Inilah Daftar Wisata Air Terjun Curug di Sukabumi, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terindah, Populer dan Terhits Dikunjungi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu berlibur Anda, salah satunya dengan mengunjungi Sukabumi. Daerah ini menyimpan segudang wisata air terjun cantik nan asri untuk dikunjungi yang dapat membuat membuat wisatawan merasa betah karena dapat menyaksikan hijaunya bumi serta merasakan kesegaran airnya.

Lokasinya pun berdekatan dengan perkotaan besar seperti Jakarta dan Bandung, sehingga banyak wisatawan yang menjadikan Sukabumi sebagai tujuan utama untuk mengisi hari libur. Berikut rekomendasi curug yang hits dan banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Sukabumi.

1. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum
Image Credit: Instagram.com @alle_coffee

Bertolak ke kota Sukabumi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Curug Cibeureum. Namanya tersohor hingga ke luar Sukabumi, yang menandakan pesona keindahannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Keindahannya semakin kental terasa, karena kawasan sekitarnya tampak asri dengan lautan hamparan berwarna hijau di setiap mata memandang.

Pemandangan serba hijau yang dipadukan dengan kesegaran air terjunnya, berhasil menentramkan jiwa dan raga. Namun jika dibandingkan dengan curug lainnya, bisa dikatakan jika airnya tidak terlalu tinggi. Meski demikian, air yang meluncur dari atas ketinggian tersebut memiliki debit air yang cukup deras hingga terdengar dari kejauhan.

Lokasi: Perbawati, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Sukabumi.

2. Curug Awang

Curug Awang
Image Credit: Instagram.com @fael_photo

Curug Awang Sukabumi termasuk salah satu lagi destinasi wisata alam di Sukabumi yang tidak sayang dilewatkan. Sarat akan keasrian alam sekitarnya, berhasil membuat siapapun jatuh cinta pada pandangan pertama. Bagaimana tidak, wisatawan disuguhkan oleh air yang terjun dari atas tebing berhiaskan tumbuhan rindang di setiap sisinya.

Wisatawan sepertinya tidak akan pernah bosan mengunjungi wisata satu ini. Sebab mereka yang beruntung, bisa menyaksikan pelangi membentang di sepanjang curug berada. Melihat pemandangan yang mulai punah tersebut, banyak dari wisatawan berlomba lomba mendapatkan hasil foto terbaik untuk kemudian dibagikan di akun media sosialnya.

Lokasi: Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

3. Curug Cikaso

Curug Cikaso
Image Credit: Wikipedia.org

Bagi pecinta alam yang merindukan kesegaran air terjun, maka berkunjung ke Curug Cikaso bisa menjadi alternatif terbaik. Meski pengunjung harus menempuh akses perjalanan dengan yang cukup ekstrim, ternyata hal tersebut tidak menurunkan minat pengunjung untuk melihat keindahannya dari dekat. Apa yang membuat curug satu ini begitu istimewa ?

Ketika sudah sampai di kawasan utamanya, Anda akan disuguhkan dengan tiga air terjun sekaligus yang memiliki keindahan tiada tara. Kejernihan dari air yang terjun dari ketinggian kurang lebih 80 meter tersebut, seakan memikat hati pengunjung untuk merasakan kesegarannya. Suasana sekitarnya cukup menenangkan, sehingga cocok untuk melepaskan jiwa yang penat.

Lokasi: Desa Ciniti, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi.

4. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung
Image Credit: Google Maps (Avid Candra)

Curug Cimarinjung termasuk wisata alam unik yang berada di kota Sukabumi. Air yang terjun dari ketinggian kurang lebih 45 meter tersebut, berhasil memikat siapapun yang melihatnya secara langsung. Untuk menyaksikan keindahannya, wisatawan harus menyiapkan fisik serta mental yang kuat karena perjalanan menuju kesana masih cukup sulit untuk dilalui.

Lokasi: Jl. Curug Cimarinjung, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

5. Curug Gentong

Curug Gentong
Image Credit: Google Maps (Sotoy Ayam)

Curug Gentong adalah salah satu destinasi wisata alam di Sukabumi yang masih belum ramai dikunjungi. Justru karena jarang dijamah oleh manusia, kawasan wisatanya sangat asri dan terjaga dengan baik dan berhasil membuat siapapun jatuh cinta sejak menapakkan kaki di kawasan wisatanya. Sedangkan terpaan hawa sejuknya seakan menjadi kata sambutan khusus untuk wisatawan.

Sesuai dengan namanya, air terjun berundak yang begitu mengesankan bahkan ketika dipandang dari kejauhan ini memiliki sebuah kolam yang mengingatkan Anda pada sebuah gentong. Kolam berbentuk gentong tersebut dapat ditemukan pada setiap undakan. Keunikan inilah yang berhasil membuat wisatawan tertarik mengunjunginya kembali di lain waktu.

