Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Berwisata di air terjun memang sangat memanjakan badan dan pikiran. Salah satu air terjun yang menawarkan pemandangan alami yang asri dan menyegarkan di kawasan Bogor adalah Curug Putri Kencana. Bahkan, anda bisa menikmati empat buah curug sekaligus di kawasan wisata ini.

Curug yang populer ini memiliki pemandangan yang masih sangat asri dengan banyaknya pepohonan di sekelilingnya. Ditambah lagi dengan kesegaran air yang tiada tara. Dijamin pasti bisa membuat anda kembali merasakan kesegaran dan semangat baru setelah sekian lama berada di dalam rumah. Tempat ini juga sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta.

Daya Tarik Wisata Curug Putri Kencana

Wisata Curug Putri Kencana Yang Sejuk Dan Menawan di Bogor
Photo by Google Maps Chamars 2000

1. Pemandangan Alam yang Sangat Asri

Saat berkunjung ke sebuah wisata alam, tentu saja tujuan utama adalah untuk menikmati keindahan alam di lokasi tersebut. Hal itulah yang akan anda peroleh saat bertandang ke curug yang satu ini. nama dari curug ini masih berhubungan dengan mitos dari warga sekitar dimana sering melihat seorang putri yang cantik berada di sebuah kereta kencana setiap malam Jumat.

Itulah mengapa lokasi ini disebut dengan Curug Putri Kencana. Namun, terlepas dari benar tidaknya mitos tersebut, pemandangan curug ini memang sangat cantik dan asri. Anda akan dimanjakan dengan rindangnya pepohonan yang ada di sekeliling curug dan tentu udara yang sangat segar. Oleh karena itu, tempat ini sangat direkomendasikan untuk anda yang butuh penyegaran.

Tidak heran jika banyak pengunjung yang datang ke sini untuk menyepi sebentar dari keramaian perkotaan dan pekerjaan yang padat merayap. Untuk menghindari keramaian pengunjung, disarankan untuk datang ketika masih pagi. Selain supaya tidak berjubel dengan pengunjung lainnya, udara ketika pagi hari juga tentunya lebih segar dan berpadu dengan hawa dingin.

2. Air Terjun yang Jernih dan Segar

Hal yang tidak kalah menarik dari Curug Putri Kencana adalah airnya yang sangat jernih dan segar. Sekalipun tubuh anda akan merasa sedikit kedinginan saat menyentuh airnya, namun lama-kelamaan akan semakin segar dan sangat nikmat. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 7 meter dengan kolam yang cukup dalam, yaitu sekitar 4 hingga 6 meter.

Air dari curug mengalir dari tebing yang cukup tinggi dan sangat segar. Air di dalam kolam berwarna hijau tosca yang indah, namun anda harus berhati-hati saat bermain air di sini. Sebab, kedalam kolamnya terbilang cukup dalam dan sangat berbahaya untuk anak-anak. Apabila anda ingin berenang, pastikan anda menggunakan perlengkapan keamanan.

Daya Tarik Curug Putri Kencana
Photo by Instagram IDHAY

Meski begitu, lokasinya yang sedikit tersembunyi membuat curug ini sangat pas untuk menyepi dari keramaian. Aliran air tersebut menuju ke sungai yang ada di sekitar curug dan dalamnya hanya sebatas kaki manusia. Saat berkunjung ke sini, pastikan anda tidak melewatkan kesempatan untuk merasakan segarnya air dari Curug Putri Kencana.

3. Fasilitas Camping

Fasilitas camping yang tersedia di sini juga menjadi daya tarik tersendiri untuk beberapa orang. Anda bisa mendirikan tenda sambil menikmati suasana curug yang masih asri dan indah ini. Ditambah lagi dengan suara aliran air yang sangat menyegarkan dan membawa anda jauh dari keramaian kota yang penuh dengan hiruk-pikuk kendaraan bermotor.

Fasilitas ini harus anda memanfaatkan dengan maksimal, terutama ketika anda berkunjung dengan teman-teman. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk menikmati keindahan dan kesegaran curug sampai puas. Malam harinya anda bisa menikmati makanan yang hangat dan bercengkerama dengan teman-teman anda ditemani suara gemericik air dari curug ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Curug Putri Kencana
Photo by Google Maps Jumadi Cipto

Curug Putri Kencana berada di kawasan wisata Gunung Pancar, yaitu di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Lokasinya pun tidak jauh dari ibukota, sekitar 23 kilometer ke arah timur, sehingga cukup mudah untuk diakses. Jalan yang ditempuh untuk lokasi curug ini sama dengan Curug Barong dan Curug Leuwi Hejo.

Kondisi jalannya sudah bagus beraspal, hanya saja anda akan sering menjumpai tanjakan dan kelokan yang cukup ekstrem sebagaimana jalan khas pegunungan. Anda bisa memulai perjalanan dari Tol Jagorawi dan keluar melalui gerbang Sentul City. Setelah itu, belok ke kiri dan memasuki jalan menuju ke arah Jungle Land. Sebelum pintu masuk Jungle Land, anda bisa belok ke kanan.

Kemudian, anda belok lagi ke kiri dan ikuti papan petunjuk menuju lokasi curug yang sudah sangat memadai. Saat mendekati curug, jalannya cukup menyulitkan jika anda berpapasan dengan mobil dari arah yang berlawanan. Untuk itu, lebih disarankan menggunakan sepeda motor agar lebih aman. Setelah tiba di lokasi parkir, anda masih harus berjalan sekitar 500 meter.

