Curug Tilu Leuwi Opat, Air Terjun Eksotis yang Kaya Pesona di Bandung

Curug Tilu Leuwi Opat, Air Terjun Eksotis yang Kaya Pesona di Bandung
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat

Curug Tilu Leuwi Opat adalah objek wisata alam yang ada di Bandung dengan konsep unik, mungkin tidak ditemukan di tempat lain. Meskipun saat ini masih sepi, namun dalam hal pesona alamnya tidak kalah menarik dengan wisata alam lainnya. Perjalanan ke lokasi lumayan sulit, jadi perlu kondisi tubuh prima dan peralatan yang memadai.

Bagi yang belu tahu, objek wisata kali ini berupa air terjun, ini merujuk pada nama Curug. Sedangkan untuk Tilu artinya Tiga dalam bahasa Sunda. Adapun Leuwi tidak lain merupakan Sungai, dan Opat artinya Empat. Jadi jika digabungkan, setidaknya kita mendapatkan pengertian sebuah objek wisata yang memiliki 3 air terjun dan 4 aliran sungai.

Inilah yang tadi dikatakan bahwa belum tentu wisatawan mendapatkan pengalaman yang sama di tempat lain. Tidak mengherankan jika dalam satu lokasi ditemukan total 7 spot wisata yang indah. Pasalnya, wisatawan berada di lahan seluas 5 hektar yang dikelilingi pohon rimbun dan kerasnya bebatuan.

Daya Tarik Wisata Curug Tilu Leuwi Opat

Daya Tarik Dimiliki Curug Tilu Leuwi Opat
Photo by Google Maps Hendra Aqew Aditya

Jika kita bahas daya tarik Curug Tilu Leuwi Opat, tentunya semua tidak lepas dari adanya air terjun dan sungai yang mengalir. Namun sebenarnya ada lagi spot wisata yang melengkapi, yakni keberadaan dua gua di sepanjang aliran sungai, berikut ulasan selengkapnya!

1. Keindahan Curug Citulang

Salah satu dari tiga air terjun yang ada di lokasi wisata ini adalah Curug Citulang. Air terjun ini merupakan yang tertinggi diantara rangkaian curug yang ada. Aliran airnya tenang dan di sekitar air mengalir dipenuhi dengan pepohonan rindang. Suasana sejuk dan nyaman di dapatkan, begitu juga udara yang segar.

2. Curug Aseupan

Daya tarik Curug Tilu Leuwi Opat berikutnya masih dari rangkaian air terjunnya, kali ini bernama Curug Aseupan. Namanya memang cukup unik, mirip dengan anyaman bambu yang dibuat untuk membuat cetakan tumpeng. Nama ini diambil karena bentuknya mengerucut sehingga mirip dengan tumpeng dengan aliran airnya berada di antara dua buah lembah.

3. Curug Cilaki

Dari ketiga air terjun, Curug Cilaki memiliki ketinggian yang paling rendah. Aliran airnya cukup deras sehingga sekilas mirip dengan tirai. Air terjun ini cukup luas, biasanya digunakan wisatawan untuk berenang atau bermain air. Batu sungai dengan ukuran bervariasi menambah eksotisme dan juga keindahannya.

4. Leuwi Bagong

Selain air terjun, daya tarik Curug Tilu Leuwi Opat juga didapatkan dari adanya rangkaian sungai atau Leuwi yang tidak kalah indahnya. Leuwi Bagong merupakan salah satu yang mudah dijangkau dan memiliki keindahan alami. Aliran sungai ini tidak terlalu deras, begitu juga kedalamannya. Wisatawan memanfaatkan kondisi ini untuk berenang atau bermain rakit.

Daya Tarik di Wisata Curug Tilu Leuwi Opat
Photo by Google Maps Yermia Tangguh

5. Leuwi Baeud

Rentetan sungai berikutnya dinamakan Leuwi Baeud yang jaraknya tidak jauh dari lokasi sungai pertama. Pengunjung yang datang ke sini tidak diperbolehkan berenang atau hanya sekedar bermain air. Ini dikarenakan kedalamannya mencapai 20 meter, arusnya pun lumayan deras. Mengunjungi Leuwi Baeud lebih cocok jika hanya ingin berburu spot foto selfie.

