Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Gede Pangrango, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi, Jawa Barat

Sukabumi menjadi salah satu tempat recomended untuk berlibur. Kota yang berada di provinsi Jawa Barat ini kerap menyajikan destinasi wisata indah yang masih asri. Ketika berada di Sukabumi maka belum lengkap kalau tidak mampir ke Curug Sawer. Curug dengan ketinggian 35 meter ini menampilkan pesona keindahan alam yang indah dan menyejukan.

Pesona air terjun Sawer kian meningkat dari waktu ke waktu. Banyak pengunjung mulai berdatangan terutama di akhir pekan. Dari segi lokasi curug ini terbilang tersembunyi sebab berada di kawasan Gunung Gede Pangrango. Jadi area sekitar wisata masih dipenuhi banyak pepohonan tinggi. Lokasi yang demikian tentu menambah nuansa suasana alam yang sejuk.

Curug Sawer merupakan bukti wisata alam yang masih alami dipadu dengan modernisasi. Bagi Anda yang datang ke sini dijamin akan betah melihat pemandangannya yang cantik. Apalagi berbagai fasilitas tersedia dengan lengkap. Selama berkunjung wisatawan dapat melihat pemandangan, duduk santai di bebatuan yang indah, atau berenang di area air mengalir.

Daya Tarik Wisata Curug Sawer

Wisata Alam Curug Sawer Menawan Dan Menarik Di Sukabumi
Photo by Google Maps hasan sadiq syahab

Air terjun Sawer dapat menjadi pilihan untuk Anda yang suka traveling. Pengalaman liburan akan semakin seru dengan perjalanan menuju curug yang terbilang menantang. Banyak medan harus di lalui sebelum sampai ke lokasi tujuan. Namun di tengah perjalanan wisatawan akan disajikan berbagai macam pemandangan yang mempesona.

1. Pemandangan Alam yang Menyejukan

Daya tarik utama dari Curug Sawer berada di keindahan alam yang mempesona. Lokasi wisata alam yang tersembunyi membuat nuansa masih terasa begitu asri. Anda akan melihat hamparan air terjun yang turun terlihat sangat menawan.

Duduk di sekitar air terjun akan membuat suasana hati tenteram dan lega. Segala rasa penat pun seketika hilang dengan kesejukan yang ada.

Sebetulnya pemandangan alam indah mulai akan terlihat saat perjalanan menuju lokasi wisata. Perlu diketahui dibutuhkan perjalanan beberapa menit untuk Anda sebelum sampai ke curug indah ini. Untungnya di tengah perjalanan pengunjung dapat melihat pesona alam yang bervariasi.

2. Dikelilingi Bebatuan dan Pepohonan yang Rindang

Curug Sawer berada di gunung Gede Pangrango. Hal itu membuat kawasan wisata masih begitu asri. Air terjun yang satu ini paling cocok untuk menenangkan pikiran siapa pun yang datang. Di kelilingi pepohonan rindang membuat semilir angin begitu terasa.

Wisata Alam Curug Sawer Yang Sejuk Dan Mempesona Di Sukabumi
Photo by Google Maps Syarah Cahyaningrum

Kesejukan tempat ini memang tak terbantahkan. Siapa pun yang datang dijamin akan betah berlama-lama berkunjung. Datang ke air terjun sawer paling cocok untuk Anda hunting foto. Latar belakang curug yang menawan tentu saja menambah indah hasil jepretan.

Belum lagi nampak bebatuan yang menambah eksotis pemandangan. Jangan lupa pula untuk berfoto di jembatan yang tak jauh dari curug. Jembatan tersebut biasanya menjadi spot favorit pengunjung.

3. Kesegaran Air Gunung Asli

Derasnya air mengalir dari air terjun terlihat sangat mempesona. Wisatawan yang melihat kejernihan Curug Sawer tentu merasa gerah kalau tidak bermain air. Untuk bermain air diperbolehkan oleh pihak penyelenggara akan tetapi ada peraturan yang harus di ikuti.

Jadi pengunjung hanya di izinkan untuk berenang di deretan air mengalir dari bebatuan di sekitar area curug. Mengenai berenang di bawah curug masih dilarang. Hal demikian terasa wajar agar melindungi wisatawan dari segi keselamatan.

