Dusun Bambu Lembang salah satu destinasi wisata alam yang menawan di Bandung dengan konsep wisata sehat. Tempat rekreasi berbasis Eco-Tourism yang memiliki resort unik, tempat kuliner lezat dan replica pedesaan.

Harga Tiket: Rp 50.000-150.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kolonel Masturi, Situ Lembang, Cisarua, Kab, Bandung Barat,  Jawa Barat.

Bandung masih menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Menawarkan udara sejuk dengan pemandangan yang mempesona membuatnya tak pernah sepi pengunjung. Salah satu destinasi yang kondang adalah Dusun Bambu Lembang. Tempat rekreasi yang cocok untuk semua usia ini menjadi jujugan para wisatawan. Untuk Anda yang berniat mengunjunginya, berikut beberapa informasi taman rekreasi ini yang perlu Anda ketahui.

Sekilas Tentang Dusun Bambu Lembang

Tentang Dusun Bambu
Image Credit: Google Maps (Dusun Bambu)

Dusun Bambu yang ada di Lembang sudah dikenal cukup lama. Yakni sekitar tahun 2014 lalu dan hingga kini masih menjadi destinasi yang banyak pengunjungnya. Destinasi yang lokasinya berada di kaki Gunung Burangrang ini memang begitu menarik perhatian. Tempat wisata yang sudah hits ini, awalnya dibangun karena keprihatinan pada lahan di daerah Bandung Barat.

Lahan tersebut adalah lahan yang tidak mendapatkan perhatian. Sehingga di tahun 2008, para pengusaha akhirnya memiliki ide untuk membuat lahan tersebut berfungsi. Dan salah satunya adalah dijadikan sebagai konservasi bambu. Lahan seluas 15 hektar tersebut akhirnya menjadi cikal bakal wisata alam dusun Bambu.

Setidaknya ada 100 ribu bibit pohon yang berguna untuk membuat kawasan hijau tersebut kembali. Usaha ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengembalikannya, setidaknya butuh waktu 3 tahun. Hingga akhirnya dijadikan sebagai tempat wisata yang memikat siapapun yang singgah di Kota Kembang.

Dengan mengusung konsep eco tourism, objek wisata ini sudah berhasil membuat banyak wisatawan lokal maupun internasional untuk datang. Dan di akhir tahun 2020 lalu, Dusun Bambu kembali hadir dengan konsep Private Sanctuary Lifestyle. Dimana terdapat fasilitas pendukung yang mendukung adanya protokol kesehatan.

Sehingga Anda akan merasakan rasa nyaman juga aman saat berlibur. Kawasan wisata yang sehat ini akan menjadi angin segar untuk para wisatawan. Selain hadir dengan konsep yang baru, beberapa wahana baru juga turut dihadirkan. Apalagi di wisata hits Bandung ini, Anda juga bisa sekalian mendapatkan sarana edukasi tentang budaya tradisional.

Tak heran jika destinasi satu ini selalu menjadi jujugan para keluarga. Belum lagi hadirnya fasilitas hingga berbagai kegiatan menarik bisa dilakukan di tempat ini. Perpaduan alam yang indah, dengan pengelolaan yang tepat. Dengan begitu Anda bisa menikmati udara sejuk dengan banyak wahana dan fasilitas yang memadai.

Daya Tarik yang Dimiliki Dusun Bambu

Daya Tarik Dusun Bambu
Image Credit: Google Maps (Anand Agarwal)

Menjadi tempat wisata yang sediakan one stop travelling menjadikan Anda bisa menemukan banyak hal menyenangkan di tempat wisata satu ini. Dusun Bambu berada di Lembang yang tentunya dikelilingi pemandangan pegunungan yang indah. Belum lagi udaranya yang juga sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mengunjungi wisata alam ini.

Anda bisa menemukan danau indah dengan alam sekitar yang juga tak kalah menawan. Danau ini dikelilingi dengan perbukitan dengan suasana khas pedesaan yang kental. Sudah pasti danau ini menjadi spot yang tak boleh dilewatkan saat Anda singgah di wisata lembang satu ini. Bahkan bisa dikatakan sebagai spot yang paling diburu untuk mengambil beberapa gambar kekinian.

Dusun Bambu menjadi tempat liburan keluarga yang sangat menarik. Karena baik anak anak, remaja kekinian hingga orang tua akan memiliki hiburannya sendiri. Bahkan Anda yang sedang bulan madu juga bisa menghabiskan waktu di tempat satu ini. Mengingat suasana yang dihadirkan di tempat wisata Lembang ini juga romantis.

