Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rengasjajar, Kec. Cigudeg, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Bogor hingga saat ini masih menjadi kota yang kerap dijadikan tujuan wisata. Kota yang mendapatkan julukan sebagai Kota Hujan ini memang memiliki destinasi alam yang siap untuk memanjakan Anda. Curug Rahong misalnya, destinasi satu ini belakangan hits di kalangan wisatawan, cocok bagi Anda yang gemar berburu tempat tempat berawan dan berpetualang. Bagi yang ingin liburan tenang dan menyenangkan, simak ulasan curug cantik ini selengkapnya.

Sekilas Tentang Curug Eksotis di Bogor

Tentang Curug Eksotis di Bogor
Image Credit: Twitter.com @dolphhin

Jika Anda mencari tempat untuk melepas penat dari padatnya aktivitas, Anda bisa menjadikan Curug Rahong sebagai pilihan. Destinasi satu ini akan memberikan Anda pengalaman sekaligus liburan yang berkesan. Lokasinya berada di tengah hutan dengan suasana yang begitu asri dan udara segar. belum lagi suasana tenangnya yang membuat enggan pulang.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan aliran yang cukup deras. Anda akan dibuat terpesona dengan keindahan yang dimilikinya. Sebelumnya curug ini bisa dikatakan sebagai curug perawan. Karena memang tidak banyak yang mengetahuinya, namun belakangan ketika fotonya tersebar di media sosial curug ini menjadi hits.

Nama Rahong sendiri bukanlah tanpa arti, dimana nama ini diambil dari sebuah jembatan yang lokasinya tak terlalu jauh dari Jalan Raya. Jembatan tersebut dikenal dengan nama Jembatan Cirahong. Rahong sendiri memiliki arti dusta atau bohong. Selain keindahannya, Anda tentu tahu jika banyak tempat wisata yang diselimuti oleh mitos maupun legenda.

Begitu juga dengan Curug Rahong di Bogor ini yang memiliki mitos tersendiri. Menurut masyarakat sekitar, mitos di air terjun ini adalah tidak diperbolehkan untuk berbohong di area ini. Hal ini sangat berkaitan dengan nama yang dimilikinya. Konon katanya jika selama di curug melakukan kebohongan maka akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Maka dari itu diharapkan pengunjung tetap menjaga perilaku maupun ucapan selama berlibur di curug ini. Mengingat mitos ini bahkan bisa menghilangkan nyawa ketika melanggarnya. Percaya atau tidak dengan mitos yang beredar, tentu saja menjaga dan menghindarinya akan lebih baik. Sehingga liburan akan menjadi menyenangkan juga memiliki kesan tersendiri.

Daya Tarik Wisata Curug Rahong

Daya Tarik Curug Rahong
Image Credit: Facebook.com @afraid.park

1. Masih Sangat Alami

Daya tarik utama dari destinasi wisata alam ini adalah alamnya yang masih alami. Lokasinya yang berada di tengah hutan liar membuatnya belum banyak terjamah orang. Aliran airnya berasal dari Sungai Cibodas yang begitu jernih dan segar. Air terjun ini dikelilingi dengan tebing tebing kokoh yang begitu luar biasa. Anda juga bisa menemukan alam yang masih sangat terjaga saat berada di Curug Rahong.

Sekelilingnya masih berupa hutan hijau yang membuat suasananya begitu asri. Udaranya yang sejuk juga menambah daftar panjang daya tariknya. Inilah mengapa Anda harus menjadikan tempat ini sebagai pilihan karena lokasinya masih sangat asri. Apalagi belum banyak yang mengunjunginya, sehingga suasananya begitu tenang.

2. Memiliki Keunikan Tersendiri

Air terjun yang turun dari ketinggian 15 meter ini memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dengan air terjun lainnya. Dimana Anda bisa menemukan sebuah batu yang menghalangi air untuk jatuh ke bawah. Membuat alirannya ini seakan terpecah menjadi dua bagian. Namun ketika melewati batu ini menjadi satu aliran kembali.

Hal inilah yang berhasil menyita perhatian para pengunjung. Air terjun yang jatuh membentuk kolam alami di bawahnya. Bebatuan yang menghalangi air terjun ini menggantung di bagian tebingnya. Dibingkai dengan alamnya yang luar biasa, tentu perpaduan ini akan membuat siapapun berdecak kagum.

