Inilah Rekomendasi Air Terjun Curug di Subang, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Indah nan Asri, Populer dan Terhits yang Wajib Anda Jelajahi untuk Petualangan yang Seru dan Menantang.

Ketika Anda berlibur ke Subang, Jawa Barat pastikan untuk bisa menyempatkan diri mengunjungi destinasi wisata menarik yang ditawarkan. Salah satu objek wisata yang dapat dinikmati keindahan alamnya bersama keluarga, teman, maupun komunitas adalah air terjun.

Curug tersebut memiliki keindahan yang begitu menawan dengan kontur yang sangat unik. Untuk lebih detailnya, berikut beberapa curug yang ada di Subang yang bisa Anda jelajahi untuk petualangan seru dan menyenangkan.

1. Curug Masigit

Curug Masigit
Image Credit: Instagram.com @chilll.n.eat

Bagi Anda yang suka dengan pesona curug, maka sebaiknya untuk mengunjungi Curug Masigit. Tempat satu ini menyuguhkan keindahan alam yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya, sebab air di Curug Masigit memiliki warna biru tosca seperti air laut. Selain itu, di sekelilingnya terdapat bebatuan yang menjulang tinggi dan memiliki kontur unik.

Untuk menikmati kesegaran air Curug Masigit Anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Sebab biaya yang ditarik hanya untuk parkir kendaraan dan biaya administrasi pengembangan lokasi wisata. Tidak berhenti sampai disitu saja, sejumlah fasilitas juga disediakan di sini seperti penyewaan pelampung, dan lain sebagainya.

Lokasi: Pasanggrahan, Kec. Kasomalang, Kab. Subang.

2. Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy
Image Credit: Google Maps (Giw Vlog)

Sebagian orang yang menyukai alam tentunya akan mencari destinasi wisata yang memiliki akses tidak mudah dijangkau. Hal ini memberikan pengalaman tak terlupakan sebagai pecinta alam yang suka akan tantangan. Salah satu wisata alam yang terkenal dengan trek terjal yaitu Curug Cibareubeuy di Nagrak, Kecamatan Ciater

Untuk sampai ke lokasi, pengunjung bisa memilih dua jalur tracking yang cukup menantang yaitu lewat hutan atau persawahan. Pasalnya, lokasi curug ini masih tergolong di kawasan hutan dan jauh dari pusat keramaian. Namun rasa lelah yang Anda rasakan, akan terbayar dengan keindahan alam yang ada di sekitar curug tersebut.

Lokasi: Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang.

3. Curug Cikondang

Curug Cikondang
Image Credit: Instagram.com @fyn28_

Berbeda halnya dengan Curug Cibareubeuy, Curug Cikondang menjadi destinasi wisata bagi para pelajar untuk mengadakan camping dan wisata keluarga. Maka tak heran lokasi ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, terlebih di hari libur seperti weekend atau tanggal merah lainnya. Meskipun begitu, tak menyurutkan pengunjung lain untuk tetap datang ke curug ini.

Lokasi: Wangunjaya, Kec. Campaka, Kab. Cianjur.

4. Curug Ciangin

Curug Ciangin
Image Credit: Instagram.com @agoes_bimaa

Curug Ciangin merupakan destinasi air terjun yang tak kalah populer dengan curug lainnya. Asalnya, lokasi ini pernah dikunjungi oleh beberapa publik figur seperti komedian komeng. Hal ini membuat banyak orang yang sengaja datang untuk membuktikan pesona apa yang ditawarkan. Salah satu yang menjadi pesona dari curug ini adalah keadaan alamnya yang masih bersih.

Daya tarik lainnya yang ditawarkan Curug Ciangin adalah pengelolaan lokasi wisata sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan tersedia berbagai fasilitas yang mumpuni seperti penginapan, area untuk outbond, fasilitas umum, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang datang dari luar kota, sebaiknya untuk memilih lokasi wisata ini karena kelengkapan fasilitasnya.

Lokasi: Kampung Neglasari, RW.04, Cibeusi, Kec. Ciater, Kab. Subang.

5. Curug Kaliangkak

Curug Kaliangkak
Image Credit: Instagram.com @hassan_ajo

Jika Anda berniat untuk mengunjungi wisata alam saat libur panjang tiba, maka solusinya adalah datang ke Curug Kaliangkak. Air terjun ini dikelola oleh masyarakat setempat dan sudah menjadi salah satu lokasi favorit bagi para wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Pesonanya yang tidak bisa ditemukan di tempat lain berhasil memikat masyarakat untuk mengunjunginya.

