Bogor memang identik dengan wisata alamnya yang memukau, terutama pesona air terjun yang tak kalah indah. Inilah rekomendasi curug di Sentul Bogor yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan untuk liburan yang menyenangkan.

Sentul yang menjadi daerah di Jawa Barat tepatnya di Bogor seringkali dijadikan tujuan untuk liburan. Panorama alam pegunungan yang disuguhkan memang sangat cocok untuk melepas penat, terutama mengunjungi air terjunnya. Air yang jatuh dari ketinggian memang memiliki pesona tersendiri dan keunikan yang berbeda dengan objek wisata lainnya.

Bagi Anda yang berencana untuk liburan ke Sentul, berikut beberapa curug terindah di yang bisa Anda kunjungi untuk liburan yang seru.

1. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Youtube.com (Yusrizal)

Curug Leuwi Hajo merupakan curug yang belakangan ini begitu kondang di media sosial. Air terjun ini memang tidak begitu tinggi, tetapi berhasil menarik perhatian banyak wisatawan. Airnya yang jernih hampir kebiruanlah yang menjadi daya tarik utama air terjun ini. Bebatuan besar yang membingkainya, membuat air terjun ini seakan membentuk kolam renang alami.

Suasana sekitarnya yang masih asri juga semakin membuat pengunjung enggan untuk segera pulang. Bukan hanya pesona alamnya yang tak bisa ditolak, fasilitas yang terdapat di Leuwi Hejo juga terbilang lengkap. Anda bisa menemukan kamar mandi untuk bilas diri dan juga tempat penitipan barang. Dengan begitu Anda bisa bermain di curug dengan lebih leluasa dan nyaman.

Lokasi: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

2. Air Terjun Bidadari

Curug Bidadari
Image Credit: Tabloidwisata.com

Membicarakan curug cantik di Sentul, maka tidak boleh melewatkan Air Terjun Bidadari. Bisa dikatakan jika curug ini merupakan curug yang begitu populer di kalangan wisatawan. Seperti namanya, curug satu ini memang memiliki pemandangan yang tak akan bisa dilewatkan oleh siapapun. Belum lagi lokasinya yang strategis membuat pengunjung mudah menjangkaunya.

Begitu keluar dari pintu tol Sentul, Anda bisa langsung menuju kawasan Bojong Koneng untuk menyambangi curug cantik ini. Saat sudah tiba, Anda akan disambut dengan udara yang khas pegunungan. Air terjun yang mengalir dari lereng gunung ini merupakan sumber mata air yang jernih, sehingga akan membuat Anda tidak sabar untuk bermain di bawahnya.

Air terjun ini memiliki debit air yang tinggi, sehingga air jernihnya dimanfaatkan untuk membuat kolam kolam di sekitarnya. Wajar jika air terjun Bidadari mendapatkan julukan sebagai air terjun yang paling lengkap. Pengunjung bisa bebas melakukan berbagai kegiatan menarik, untuk membuat liburannya makin menyenangkan dan tak terlupakan.

BACA JUGA:  Indahnya Curug Bidadari, Air Terjun Favorit di Sentul Bogor

Fasilitas yang ditawarkan juga sudah begitu lengkap dan memanjakan pengunjung. Perpaduan wisata alam yang sudah mendapatkan sentuhan modern ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata keluarga. Baik anak anak hingga orang dewasa bisa menjajal berbagai fasilitas yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

3. Curug Barong

Curug Barong
Image Credit: Google Maps (hasan sadiq)

Masih satu aliran dengan Curug Leuwi Hejo, Anda bisa menjadikan Curug Barong sebagai destinasi liburan selanjutnya. Dimana sumber dari air terjun ini adalah Sungai Cirangrang yang alirannya cukup besar. alamnya yang masih asri dan belum banyak terjamah, menjadikan Curug Barong cocok mendapatkan julukan sebagai surga tersembunyi,

Akses menuju Curug Barong bisa dikatakan sudah mudah. Namun, untuk mengintip keindahannya dari dekat Anda tetap harus melanjutkan dengan berjalan kaki. Menyusuri aliran sungai sekitar 10 hingga 20 menit, Anda sudah bisa menikmati keindahan Curug Barong ini. Karena harus trekking, sebaiknya Anda tidak datang ketika musim hujan yang membuat medannya licin.