Perlu diketahui kedalaman air nampak begitu dalam dan curam. Belum lagi medan bawah air yang licin. Bagaimanapun bila Anda ingin bermain di tepian pastikan saja untuk menahan rasa dingin dari air gunung asli.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alam Curug Sawer Sukabumi
Photo by Google Maps Difa Octafanny

Curug Sawer merupakan salah satu air terjun di Sukabumi yang mulai dipadati wisatawan. Lokasi curug terbilang tersembunyi yakni berada di kawasan Gunung Gede Pangrango. Mengenai alamat lengkapnya yakni berada di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.

Berkat pemandangan alamnya yang memukau banyak wisatawan mulai berdatangan. Pengunjung yang datang tidak perlu risau tidak tahu alamatnya. Meski terbilang jauh dari pusat kota, akses perjalanan mudah untuk diikuti. Apalagi telah banyak muncul papan petunjuk jalan yang mempermudah akses selama di perjalanan.

Apabila sudah berada di Sukabumi maka akses yang dapat di lalui yakni melewati Masjid Agung Sukabumi terlebih dahulu. Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Jl.Babakan Sirna. Beberapa menit berselang Anda akan sampai di alun-alun. Bila sudah maka diteruskan menuju Jl. Surya Kencana hingga menuju Jl.Cimumpang.

Wisatawan dapat mengakses jalan baik menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua. Meski begitu kendaraan Anda tidak akan langsung sampai ke tujuan. Sebab perjalanan harus diteruskan dengan berjalan kaki. Perlu diketahui bahwa jalur tracking lumayan curam jadi pastikan untuk selalu berhati-hati ketika di perjalanan.

Lama perjalanan menuju Curug Sawer kurang lebih 30 sampai 1 jam perjalanan. Meski medan yang dilalui sulit namun rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan di tengah perjalanan yang memukau.

Ada beberapa tips di tengah perjalanan agar lancar yakni pastikan wisatawan menggunakan alas kaki yang nyaman. Selain itu usahakan datang di saat cuaca sedang cerah atau tidak hujan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun

Tiket Masuk Wisata Alam Curug Sawer Sukabumi
Photo by Google Maps Yi-Nan Chuang

Berkunjung ke tempat wisata yang indah tidak selalu butuh biaya yang mahal. Hal ini berlaku juga di air terjun Sawer yang mana membebankan harga tiket yang terbilang murah. Kurang lebih wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 untuk dapat akses ke wisata alam eksotis.

Namun mengingat akses jalan yang panjang maka Anda dapat pula sewa kendaraan roda dua agar tidak terlalu jauh. Curug Sawer saat ini selalu di padati wisatawan. Untuk menambah pengalaman seru wisatawan maka telah tersedia berbagai pilihan paket wisata di sini.

Seperti paket wisata reguler seharga Rp 70.000 dan paket VIP Rp 100.000. Paket demikian sudah termasuk dengan akses melewati jembatan Gunung Suspension, ada pula kendaraan antar jemput, masker dan welcome drink.

Tempat wisata indah ini dapat mulai di akses pada pukul 08.00 sampai dengan 18.00. Perlu diingat bahwa pastikan lebih baik berkunjung saat cuaca cerah agar perjalanan nantinya jauh lebih nyaman. Selain itu datang di pagi hari merupakan waktu terbaik untuk melihat keindahan Curug Sawer.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Curug Sawer Sukabumi
Photo by Google Maps Tati Yulianti

1. Hunting Foto Terbaik

Mengunjungi tempat yang indah belum lengkap kalau belum berfoto. Nah di air terjun Sawer ini menampilkan pemandangan alam yang masih asri dengan pepohonan di sekitar. Anda dapat berswafoto dengan ciamik di tengah bebatuan air terjun dengan latar belakang deburan air mengalir. Bila pemilihan angle di posisi yang tepat maka hasilnya pun akan maksimal.

Masalah spot foto di Curug Sawer memang tidak akan pernah habis. Ada banyak pilihan spot yang wajib pengunjung coba. Di antara yang paling populer ialah di tengah jembatan kecil tak jauh dari air terjun. Biasanya wisatawan ramai-ramai memilih tempat tersebut untuk mengabadikan momen.

