Curug Sawer, Air Terjun Eksotis dengan Panorama yang Memukau di Tasikmalaya

Curug Sawer, Air Terjun Eksotis dengan Panorama yang Memukau di Tasikmalaya
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Mandalamekar, Kec. Jatiwaras, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Sawer adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat. Seperti yang tertulis di namanya, tempat wisata nan indah ini berupa curug atau air terjun. Uniknya air terjun di tempat ini tidak terlihat seperti air terjun biasa, namun terlihat berlapis-lapis, layaknya tirai yang pada jendela.

Bagi yang menyukai kegiatan outdoor, tertutama berkunjung ke tempat-tempat yang memiliki keindahan alam yang masih asri, Curug Sawer ini bisa menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Selain tempatnya sangat indah, lokasinya juga terbilang masih sepi dan tidak banyak pengunjung yang datang ke sana.

Berikut adalah informasi lengkap tentang curug yang menjadi objek wisata andalan di Tasikmalaya ini. Bagi yang ingin berkunjung ke sana, baca dulu informasi di bawah ini agar bisa mengetahui semua tentang objek wisata air terjun ini, mulai dari berapa harga tiketnya hingga apa saja fasilitas yang ada di dalamnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Sawer

Wisata Alam Curug Sawer Yang Memukau Dan Menarik Di Tasikmalaya
Photo by Google Maps sonu hamzah

Tiap objek wisata tentunya memiliki daya tarik yang memikat pengunjung untuk datang ke sana. Sama seperti Curug Sawer. Objek wisata dengan air terjun ini juga memiliki banyak sekali daya tarik. Berikut ini akan dijelaskan beberapa daya tarik dari tempat wisata yang ada di Tasikmalaya, Jawa Barat ini agar semua orang tahu betapa menariknya tempat ini.

1. Air Terjun Menyerupai Tirai

Hal utama yang menarik perhatian pengunjung ketika datang ke lokasi air terjun adalah bentuk air terjunnya yang menyerupai tirai. Ya, air terjun di tempat ini memang unik karena sumber curahnya tidak hanya satu atau dua saja, melainkan banyak sumber sehingga terlihat seperti tirai yang berlapis-lapis ketika airnya jatuh ke bawah.

Air terjun memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan lebarnya sekitar 10 meter. Pemandangan air terjun terlihat sangat mewah dan asri karena memang bentuk air terjunnya unik, volume airnya banyak dan juga dikelilingi oleh pepohonan, batu-batu besar, dan juga suara-suara burung khas suasana alam.

2. Pemandangan Sekitar yang Masih Asri

Banyak orang memilih berwisata ke Curug Sawer yang masih alami karena bosan melihat gedung dan pemandangan perkotaan. Di curug yang ada di Tasikmalaya ini, kita memang bisa melihat pemandangan yang benar-benar masih asri, layaknya di tengah hutan dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan dan juga polusi udara.

Curug di sini memiliki bentuk bertirai dan juga memiliki kolam curahan air di bawahnya yang bisa digunakan untuk berenang. Selain itu, di sekeliling curug juga masih ada hutan alami dan juga batu-batu berukuran besar di mana pengunjung bisa duduk untuk menikmati pemandangan air terjun yang memang masih asri dan indah.

Wisata Alam Curug Sawer Yang Sejuk Dan Menawan Di Tasikmalaya
Photo by Google Maps FUZASA

3. Lokasi yang Masih Tersembunyi

Salah satu daya tarik dari Curug Sawer adalah lokasinya yang tersembunyi. Ya, lokasinya tidak berada di pinggir jalan atau di pusat kota. Air terjun ini terletak hampir 30 km dari pusat kota Tasikmalaya. Tentunya, hal ini membuat lokasinya masih sangat terpencil dan memiliki pemandangan eksotis yang jauh dari hiruk-pikuknya perkotaan.

Bagi yang ingin mencari tempat wisata dengan pemandangan alam yang memang masih asri dan lokasinya yang masih jauh dari kota besar, tempat wisata ini memang pilihan yang tepat. Dari tempat parkir kendaraannya saja kita masih harus berjalan kaki kurang lebih 1 km sehingga bisa dibayangkan tersembunyinya lokasi curug.