Lokasi: Pabuaran, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

4. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk
Image Credit: Gloob-online.com

Sungai Cirangrang juga mengalir hingga membentuk curug lainnya yang dikenal dengan Curug Leuwi Lieuk. Daerah Babakan Madang memang memiliki gugusan curug, dan ketika curug yang telah disebutkan ini merupakan yang paling dikenal. Sekalipun tersambung, tetapi curug ini juga memiliki pemandangan serta keistimewaan yang berbeda.

Aliran air terjun yang berada di tengah tengah tebing ini memang tidak tinggi. Terbentuk kolam alami dengan air yang begitu bersih dan segar. membuat siapapun yang mengunjunginya tidak sabar untuk segera bermain air. Suara gemericik air terjun turut memberikan nuansa tenang dan damai bagi para pengunjung yang datang.

Semua ini semakin lengkap dengan udaranya yang sejuk dan alam sekitarnya yang masih terjaga. Menariknya, air terjun ini juga memiliki pemandangan bawah air yang begitu mengagumkan. Saking jernih airnya,anda bisa memanfaatkan untuk foto underwater yang menawan. Dengan pesonanya ini, wajar jika curug ini menjadi curug yang banyak direkomendasikan.

Lokasi: Pabuaran, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

5. Curug Hordeng

Curug Hordeng
Image Credit: Denubay.com

Untuk Anda yang berada di Sentul dan ingin menikmati curug dengan alam yang masih terjaga, maka Curug Hordeng bisa dijadikan sebagai alternatif. Curug yang berada di Desa Cibadak ini memiliki panorama yang tidak akan membuat Anda menyesal mengunjunginya. Airnya yang jernih dan berpayung lingkungan yang sejuk akan membuat siapapun betah berlama lama.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Jonggol Bogor Terbaru & Terhits Buat Liburan

Untuk bisa menikmati pesonanya, Anda harus lebih dahulu treking sejauh 30 hingga 40 menit jika dari gerbang masuk. Sangat cocok untuk para petualang, mengingat medannya yang menantang adrenalin. Layaknya namanya, Curug Hordeng yang dalam bahasa Sunda berarti Tirai ini memang memiliki penampakan yang layaknya tirai.

Air terjun yang lebar ini memang tidak terlalu tinggi, tetapi keindahannya akan membuat siapapun berdecak kagum. Semua lelah setelah perjalanan akan dibayar lunas dengan keindahannya. Airnya yang jernih dan membentuk kolam alami ini sangat mengundang untuk berenang. Kedalaman kolam ini sekitar 1 hingga 2 meter, dan sebaiknya tak terlalu dekat dengan air terjun.

Lokasi: Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

6. Curug Kalimata

Curug Kalimata
Image Credit: Instagram.com @d0komoto

Melanjutkan perjalanan untuk menjelajah air terjun di Sentul, Anda tidak boleh melewatkan curug satu ini. Curug Kalimata merupakan curug paling tinggi di Bogor, sehingga sangat sayang jika tidak sekalian mengunjungi curug ini. Dan curug satu ini sangat cocok untuk Anda yang berniat berpetualang sekalian treking.

Mengingat untuk menuju lokasi Anda tidak bisa mengandalkan kendaraan bermotor Anda. tidak lama, Anda hanya harus berjalan kaki sekitar 10 hingga 20 menitan dari Leuwi Asih. Perjalanan ini tidak akan terasa, karena Anda akan melewati jalanan dengan panorama sawah yang indah. Hal ini tentunya akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda.