2. Bersantai dengan Udara yang Sejuk

Air terjun Sawer sangat cocok untuk bersantai sembari menghirup udara segar. Dengan duduk sambil melihat air terjun akan membuat suasana hati tenang dan damai. Ada pun beberapa tempat yang pas untuk wisatawan bersantai sejenak. Misalnya di bebatuan di sekitar wisata alam yang cukup bersahabat sebagai tempat istirahat dan bersantai pengunjung.

3. Bermain Air

Selain duduk santai, pengunjung juga dapat menikmati kesegaran air. Hanya melihat pemandangan air terjun saja tentu membuat siapa pun gregetan. Kebanyakan dari Anda pasti ingin bermain air langsung. Kegiatan bermain air dapat dilakukan untuk menambah keseruan saat berkunjung. Apalagi air turun langsung dari pegunungan sehingga sangat segar dan jernih.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Curug Sawer Sukabumi
Photo by Google Maps Syarah Cahyaningrum

Namun perlu diketahui bahwa wisatawan hanya diperbolehkan bermain air di area aliran air yang dangkal. Hal itu dikarenakan di kedalaman air terjun dilarang untuk berenang. Pihak dari Curug Sawer melarang itu demi menghindari hal yang tidak diinginkan. Lebih jauh, medan juga dikenal dalam serta curam sehingga berbahaya.

4. Perjalanan Menantang

Butuh perjuangan ekstra sebelum mencapai curug. Apalagi jika Anda datang berjalan kaki di tengah menuju wisata alam ini. Namun segala rasa lelah akan hilang seketika mengingat lokasi di tengah perjalanan sangat indah dan alami.

Pengunjung akan melihat banyak pepohonan rindang di sekitar. Akses jalan juga dapat melewati jembatan Situ Gunung Suspension yang terkenal fenomenal.

Jembatan yang terbuat dari kayu ulin tersebut berada di ketinggian 161 meter. Dari ketinggian itu pula terlihat pemandangan indah dengan suasana yang sejuk. Dengan panjang 243 meter dan lebar 18 meter, Situ Gunung Suspension mampu menampung lebih dari 55 orang. Jembatan indah ini tak ayal juga banyak dijadikan spot foto yang kece dan anti mainstream.

5. Glamping

Aktivitas glamping merupakan kegiatan populer di Curug Sawer. Glamping memiliki arti seperti halnya dengan camping. Bedanya Anda tidak perlu bersusah payah mendirikan tenda terlebih dahulu. Sebab telah tersedia area glamping dengan fasilitas yang memadai. Berada di tengah pegunungan akan membuat suasana menjadi semakin terasa dan seru pastinya.

Fasilitas di Kawasan Curug Sawer

Fasilitas Di Wisata Alam Curug Sawer Sukabumi
Photo by Google Maps Febri Haryanto

Sebagai destinasi yang mulai maju air terjun Sawer memiliki fasilitas yang terbilang lengkap. Segala fasilitas yang ada jelas membantu wisatawan agar lebih betah berlama-lama datang. Fasilitas umum seperti toilet, area parkir luas, serta tempat ibadah tersedia. Untuk kamar ganti pun ada agar bila wisatawan bermain air tidak bingung untuk berganti pakaian.

Selain itu ada banyak fasilitas tambahan yang tak kalah menarik. Misalnya area food court. Di situ Anda dapat memesan berbagai macam hidangan lezat selagi berwisata. Banyak makanan serta minuman khas Sunda yang familiar di sini. Berlibur sembari berwisata kuliner jelas menjadi aktivitas yang seru.

Fasilitas seru lain yang tak kalah seru ialah adanya camping ground. Berada di curug yang menawan akan semakin terasa lengkap bila merasakan suasana malam harinya. Menginap di glamping dapat menjadi solusi terbaik. Bila tidak suka dengan kegiatan camping, adapun Anda juga bisa menginap di beberapa penginapan yang tak jauh dari lokasi wisata.

Itulah beberapa daya tarik, fasilitas dan kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Curug Sawer. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang masih asri dan segar. Cocok untuk menghilangkan penat akibat aktivitas sehari-hari.