4. Bisa Digunakan untuk Trekking

Trekking atau menjelajah alam tidak hanya bisa dilakukan di daerah pegunungan saja. Jika ingin trekking, kita juga bisa melakukannya di tempat wisata air terjun ini. Di sini, dari parkiran hingga lokasi kita harus jalan kurang lebih 1 km. Sepanjang jalan, kita akan disuguhi medan yang cukup licin dan menantang, apalagi saat musim hujan.

Bagi penggemar olahraga outdoor, tentunya kegiatan trekking ini bisa sangat menarik. Untuk itu, pastikan saat datang ke curug, kita dalam kondisi fisik yang baik dan juga kita menggunakan sepatu atau alas kaki yang memang bisa digunakan di kondisi medan yang cukup berat. Jalannya memang licin, namun semuanya sepadan, kok.

5. Harga Tiket Masuk yang Murah

Daya tarik terakhir tentu saja adalah harga tiketnya. Jaman sekarang akan sangat sulit bagi siapa saja untuk bisa berwisata murah, apalagi jika datang ke lokasi-lokasi wisata yang menawarkan spot foto dan lain sebagainya. Namun, di curug ini kita semua bisa melalukannya dan harganya juga amat sangat terjangkau.

Dengan harga tiket yang tidak sampai menguras kantong, kita sudah bisa mendatangi tempat wisata yang masih asri dan juga berfoto sepuasnya di sini. Kita juga bisa bermeditasi, menikmati udara segar, dan juga melakukan banyak hal lainnya hanya dengan uang tiket masuk yang bisa dibilang sangat murah.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Curug Sawer

Lokasi Wisata Alam Curug Sawer Tasikmalaya
Photo by Google Maps Eri Riza

Lokasi air terjun ini terdapat di Mandalamekar, Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya kurang lebih 29 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya. Disarankan kita naik motor dari pusat kota Tasikmalaya menuju ke lokasi curug yaitu ke arah selatan.

Setelah sampai di Kecamatan Jatiwaras, maka nanti kita bisa menemukan lokasi parkir dan tiket. Dari tempat penjualan tiket dan parkir wisata curug ini, perjalanan masih belum berakhir. Setelah parkir dan beli tiket di sana, kita harus berjalan kaki kurang lebih 30 menit ke arah curug.

Harga Tiket Masuk Curug Sawer

Tiket Masuk Di Wisata Alam Curug Sawer Tasikmalaya
Photo by Google Maps UDAR1DER CHANNEL

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata Curug Sawer, kita tidak perlu merogoh kocek terlalu mahal. Wisata alam ini memang masih terbilang sangat asli, sangat murah tiket masuknya, dan tidak akan membuat kita harus menyediakan budget terlalu banyak saat berwisata di sini.

Tiket yang dibutuhkan pengunjung untuk dapat masuk ke tempat ini hanya Rp 5.000 saja harganya. Harga tiket bisa berubah tergantung situasi dan kondisi. Namun, meski demikian harganya juga masih terbilang terjangkau. Untuk biaya lain yang harus dibayar biasanya adalah biaya parkir.

Untuk parkir roda dua alias sepeda motor, biaya parkirnya adalah Rp 3.000. Sedangkan jika pengunjung membawa kendaraan roda empat (mobil), maka tarif parkirnya Rp 5000.

Wisata air terjun ini buka tiap hari. Di hari Senin sampai Kamis dan juga Sabtu, curug buka dari jam 08.00 pagi hingga jam 17.00 di sore hari (khusus hari Rabu tutup jam 16.30). Untuk hari Jumat, objek wisata alam ini buka dari jam 14.00 siang dan tutup jam 17.00 sore. Untuk hari Minggu, Curug Sawer buka lebih pagi, yaitu jam 06.30 dan tutup pukul 17.00.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Curug Sawer

Kegiatan Menarik Di Wisata Alam Curug Sawer Tasikmalaya
Photo by Google Maps Saepul Arifin

Saat berada di Curug Sawer, kegiatan apa saja yang sebaiknya dilakukan di sana? Tenang saja, di tempat lokasi wisata alam yang sangat menarik ini, kita bisa melakukan banyak hal, mulai dari berfoto hingga meditasi. Penjelasannya akan ditulis di bawah ini sehingga kita tidak akan bingung lagi ketika nanti sudah sampai di lokasi.

