Sentul memiliki banyak destinasi alam yang mengagumkan, terutama keindahan air terjun yang tiada duanya. Sebagian besar curug di Sentul Bogor menampilkan pesona alam yang membuat wisatawan berdecak kagum.

Wisata alam kerap menjadi pilihan untuk menghabiskan liburan dan melepaskan penat. Salah satu lokasi yang banyak dipilih ialah Sentul Bogor, yang terkenal dengan destinasi air terjunnya. Banyak sekali curug yang menjadi andalan para wisatawan, sebab suguhan panorama alamnya begitu mempesona.

Penasaran apa saja air terjun terindah disini? Berikut rekomendasi curug hits di Sentul Bogor yang menarik untuk Anda jelajahi.

1. Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung
Image Credit: Tribunnews.com

Nama air terjun ini masih terdengar asing di telinga para wisatawan. Selain merupakan salah satu wisata baru, Curug Cikuluwung terletak jauh dari jangkauan. Namun bukan berarti Anda tidak dapat berkunjung kesini, hanya membutuhkan perjuangan untuk tiba di lokasi. Anda harus melalui medan yang curam dan mendaki agar tiba di sebuah tebing.

Perjalanan Anda yang terasa melelahkan langsung tergantikan begitu sampai di kawasan curug. Pesona alamnya sungguh luar biasa karena posisi curug berada di tengah lembah. Di sekelilingnya terdapat formasi bebatuan eksotis. Ditambah lagi birunya air terjun menambah poin keelokan tiada dua. Paduan panorama ini bak sebuah lukisan yang sangat indah.

Kesegaran airnya langsung terasa saat Anda berendam di kolam alami di bawah curug. Anda bisa berenang bebas dan bagi yang tak bisa berenang, pihak pengelola menyediakan penyewaan pelampung. Sinar matahari yang masuk ke sela-sela tebing menjadikan pemandangan tampak instagramable. Momen ini dapat Anda abadikan dalam foto-foto berlatar Curug Cikuluwung.

Lokasi: Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kota Bogor.

2. Curug Bidadari

Curug Bidadari
Image Credit: Tabloidwisata.com

Diantara wisata air terjun di Sentul mungkin nama Curug Bidadari sudah lama dikenal. Untuk menuju ke lokasi ini Anda bisa melewati pintu keluar tol Sentul, lalu menuju ke Desa Bojong Koneng. Sesampainya di tempat Anda dapat melihat air terjun yang mengalir dari lereng pegunungan. Tingginya debit air curug menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Destinasi ini juga menawarkan panorama alam yang sangat asri, cocok bagi Anda yang ingin refreshing pikiran. Anda bisa berenang di kolam tepat di bawah air terjun, dan rasakan sensasi kesegaran airnya. Jika takut dengan derasnya air yang jatuh, Anda bisa berenang di balik batuan besar. Di kolam tersebut sudah tersedia wahana bermain untuk bersenang-senang.

Karena menjadi sorotan objek wisata membuat Curug Bidadari punya fasilitas lengkap. Saat perut kosong setelah puas bermain, Anda silahkan mampir ke warung-warung yang berjajar. Ada pula arena outbond anak apabila kurang puas berbasah ria di area air terjun. Segala fasilitas tersebut sengaja disiapkan agar pengunjung betah berlama-lama disini.

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor.

3. Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana
Image Credit: Google Maps (Mia Asmita)

Jika Anda menginginkan liburan yang penuh petualangan, Curug Putri Kencana adalah pilihan yang tepat. Letaknya memang tidak jauh dari ibukota, tepatnya di kawasan Gunung Panca. Namun Anda perlu memasuki hutan untuk menuju ke area tempat wisata ini. Setibanya di tempat Anda bisa melihat curug setinggi 7 meter, dan dikelilingi oleh pepohonan rimbun.

Karena berada di dalam hutan membuat destinasi ini terasa alami dan asri. Suasananya begitu damai membuat pikiran menjadi lebih rileks. Masalah kesegaran airnya tidak perlu ditanya karena langsung mengalir dari pegunungan. Tetapi bagi Anda yang tidak bisa berenang perlu waspada sebab kedalaman curug mencapai 6 meter.

Disini Anda dapat memacu adrenalin dengan cara melompat dari tebing menuju ke telaga. Namun hati-hati saat musim hujan karena batuan di tebing biasanya sangat licin. Pada waktu siang hari menjadi view terbaik di Curug Putri Kencana, sebab biasnya menyinari keseluruhan air terjun. Panorama inilah yang menjadi favorit pengunjung untuk mengambil foto.

Lokasi: Central Karang, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor.

4. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk
Image Credit: Gloob-online.com

Daerah Babakan Madang mempunyai gugusan curug-curug yang wajib dikunjungi. Salah satunya Curug Leuwi Lieuk yang memiliki keistimewaan berbeda. Anda akan menemui pemandangan bebatuan tinggi serta air jernih berwarna hijau toska. Ditambah lagi pepohonan rimbun yang mengelilingi, menjadikan suasana destinasi ini semakin menyenangkan.

Namun untuk menyaksikan segala keindahan tersebut Anda perlu berjalan kaki, sekitar 35 menit dari area parkiran. Treknya terbilang cukup curam jadi Anda dihimbau untuk berhati-hati saat melangkah. Terutama saat mengunjungi wisata ini pada musim hujan, karena jalan ke lokasi menjadi becek dan licin. Oleh karena itu disarankan datang kesini ketika musim kemarau saja.

Disini Anda dapat melakukan banyak aktivitas, salah satunya duduk di atas batu sembari melihat pemandangan bawah air yang tenang. Anda juga bisa berenang untuk menikmati kesegaran air dari curug ini. Jangan lupa mengambil banyak foto dengan beragam gaya dan berlatar belakangan air terjun yang sedang mengalir.

Lokasi: Pabuaran, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor.

5. Curug Barong

Curug Barong
Image Credit: Google Maps (hasan sadiq)

Berangkat dari gerbang Desa Karang Tengah Anda harus menuju ke area Gunung Pancar. Setelah itu ikuti jalan ke arah Leuwi Hejo lalu menelusuri sungai sekitar 10-20 menit. Namun perjalanan kali ini Anda tidak bisa menggunakan kendaraan, petak jalannya hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Jadi pastikan sebelum berangkat Anda berbekal fisik yang kuat.

Curug Barong masih berada satu kawasan dengan Curug Leuwi Lieuk, bahkan aliran airnya sama-sama berasal dari Sungai Cirangrang. Tetapi pesona alam yang ditampilkan jelas berbeda, destinasi ini unggul dalam batuan yang terlihat gagah. Nuansa alam di sini masih terasa pekat terbukti dari hembusan angin yang sejuk dan dikelilingi hutan hijau.

Dengan ketinggian air terjun sekitar 7 meter, guyuran airnya sangat deras namun tetap segar. Anda bisa berenang di kolam tampung di bawah curug dan rasakan sensasi kesegarannya. Kombinasi alam di tempat wisata ini akan membuat Anda berdecak kagum. Sekaligus menjadi liburan paling berkesan dan tempat melepas penat yang menyenangkan.

Lokasi: Pabuaran, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor.

6. Curug Leuwi Cibaliung

Curug Leuwi Cibaliung
Image Credit: Google Maps (Jenggo)

Jika Anda sedang berkunjung ke Kota Sentul, cobalah untuk mampir ke Curug Leuwi Cibaliung. Lokasinya berada di Karang Tengah tidak begitu jauh dari pusat kota. Meskipun cukup dekat dengan kota, namun tidak menyurutkan keindahan pesona alamnya. Anda akan merasakan suasana alam yang masih natural dan gesekan daun yang membuat tenang.

Dalam sekali pandang akan akan terpesona dengan batuan yang tersusun rapi. Deretan batu inilah yang menjadi ciri khas destinasi air di Sentul. Warna airnya biru laut dan sangat jernih hingga Anda bisa melihat ke dasar. Namun perlu berhati-hati bagi Anda yang tidak bisa berenang, sebab Curug Leuwi Cibaliung terkenal dengan kedalamannya.

Anda diperbolehkan untuk bermain air sepuasnya dan menikmati kesejukan air terjun. Siang hari menjadi waktu yang tepat untuk menikmati liburan Anda kali ini. Karena terik matahari membuat suasana sekitar curug menjadi lebih hangat. Terlebih lagi biasnya sangat epik untuk dijadikan sebagai spot foto, dengan latar belakang aliran curug yang cantik.

Lokasi: Central Karang, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor.

7. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Youtube.com (Yusrizal)

Letak wisata ini sekitar satu jam perjalanan dari Kota Jakarta, dan mengambil rute tol Jagorawi. Kemudian Anda belok kiri ke arah Sentul City menuju ke daerah Karang Tengah. Selanjutnya tinggal mengikuti ruas jalan ke kawasan Gunung Pancar, setelahnya baru menemukan lokasi Curug Leuwi Hejo. Terdapat papan nama yang menjadi tanda jadi Anda mudah menemukannya.

