Sumedang salah satu kabupaten di Jawa Barat, yang terkenal dengan berbagai objek wisata alamnya yang menakjubkan. Inilah daftar air tejun atau curug di Sumedang yang menawarkan pemandangan memukau dan layak Anda kunjungi.

Ketika berkunjung di Sumedang tentunya bisa membuat petualangan Anda lebih seru, terlebih lagi kawasan daerahnya yang sangat indah dan sejuk. Selain itu, kabupaten ini juga sangat terkenal dengan berbagai destinasi wisata alamnya berupa air terjun, yang mana menyuguhkan keindahan dan nuansa yang sangat sejuk serta tenang. Cocok bagi Anda yang ingin melepaskan penat dan beban pikiran. Berikut deretan curug hits di Sumedang yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Curug Cigorobrog

Curug Cigorobrog
Image Credit: Google Maps (Firnanda Eryawan)

Seperti yang telah banyak diketahui oleh para wisatawan atau pecinta traveling, Sumedang menjadi salah satu daerah dengan berbagai pilihan objek atau destinasi wisata alam yang menjadi andalan. Yang mana sudah sangat terkenal dengan keindahan dan kesejukan daerahnya. Salah satu objek wisata alam yang banyak sekali di Sumedang ada curug atau air terjun, yakni Curug Cigorobong.

Kawasan wisata air terjun satu ini berada di aliran Sungai Cihonje, yang mana untuk letak spesifiknya berada di dalam area perhutanan Hutan Desa Citengah. Bagi Anda yang tertarik untuk datang dan berkunjung di kawasan wisata alam satu ini para wisatawan dapat menggunakan kendaraan bermotor seperti roda dua hingga roda empat. Untuk aksesnya sendiri masih terbilang sangat mudah dan nyaman.

Selama di perjalanan nantinya para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam di sekitar yang sangat indah dan asri. Mulai dari banyaknya pepohonan yang membuat suasana dan nuansa menjadi lebih redup dan rindang. Bahkan nantinya Anda juga akan melewati sebuah kawasan perkebunan teh, yang mana dengan hamparan tehnya yang sangat luas dan hijau.

Usia melakukan perjalanan yang tidak terlalu sulit dan lama, nantinya Anda akan langsung disambut dengan sebuah keindahan dan kemegahan dari air terjun itu sendiri. Curug yang memiliki beberapa tingkat turunan air atau undakan yang mana memiliki ketinggian dengan kurang lebih 40 meter. Setidaknya pada air terjun ini memiliki tiga tingkatan air yang telah dialiri oleh air yang sangat sejuk.

Pada setiap undakan air terjun yang ada di kawasan ini dapat para pengunjung atau wisatawan jadikan sebagai area untuk bermain air. Bahkan tak jarang banyak orang yang hanya duduk santai atau hingga berenang di setiap undakan air yang ada di air terjun ini. Dikarenakan intensitas aliran airnya yang tidak terlalu deras, sehingga memperbolehkan para pengunjungnya untuk menikmati kesegaran air secara langsung.

Air yang ada pada wisata air terjun ini sangatlah bersih dan jernih, bahkan para pengunjung dapat melihat bagian dasar dan bebatuan di dalam air secara nyata dan jelas. Tak hanya menyuguhkan keindahan dan kesejukan air terjun, kawasan wisata ini memiliki berbagai wahana lain dan fasilitas untuk pengunjung. Yang mana seluruh fasilitas dan wahana yang ada ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan para wisatawan.

Kawasan wisata air terjun ini telah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan yang sangat banyak dan tentunya seru. Sehingga bagi anak-anak atau balita yang diajak ke tempat wisata ini dapat diajak bermain di wahana yang telah disediakan. Hal tersebut ditujukan agar para wisatawan yang datang dapat menikmati dan nyaman berada di kawasan wisata alam Curug Cigorobrong.

Harga Tiket: Rp `5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

2. Curug Buud

Curug Buud
Image Credit: Instagram.com @anggi_wilman

Kawasan wisata air selanjutnya yang wajib untuk Anda kunjungi selama berada di Sumedang adalah Curug Buud. Saat berada di daerah yang terkenal dengan berbagai destinasi wisata alamnya, akan terasa kurang lengkap jika tidak menyempatkan waktu berkunjung untuk menikmati keindahannya. Terlebih lagi kawasan wisata air yang ada di daerah Sumedang ini menawarkan tempat wisata yang jauh berbeda dari daerah lainnya.

Air terjun satu ini merupakan salah satu curug yang hanya memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Sehingga tak heran apabila Curug Buud termasuk kedalam salah satu jenis air terjun yang tidak terlalu tinggi. Meskipun air terjun ini memiliki ketinggian yang pendek, tetapi jika dilihat dari segi lebar dan panjang curug ini termasuk besar dan luas yakni sekitar 35 meter.

Terkenal dengan panjang aliran yang luas membuat tempat wisata air satu ini sangat indah. Panjang yang ada di kawasan wisata ini dipengaruhi oleh beberapa hal, yakni curug ini berada di pertemuan antara dua aliran sungai yang ada disekitar. Yang mana sungai tersebut adalah Sungai Cipicung dan Sungai Cikandung. Sehingga nantinya para wisatawan dapat melihat secara langsung keindahan yang disuguhkan.