Tidak ketinggalan, pengunjung juga bisa menjajal wahananya yang beragam. Kegiatan wisata tak hanya untuk melepas penat dari kesibukan harian, tetapi juga memberikan nilai edukatif untuk pengunjung. Fasilitas yang dihadirkan juga begitu lengkap, semakin memanjakan wisatawan yang singgah di tempat wisata ini.

Dengan hadirnya beberapa wahana baru juga semakin menambah semarak destinasi andalan Lembang ini. Misalnya dengan hadirnya garden walk di area Taman Arimbi yang membuat Anda bisa bebas menelusuri jalurnya dengan sepeda. Pemandangan bunga lavender turut hadir dan mampu untuk menyejukkan penglihatan Anda.

Garden walknya juga bisa dilalui dengan berjalan kaki santai. Menghabiskan waktu berjalan jalan bersama keluarga juga bukan ide yang buruk. Ada juga wahana baru berupa Galeri Flora Indonesia, yang menjadi pusat dari banyak tanaman hias antik. Masuk ke dalam galeri ini, Anda akan dimanjakan dengan suasana sekaligus dekorasi yang disuguhkan.

Wahana baru yang juga menambah daya tariknya adalah hadirnya Lembur Urang. Lembur urang sendiri merupakan replikasi pedesaan khas Sunda yang nuansa tradisionalnya masih kental. Gambaran akan desanya juga begitu nyata, Anda bisa menemukan rumah kepala desa, sawah membentang hingga berbagai permainan tradisional.

Lembur Urang sendiri dalam bahasa Indonesia berarti Kampung Halamanku. Wahana ini bisa dijadikan sebagai sarana edukasi untuk anak anak. Bahwasanya ada nilai nilai budaya yang bisa dipelajari. Anda bahkan bisa mendapatkan pengalaman eksklusif seperti kerajinan tenun, membuat anyaman tradisional hingga belajar membatik.

Daya tarik selanjutnya yang juga masih berhubungan dengan wahana barunya adalah Museum Kopi dan Teh Nusantara. Anda bisa mendapatkan pengetahuan terkait berbagai jenis kopi di Nusantara. Bahkan Anda juga bisa belajar proses pengolahan kopi dan teh. Menambah pengetahuan sekalian jalan jalan, tentu membuat Dusun Bambu Lembang tak pernah sepi pengunjung.

Sebelumnya, destinasi di Lembang ini memang sudah menarik perhatian pengunjung. Namun berkat adanya wahana yang baru juga diharapkan akan menjadikan kunjungan wisatawan semakin banyak. Beberapa wahana yang sebelumnya telah hadir lebih dulu juga sayang untuk dilewatkan begitu saja. menghabiskan liburan di sini pasti akan menambah pengalaman baru.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Dusun Bambu

Alamat Dusun Bambu
Image Credit: Google Maps (wahyu purnomo)

Untuk Anda yang penasaran dengan destinasi ini bisa mengunjunginya di Jl. Kolonel Masturi, Situ Lembang, Cisarua, Kab, Bandung Barat. Destinasi satu ini terbilang mudah untuk Anda jangkau dan tak harus menggunakan kendaraan pribadi. Anda bahkan bisa memanfaatkan kendaraan umum untuk sampai di destinasi satu ini.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, Anda bisa mengambil angkutan dengan rute Padalarang menuju Parongpong. Turun saja nantinya di Terminal Parongpong, dari terminal ini nantinya perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojek. Hal ini karena belum ada angkutan yang langsung melintasi area Dusun bambu secara langsung.

Sementara bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa memanfaatkan beberapa rute alternatif. Karena memang selain bisa melalui jalur utama, Anda juga bisa menggunakan jalur lainnya yang tidak macet. Rute yang pertama dan banyak dilalui wisatawan adalah Rute Ledeng.

Rute ini dikenal sebagai rute yang paling mudah bagi Anda yang berangkat dari pusat kota. Dimana perjalanan Anda dari pusat kota akan dilanjutkan menuju ke arah Ledeng. Dari Ledeng silahkan mengambil arah menuju Lembang. Barulah dari kota Lembang bisa menuju ke Parongpong. Parongpong menjadi tanda jika Anda sudah dekat dengan tujuan.