Karena masih satu aliran dengan Curug Barong membuat air terjun ini memiliki kesamaan. Bedanya warna air disini biru kehijauan dan memiliki tekstur batuan yang unik. Airnya sangat jernih hingga Anda bisa melihat ke dasar curug. Kedalaman curug pun terbilang dangkal sehingga Anda bebas berenang tanpa perlu memakai pelampung.

Di sekitar aliran dikelilingi oleh batuan besar yang dapat digunakan untuk bersantai. Biasanya para wisatawan memanfaatkan batuan tersebut sebagai pijakan untuk melompat. Saat mendarat di kolam tampungnya Anda akan merasakan sensasi kesegaran dari curug ini. Untuk fasilitas disini sudah lumayan lengkap terutama kamar mandi untuk berganti pakaian.

Lokasi: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor.

8. Curug Cikaracak

Curug Cikaracak
Image Credit: Google Maps (budi supriyadi)

Air terjun ini berada di bawah kaki Gunung Pangrango yang menghadirkan pesona menakjubkan. Sebelum menginjakkan kaki di Curug Cikaracak Anda perlu menuju ke Dusun Cibeling. Jika berangkat dari Ciawi maka harus menuju ke Sukabumi, lalu berlanjut ke daerah Cisempur. Disana Anda akan menemukan papan nama Curug Cikaracak selanjutnya tinggal ikuti jalan.

Setelah tiba Anda akan menjumpai lanskap curug yang diapit oleh dua tebing. Di sekelilingnya penuh dengan semak-semak dan pohon liar. Kombinasi panorama ini membuat siapapun jatuh hati, terutama para pecinta fotografi. Percikan air dari curug mengundang Anda untuk bermain air di sungai atau di bawah air terjun.

Anda juga bisa memasang hammock di pepohonan untuk tempat bersantai. Jika beruntung Anda akan menemukan serangga unik, yaitu capung berwarna kebiruan dengan gradasi merah muda. Atau sesekali menemukan kumbang hutan yang terbang di sekitar air terjun. Segala keindahan alam ini tentunya tidak boleh Anda lewatkan dari jepretan kameranda.

Lokasi: Jl. Cinagara, Tangkil, Kec. Caringin, Kota Bogor.

9. Curug Goa Lumut Indah

Curug Goa Lumut Indah
Image Credit: Google Maps (Nano Yulyanto)

Sesuai dengan namanya, air terjun ini dikelilingi oleh batuan yang dilapisi oleh lumut hijau. Kolam tampung yang terbentuk juga menyerupai bibir gua, alhasil tercetus nama Curug Goa Lumut Indah. Uniknya ukuran air terjun ini tidak terlalu besar namun memiliki daya tarik. Hal tersebut terletak pada air kolam yang jernih bak zamrud, membuat siapapun berhasil terpesona.

Sayangnya untuk melihat keelokan tersebut Anda perlu menempuh perjalanan panjang. Kontur jalanan yang menanjak, sempit dan berliku-liku membuat Anda lelah. Namun tak perlu menyesal setelah tiba di Curug Goa Lumut Indah. Anda bisa berenang di kolam air jernih dan sejuk sepuasnya, namun tidak boleh melewati pembatas tali yang disediakan.

Lokasi: Jl. Curug Cigamea, Kec. Pamijahan, Kota Bogor.

10. Curug Lontar

Curug Lontar
Image Credit: Google Maps (Indra Susandi)

Jika Anda berangkat dari Kota Sentul harus menuju ke arah Kabupaten Bogor. Sekitar 500 meter Anda akan bertemu jembatan besar Sungai Cianten di Leuwiliang. Kemudian belok kiri dan ikuti jalan utama untuk ke daerah Curug Lontar. Di sanalah Anda akan menemukan destinasi air terjun yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Curug ini terkenal memiliki debit air yang tinggi, sehingga dijadikan sebagai sumber pembangkit listrik. Ketinggian air terjun ini mencapai 30 meter dengan kolam tampung seluas 7.000 meter. Disarankan tidak berenang di sini karena kedalamannya mencapai 26 meter. Cukup menikmati suasana alamnya dan mengambil foto dengan latar Curug Lontar.

Lokasi: Karyasari, Kec. Leuwiliang, Kota Bogor.

Apabila Anda sedang berkunjung ke Sentul, kurang lengkap apabila tidak mampir ke wisata air terjunnya. Banyak destinasi curug yang menampilkan pesona alam menakjubkan. Anda akan diajak untuk menikmati keindahan curug dan kesejukan airnya. Dengan nuansa alam yang kental membuat liburan Anda lebih berkesan. Sudah tertarik untuk kesini?