Curug Putri Pelangi, Panorama Dua Air Terjun dengan Lanskap Alam Indah di Bogor

Curug Putri Pelangi, Panorama Dua Air Terjun dengan Lanskap Alam Indah di Bogor
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tajur Halang, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor, Jawa Barat

Curug Putri Pelangi masih layak dikatakan sebagai salah satu objek wisata alam favorit di Bogor. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota merupakan daya tarik tersendiri, sehingga wisatawan mudah menjangkaunya. Selain itu, akses jalannya sangat baik dan dilengkapi fasilitas penunjang yang cukup lengkap, cocok bagi pengunjung yang sudah berkeluarga.

Bogor yang dikenal sebagai kota hujan semakin lengkap kecantikannya dari adanya air terjun yang menghiasi di berbagai daerah. Curug sendiri dalam bahasa Sunda berarti air terjun yang mengalir dari ketinggian. Meskipun banyak ditemui tempat wisata dari kategori yang sama, namun semuanya memiliki ciri khas dan keindahan tersendiri.

Pengunjung yang datang ke Curug Putri Pelangi bukan hanya dari kota Bogor, ada juga yang datang dari luar kota dengan tujuan yang sama. Dengan keindahan alamnya yang memukau, sepertinya air terjun ini dapat dikatakan sebagai Surga Dunia. Selain pesona air terjun yang menyegarkan, suasana asri pemandangan alam sekitar pun didapatkan.

Daya Tarik Wisata Curug Putri Pelangi

Daya Tarik di Wisata Curug Putri Pelangi
Photo by Facebook Da Su

Diatas tadi disinggung bahwa semua air terjun yang ada di nusantara memiliki karakteristik dan ciri khas masing-masing. Inilah yang biasanya menjadi daya tarik dan alasan wisatawan datang berkunjung. Di Curug Putri Pelangi, berikut beberapa daya tarik yang dimiliki!

1. Panorama 2 Air Terjun

Daya tarik air terjun di Bogor ini tidak lepas dari pesona 2 air terjun yang berdampingan. Jarak antara keduanya terlalu jauh, hanya sekitar 10 meter sehingga dapat dilihat dalam satu kali pandang. Meski berdekatan, namun keduanya memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda. Air terjun pertama memiliki ketinggian sekitar 7 meter dengan lebar lumayan.

Curug ini berada di sebelah kiri dalam arah pandang ke depan. Aliran airnya langsung menuju ke kolam sehingga menghasilkan riak kecil yang indah. Sedangkan air terjun yang kedua berada di sebelah kanan arah pandang atau di sebelah kiri curug yang pertama. Ketinggiannya lebih rendah, begitu pula dengan aliran airnya yang tidak terlalu deras.

Air terjun kedua ini tidak memiliki kolam, air mengalir dari ketinggian menghantam batuan di bawahnya. Tetapi pada akhirnya alirannya menyatu dengan air terjun yang pertama di sebuah kolam di bawahnya. Keindahan dan pesona Curug Putri Pelangi inilah yang menjadikan alasan wisatawan selalu ada setiap harinya.

2. Air Kolam Jernih Menyegarkan

Aliran air yang jatuh dari kedua air terjun ditampung dalam sebuah kolam yang indah dan jernih. Kolam ini tidak terlalu dalam, bahkan kurang dari 1 meter sehingga cocok dijadikan tempat berenang. Wisatawan yang datang kebanyakan tidak dapat menahan diri untuk merasakan kesegaran airnya, baik dengan cara berendam atau sekedar bermain air.

Daya Tarik di Curug Putri Pelangi
Photo by Google Maps Rafauzi

Beberapa titik kolam di Curug Putri Pelangi dilengkapi dengan batu berbagai ukuran, eksotisme nya pun semakin terlihat. Ada batu yang ada di bawah air terjun langsung, biasanya pengunjung berpijak diatas nya untuk menengadahkan tubuhnya mendapat guyuran air. Sambil menahan dinginnya cuaca, mereka tetap bermain asyik.

3. Landscape Alam Indah

Semua elemen alam seolah menyatu di objek wisata air terjun ini. Aliran air yang terkadang deras begitu apik dan menenangkan jiwa. Dari alirannya menimbulkan suara harmoni alam yang mendamaikan jiwa. Pepohonan rindang yang berada di sekitar Curug Putri Pelangi layaknya menutupi dan tidak rela keindahan air terjunnya dinikmati banyak orang.

Sementara batu kecil dan besar memberikan pesona eksotis dan menawan. Landscape alam yang indah ini belum tentu didapatkan di tempat lain. Percikan air yang terbawa angin tidak hanya menyegarkan tubuh yang awalnya penat, namun memberikan sensasi menyejukkan. Belum lagi suara hewan liar sebagai penghuni kawasan ini, burung dan serangga misalnya.

4. Cocok Sebagai Objek Wisata Keluarga

Oleh karena akses jalan yang sangat baik dan mudah dijangkau, Curug Putri Pelangi cocok dijadikan sebagai objek wisata keluarga. Wisatawan yang datang bukan hanya dari pasangan pemuda yang biasanya menghabiskan waktu liburan sambil bersenang-senang. Di hari libur banyak orang tua dan anaknya yang berkunjung dan memadati kolam.

Mengunjungi curug ini tidaklah susah karena tidak perlu berjalan menanjak menaiki perbukitan. Perjalanan justru menuruni anak tangga, sekitar 400 lebih dengan kondisi yang di semen dan memiliki pegangan sebagai pembatas. Suasana alam yang masih asri dan alami menjadikan udaranya semakin sejuk, berlibur bersama keluarga semakin menyenangkan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Photo by Google Maps Team Pixel

Keindahan alam yang dimiliki Curug Putri Pelangi tidak lepas dari letaknya yang berada di kaki Gunung Salak. Meski berada di lereng gunung, namun menemukannya tidaklah susah. Anda tinggal menuju ke Tajur Halang, Kecamatan Cijeruk, kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dari Alun-alun Bogor atau Taman Sempur, lokasinya berjarak sekitar 15 kilometer.

Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut biasanya tidak lebih dari 45 menit. Tetapi karena kondisi jalan yang berbeda-beda setiap harinya, maka bisa jadi lebih atau kurang. Patokan utama yang dapat digunakan adalah menuju ke Bogor Mini Zoo yang melewati sepanjang Jalan RE Soemantadiredja.

Perjalanan menuju ke Curug Putri Pelangi dilanjutkan dengan menempuh arah ke Jalan Raya Cihideung. Setelah tiba di kawasan Cijeruk, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Pangkalan. Ikuti sepanjang jalan ini hingga tiba di daerah pegunungan. Apabila tiba di Villa Merah, artinya objek wisata tujuan tidak jauh lagi, lanjutkan sambil mengikuti papan petunjuk.

Harga Tiket Masuk Curug Putri Pelangi

Tiket Masuk di Curug Putri Pelangi
Photo by Google Maps hamdan 23 channel

Ada banyak objek wisata alam yang dapat dikunjungi di berbagai daerah, termasuk Bogor. Sebagian mewajibkan pengunjungnya membayar tiket masuk, sebagian lagi gratis. Untuk Curug Putri Pelangi, ada beban biaya tiket yang wajib dibayarkan pengunjung. Namun dipastikan harga tiket ini tidaklah mahal, karena hanya 10.000 rupiah per orang.

Selain itu, tambahan tiket parkir pun wajib dibayarkan bagi yang membawa kendaran pribadi. Oleh karena area parkir yang luas dan nyaman, retribusi parkir yang berlaku sebesar 5.000 untuk sepeda motor. Bagi yang membawa mobil berlaku dua kali lipat, yaitu sebesar 10.000 rupiah. Masih sangat murah tentunya meskipun datang membawa keluarga.

Objek wisata alam ini dibuka selama 24 jam, namun layanan tiket hanya berlaku di jam operasional antara 08.00 – 16.30 WIB. Pengunjung pun bebas masuk tanpa tiket diluar jam tersebut, namun tidak disarankan karena tidak diketahui petugas. Maksudnya, petugas tidak mengetahui jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama di lokasi.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Curug Putri Pelangi
Photo by Google Maps Nurman Firdaus

Curug Putri Pelangi adalah air terjun yang indah dengan kolam yang jernih dilengkapi bebatuan. Artinya, banyak aktivitas yang dapat dilakukan selam berkunjung. Semuanya dijamin seru, terutama jika datang bersama rombongan, baik teman maupun keluarga.

1. Menikmati Pemandangan Alam

Kegiatan pertama yang wajib dilakukan bagi semua pengunjung yang datang adalah menikmati alamnya yang indah penuh pesona. Aliran air yang seringkali dianggap kembar tidak pernah gagal memanjakan mata. Pohon rindang dan tanaman rambat yang tidak berhasil menutupi seluruhnya justru menambah pesonanya yang memukau.

2. Bermain Air di Kolam

Kolam yang ada di Curug Putri Pelangi yang tidak terlalu dalam pada umumnya digunakan sebagai aktivitas bermain air atau berendam. Batuan yang ada di tepi kolam dijadikan pijakan bagi mereka yang tidak tahan dingin. Airnya yang jernih membuat aktivitas ini selalu menyenangkan. Apalagi sangat memungkinkan bagi pengunjung untuk berada di bawah curug langsung.

3. Camping di Alam Terbuka

Di sekitar lokasi air terjun terdapat sebuah area luas yang digunakan sebagai aktivitas camping. Mendirikan tenda di alam terbuka sangat tepat dilakukan di sini. Suasana asri dan cuaca nya yang sejuk semakin mendukung. Wisatawan yang ingin camping di Curug Putri Pelangi wajib izin pengelola dan membawa peralatan kemah sendiri.

4. Berburu Spot Foto

Berikutnya adalah aktivitas fotografi yang tidak bisa jauh dari suasana liburan. Karena kali ini termasuk objek wisata alam dengan pemandangan yang indah, berburu spot foto pastinya lebih menyenangkan. Banyak spot yang dapat dijadikan latar belakang foto, salah satunya adalah air terjun. Jika pada waktu camping, spot terbaik adalah matahari terbit dan tenggelam.

Fasilitas Penunjang di Curug Putri Pelangi

Fasilitas di Curug Putri Pelangi
Photo by Google Maps Dona Chiandra

Fasilitas di air terjun ini termasuk lengkap, dimana pada umumnya objek wisata alam seringkali tidak mendukung aktivitas umum. Di sini, anda bisa menemukan area parkir yang luas dibawah pohon rindang. Toilet yang nyaman dan bersih pun disediakan bagi semua pengunjung yang ingin bersih diri atau keperluan air lainnya.

Tidak jauh dari toilet, terdapat mushola yang tidak terlalu besar, namun tetap bisa digunakan sebagai tempat ibadah. Bagi yang kelelahan selama perjalanan menuju lokasi atau setelah aktivitas, silahkan istirahat di saung. Namun untuk fasilitas ini tidak gratis, karena di banderol seharga 150.000 rupiah selama di lokasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Curug Putri Pelangi. Dari semua poin penjelasan diatas, sepertinya objek wisata alam ini sangat layak dikunjungi. Alamnya indah, pemandangan nyaris sempurna, dan fasilitasnya pun sangat lengkap. Saatnya anda meluncur ke lokasi atau memasukkannya kedalam daftar kunjungan wisata berikutnya.