Curug Tilu, Pesona Air Terjun Eksotis dengan Tiga Tingkatan di Bandung

Curug Tilu, Pesona Air Terjun Eksotis dengan Tiga Tingkatan di Bandung
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp, Desa. Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat

Air terjun akan semakin terlihat lebih indah mempesona dan menarik ketika memiliki beberapa tingkatan di dalam jatuhnya air dari ketinggian, seperti halnya Curug Tilu. Jika dibandingkan dengan air terjun pada umumnya, destinasi wisata ini memiliki daya tarik yang berbeda. Sebab di area wisata ini, air yang mengalir dan terjun memiliki tiga tingkatan. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun terlihat begitu cantik dan eksotik.

Selain itu, di kawasan wisata yang lagi viral dan digemari masyarakat Bandung dan sekitarnya ini memiliki beragam aktivitas menarik, seru dan menantang. Baik untuk usia anak kecil, milenial, maupun orang dewasa. Bagi wisatawan yang menyukai ketenangan, lokasi ini sangat tepat untuk tempat liburan. Begitu juga dengan pengunjung yang hobi kegiatan menantang dan memacu adrenalin, area ini siap menyambut anda.

Daya Tarik Curug Tilu

Daya Tarik di Curug Tilu
Photo by Facebook Jesaya Li

Air terjun yang rendah bukan berarti tidak indah, itulah fakta yang ditunjukkan oleh Curug Tilu. Zona wisata ini memiliki beragam daya tarik yang akan membuat wisatawan terpukau hingga mulut terbuka. Sebab panorama alam yang indah menawan, air terjun yang eksotik dan ada wahana bermain untuk anak.

1. Panorama Alam yang Indah di Jalur Trekking

Pada umumnya, ketika piknik ke tempat wisata air terjun, medan yang harus di lalui begitu berat dan melelahkan. Akan tetapi air terjun ini memiliki jalan menuju lokasi cenderung datar dan sesekali ada jalur naik dan turun yang harus dilalui. Meskipun demikian, indera penglihatan wisatawan akan dapat menikmati panorama alam yang indah di jalur trekking.

Sebab pada jalur tersebut pemandangannya sangat indah mempesona, ada pohon hijau tinggi menjulang, suara gemercik air sungai, dan berbagai keindahan lainnya yang siap menemani perjalanan wisatawan. Sehingga para pengunjung tidak akan merasa jenuh, bosan, lelah dan capek. Namun, yang harus diperhatikan adalah saat menyusuri jalur bebatuan, karena pada medan tersebut agak licin dan harus saling membantu dengan wisatawan lainnya.

2. Air Terjun Tiga Tingkat

Daya Tarik di Wisata Curug Tilu
Photo by Google Maps Nurul Firdha Lisyana

Curug berarti air terjun, sedangkan tilu yaitu tiga, Curug Tilu adalah air terjun yang memiliki tiga tingkatan yang cantik, eksotik dan menarik bagi setiap mata yang memandang. Selain itu, keindahan area ini semakin sempurna dengan adanya empat aliran sungai yang mengalir di lokasi tersebut, serta terdapat dua goa yang bisa digunakan untuk panjat tebing.

Sedangkan ketinggian air terjun ini sekitar sepuluh meter, sedangkan lebar berkisar dua meter. Seperti halnya air terjun pada umumnya, di kawasan wisata ini juga terdapat kolam air di bawahnya. Namun pada lokasi wisata ini kedalaman air yaitu sepuluh meter, sehingga bagi pengunjung harus lebih waspada jika berada di area tersebut, meskipun sudah ada garis pembatas nya.

3. Tersedia Wahana Bermain dan Playground

Curug Tilu merupakan tempat yang sangat cocok untuk segala usia, baik anak kecil, remaja maupun orang dewasa. Hal itu bisa dilihat dari fasilitas yang ada yaitu tersedia wahana bermain dan playground. Zona ini tepatnya berada di Ecopark dan area playground yang sangat ramah untuk anak kecil dan bisa memacu daya kreativitas pada mereka. Beragam permainan ada di sana, seperti mandi bola, spot bersepeda, memanjat rumah kayu dan yang lainnya.

Hal inilah yang menjadi daya tarik lain yang ada di tempat wisata ini selain air terjun yang memiliki tiga tingkatan dan menikmati panorama alam yang indah di jalur trekking. Apalagi di area ini juga terdapat yang dapat memacu adrenalin, seperti hiking, rafting dan juga panjat tebing, sangat cocok untuk anak remaja maupun dewasa. Selain itu, jika wisatawan membawa rombongan, permainan paint ball sangat seru dan menarik untuk dilakukan bersama.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Curug Tilu
Photo by Google Maps Taufik Hardiansyah

Berlibur ke Curug Tilu lebih seru jika dilakukan bersama teman atau keluarga, oleh karena itu pastikan jadwal yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini bersama mereka. Setelah itu, lakukan perjalanan anda menuju ke Jalan Ciwangun Indah Camp, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat. Karena lokasi wisata ini berada di daerah tersebut.