Setelah menaklukkan perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pesona air terjun yang tinggi. Air yang jatuh di antara tebing alami ini akan membuat Anda berdecak kagum. Air terjun ini memiliki air yang jernih dan tentunya udaranya yang sejuk akan membuat Anda betah berlama lama. Anda tidak akan menyesal mengunjungi curug cantik satu ini.

Lokasi: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

7. Curug Ciputri

Curug Ciputri
Image Credit: Instagram.com @dianhakeem

Sentul juga masih memiliki curug yang tak kalah menawan, dan dikenal dengan Curug Ciputri. Tidak kalah hits dengan destinasi curug lainnya, curug ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Pesona dari curug ini berhasil menyita perhatian wisatawan lokal hingga mancanegara yang singgah di Sentul.

Kebanyakan yang datang berkunjung tidak tahan untuk tidak mengabadikan setiap momen yang ada. Anda bisa berpose dengan air terjun sebagai latar belakangnya. Foto foto yang cantik ini bisa Anda unggah ke media sosial Anda. Bukan hanya bisa berfoto sepuasnya, pengunjung juga bisa mendirikan tenda di sekitaran curug Ciputri ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bogor yang Populer

Dengan begitu Anda bisa berkesempatan menikmati suasana tenang dan asrinya lebih lama. Pesona lainnya, air terjun ini memiliki kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang atau berendam. Ukuran curug ini memang tidak terlalu besar, tetapi Anda bisa bersantai dan melepas penat di tempat ini. Dan perlu Anda tahu, Anda harus menempuh 1200 meter dengan jalan kaki dari pintu masuk.

Lokasi: Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor.

8. Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung
Image Credit: Tribunnews.com

Air terjun di Sentul satu ini memang tergolong masih baru, tetapi mampu untuk menjadi magnet wisatawan yang singgah di kota Sentul. Curug ini menawarkan keunikan yang membuatnya berbeda dengan curug yang lainnya. Terletak di tebing tebing yang terbentuk dari bebatuan alami yang seakan akan disusun begitu rapi mengelilingi curug cantik ini.

Terdapat kolam alami yang terbentuk dan bisa dimanfaatkan untuk berenang atau berendam oleh pengunjung. Untuk tiba di curug Cikuluwung, Anda memang harus menaklukan medan yang tidak mudah terlebih dahulu. Tetapi pesona alamnya akan membabat habis semua lelah Anda. Air terjun ini juga memiliki banyak spot instagramable.

Lokasi: Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

9. Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana
Image Credit: Google Maps (Mia Asmita)

Perpaduan antara indahnya alam dan juga kesegaran air akan menyambut Anda ketika mengunjungi Curug Putri Kencana. Tentunya akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi Anda. Kolam air alami yang berada di bawahnya membuat siapapun tidak bisa menolak untuk berenang atau berendam. Jangan lupakan untuk mengabadikan semua momen di Curug ini.

Lokasi: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

10. Curug Leuwi Cibaliung

Curug Leuwi Cibaliung
Image Credit: Google Maps (Jenggo)

Sebagai penutup perjalanan Anda menjelajah Curug di Sentul, Anda bisa mengunjungi Curug Leuwi Cibaliung. Curug ini memiliki keindahan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Anda tidak hanya akan disuguhkan dengan jernihnya airnya, tetapi susunan bebatuan yang membuat panoramanya kian eksotis. Anda juga bisa berburu spot kekinian di curug cantik ini.

Lokasi: Sentul, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

Sebenarnya, Sentul masih memiliki beberapa air terjun atau curug menarik lainnya. Tapi yang telah disebutkan merupakan curug yang paling banyak direkomendasikan dan dikunjungi. Mengunjungi Wisata alam curug bukan hanya untuk mengagumi keindahan alamnya, tetapi juga bisa melepas semua penat. Mengingat udaranya yang sejuk dan alamnya yang masih terjaga.