Lokasi: Waluran Mandiri, Kec. Waluran, Kab. Sukabumi.

6. Curug Sawer

Curug Sawer
Image Credit: Google Maps (Tommy Ajrul Na’im)

Curug Sawer termasuk salah satu wisata yang masih jarang diketahui oleh banyak orang, karena lokasinya yang berada di tempat terpencil. Meski tidak terlalu terkenal seperti wisata air lainnya, namun curug satu ini bisa dijadikan sebagai tujuan utama untuk berlibur. Bahkan ketika musim liburan tiba, kawasan wisatanya akan dipadati oleh pengunjung dari berbagai daerah.

Daya tarik utamanya tentu berada pada keindahan air terjunnya yang begitu memukau. Sejak pertama kali melihatnya, pengunjung akan terpikat dengan pesonanya hingga enggan untuk pulang terlalu dini. Selain bermain air atau sekedar duduk santai di sekitar kolam air terjunnya, wisatawan kerap menjadikannya sebagai objek fotografi yang sayang dilewatkan.

Lokasi: Gede Pangrango, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi.

7. Curug Batu Tapak

Curug Batu Tapak
Image Credit: Google Maps (Angga Prima)

Curug Batu Tapak adalah satu lagi wisata alam Sukabumi yang menarik dikunjungi. Kawasan wisatanya masih menjadi satu dengan bumi perkemahan, dimana airnya mengalir langsung dari lereng Gunung Salak meski tebingnya tidak terlalu tinggi. Daya tarik utamanya terletak pada airnya yang begitu sejuk dan menyegarkan ketika menyentuh permukaan kulit.

Kesegaran airnya seakan membelai pengunjung untuk bermain air atau sekedar duduk santai di tepian kolamnya. Rasa enggan untuk pulang semakin terasa, karena Anda bisa menyaksikan pemandangan serba hijau di setiap mata memandang. Suasana asri dan sejuk inilah yang berhasil memberikan rasa nyaman berada disana.

Lokasi: Jl. Raya Cangkuang Km.12 Cidahu, Taman Nasional Halimun Salak, Kec. Cidahu, Kab. Sukabumi.

8. Curug Cikanteh

Curug Cikanteh
Image Credit: Instagram.com @fitrahck

Curug Cikanteh merupakan destinasi wisata yang cocok dikunjungi bagi mereka yang cinta petualangan. Sebab akses menuju kawasan wisatanya terbilang cukup ekstrim, dimana Anda harus menaklukkan sungai dan rela berbasah basahan untuk melihat keindahannya dengan mata kepala sendiri. Perjuangan tersebut tidak akan berakhir sia sia, justru Anda merasa ingin kembali di lain waktu.

Rasa letih hingga menahan dahaga akan terbayarkan lunas ketika melihat keindahan air terjunnya di depan mata. Airnya yang begitu jernih dan segar, seakan mengisi energi hingga penuh sekaligus mengembalikan semangat untuk menjelajahi setiap sudut kawasan wisatanya. Ketika musim libur tiba, jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan signifikan setiap tahunnya.

Lokasi: Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

9. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa
Image Credit: Instagram.com @asepmahdi

Curug Cigangsa masuk dalam daftar wisata unik yang ada di Sukabumi, karen berlokasi di kawasan perbukitan yang cukup asri. Justru karena lokasinya yang berada di tengah perbukitan, suguhan pemandangan sekitarnya berhasil membuat siapapun merasa betah berada disana. Cukup dengan bersantai di kawasan wisatanya, pikiran kalut menjadi lebih tenang.

Selain menyuguhkan pemandangan serba hijau di setiap mata memandang, para pengunjung juga disambut dengan tiga tingkatan air terjun yang berhasil memanjakan mata. Sebelum airnya jatuh pada kolam air terjunnya, terlebih dahulu akan melewati tebing berhiaskan batuan hitam yang berhasil menambah daya pikatnya.

Lokasi: Pasiripis, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

10. Curug Pareang

Curug Pareang
Image Credit: Instagram.com @bayudvm

Siapa yang tidak mengenal keunikan dari Curug Pareang ? Jika pada umumnya air yang jatuh dari tebingnya akan lepas landas pada kolam di bawahnya, justru air dari Curug Pareang akan mengalir menyusuri tebing berundak. Pemandangan air terjun tidak biasa inilah yang menjadi daya pikat tersendiri. Rasanya tidak mengherankan jika kawasan wisatanya tidak pernah sepi dikunjungi.

Selain menatapnya lekat pada keindahan air terjun dan pemandangan sekitarnya, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik selagi berada di kawasan wisata tersebut. Salah satunya tentu mengabadikan momen berlibur bersama, dengan latar belakang berupa air terjun yang menambah estetika jika diambil dari angle yang tepat.

Lokasi: Sindangresmi, Kec. Jampang Tengah, Kab. Sukabumi.