Curug yang satu ini berada di desa Nagrak Kecamatan Ciater yang lokasinya agak masuk ke daerah pegunungan, sehingga Anda bisa merasakan udara sejuk nan segar sejak pertama kali menapakkan kaki di kawasan wisatanya.Di sekitar Curug Kaliangkak juga dikelilingi oleh pepohonan rindang yang hijau yang menambah kenyamanan saat berada di lokasi.

Jika Anda mengunjungi lokasi ini, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari berenang, sekedar bermain air, hingga berpiknik. Lokasi yang sejuk dan memanjakan mata sangat cocok dinikmati sambil mengisi perut dengan bekal yang dibawa dari rumah. Selain itu, ada juga fasilitas tambahan lainnya yang mendukung aktivitas di dalam air, seperti persewaan pelampung.

Lokasi: Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang.

6. Air Terjun Curug Cipeureu

Air Terjun Curug Cipeureu
Image Credit: Google Maps (Agus Wachid)

Tidak sedikit orang yang hobi untuk mengunjungi wisata alam seperti air terjun atau curug sebagai destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburan. Meskipun terkadang harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan akses yang relatif menantang. Salah satu wisata alam yang menawarkan sensasi tersebut adalah air terjun Curug Cipeureu.

Bagaimana tidak menantang, air terjun ini berada cukup tersembunyi dan cukup jauh dari pusat kota. Wisatawan yang datang hanya dapat melalui trek ini menggunakan kendaraan bermotor roda dua saja. Kemudian harus melanjutkannya dengan berjalan kaki berkisar waktu 30 menitan. Karena letaknya yang sulit dijangkau membuat air terjun ini masih sangat alami dan bersih.

Lokasi: dawuan, Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang.

7. Curug Cileat

Curug Cileat
Image Credit: Instagram.com @rizkililah.mp4

Ada banyak curug yang terdapat di lokasi tersembunyi seperti Curug Cileat. Karena lokasinya yang jarang terjamah kehidupan manusia, membuat panorama yang ada di sekitar curug memiliki panorama yang memukau. Untuk sampai ke lokasi, Anda perlu menempuh waktu perjalanan sekitar 2 jam dan membutuhkan perjuangan ekstra karena cukup menguras tenaga dan melelahkan.

Lokasi: Cibogo, Cupunagara, Gardusayang, Kec. Cisalak, Kab. Subang.

8. Curug Cilaga

Curug Cilaga
Image Credit: Instagram.com @jalalludint91

Destinasi wisata alam selanjutnya yang wajib Anda kunjungi ketika di Jawa Barat adalah Curug Cilaga. Tempat ini berada tidak jauh dari monumen perjuangan 45, sehingga sangat mudah untuk ditemukan. Setelah sampai di lokasi curug, Anda akan disuguhi dengan panorama yang indah dan masih alami sehingga sangat cocok untuk istirahat bersama keluarga.

Lokasi: kampung Ciseupan, Cibuluh, Kec. Tanjungsiang, Kab. Subang.

9. Curug Cisaladah

Curug Cisaladah
Image Credit: Instagram.com @habib_farindra

Curug Cisalada masih satu aliran dengan Curug Kaliangkak yang berlokasi di Desa Nagrak, Kecamatan Ciater. Lokasi wisata alam ini memang berada di sekitar pemukiman warga, namun pengelolaannya masih belum maksimal. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, sebab curug ini juga memiliki pesona yang tidak bisa diragukan dengan air yang masih sangat jernih.

Selain itu, pepohonan di sekitar Curug Cisalada juga masih alami, sehingga sangat cocok untuk dijadikan alternatif liburan ketika berada di Subang Jawa Barat. Tidak berhenti sampai disitu saja, Curug yang satu ini juga berada di belakang villa pribadi warga sekitar. Sehingga, jika Anda yang datang dari luar kota akan lebih mudah untuk menemukan penginapan.

Lokasi: Desa Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang.

10. Curug Capolaga

Curug Capolaga
Image Credit: Google Maps (Wisata Alam Capolaga)

Curug Capolaga merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah dikelola cukup baik. Pasalnya akses menuju lokasi sudah bisa dilewati oleh berbagai kendaraan bermotor, termasuk roda empat. Selain itu, lokasi ini dilengkapi area parkir yang luas sehingga memudahkan pengunjung untuk memarkir kendaraan dengan aman dan tepat.

Tidak berhenti sampai disitu saja, keindahan alam Curug Capolaga juga menjadi destinasi favorit bagi masyarakat sekitar karena akses yang cukup mudah. Di lokasi wisata curug ini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas mengasyikkan seperti contoh camping, piknik, hingga berswafoto bersama kerabat atau keluarga dengan latar belakang air terjun yang indah.