Jika sebelumnya Anda menemukan air terjun di sebuah pegunungan atau dataran tinggi. Berbeda dengan air terjun ini, karena lokasinya justru tersembunyi di balik pertambangan. Memang di sekitarnya merupakan pertambangan batu dan pasir. Hingga saat ini pertambangan masih berlangsung, namun siapa yang menyangka jika ada tempat seindah ini dibaliknya.

3. Bentuk Air Terjunnya Cembung

Daya tarik berikutnya masih termasuk dalam keunikan yang dimiliki oleh Curug Rahong ini. Biasanya Anda akan menemukan air terjun yang langsung jatuh ke bawah. Tetapi, air terjun justru memiliki kontur cembung yang berbeda. Hal ini karena di tebingnya ada batuan yang menonjol. Sehingga menjadikan alirannya tidak langsung tegak lurus ke bawah.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Curug Rahong
Image Credit: Google Maps (Isnendi Yakub)

Untuk menikmati keindahan yang ditawarkan Curug Rahong, Anda tinggal menuju Kampung Kedaung, Desa Rengasjajar. Tepatnya berada di kecamatan Cigudeg, Bogor yang terbilang dekat jika ditempuh ini dari Jakarta juga Bogor. Akses menuju destinasi wisata ini juga sudah mudah untuk dijangkau. Hanya saja akan lebih baik untuk menggunakan kendaraan pribadi Anda.

Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Jakarta, Anda bisa melajukan kendaraan Anda menuju Bogor tepatnya menuju arah Ciampea. Selanjutnya silahkan lanjutkan perjalanan Anda menuju Leuwiliang dan Cigudeg. Perjalanan akan dilanjutkan menuju Goa Gudawang, Lebak Wangi, Sudamanik barulah menuju ke Kampung Kedaung.

Sementara untuk Anda yang memulai perjalanan dari Tangerang bisa menuju arah BSD. Dari sini silahkan lanjutkan ke arah Serpong, Kelapa Nunggal sampai Cisauk. Nantinya Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju Rumpin, Maloko menuju Sidamanik dan akan tiba di Kampung Kedaung.

Anda yang memulai perjalanan dari Bogor bisa menggunakan rute menuju arah Ciampea. Dilanjutkan untuk menuju Leuwiliang, Cigudeg dan menuju Gua Gudawang. Selanjutnya silahkan melanjutkan kendaraan menuju Lebak Wangi dan Sidomanik. Barulah Anda akan tiba di Kampung Kedaung.

Lokasi wisata Curug Rahong ini tidak terlalu jauh dari jalan raya. Perjalanan berikutnya akan dilanjutkan dengan berjalan kaki untuk sampai pada lokasi. Dari area parkir sampai menuju lokasi memang tidak bisa menggunakan kendaraan. Kecuali Anda menggunakan sepeda, Anda bisa membawanya sampai curug. Namun tetap saja harus menaklukkan medan menantang.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Curug Rahong
Image Credit: Google Maps (Muhamad Najib)

Menikmati keindahan yang dimiliki oleh Curug Rahong, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam. Harga tiket masuknya terbilang terjangkau, yakni mulai dari Rp 10 ribu setiap orang. Harga tiket tersebut masih belum termasuk dengan harga tarif parkir kendaraan Anda. Harga tarif parkirnya tergantung dari kendaraan yang Anda gunakan.

Anda bisa mengunjungi destinasi satu ini setiap hari, yakni mulai dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Objek wisata ini akan lebih ramai pengunjung ketika memasuki musim liburan atau akhir pekan. Sekalipun belum memiliki jam operasional, namun ada baiknya untuk datang di pagi hari. Mengingat Anda harus treking terlebih dahulu sebelum sampai lokasi.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Curug Rahong
Image Credit: Instagram.com @tbvgowes

1. Treking ke Curug Rahong

Untuk menikmati keindahan yang dimilikinya Anda memang harus treking terlebih dahulu. Jadi mau tidak mau Anda harus melakukan kegiatan satu ini. Pengunjung harus menggunakan alas kaki yang mendukung untuk mendukung kegiatan ini. Jalur trekking yang akan Anda lalui memang tidak mudah, sehingga wisata satu ini memang cocok untuk para petualang.