1. Menikmati Pemandangan Alam

Tentu saja hal pertama yang bisa dilakukan di lokasi ini adalah menikmati pemandangan alam. Pemandangan alam di sini memang sangat indah, berupa air terjun bertirai dan juga hutan hijau di sekitarnya. Selain itu, ada bongkahan batu dan juga udara yang masih segar dan asri di sini. Cocok sekali untuk refreshing.

2. Berenang di Bawah Air Terjun

Di bawah air terjun Sawer terdapat kolam alami yang menampung air curahan air terjun. Jika ingin berenang di sini, kita bisa melakukannya. Namun, kolam ini cukup dalam karena memiliki kedalaman sekitar 10 meter. Oleh karena itu, jangan mencoba melompat langsung ke kolam. Masuk saja pelan-pelan demi keamanan diri kita sendiri.

Kegiatan Menarik Lainnya Di Wisata Alam Curug Sawer Tasikmalaya
Photo by Google Maps risal faisal

3. Bermeditasi

Lokasi air terjun tidak banyak pengunjungnya, apalagi di hari-hari biasa. Inilah mengapa kita bisa melakukan meditasi di tempat ini. Banyak bebatuan besar yang bisa digunakan untuk duduk dan bermeditasi. Kita akan lebih tenang dengan suasana alam yang sangat asri dan kita juga bisa rileks saat memejamkan mata di lokasi curug.

4. Berfoto dengan Latar Belakang Air Terjun

Jaman sekarang yang penting adalah bisa foto di objek wisata karena nantinya akan digunakan untuk konten sosial media. Jika ini tujuan utama pengunjung datang ke curug, maka mereka bisa melakukannya karena di sini ada banyak spot foto alami, terutama di depan air terjun yang bisa menghasilkan foto-foto yang cantik.

5. Mempelajari Sejarah Curug Sawer

Bagi yang tertarik pada sejarah, kita bisa mempelajari tentang sejarah lokasi ini pada saat berkunjung. Ada tour guide yang siap membantu pengunjung dalam hal ini dan tentu kita akan mendapat banyak informasi baru terkait lokasi dan juga hal-hal menarik tentang curug.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Sawer

Fasilitas Di Wisata Alam Curug Sawer Tasikmalaya
Photo by Google Maps Dzikri Mardhiyan

Soal fasilitas, Curug Sawer belum memiliki fasilitas laiknya tempat wisata. Objek wisata air terjun ini memang masih sangat “perawan” dan belum banyak juga pengunjungnya meski sudah cukup terkenal. Alhasil, hanya ada fasilitas seperti tempat parkir di sini. Tempat parkir berjarak kira-kira 1 km dari lokasi air terjun. Alhasil, kita juga harus berjalan kaki cukup jauh.

Selain tempat parkir, di sekitarnya terdapat pula beberapa penjual makanan dan warung. Sayangnya, tempatnya juga cukup jauh dari lokasi curugnya. Jadi memang kita tidak bisa menemukan fasilitas di sekitar curug, namun fasilitas terdekat ada di lokasi tempat parkir. Namun, untuk antisipasi jika lapar atau haus, tetap terdapat penjual makanan dan minuman.

Fasilitas tour guide juga tersedia di Curug Sawer. Biasanya, kita harus memesan terlebih dahulu jika ingin didampingi oleh tour guide selama berwisata di sini. Tour guide berasal dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa-desa sekitar curug. Jika sudah sampai lokasi retribusi, coba tanya petugas di sana dan kita akan diarahkan untuk mendapatkan tour guide.

Itu dia tadi semua hal menarik yang harus diketahui tentang wisata air terjun yang ada di Jawa Barat ini. Jika memang ingin berkunjung ke sana, pastikan kondisi fisik sedang dalam keadaan fit karena nantinya kita pasti akan banyak berjalan kaki. Meski demikian, Curug Sawer memang sangat indah dan sepadan dengan semua perjuangan menuju ke sana.