Dari Parongpong hanya perlu untuk mengikuti jalan utama menuju Lembang. Mengambil arah belok kiri, menuju Parongpong hingga akhirnya bertemu dengan pertigaan. Rute satu ini menjadi rute yang banyak dipilih oleh wisatawan. Karena termasuk rute yang mudah dan juga bisa menghemat waktu ketika macet.

Selain rute Ledeng, Anda juga bisa menggunakan rute alternatif lainnya melalui Jalan Sersan Bajuri. Tak jauh berbeda, Anda yang berangkat dari pusat Bandung kemudian menuju kawasan Jalan Sersan Bajuri. Dari jalan ini nantinya Anda tinggal menuju ke Parongpong yang jaraknya tak jauh untuk tiba di Dusun Bambu Lembang.

Rute ini satu jalur dengan beberapa destinasi lain seperti Kampung Daun atau berbagai cafe hits di Lembang. Ambil belok kiri jika sudah ada di pertigaan Terminal Ledeng. Anda tinggal mengikuti jalan Sersan Bajuri ini. Jalur lainnya yang juga bisa dimanfaatkan untuk menuju lokasi wisata adalah rute alternatif Bandung.

Perjalanan Anda akan semakin mudah jika mengambil jalan ini. Jalan dari perkotaan Bandung ini akan diarahkan menuju Jalan Gegerkalong Girang menuju ke Jalan Cihanjuang Ke Parongpong. Barulah nanti Anda bisa tiba di lokasi tujuan. Selain jalur ini juga bisa melewati Jalan Gegerkalong Girang ke Ciwaruga dan dilanjutkan ke daerah Parongpong.

Dan bagi Anda yang mengambil perjalanan dari arah Rute Cimahi, Anda bisa melanjutkan ke Jalan Cihanjuang dan ke Parongpong. Sementara Anda yang melalui Rute Cimahi dan mengambil Jalan Koloner Matsuri dan langsung ke Lokasi. Rute yang kedua ini bisa Anda ambil jika perjalanan Anda dimulai dari area Cimahi.

Manapun rute yang Anda ambil, pastikan rute tersebut memang rute yang paling mudah dan efektif untuk Anda lalui. Mengambil jalur alternatif juga akan sangat berguna bagi Anda yang sedang menuju dusun Bambu saat sedang long weekend. Dimana kendaraan ke arah Lembang memang akan selalu macet ketika musim liburan tiba.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Dusun Bambu

Harga Tiket Dusun Bambu
Image Credit: Google Maps (Wisnu Nugroho)

Harga tiket untuk menuju destinasi yang menawan ini tidaklah mahal. Dimana harga tiket masuk sekitar Rp 150.000 untuk orang dewasa. Sementara untuk anak anak dikenakan tiket Rp 50.000. Bagi batita atau anak yang tingginya di bawah 80 cm, tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Dan jika tingginya di atas 100 cm maka akan dikenakan tiket dengan harga normal.

Event ini nantinya bisa berupa promo atau e voucher. Anda yang ingin berlibur juga bisa memesan tiket jauh jauh hari untuk mendapatkan evoucher. E voucher bisa digunakan untuk semua transaksi saat Anda berada di Dusun Bambu ini. Saat ini sudah tersedia reservasi tiket dengan mengunjungi laman resminya.

Harga yang dibanderol masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Jam operasional Dusun Bambu sendiri mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. Buka pada hari Senin hingga Minggu, Anda bisa datang kapan saja. Agar bermain lebih puas, ada baiknya Anda tidak datang di akhir pekan karena tempat ini tak pernah sepi.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Dusun Bambu

Aktivitas Seru di Dusun Bambu
Image Credit: Google Maps (Mangihut Hotniel)

1. Olahraga di Alam

Berbagai kegiatan menarik juga bisa dilakukan ketika Anda singgah di Dusun Bambu. Salah satunya adalah berolahraga di alam. Karena memiliki jogging track maupun bersepeda, pengunjung bisa menyusuri area Taman Bunga Arimbi. Keindahan yang dimiliki taman ini memang akan membuat siapapun terpesona.

2. Wisata Kuliner

Setidaknya ada beberapa tempat makan yang bisa Anda jelajahi ketika singgah di wisata satu ini. Misalnya resto Burangrang, resto ini berhadapan langsung dengan panorama kota Cimahi. Menu yang ditawarkan beragam, dan yang menjadi andalannya adalah ayam dan juga bebek bakar bambu betutu. Di Area Purbasari Anda bisa mencicipi aneka kuliner Sunda yang menggoda.