Ketika Anda berkunjung pada musim hujan akan memberikan dan menyuguhkan keindahan alamnya. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya air yang ada membuat aliran air terjunnya menjadi semakin indah. Yang mana nantinya pada seluruh bagian tebing air terjun akan tertutup oleh curah hujan dan air terjun yang sangat besar. Bahkan tak jarang pengunjung menyebutnya sebagai air terjun Niagara Indonesia.

Kawasan wisata air satu ini sangat banyak dikunjungi dan ramai oleh wisatawan setiap harinya. Yang mana mereka tertarik untuk menyaksikan keindahan curug secara langsung. Jika Anda tertarik untuk datang ke lokasi wisata ini akan melalui sebuah jalanan atau aksesnya yang sangat mudah dan nyaman. Terlebih lagi selama di perjalanan nantinya Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam sekitarnya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukatani, Kec. Tanjungmedar, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

3. Curug Sindulang

Curug Sindulang
Image Credit: Google Maps (Puspa Aulia)

Masih seputar kawasan wisata air yang ada di Sumedang selanjutnya adalah Curug Sindulang. Daerah wisata satu ini juga dikenal dengan sebutannya sebagai Curug Cinulang. Yang mana sudah sangat terkenal di wilayah Jawa Barat. Sehingga tak heran apabila banyak pengunjung dari dalam atau bahkan luar daerah Jawa Barat yang berdatangan hanya sekedar untuk menyaksikan keindahan alamnya.

Air terjun satu ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, yang mana curug ini memiliki aliran ganda dengan keberadaan curug kembar yang saling berdampingan. Hal tersebutlah yang membuat air terjun ini memiliki keindahan atau ciri khas tersendiri, yang berbeda dari kawasan wisata air terjun lainnya. Untuk keadaan dan pemandangan alam yang ada di sini tidak perlu diragukan lagi.

Terkenal dengan wisata alam yang menyajikan panorama pemandangan alam yang sangat asri, sejuk, dan alami. Membuat para pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini merasa betah dan nyaman berlama-lama disini. Terlebih lagi lokasi wisata ini menjad tempat yang pas bagi Anda yang ingin melepaskan penat dan beban pikiran yang ada atau bahkan menghilangkan diri sejenak dari kesibukan di kota.

Keindahan alam yang disuguhkan ini menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang dan menyaksikannya secara langsung. Bagi Anda yang tertarik untuk datang di sini, maka akan melalui perjalanan yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi kawasannya yang berada di perbatasan, yang akan membuat para wisatawan melalui daerah yang masih sangat sejuk dan asri serta jalanan yang berbelok-belok.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

4. Curug Sabuk

Curug Sabuk
Image Credit: Instagram.com @amazingwestjava

Air terjun selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan lokasi untuk berwisata adalah Curug Sabuk. Berada di kawasan perhutanan Hutan Gunung Kareumbi, membuat tempat wisata satu ini memiliki keindahan alam dan panoramanya yang sangat memanjakan mata. Untuk dapat berkunjung ke lokasi wisata ini nantinya Anda perlu melalui berbagai medan atau rintangan alam.

Para pengunjung yang tertarik untuk datang akan melewati sebuah kawasan persawahan, kebun salak, perhutanan, dan menyebrangi aliran sungai dengan medan jalanan yang naik dan turun. Dengan adanya medan seperti ini tentunya menuntut para wisatawan untuk berjalan kaki. Hal ini membuat para pengunjung harus menyiapkan tenaga dan fisik yang cukup kuat.

Meskipun begitu, nantinya Anda akan langsung disambut dengan keindahan air terjunnya yang sangat indah dan megah. Yang mana curug ini memiliki beberapa buah air terjun, dengan dua curug besar dengan ketinggian kurang lebih 60 meter dan saling berdampingan. Untuk aliran airnya sangatlah jernih dan bersih, bahkan termasuk jenis air yang sangat dingin dingin dan menyegarkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Margamekar, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

5. Curug Cipongkor

Curug Cipongkor
Image Credit: Instagram.com @jabargram

Destinasi wisata alam terakhir yang ada di daerah Sumedang adalah Curug Cipongkor. Menjadi salah satu kawasan wisata air terjun dengan keindahan dan panorama alamnya yang mampu menyejukkan dan menyegarkan mata. Termasuk kedalam jenis curug yang tersembunyi dikarenakan keberadaannya yang ada di sebuah cerik tebing batu cadas, dengan ketinggian yang sangat menjulang.

Meskipun berada di kawasan yang tersembunyi, curug ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Terlebih lagi, tepat berada di depan curug ini terdapat sebuah hamparan persawahan yang berundak-undak. Yang mana hal ini mampu menambah kesan keindahan tersendiri dari air terjun ini. Untuk aksesnya sendiri terbilang sangat mudah untuk dijangkau dan didatangi para wisatawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ciherang, Cimareme, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Itulah beberapa rekomendasi wisata air terjun atau curug hits di Sumedang yang sangat wajib untuk Anda kunjungi. Saat berlibur atau datang di daerah ini tentunya akan terasa kurang lengkap jika tak menyempatkan waktu untuk menikmati keindahan dan kesejukan wisata alamnya. Yang mana lokasi wisata alam di Sumedang ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghilang sejenak dari perkotaan. Jadi, sudah tertarik untuk berkunjung di curug mana?