Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Kombongan, Pakenjeng, Kec. Pamulihan, Kab. Garut, Jawa Barat.

Garut dikenal dengan sajian dodolnya yang melegenda. Namun dibalik makanan khasnya tersebut, daerah ini memiliki berbagai macam wisata alam yang menyuguhkan pemandangan indah. Salah satu destinasi yang menarik dikunjungi adalah Curug Sanghyang Taraje. Wisata alam ini memiliki pemandangan yang masih alami dan juga menjadi tujuan favorit pelancong ketika berada di Garut. Berikut keindahan dan daya tarik yang dimiliki oleh wisata satu ini.

Sekilas Tentang Curug Cantik di Garut

Tentang Curug Cantik di Garut
Image Credit: Twitter.com @letsgonesia

Curug atau air terjun sering kali menjadi destinasi wisata yang memiliki peminatnya tersendiri. Banyak wisatawan yang mencari tempat untuk berlibur dengan pemandangan indah dan juga udara yang segar. Tentuya Curug Sanghyang Taraje dapat menjadi alternatif tempat berlibur yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati panorama alam.

Namun, tak hanya menyuguhkan pemandangan yang apik, wisata alam satu ini juga sangat instagramable. Bagi Anda yang ingin hunting foto keren juga bisa datang curug ini. Dengan diapit tumbuhan yang hijau di sekitar air terjun akan membuat siapa saja menjadi terpukau akan pemandangan yang tersaji.

Daya Tarik Wisata Curug Sanghyang Taraje

Daya Tarik Wisata Curug Sanghyang
Image Credit: Twitter.com @travellerkaskus

1. Mitos yang Berkembang

Dalam bahasa Sunda, curug memiliki arti yakni air terjun. Sedangkan untuk Sang Hyang merupakan istilah yang ditujukan untuk raja atau dewa jaman dahulu. Lalu, untuk Taaje sendiri adalah tangga dalam Bahasa Sunda. Sehingga dapat diartikan jika curug satu ini merupakan tangga yang digunakan oleh dewa menuju ke kayangan.

Mitos dan legenda ini dikatakan jika air terjun yang ada di Curug Sanghyang Taraje merupakan tempat dimana Sangkuriang mengambil bintang untuk Dayang sumbi. Menurut legenda yang berkembang di setempat, dekat air terjun satu ini terdapat satu satu batu yang memiliki bentuk seperti tapak raksasa. Konon katanya, itu merupakan tapak kaki sangkuriang.

Namun, banyak orang yang jarang bisa menemukannya. Selain itu, di bawah air terjun konon katanya juga terdapat tempat penyimpanan bintang atau harta karun Sangkurangan yang mana dijaga oleh belut raksasa. Terlepas dari mitos tersebut, air terjun ini memang memiliki bentuk yang menyerupai tangga sangat besar apabila Anda melihatnya dari kejauhan.

Daya Tarik Curug Sanghyang
Image Credit: Twitter.com @jejakalamnet

2. Pesona yang Dimiliki Wisata Ini

Saat Anda berada disini, pesona alam yang indah akan langsung tersaji di hadapan Anda. Bagaimana tidak, Anda pun akan disuguhkan pemandangan alam yang hijau dan derasnya air terjun yang mengalir akan membuat pikiran menjadi tenang. Ketika Anda ingin mengunjungi curug satu ini, pengunjung biasanya akan diharuskan untuk menitipkan kendaraan.

Kemudian, Anda bisa berjalan kaki di jalan setapak. Jalanan tersebut terbilang cukup licin dan curam. Itulah mengapa Anda sebaiknya menitipkan motor atau mobil yang dibawa sebelum melanjutkan perjalanan. Setelah Anda melakukan perjalanan sekitar 15 menit, sayup sayup akan terdengar suara deburan air yang cukup deras di telinga.

Setelah itu, dari kejauhan Anda pun akan melihat indahnya air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Air terjun tersebut mengalir di tebing bukit dan memiliki debit air yang tinggi, khususnya ketika musim hujan tiba. Ketika kabut turun, Anda pun akan merasakan pemandangan alam yang semakin indah sekaligus misterius.

Selanjutnya, di bawah air terjun Sanghyang Taraje Anda pun akan mendapati bendungan kecil dengan dinding. Dimana adanya dinding tersebut akan membuat aliran menjadi tertata lebih rapi. Umumnya spot ini sering kali digunakan oleh pengunjung sebagai tempat untuk berfoto. Pasalnya disini merupakan titik aman dan juga paling dekat dengan curug.

Ketika Anda berjalan semakin dekat, maka Anda pun akan disuguhkan pemandangan tangga kayangan yang semakin memukau. Air terjun yang mengalir dengan deras ini akan membuat angin yang ada disini cukup kuat dan segarnya akan terasa. Saat diterpa oleh angin yang ada di sekitar curug, Anda pun akan merasakan butiran air segar yang jatuh ke kulit Anda.

Disini, Anda pun akan melihat pemandangan hijau yang mengelilingi air terjun sepuasnya. Apabila Anda mencari tempat yang pas untuk healing, maka Curug Sanghyang Taraje menjadi lokasi yang bisa untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga maupun sahabat. Pastinya Anda akan betah berada disini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Curug Sanghyang
Image Credit: Google Maps (Betty Lavea)

Jika Anda berencana untuk mengunjungi curug satu ini, maka Anda pun bisa datang ke Kecamatan Pamulihan yang berada di Desa Pakenjeng. Wisata satu ini berada kurang lebih yakni sekitar 50 km dari Kota Garut. Sepanjang perjalanan menuju tempat satu ini, Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan yang masih alami dan deretan bukit-bukit indah.