3. Bermain Permainan Tradisional

Melanjutkan perjalanan ke Plaza Kaulinan, Anda bisa mencoba berbagai permainan tradisional di sini. Di area ini ada beberapa jadwal permainan, seperti Kaulinan Buhun, Kaulinan Sarung dan juga Kaulinan Daun. Menghabiskan waktu bersama si kecil tentu akan begitu menyenangkan.

4. Membuat Kerajinan Tangan

Dusun Bambu juga membuka workshop singkat bagi para pengunjung. Pengunjung akan diajak belajar menganyam bambu ataupun belajar ecoprint. Nantinya pengunjung juga bisa membawa pulang kerajinan tangan yang dibuat. Tenang saja, kerajinan tangan ini sudah terbukti ramah lingkungan.

Aktivitas di Dusun Bambu
Image Credit: Google Maps (Roheni)

5. Mengunjungi Sanggar Ambu

Tak hanya kerajinan, pengunjung juga bisa belajar gamelan Sunda dan juga gerakan dasar dalam menari. Hal ini sebagai upaya untuk turut menjaga kelestarian kebudayaan Sunda. Suasana Sanggar yang asri dengan instruktur yang ramah, membuat kegiatan belajar akan semakin menyenangkan.

6. Menjajal Semua Wahana

Seperti yang disinggung sebelumnya, Dusun Bambu sudah menghadirkan banyak wahana baru yang menarik. Sekalipun menyusuri danau dengan sampan Sangkuriang juga bukan hal wahana baru, tetapi tetap banyak dilakukan. Wahana baru berupa kopi Nusantara, Galeri Flora Indonesia hingga Walini by Me akan memberikan pengalaman dan pengetahuan baru.

7. Menggarap Sawah

Singgah di Lembur Urang, Anda memang akan mendapatkan pengalaman yang mengesankan. Salah satunya adalah mengetahui cara menggarap sawah lebih dekat. Mengingat para petani akan simulasi dalam menggarap sawah yang ada di tempat wisata ini. Mulai dari proses tandur, perawatan hingga proses panen.

8. Berburu Spot Instagramable

Menginjakkan kaki di Dusun Bambu rasanya tidak lengkap jika tidak sekalian berburu foto instagramable. Apalagi destinasi satu ini memiliki panorama indah di setiap sudutnya. Pastikan Anda menyiapkan kamera terbaik sekaligus penyimpanan foto yang lega. Kegiatan ini akan semakin puas dilakukan ketika Anda memilih bermalam di taman rekreasi ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Dusun Bambu Bandung

Fasilitas di Dusun Bambu Bandung
Image Credit: Google Maps (Trias Mukti Kuncoro)

Bukan hanya menawarkan panorama indah dan juga wahana melimpah, Dusun Bambu juga menghadirkan banyak fasilitas berkelas. Fasilitas sekelas toilet, tempat parkir dan juga tempat ibadah tersedia memadai di tempat satu ini. Anda juga bisa menemukan restoran yang menyuguhkan banyak menu lengkap dengan pemandangan cantik.

Tidak hanya itu saja, tempat ini juga menyediakan shuttle gratis setiap 5 menit sekali yang bisa dimanfaatkan untuk mengelilingi area wisata ini. Anda yang ingin berbelanja juga bisa mengunjungi Pasar Khatulistiwa. Menyediakan beragam makanan, souvenir hingga sayuran segar. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal.

Anda yang ingin nongkrong santai juga bisa menyambangi cafenya. Bahkan Anda yang ingin berlama lama juga bisa sekalian menginap di Dusun Bambu. One stop holiday dalam konsepnya ini memang membuat Anda bisa melakukan banyak hal di satu tempat. Penginapan yang ditawarkan juga tak kalah beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan wisatawan.

Merasakan sensasi menginap di alam terbuka, Anda bisa memilih konsep Camping Ground. Dinamakan dengan Sayang Heulang, konsep camping yang ditawarkan adalah konsep camping premium. Kegiatan camping tentu akan lebih asik dengan tambahan fasilitas modern. Atau Anda juga bisa menginap di Kampung Layung yang merupakan villa keluarga.

Kemolekan yang dimiliki Dusun Bambu memang berhasil menarik wisatawan yang singgah di kota Lembang. Suasana pedesaan yang tradisional begitu kental, tetapi juga tidak mengabaikan sisi modernnya. Sehingga liburan ke tempat satu ini, Anda bisa menikmati banyak hal sekaligus melepas segala penat dari aktivitas harian.