Perjalanan akan dilanjutkan dengan melalui jalur perkampungan warga dan area persawahan. Nantinya ada juga jembatan yang perlu untuk Anda lewati lengkap dengan aliran sungai. Jalur yang Anda lewati nantinya tidak akan rata. Terkadang Anda harus melewati jalur menanjak, terkadang juga datar dengan beberapa bebatuan.

Anda harus sangat berhati hati dalam menyusuri jalur ini, mengingat di beberapa bagian Anda harus menemukan jalanan yang begitu sempit. Walaupun menggunakan bisa sepeda, tentu petualangannya akan lebih terasa. Lokasinya di tengah hutan, sehingga suasananya begitu rindang. Dan pemandangan selama perjalanan juga sangat indah.

2. Bermain Air

Kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika berada di Curug Rahong ini adalah bermain air. Mengingat air yang dimilikinya sangat bersih juga segar. Kolam alami yang dihadirkan di bawahnya sangat cocok untuk berenang. Hanya saja Anda harus berhati hati selama menghabiskan waktu di sini. Mengingat kedalamannya ada yang mencapai 2 hingga 3 meter.

Duduk duduk di bebatuan juga bukanlah ide yang buruk. Anda bisa mencelupkan kaki sembari menikmati pemandangan sekitarnya. Jika berenang, pastikan Anda memang mahir dan tidak menuju area yang dalam. Apabila berani mendekat, Anda bisa merasakan pijatan dari air terjun dengan berada di bawahnya persis.

3. Melompat dari Bebatuan

Bebatuan yang ada di bawah air terjun memang cukup banyak dan berbagai ukuran. Dari bebatuan yang besar Anda bisa memanjatnya kemudian melompat ke dalam area kolamnya. Kegiatan satu ini kerap dilakukan oleh para pengunjung. Selain menantang adrenalin, aktivitas ini juga sangat seru.

Aktivitas di Curug Rahong
Image Credit: Google Maps (Ji Liong)

4. Berburu Foto Kekinian

Aktivitas yang tak kalah menarik untuk dilakukan di Curug Rahong adalah berburu foto kekinian. Sampai saat ini berfoto dengan latar belakang curug masih menjadi pilihan. Anda juga bisa mengambil foto di antara bebatuan maupun di perjalanan menuju curug. Yang jelas aktivitas satu ini tidak boleh Anda lewatkan sebagai kenang kenangan.

5. Menikmati Keindahannya

Ketika berada di alam terbuka dengan pemandangan indah, tentu saja bersantai sembari menikmati keindahannya tak boleh dilewatkan. Pesona yang dimiliki oleh curug ini memang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Anda bisa menikmati keindahannya ditemani suara air jatuh dan juga udara sejuk yang menenangkan jiwa.

Fasilitas yang Bisa Temukan di Curug Rahong Bogor

Fasilitas Curug Rahong
Image Credit: Google Maps (Senang Gowes)

Sebenarnya air terjun eksotis ini masih belum tersentuh pengelola secara resmi. Curug Rahong juga masih dikelola secara swasembada dari masyarakat sekitar. Begitu juga dengan fasilitas yang nantinya Anda temukan. Fasilitas yang tersedia juga masih minim. Namun sudah hadir beberapa fasilitas yang bisa digunakan pengunjung.

Fasilitas tersebut mulai dari toilet dan terdapat juga kamar bilas setelah Anda bermain air. Tidak hanya itu hadir juga beberapa bangku bangku dan saung sebagai tempat beristirahat. Area parkirnya masih menggunakan lahan milik warga. Jalan setapak untuk menuju lokasi juga masih minim. Namun Anda sudah bisa menemukan beberapa penjual makanan.

Warung makan ini menawarkan berbagai menu yang bisa Anda nikmati. Walaupun warung warung yang ada masih sederhana di wisata ini. Perlahan tapi pasti, fasilitas yang ada di Curug ini akan terus dikembangkan. Dengan begitu para pengunjung bisa lebih nyaman dengan hadirnya berbagai fasilitas yang dihadirkan.

Curug Rahong adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati tempat tempat indah dan juga masih terjaga di Bogor. Kealamian yang dimiliki memang sanggup memikat siapapun. Maka dari itu pastikan Anda menjadi wisatawan yang bijak dengan tidak membuang sampah sembarangan. Agar keindahan yang dimilikinya tetap terjaga.