Lokasi: Jl. Raya Cicadas, Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang.

11. Curug China

Curug China
Image Credit: Google Maps (Ngubek Ngubek Indonesia)

Meskipun curug yang satu ini bernama China bukan berarti lokasinya ada di negeri yang berbeda. Curug ini diberi penamaan seperti itu karena berdasarkan kepercayaan masyarakat sekitar. Menurut informasi yang beredar, konon pada zaman dahulu kala ada seorang pemburu berdarah Tionghoa yang mengalami kecelakaan hingga meninggal di sekitar curug tersebut.

Sejak itulah penamaan wisata alam ini dikenal menjadi Curug China. Selain namanya yang unik, keberadaan Curug China juga harus dilalui dengan trek yang tidak mudah. Anda harus melewati jalan menanjak hingga memasuki area perkebunan. Setelah itu, Anda juga akan menjumpai trek yang berada di pinggir jurang.

Perjalanan Anda tidak berhenti sampai disitu saja, sebab Anda harus melewati jalanan setapak. Setelah itu, barulah Anda akan menjumpai Curug China secara jelas. Ketika di lokasi Anda akan disuguhi dengan curug yang tidak terlalu tinggi dan menawan. Bebatuan di sekitar curug juga menambah keindahan pada lokasi ini.

Lokasi: Sinapeul, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang.

12. Curug Bentang

Curug Bentang
Image Credit: Google Maps (Dwiki Aprianto)

Apakah Anda sedang mencari tempat liburan yang tenang dan menyejukkan? Maka solusinya adalah pergi ke Curug Bentang di Subang Jawa Barat. Curug yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dari segala kesibukan yang Anda lakukan di setiap harinya. Pemandangan menawan Curug Bentang bisa jadi obat untuk menyejukkan mata.

Selain itu, lokasi curug yang begitu terpencil dan tersembunyi sangat tepat untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin mengasingkan diri karena rutinitas. Untuk mencapai lokasi tersebut, Anda harus melewati beberapa jalur cukup ekstrim dengan tanjakan yang tidak biasa. Tetapi ketika Anda sampai di lokasi, maka rasa lelah pun akan terbayar dengan panorama yang menakjubkan.

Lokasi: Cibitung, Kec. Ciater, Kab. Subang.

13. Curug Mandala

Curug Mandala
Image Credit: Instagram.com @christonisitorus

Curug Mandala merupakan salah satu curug yang memiliki ketinggian lebih dibandingkan dengan lainnya. Pasalnya, ketinggian Curug Mandala berkisar 30 hingga 40 meter. Selain itu, untuk menuju curug ini cukup mudah dijangkau karena tidak jauh dari pusat kota. Tidak hanya itu saja, pada lokasi wisata juga sudah banyak warung yang menjajakan makanan dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang.

14. Curug Sadim

Curug Sadim
Image Credit: Instagram.com @hhaarruuunnn

Jika Anda ingin mengunjungi lokasi unik, maka berkunjung ke Curug Sadim bisa menjadi pilihan tepat untuk dilakukan. Lokasi curug ini cukup tersembunyi di antara perkebunan teh. Meskipun lokasinya cukup terpencil, tetapi Anda bisa menemukannya dengan mudah menggunakan patokan Perkebunan Teh Nusantara VII Ciater.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda bisa mengaksesnya dengan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Setelah sampai di lokasi, Anda akan disuguhi keindahan curug yang memesona dengan kontur unik berupa batuan, pepohonan yang rindang, dan juga aliran air yang tenang. Selain itu, Curug Sadim sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti mushola, gazebo, warung, dan toilet.

Lokasi: Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang.

15. Curug Goa Badak

Curug Goa Badak
Image Credit: Instagram.com @young_mhoto

Selain Curug Sadim yang lokasinya cukup tersembunyi, ada juga Curug bernama Goa Badak. Curug ini merupakan salah satu deretan curug yang tersembunyi di Subang Jawa Barat. Hal yang menarik dari lokasi wisata ini adalah keberadaan goa yang ada di sekitar Curug. Daya tarik itulah yang membuat curug ini tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan.

Lokasi: Sukamandi, Kec. Sagalaherang, Subang, Kab. Subang.

Itulah beberapa destinasi wisata alam berupa curug yang dapat Anda kunjungi jika bertandang ke Subang, Jawa Barat. Beberapa wisata alam tersebut memiliki akses yang cukup ekstrim, karena lokasinya yang cukup tersembunyi seperti di tengah hutan, atau melewati perkebunan. Destinasi wisata mana yang sudah pernah dikunjungi sebelumnya?