Apabila Anda berangkat dari pusat kota Garut, maka Anda pun akan menempuh perjalanan selama 2 jam dengan motor. Disarankan bagi Anda yang ingin kesini menggunakan kendaraan pribadi saja, sebab di sekitar lokasi sangat jarang terdapat angkutan umum yang melintas. Anda pun juga bisa menyewa jasa ojek untuk bisa sampai ke lokasi Curug Sanghyang Taraje.

Untuk rutenya sendiri, Anda bisa menuju ke wisata Curug Orok. Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Desa Cisandaan dan berbelok ke kanan menuju ke Kecamatan Pamulihan. Selanjutnya, Anda pun melewati SMP Pamulihan dan akan menemukan tempat parkir dan juga area untuk menitipkan kendaraan.

Setelah itu, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan yakni dengan berjalan kaki sekitar 10 hingga 15 menit saja. dengan waktu yang sebentar tersebut, Anda pun akan bisa langsung menemukan lokasi air terjun yang indah ini. karena Anda perlu berjalan kaki, sebaiknya memakai alas kaki yang nyaman.

Selain itu, untuk akses menuju curug satu ini, Anda perlu untuk memperhatikan kendaraan yang digunakan. Sebab, setelah melewati SMP Pamulihan, maka Anda pun akan menemukan jalanan yang berlubang dan tidak rata. Kemudian, tanjakan dan turunan juga bisa Anda temukan sepanjang perjalanan menuju wisata satu ini.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Curug Sanghyang
Image Credit: Instagram.com @tasya_nrfdh31

1. Bermain Air

Di Curug Sanghyang Taraje, Anda pun bisa melakukan kegiatan yakni rekreasi atau berwisata bersama dengan keluarga saat akhir pekan. Rekreasi pun kurang lengkap rasanya apabila Anda tidak bermain air dan cebur ceburan di lokasi satu ini. namun, Anda juga perlu ingat bahwa curug satu ini memiliki aliran yang cukup deras.

Sehingga lebih baik Anda tidak berada langsung di bawah air terjun. Melainkan Anda bisa bermain air di aliran sungai dan menikmati segarnya wisata dari Curug satu ini. selain itu, airnya yang bersih dan juga tenang bisa Anda temui di sungai. Sehingga akan membuat Anda lebih nyaman dan aman dalam bermain air.

Akan tetapi, air yang mengalir dengan jernih tersebut diapit dengan bebatuan yang licin. Sehingga ketika Anda bermain disini memang perlu untuk ekstra hati hati agar tidak jatuh dan terpeleset. Disini, Anda pun akan bisa merasakan kesegaran air sembari mencelupkan kaki di aliran air yang segar satu ini.

2. Berenang

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan adalah berenang. Pihak pengelola memang sengaja membuat kolam renang buatan, sehingga pengunjung yang datang bisa bermain dan berendam sepuasnya di kolam dengan dengan alam. Namun, sangat disayangkan kolam renang yang ada disini cenderung tidak terawat. Sehingga jarang ada wisatawan yang menggunakannya.

Aktivitas di Curug Sanghyang
Image Credit: Google Maps (Revan Abieputra)

3. Hunting Foto

Salah satu aktivitas wajib Anda lakukan di Curug Sanghyang Taraje adalah hunting foto. Pemandangan indah dan juga memukau yang bisa Anda temukan disini akan sangat sayang sekali apabila tidak diabadikan. Anda pun bisa memilih spot mana saja yang pas untuk dijadikan latar belakang foto.

4. Piknik dan Bersantai di Gazebo

Di sekitar air terjun, Anda pun akan menemukan beberapa gazebo dan juga bangku bangku yang berfungsi sebagai tempat untuk berpiknik dan juga beristirahat. Sembari melepas lelah, Anda pun akan disuguhkan pemandangan indah yang ada di sekitar curug, pastinya Anda pun akan dibuat terpukau.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Curug Sanghyang Taraje

Fasilitas Curug Sanghyang Taraje
Image Credit: Google Maps (Rizqi Al Fares)

Berada di air terjun ini, Anda akan disuguhkan dengan fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Disini, Anda pun akan menemukan tempat parkir yang juga berfungsi sebagai tempat untuk menitipkan kendaraan. Selain itu, ada pula toilet dan juga mushola, sehingga Anda tidak perlu keluar area wisata jika ingin beribadah.

Di sekitar curug, ana juga akan menemukan warung warung yang bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk mengganjal perut. Selain itu, di curug ini juga terdapat bangku bangku serta gazebo yang bisa Anda gunakan untuk melepas lelah dan beristirahat. Adanya fasilitas berupa kolam renang, juga bisa Anda manfaatkan untuk bermain air.

Berwisata di Curug Sanghyang Taraje menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Pasalnya, destinasi wisata satu ini memang memiliki pemandangan yang indah. Tidak hanya itu saja, Anda pun juga akan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, seperti bermain air sepuasnya hingga berfoto di spot spot keren yang pastinya sangat instagenic.