Curug Tonjong, Wisata Air Terjun Cantik Nan Asri di Majalengka

Curug Tonjong, Wisata Air Terjun Cantik Nan Asri di Majalengka
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Teja, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat

Curug Tonjong merupakan destinasi wisata berupa air terjun yang berada di ketinggian dihiasi pemandangan nan asri. Curug nan indah ini terletak di Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Jika Anda berkunjung ke Kota Angin ini bisa langsung datang ke air terjun cantik ini.

Wisata air terjun ini sangat recomended untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga atau teman. Pesona keindahan alamnya membuat jiwa terasa lebih tenang. Pikiran kembali fresh. Di hari weekend atau musim libur tiba banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan air terjun.

Rasakan sensasi kesegaran air yang mengalir dari ketinggian dengan balutan nuansa alami yang indah. Agar dapat menjadikan gambaran sebelum berkunjung, berikut informasi tentang Curug Tonjong yang berada di Rajagaluh ini.

Daya Tarik Wisata Curug Tonjong

Wisata Alam Curug Tonjong Yang Memukau Dan Menarik Di Majalengka
Photo by Google Maps Fajar Wahyudi

1. Berada di Dataran Tinggi

Mayoritas keberadaan curug terletak di daerah ketinggian seperti perbukitan atau gunung. Sama halnya dengan air terjun nan cantik ini.

Wisatawan dapat berkunjung ke daerah Rajagaluh yang merupakan wilayah perbukitan dengan suasana udara yang masih segar dan pemandangan yang asri. Curug Tonjong ini mengalir dari ketinggian 4 meter dengan debit air yang cukup deras. Melalui celah-celah bebatuan besar.

2. Dekat dengan Pemukiman Warga

Keberadaan curug tidak jauh dari lokasi pemukiman warga. Anda bisa menikmati nuansa pedesaan yang masih alami. Serta kearifan lokal yang masih terjaga dengan baik. Tak jarang selama perjalanan akan berpapasan dengan penduduk sekitar yang beraktivitas penuh semangat.

Penduduk sekitar juga ramah dan sopan. Sangat menyambut baik wisatawan yang berkunjung ke curug ini. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika kita juga selalu besikap sopan.

3. Terdapat Banyak Spot Foto

Di Curug Tonjong terdapat beberapa spot foto yang menarik. Bagi pecinta dunia fotografi tentu akan dengan mudah mendapatkan sudut yang instagenic. Biasanya wisatawan yang berkunjung tetap tidak ingin melewatkan momen berfoto dengan background tumpahan air curug yang cukup deras.

Wisata Alam Curug Tonjong Yang Sejuk Dan Alami Di Majalengka
Photo by Google Maps Aura Videography

Adanya jembatan bambu yang cukup panjang serta bebatuan yang besar juga bisa dijadikan spot yang instagramable. Bahkan mandi di kolam air curug juga salah satu spot yang unik.

4. Pengalaman Perjalanan yang Seru

Selama perjalanan menuju curug, wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang begitu indah. Banyaknya pepohonan yang rindang di sisi kanan dan kiri jalan. Seolah membuat suasana perjalanan lebih menyenangkan.

Medan menuju curug dapat dilalui dengan berkendara karena jalannya sudah beraspal. Namun, wisatawan juga tetap berhati-hati dan tetap fokus karena jalan yang tidak terlalu lebar. Sesampainya di lokasi parkir, wisatawan yang membawa mobil terlebih bisa berjalan kaki sekitar 300 meter menuju curug.

5. Nuansa Wisata yang Menenangkan

Pesona keindahan Curug Tonjong menghadirkan suasana yang menyenangkan. Sesampainya di lokasi parkir, Anda sudah mulai bisa merasakan sensasi kesegaran yang berbeda. Suara aliran air yang cukup deras membuat jiwa terasa lebih damai.

Apalagi jika Anda datang di hari-hari biasa yang tidak begitu ramai oleh pengunjung. Nuansa yang sepi, tenang, sejuk, dan asri dibalut menjadi satu. Cocok untuk wisatawan yang ingin mencari ketenangan dalam berlibur sebagai penghilang penat dari rutinitas sehari-hari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Tonjong

Lokasi Wisata Alam Curug Tonjong Majalengka
Photo by Google Maps Ardi Art

Curug cantik ini berada di Kabupaten Majalengka yakni lebih detailnya terletak di Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh. Jarak dari pusat Kota Majalengka kurang lebih hanya 18 kilometer. Dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi sekitar 40 menit. Medannya cukup tinggi, tetapi jalanan yang dilalui sudah beraspal.

Dari pusat Bunderan Kota Majalengka ambil arah ke Cigasong. Selanjutnya lurus melalui Jalan Sukahaji. Sesampainya di Kecamatan Rajagaluh Anda bisa bertanya ke masyarakat sekitar mengenai keberadaan air terjun Tonjong ini.

Patokan untuk menuju air terjun Tonjong yakni terdapat sebuah tanjakan. Masyarakat setempat menyebutnya Tanjakan Pokek. Dari tanjakan tersebut ambil ke arah kiri yang kemudian menemukan spanduk bertuliskan Curug Tonjong.

Jika masih belum yakin, Anda bisa mulai menggunakan google maps yang dengan jelas akan mengarahkan sampai ke lokasi curug. Pastikan kondisi sinyal baik agar penunjuk arah tidak mengalami kesalahan.

Harga Tiket Masuk Curug Tonjong

Tiket Masuk Di Wisata Alam Curug Tonjong Majalengka
Photo by Google Maps Kang Ono

Memasuki lokasi curug tidak membutuhkan biaya tiket masuk yang begitu mahal. Harganya cukup terjangkau. Namun, tetap memberikan pemandangan yang memanjakan mata.