Bagi wisatawan yang melakukan perjalanan dari arah Cimahi, ambil rute perjalanan ke arah Jalan Kolonel Masturi menuju ke Kecamatan Parongpong. Jarak tempuh perjalanan tersebut sekitar 8 km, sedangkan waktu yang dibutuhkan selama 25 menit. Kemudian di sebelah kiri jalan, ada kawasan Wisata Ciwangun Indah Camp. Selanjutnya, masukkan kendaraan anda ke lokasi tersebut, lalu lanjutkan perjalanan sekitar 4 km dan anda akan tiba di area wisata ini.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk di Curug Tilu
Photo by Google Maps Muhammad Jaka

Meskipun Curug Tilu merupakan kawasan wisata dengan kualitas di atas standar, namun harga tiket masuk hanya 15.000 per orang. Sangat wajar jika lokasi wisata ini dikunjungi banyak orang, sebab biaya masuk kawasan tersebut sangat murah dan ramah di kantong. Selain itu, retribusi parkir kendaraan sepeda motor sebesar Rp. 2.500, sedangkan mobil Rp. 5.000 saja.

Untuk jadwal buka tempat wisata ini, jika berkunjung ke curug dibuka mulai jam 07.00 WIB sampai jam 17.00 WIB. Akan tetapi, apabila pengunjung ingin berkemah, maka bisa menggunakan spot berkemah tersebut selama 24 jam. Pastikan anda mendapatkan izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Aktivitas Yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Curug Tilu
Photo by Google Maps Alasroban

Bagi wisatawan yang belum mengetahui kegiatan apa saja yang bisa dilakukan saat tiba di Curug Tilu. Berikut kami sampaikan beberapa ulasan aktivitas menarik yang bisa dikerjakan ketika berada di lokasi wisata tersebut, agar persiapan wisatawan bisa lebih matang.

1. Berkemah Bersama Orang Tercinta

Sangat disayangkan jika panorama alam yang indah menawan tidak dinikmati secara sempurna. Karena kawasan wisata ini memberikan suasana alam yang cantik dan eksotik, sehingga dapat menambah hubungan keluarga semakin harmonis dan romantis. Cara menikmati Curug Tilu secara sempurna dan totalitas adalah dengan berkemah bersama orang tercinta.

Rasakan kebahagiaan bersama mereka dengan cara berbeda yaitu berkemah, agar komunikasi kaku dan tegang bisa lebih cair saat melakukan aktivitas tersebut. Jika wisatawan merasa ketakutan jika kebutuhan dasar berkemah, seperti air dan buang hajat tidak dapat terpenuhi, sebaiknya buang rasa takut tersebut.

Sebab di kawasan wisata ini memiliki beberapa pilihan sesuai kebutuhan yang di inginkan. Apabila pelancong ingin lahan yang luas dan dengan aliran air sungai yang bersih, jernih dan tenang, maka gunakan area berkemah di camp ground block A. Ada juga block lain yang bisa digunakan, dan yang pasti acara berkemah akan semakin seru dan menyenangkan.

2. Flying Fox

Bagi pengunjung yang tidak memiliki banyak waktu untuk berkemah di Curug Tilu, ada permainan yang seru dan menantang yaitu flying fox. Aktivitas unik dan menarik ini menjadi favorit dan banyak digunakan oleh anak kecil yang suka tantangan, para remaja milenial, bahkan tidak jarang orang dewasa juga melakukannya.

Aktivitas Menarik di Wisata Curug Tilu
Photo by Google Maps Diy and adventure

Meluncur dari satu tempat ke tempat lain dengan ketinggian tertentu menggunakan tali, merupakan sebuah permainan yang memacu adrenalin. Untuk keamanan dan kenyamanan kegiatan ini sudah terjamin, karena ada petugas profesional dan alat yang lengkap dan berkualitas.

Selain itu, keindahan, kecantikan, dan berbagai hal menarik yang ada di lokasi wisata ini, dapat dilihat secara sempurna saat meluncur menggunakan flying fox. Teriakan lantang sambil melihat pemandangan saat meluncur itulah hal yang sering dilakukan oleh wisatawan saat menggunakan fasilitas ini.

3. Paintball Game

Paint ball game adalah permainan peperangan dengan menggunakan pistol dan peluru dari bola berwarna. Jika berkunjung ke Curug Tilu dengan rombongan lebih dari 10 orang, mencoba permainan ini sungguh sangat asyik dan menarik. Karena hal itu sering menjadi pilihan wisatawan untuk melakukan aktivitas tersebut di tempat ini.

Para pengunjung hanya menyiapkan orang atau dua tim untuk bertarung, perlengkapan seperti rompi, senapan peluru dan peralatan lain tinggal menyewa ke pihak pengelola. Permainan ini memberikan pelajaran kepada wisatawan tentang bekerja secara tim, mengatur strategi, kecepatan mengambil tindakan dan berbagai kreativitas lainnya.

Tim yang memiliki manajemen yang bagus, solid, cepat dan cekatan selalu menjadi pemenang dalam permainan ini. Permainan ini biasanya sering digunakan oleh para pekerja kantor atau lembaga lain untuk, sebab banyak pelajaran yang bisa diambil dari permainan tersebut dalam dunia kerja atau organisasi.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas di Kawasan Wisata
Photo by Google Maps Gunadi Kusumah Jaya

Curug Tilu termasuk kawasan wisata yang sangat memperhatikan kebutuhan dasar wisatawan, sehingga fasilitas seperti area parkir, toilet dan masjid tersedia di tempat ini. Selain itu, jika pengunjung merasa lapar dan ingin mengisi perut, di sana juga sudah ada warung yang bisa digunakan untuk nongkrong dan mengobrol.

Itulah ulasan yang bisa disampaikan tentang destinasi wisata kali ini. Harga tiketnya murah, namun fasilitas yang ada cenderung mewah dan memanjakan wisatawan. Segera atur jadwal kunjungan ke Curug Tilu dengan orang tercinta. Semakin banyak rombongan yang dibawa, berlibur akan semakin seru dan menambah kebahagiaan bersama.