6. Leuwi Kacapi

Leuwi Kacapi adalah rangkaian sungai berikutnya yang ditemukan di Curug Tilu Leuwi Opat. Sungai ini termasuk favorit sebagian besar wisatawan karena memiliki undakan yang cantik. Air yang mengalir cukup jernih dan arusnya tidak terlalu deras. Biasanya, wisatawan dari rombongan keluarga menggunakannya sebagai tempat piknik santai.

7. Leuwi Geuntong

Nama Leuwi Geuntong diambil karena sungai ini berbentuk cekungan mirip gentong. Memiliki kedalaman sekitar satu hingga dua meter, sungai ini sering digunakan untuk bermain air dan berenang. Mereka yang tidak ingin basah lebih memilih menikmati pemandangan alam hijau dari pepohonan di tepi sungai.

8. Goa Toke dan Goa Lalay

Meskipun jarang dikunjungi, keberadaan Goa Toke dan Goa Lalay semakin melengkapi daya tarik Curug Tilu Leuwi Opat. Bukan berarti kurang menarik dikunjungi, melainkan medan nya cukup ekstrem dan wisatawan lebih memilih mengunjungi air terjun dan sungainya. Tetapi jika anda suka berpetualang, tidak ada salahnya menyaksikan sendiri eksotisme dari kedua gua tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Photo by Google Maps Bram Adrianus

Tidak sulit menemukan lokasi objek wisata alam eksotis di Bandung ini. Anda cukup mengarahkan kendaraan ke kawasan Ciwangun Indah Cp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Bandung, Jawa Barat. Jarak dari Bandung tidak terlalu jauh, hanya sekitar 18 kilometer dan butuh waktu sekitar 37 menit dengan kecepatan rata-rata.

Untuk rute menuju Curug Tilu Leuwi Opat sendiri juga mudah, jarang ada titik kemacetan dan kondisi jalannya cukup baik minim lubang. Dari Bandung, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Jawa, kemudian ke Jalan Watsukencana dan Jalan Cihampelas. Sedikit belok kiri ke Jalan Prof Eyckman dan belok kanan ke Jalan Cipaganti.

Tujuan berikutnya adalah Jalan Sersan Bajuri, kemudian ikuti sepanjang jalur utama menuju ke Jalan Kolonel Masturi. Tidak jauh dari lokasi ini, anda akan tiba di Jalan Mawar, silahkan cari papan petunjuk yang mengarah ke lokasi. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, ada baiknya jika menggunakan aplikasi GPS di HP.

Harga Tiket Masuk Curug Tilu Leuwi Opat

Harga Tiket Curug Tilu Leuwi Opat
Photo by Google Maps Sandro Purnama

Wisata alam di Curug Tilu Leuwi Opat tidak perlu mengatur budget terlebih dahulu. Pasalnya, harga tiket di sini sangat terjangkau, hanya 10.000 rupiah untuk satu orang pengunjung. Panorama yang lengkap dari air terjun, sungai, dan gua tentunya jauh lebih berharga dari dana yang dikeluarkan tersebut.

Apalagi untuk tambahan biaya di sini hanya retribusi parkir dan beberapa makanan sebagai bekal di perjalanan. Untuk tiket parkir sepeda motor hanya 3.000 rupiah, siapkan 5.000 jika datang membawa mobil. Di sini, anda dapat berkunjung mulai jam 6 pagi hingga jam 6 sore waktu setempat.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Curug Tilu Leuwi Opat
Photo by Google Maps Yatno Haryanto

Jangan pernah menyamakan aktivitas di Curug Tilu Leuwi Opat dengan di tempat lain. Memang ada sebagian yang sama, namun tidak selengkap di sini karena banyak spot yang dapat dikunjungi dan sekaligus dijadikan aktivitas seru.

