. Harga tiket masih belum termasuk dengan ketika Anda memasuki wahana wahananya. Anda harus membayar tiket tambahan, dengan harga yang berbeda beda untuk setiap wahananya.

Untuk Anda yang ingin menjajal wahana airnya, Anda butuh mengeluarkan mulai dari Rp 20 ribu untuk kereta air. Sementara untuk sampan sekitar Rp 70 ribu dan bisa dinaiki oleh 4 orang. Jika ingin menjajal kano dan sepeda air mulai dari Rp 50 ribu setiap 30 menit. Mencoba paddle boat juga bukan ide yang buruk, tiketnya sekitar Rp 20 ribu untuk dua orang.

Anda yang ingin menjelajah Kota Mini, perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 25 ribu. Menikmati Rainbow Garden, harga tiketnya mulai dari Rp 10 ribu. Berinteraksi dengan kelinci di taman kelinci, Anda perlu membayar tiket mulai Rp 20 ribu. Harga tiket tersebut juga berlaku untuk di Kampung kandang, Becak sampai dengan Miniatur Kereta Api.

Harga tiket masuk juga masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan Anda. Untuk Anda yang membawa kendaraan roda dua, Anda dikenakan biaya parkir mulai Rp 5 ribu. Sementara untuk kendaraan roda empat sekitar Rp 10 ribu. Harga tiket masuk, tarif parkir hingga harga tiket wahana tentunya bisa naik sewaktu waktu.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata hits Lembang ini setiap hari, dari hari Senin hingga hari Minggu. Jam bukanya mulai pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 WIB. Agar bisa puas menikmati setiap sudut Floating Market, ada baiknya Anda datang dari pagi. Jika ingin suasana yang lebih lenggang Anda juga bisa datang di hari biasa bukan di musim liburan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Floating Market Lembang

Aktivitas di Floating Market Lembang
Image Credit: Twitter.com @TravelToe

1. Menikmati Suasananya

Aktivitas yang pasti dilakukan dan tidak akan dilewatkan oleh pengunjung adalah menikmati suasananya. Menikmati hamparan danau yang luas dengan pemandangan alam sekitar yang indah tentu akan membuat segala penat terhempas. Udaranya yang sejuk juga menambah daftar panjang mengapa tempat satu ini menjadi primadona untuk liburan keluarga.

Danau ini akan berisikan perahu perahu yang menawarkan berbagai macam makanan. Di pinggir danau juga berderet deret para penjual yang bisa Anda pilih sesuai selera. Anda jug bisa menemukan spot yang menawarkan barang antik khas Jepang. Waktu paling tepat jalan jalan adalah ketika sore mendekati malam, karena suasananya akan sangat berbeda dibanding siang.

2. Naik Perahu atau Wahana Air

Untuk membuat liburan Anda di Floating Market Lembang semakin lengkap, Anda juga bisa mencoba wahana air. Walaupun harus mengeluarkan biaya tambahan, tapi kegiatan ini sangat seru dan menyenangkan. Bukan hanya untuk orang dewasa saja, ada juga wahana air yang khusus untuk anak anak. Mendayung dan mengitari danau akan jadi kegiatan yang seru.

3. Berwisata Kuliner

Kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah menjajal aneka kulinernya. Setelah menjelajah setiap sudut dari wisata ini, memanjakan lidah dan perut adalah ide yang bagus. Namun sebelum Anda membeli makanan, Anda harus menukarkan uang Anda terlebih dahulu. Saat ini telah menggunakan koin khusus yang dikenal dengan koin peng.

Aktivitas di Floating Market
Image Credit: Twitter.com @akbaymeratus1

4. Hunting Foto

Rasanya tidak lengkap jika liburan tidak mengabadikan setiap momen. Di Floating Market, Anda akan di support dengan hadirnya spot spot foto yang beragam. Mulai dari Rainbow Garden yang bisa berfoto di taman bunga. Taman Kelinci yang artinya Anda bisa berfoto dengan kelinci menggemaskan hingga di area danaunya semuanya indah.

Untuk membuat kegiatan berpose semakin menyenangkan, Anda bisa menyewa Kimono. Karena terdapat spot yang sangat identik dengan negara Sakura ini. Dengan menyewa kostum ini, Anda seakan akan sedang berada di Jepang. Menariknya suasana Jepang ini berada di atas air, sehingga pemandangan danau pun bisa terlihat dari sini.

5. Berburu Cinderamata

Liburan tanpa berburu oleh oleh memang dirasa tidak lengkap. Saat Anda liburan ke tempat wisata Lembang ini, Anda juga bisa sekalian membeli cinderamata untuk keluarga atau sahabat di rumah. Mulai dari baju, aksesoris, tas sampai makanan ringan bisa Anda buru di sini. Jika ingin sesuatu yang unik, membeli pernak pernik khas Jepang juga bukan ide yang buruk.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Floating Market Lembang

Fasilitas di Floating Market Lembang
Image Credit: Google Maps (Muhammad Fahmi Rabbani)

Selain menawarkan banyak kegiatan yang menyenangkan, Anda juga bisa menemukan fasilitas pendukung di kawasan wisata ini. Dengan hadirnya fasilitas yang memadai, tentu akan semakin memanjakan pengunjungnya. Pengunjung bisa menghabiskan liburan dengan nyaman dan membuat memori yang menyenangkan ketika di Floating Market.

Anda bisa menemukan area parkir yang cukup luas, sehingga semua kendaraan bisa terparkir dengan rapi. Selain itu Anda juga akan menemukan toilet yang tersebar di sekitar lokasi. Toilet yang ada juga sangat nyaman untuk digunakan dan tentunya bersih. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tentang toilet di area ini.

Bukan hanya toilet, pengunjung juga bisa menemukan sarana rumah ibadah yang berupa mushola. Mushola ini terbilang cukup bersih, dan dibedakan antara perempuan juga laki laki. Membuat pengunjung tak perlu khawatir melewatkan ibadah. Hadirnya gazebo dan juga kursi di berbagai sudut juga akan memudahkan pengunjung untuk istirahat.

Karena termasuk lokasi kuliner yang kondang, Anda juga bisa menemukan sarana kuliner yang nyaman. Di dalam lokasi juga ada cafe dan resto yang bisa Anda jadikan tujuan untuk kulineran. Wisatawan juga bisa mengelilingi area Floating market dengan nyaman. Mengingat tersedia track yang cukup baik dan tertata rapi di dalam area wisatanya.

Lantaran berada di lokasi yang strategis, Anda yang berasal dari luar kota juga akan sangat mudah menemukan hotel di sekitar wisata hits ini. Ada banyak hotel maupun villa yang menawarkan berbagai fasilitas juga harga sewa yang beragam. Bahkan Anda bisa mengandalkan aplikasi online untuk memesan akomodasi ketika liburan di destinasi wisata Bandung ini.

Menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi Floating Market Lembang akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan dan juga wahana yang menarik untuk dijajal. Lokasinya yang mudah dijangkau, wisata satu ini sangat cocok untuk segala usia. Mulai dari anak anak hingga orang dewasa bisa mendapatkan hiburannya.