11. Curug Cikaret

Curug Cikaret
Image Credit: Instagram.com @ifarief

Selama berada di kota Sukabumi, sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Curug Cikaret. Akses menuju kawasan wisatanya cukup mudah, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk bisa menikmati keindahan alamnya. Cukup berjalan di kawasan perkampungan selama 30 menit, suara air terjunnya perlahan mulai terdengar.

Tingkat kesulitan akses menuju lokasi wisata bukanlah tolak ukur akan keindahannya. Buktinya akses menuju Curug Cikaret terbilang mudah, namun jika berbicara tentang keindahannya maka siapapun tidak bisa menyangkalnya. Sebab kemegahan dari air terjunnya, berpadu mesra dengan lingkungan sekitarnya yang masih asri terawat.

Lokasi: Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

12. Curug Sentral

Curug Sentral
Image Credit: Instagram.com @iwanrafli_2

Curug Sentral wajib masuk dalam daftar kunjungan, mengingat keindahannya yang tidak bisa ditemukan pada wisata air lainnya. Bagaimana tidak, pengunjung sudah dibuat takjub tidak percaya, karena kawasan wisatanya menyuguhkan pesona perbukitan serta tumpukan bebatuan berhasil memikat siapapun yang melihatnya sejak pandangan pertama.

Meski air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun sudah berhasil mencuri perhatian berkat kejernihan airnya yang seakan belum tersentuh sekalipun oleh tangan manusia. Tidak cukup satu air terjun, karena pengunjung bisa menemukan 7 buah air terjun sekaligus dengan keindahan yang hampir serupa. Cukup dengan duduk santai atau bermain airnya saja, rasa penat sekejap menghilang.

Lokasi: Jl. Pondok Beureum, Kabandungan, Kec. Kalapa Nunggal, Kab. Sukabumi.

13. Curug Puncak Jeruk

Curug Puncak Jeruk
Image Credit: Instagram.com @ucan_tarakabita

Bagi Anda yang sudah pernah mengunjungi Curug Puncak Jeruk, tentu setuju bahwa wisata satu ini merupakan surga dunia yang ditemui di Sukabumi. Sebab wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan asri dan begitu tentram, karena tebingnya tertutup oleh rimbunnya pepohonan di sekitarnya yang justru menambah daya pikatnya.

Ketika sampai di kawasan wisata tersebut, Anda akan disambut dengan dua aliran air yang berhasil memanjakan indra penglihatan. Sayangnya Anda harus menempuh perjalanan menantang sebelum menikmati kesejukan udara serta merasakan kesegaran airnya secara langsung. Apakah Anda tertarik mengunjunginya dalam waktu dekat ini ?

Lokasi: Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

14. Curug Cirajeg

Curug Cirajeg
Image Credit: Instagram.com @imammuhajirin

Jika umumnya curug dapat ditemukan di kawasan pegunungan atau perbukitan, justru Curug Cirajeg berada tepat di area persawahan. Dilihat dari lokasi curug berada, wisatawan dapat mengetahui bahwa wisata air satu ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya unik sekaligus menarik untuk dikunjungi dalam waktu dekat.

Keunikan lainnya dapat ditemukan pada tebingnya yang bertingkat, sehingga airnya tidak terjun langsung dari atas ketinggian seperti curug pada umumnya. Melainkan air tersebut akan mengalir ke sela sela tebing berundak tersebut, sebelum sampai di kolam air terjunnya. Debit airnya cukup deras dan terlihat jernih berhasil menjadi daya pikat lainnya.

Lokasi: Neglasari, Kec. Purabaya, Kab. Sukabumi.

15. Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik
Image Credit: Instagram.com @endang_sulaiman

Satu lagi destinasi wisata air di Sukabumi yang tidak boleh dilewatkan adalah Curug Puncak Manik. Air terjunnya bahkan mendapat julukan sebagai curug terindah yang berada di kawasan Geopark. Keindahannya sendiri tidak hanya terlukiskan pada keasrian lingkungannya semata, karena air terjunnya sendiri jatuh dari atas tebing dengan ketinggian tertentu.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah semata, karena kawasan wisata ini memiliki cerita unik yang membuat pengunjung merasa penasaran. Menurut cerita yang dituturkan, konon terdapat harta karun milik kerajaan tengah tersimpan di sekitar kawasan wisata tersebut. Sebab ketika malam tiba, masyarakat sekitar kerap melihat gemerlap cahaya yang diduga dari harta karun tersebut.

Lokasi: Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

Berdasarkan letak geografisnya, Sukabumi dikelilingi dengan pegunungan yang membuat udara di sekitar terasa sejuk dan menenangkan. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, membuatnya dikaruniai dengan sejumlah curug cantik untuk dikunjungi. Suasananya yang begitu menenangkan, cocok dijadikan sebagai tempat berlibur terbaik untuk melepaskan penat Anda.