1. Tracking Menuju Lokasi

Sesaat setelah parkir kendaraan, anda langsung melakukan aktivitas seru dan menantang. Apalagi kalau yang dimaksud bukan tracking menuju ke lokasi air terjun. Rute nya memang lumayan jauh, namun untuk akses jalan cukup baik. Tidak terlalu memberatkan juga karena minim tanjakan, kebanyakan mendatar. Hanya saja di samping jalan setapak terdapat jurang yang tidak dilengkapi pengaman.

2. Berenang dan Bermain Air

Masing-masing air terjun yang ada di komplek wisata Curug Tilu Leuwi Opat memiliki kolam yang indah dan jernih. Wisatawan menggunakan kolam tersebut untuk berenang atau hanya bermain air. Bagi yang ingin berenang, pastikan bahwa anda lihai dalam melakukannya. Pastikan juga tidak berenang di Leuwi Baeud karena sangat dalam dan berbahaya.

3. Mengunjungi Gua Eksotis

Apabila masih ada waktu setelah melakukan aktivitas lainnya, tidak ada salahnya mengunjungi dua gua yang eksotis. Gua ini memiliki lubang cukup besar, namun sebagian besar hanya melihat dari luar. Sedikit ada wisatawan yang masuk tanpa didampingi pemandu. Mereka hanya menyempatkan diri mengabadikan momen dengan latar belakang gua tersebut.

4. Camping di Sekitar Curug Tilu Leuwi Opat

Meskipun air terjun dan sungainya yang menjadi spot wisata andalan, faktanya Curug Tilu Leuwi Opat memiliki camping ground yang cukup luas. Bermalam dan mendirikan tenda di sini cukup menarik, karena suara deburan air terjun masih terdengar. Apalagi ketika dilakukan bersama banyak rombongan, suasana malam yang sepi pun menjadi ramai.

Aktivitas Dilakukan di Curug Tilu Leuwi Opat
Photo by Google Maps Heri Syahrian

5. Bersantai Sambil Menikmati Pesona Alam

Ada banyak cara menikmati pesona alam di sini, salah satunya adalah dengan bersantai. Sambil duduk dan menggelar tikar atau di bangku alam yang disediakan, suasana santai semakin terasa. Di salah satu Leuwi bahkan disediakan ban bebek besar, bersantai sambil menaikinya diatas genangan air mungkin membuat anda tertarik.

6. Arung Jeram

Area Curug Tilu Leuwi Opat cukup luas untuk melakukan berbagai kegiatan menarik. Apalagi pihak pengelola mendukung akan hal ini, buktinya adalah tersedia wahana arung jeram yang cukup menantang. Berbekal ban perahu karet dan dayung, anda dipersilahkan menyusuri aliran sungai yang cukup deras dan berbatu.

7. Berburu Spot Foto

Jangan pernah luapkan aktivitas foto ketika anda melakukan aktivitas selama di lokasi. Keindahan alam di sini sangat menakjubkan, sayang tentunya jika hanya dilewatkan begitu saja. Terlebih, banyak spot cantik sebagai latar belakang foto. Air terjun, gua, dan beberapa taman cantik yang menemani aliran sungai atau Leuwi.

Fasilitas Penunjang di Curug Tilu Leuwi Opat

Fasilitas di Curug Tilu Leuwi Opat
Photo by Google Maps Aulia Ilham

Pengelolaan yang profesional dari Curug Tilu Leuwi Opat terbukti dari lengkapnya fasilitas yang ditemukan. Selain fasilitas wajib seperti toilet, mushola, dan tempat parkir, ada juga camping ground dan warung makan. Di sini juga tersedia fasilitas berupa wahana outbound, seperti flying fox, paint ball, dan panjat tebing.

Sekilas penjelasan diatas hanya sebagian saja yang dapat ditemukan ketika anda mengunjungi langsung objek wisata alam di Bandung ini. Dilihat dari daya tarik dan harga tiket yang murah, pastikan anda mengunjungi Curug Tilu Leuwi Opat jika ada kesempatan. Kapan lagi mendapatkan pemandangan alam indah yang lengkap, suasana asri, dan fasilitas yang nyaman.