Untuk menikmati sensasi keindahan Curug Tonjong, wisatawan dapat membayar harga tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Adapun untuk tambahan biaya retribusi parkir kendaraan bermotor sebesar Rp 2.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat membayar Rp 3.000.

Meskipun tergolong harga tiket masuk yang murah meriah, namun pesona keindahan tempat wisata yang satu ini sangat mengagumkan. Anda tidak akan menyesal berkunjung ke curug yang berlokasi di Kabupaten Majalengka tersebut.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Curug Tonjong Majalengka
Photo by Google Maps Ardi Art

1. Mandi di Kolam

Salah satu tujuan berlibur ke Curug Tonjong pasti tak lain ingin menikmati sensasi kesegaran air dari sumber mata air alami. Jadi, rasanya kurang lengkap jika tidak menyeburkan diri di kolam pemandian yang sudah tersedia.

Jernihnya air curug serta sensasi yang begitu dingin membuat Anda merasa enggan untuk naik ke dataran. Anda bisa bermain air sepuasnya. Menyewa pelampung sambil menikmati setiap aliran air yang memecah celah-celah bebatuan.

2. Berjalan di Jembatan Bambu

Di atas aliran air terdapat jembatan bambu yang sengaja dibangun sebagai spot foto yang instagramable. Di belakang jembatan terdapat view tumpahan air dari curug. Ketika berpose wisatawan juga bisa sembari merasakan percikan-percikan air curug dari atas jembatan.

Jembatan tersebut juga sebagai penghubung untuk menaiki bebatuan curug yang lebih tinggi. Pastikan Anda memakai alas kaki yang nyaman, tidak licin agar tidak terpeleset ketika melalui wilayah yang basah.

3. Menikmati Suasana Alam yang Menyegarkan

Suasana yang segar karena banyaknya pepohonan diimbangi dengan kicauan burung tidak akan Anda temui di nuansa perkotaan. Oleh karena itu, tak heran jika wisatawan yang berkunjung rata-rata ingin mencari suasana yang tenang. Jauh dari hiruk pikuk keramaian kota.

Sensasi air yang mengalir pada setiap celah-celah bebatuan memberikan suasana yang menyegarkan. Rasanya ingin berlama-lama di Curug Tonjong nan indah ini.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Curug Tonjong Majalengka
Photo by Google Maps Akhmad Farikhi

4. Berfoto di Celah Bebatuan

Pada saat Anda ingin bergaya di celah bebatuan yang dibawahnya di aliri air curug nan jernih, jangan lupa untuk tetap berhati-hati. Keadaan bebatuan yang terkena air membuat medan menjadi lebih licin.

Jangan sampai terpeleset atau terjadi hal yang tidak diinginkan hanya demi berburu spot yang kekinian. Jadikanlah keselamatan tetap yang utama.

5. Santai di Gazebo

Setelah merasa lelah beraktivitas di lokasi Curug Tonjong, wisatawan dapat bersantai di gazebo yang tersedia. Menikmati pemandangan alam yang menakjubkan sembari bercanda dengan kerabat, menyantap bekal yang dibawa. Membuat suasana liburan semakin berkesan.

Tetaplah menjaga kebersihan lingkungan curug ya. Tidak membuang sampah sembarangan. Jika Anda tidak menemukan tempat sampah, maka ada baiknya mengantongi sampah kembali dengan plastik. Bawalah sampah tersebut sampai Anda menemukan tempat sampah yang ada di sekitar lokasi.

6. Berburu Kuliner

Biasanya setelah bermain di dinginnya air, perut terasa lebih lapar. Nah, wisatawan dapat langsung mendatangi warung-warung sederhana yang berjejer rapi di sekitar curug. Anda bisa memesan aneka hidangan lezat. Mulai dari aneka gorengan, kue, makanan atau minuman kemasan, hingga menu yang harus melalui proses memasak.

Tidak lupa memesan minuman yang hangat seperti secangkir teh atau kopi yang bisa membuat suhu badan terasa lebih hangat. Karena cuaca di lokasi curug ini cukup dingin. Dengan meminum minuman hangat tentu tubuh akan terasa lebih segar. Anda bisa melanjutkan beraktivitas.

Fasilitas Wisata di Curug Tonjong

Fasilitas Di Wisata Alam Curug Tonjong Majalengka
Photo by Google Maps kang BenRus

1. Tempat Parkir

Wisatawan yang membawa kendaraan dapat memarkirkan kendaraannya di lahan yang sudah tersedia. Lokasinya cukup luas dan juga aman.

2. Toilet Umum

Toilet yang ada di lokasi air terjun dapat wisatawan gunakan untuk ganti baju atau MCK. Setelah berbasah-basahan di aliran air terjun, wisatawan dapat segera mandi untuk bilas di toilet tersebut.

3. Mushola

Menikmati suasana liburan jangan sampai meninggalkan kewajiban beribadah. Oleh sebab itu, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas mushola. Umat muslim yang akan melakukan ibadah sholat bisa menggunakan fasilitas ini.

4. Warung

Di sekitar lokasi Curug Tonjong terdapat warung-warung yang menjual aneka jajanan dan minuman. Bahkan di suasana udara yang dingin Anda bisa memesan makanan cepat saji serta minuman yang hangat.

5. Gazebo

Setelah beraktivitas di curug, wisatawan dapat beristirahat sambil bersantai di gazebo yang tersedia. Akan semakin seru jika waktu bersantai Anda ditemani dengan aneka kuliner yang lezat.

Demikian ulasan tentang keindahan Curug Tonjong di Rajagaluh, Majalengka. Semoga bisa menjadi referensi untuk wisatawan yang akan berkunjung. Selamat berlibur menikmati keeksotisan curug nan cantik ini.