Kondisi jalan ini masih berupa tanah dan bebatuan, sehingga akan sangat licin saat musim hujan tiba. Hal ini juga bisa menjadi tips jika ingin berkunjung ke curug, lebih baik datang ketika hari tidak sedang hujan. Di sepanjang jalan ini, anda akan menemui beberapa curug yang landai dan lokasi Curug Putri Kencana berada di paling ujung.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket Masuk Wisata Curug Putri Kencana di Bogor
Photo by Google Maps ranny run.away0809

Untuk menikmati keindahan Curug Putri Kencana, anda tidak perlu membayar mahal karena biayanya hanya Rp 25 ribu per orang. Sementar itu, biaya parkir untuk roda dua sebesar Rp 10 ribu per kendaraan. Dengan biaya tersebut, anda sudah bisa menikmati keindahan curug mulai dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB dan melakukan banyak kegiatan.

Di sini juga terdapat fasilitas camping yang bisa anda gunakan. Apabila anda ingin camping di sini, tentu ada biaya tambahan yang perlu dibayar. Biayanya juga sangat terjangkau, yaitu Rp 25 ribu per tenda dan anda bisa mendirikan tenda di area yang sudah dipersiapkan oleh pengelola. Waktu terbaik untuk mengunjungi curug ini yaitu ketika pagi hari karena udaranya sangat segar.

Selain itu, belum banyak orang yang datang ke sini, sehingga anda bisa menikmati keindahan dan kesegaran air di curug ini dengan leluasa. Jika anda tidak ingin mengeluarkan biaya yang lebih, maka pastikan anda membawa perbekalan sendiri saat berkunjung ke sini. Namun, di sini juga tersedia warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman.

Berbagai Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Menarik di Wisata Curug Putri Kencana Bogor
Photo by Google Maps syifa nurul fajri

1. Bersantai

Jika anda tidak ingin melakukan kegiatan lain saat berkunjung ke Curug Putri Kencana, anda juga bisa bersantai untuk menikmati keindahan alamnya. Banyak tempat yang bisa anda gunakan untuk bersantai dan tentunya sangat nyaman. Sekalipun anda tidak melakukan kegiatan apa pun, keindahan curug ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Sambil bersantai, anda juga bisa menikmati camilan yang anda bawa sendiri atau anda beli di warung yang ada di tempat ini. kegiatan bersantai ini juga sangat cocok untuk anak-anak karena kolam di curug ini sangat dalam untuk ukuran anak-anak, sehingga tidak disarankan untuk berenang atau bermain air di dekat kolam.

2. Bermain Air di Sungai

Kegiatan yang satu ini bisa menjadi alternatif jika anda takut untuk dekat-dekat dengan kolam yang dalam. Sebab, air curug yang mengalir di sungai hanya sebatas kaki orang dewasa dan dikelilingi oleh batu dengan berbagai ukuran. Tempat ini lebih aman untuk dijadikan tempat bermain air karena airnya dingin, segar, dan tidak dalam.

Anda bisa duduk di atas batu dengan kaki menyentuh air, sehingga anda bisa merasakan kesegaran air Curug Putri Kencana sekalipun tidak masuk ke dalamnya. Hal ini juga sangat pas untuk anda yang tidak ingin berbasah-basahan atau lupa membawa baju ganti. Selain itu, bermain air di sungai ini juga terbilang lebih aman untuk anak-anak jika anda berkunjung bersama keluarga.

Aktivitas Menarik Lainnya di Wisata Curug Putri Kencana Bogor
Photo by Google Maps Via Ramadhani

3. Berfoto-foto

Berfoto dengan latar belakang pemandangan alam berupa curug yang indah tentu wajib untuk anda lakukan. Banyak spot foto yang bisa anda gunakan untuk mengabadikan momen ketika berkunjung ke sini. Apalagi pemandangan kolam curug yang berwarna hijau tosca, akan sangat indah jika dilihat dari ketinggian.

Kegiatan ini sangat menarik untuk anda yang sudah dengan fotografi bertema alam. Untuk itu, pastikan anda tidak melewatkan kamera saat berkunjung ke Curug Putri Kencana. Sayang sekali jika anda sudah jauh-jauh ke sini, tapi tidak mengabadikan kunjungan anda bersama orang-orang tercinta.

4. Camping

Sebagaimana yang sudah diulas sebelumnya jika lokasi ini menyediakan area camping yang bisa anda sewa. Bila anda ingin merasakan sensasi camping di alam terbuka seperti ini, kegiatan yang satu ini wajib untuk anda lakukan. Biaya yang perlu anda keluarkan juga tidak banyak, justru terbilang sangat murah.

Anda bisa menikmati keindahan pemandangan dari curug dan merasakan udara yang segar. Kegiatan ini tidak boleh anda lewatkan, terlebih jika anda sangat suka dengan kunjungan ke lokasi wisata alam. Pastikan juga anda sudah membawa perlengkapan yang diperlukan untuk camping.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Curug Putri Kencana

Fasilitas Wisata Curug Putri Kencana di Bogor
Photo by Google Maps Babyshark Dudududududu

Sebagai destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, fasilitas yang disediakan oleh pengelola curug ini terbilang sangat lengkap. Di sini tersedia area parkir yang sangat memadai untuk memarkir kendaraan yang anda gunakan. Selain itu, tentunya terdapat kamar mandi yang terawat dan sangat nyaman untuk anda gunakan.

Bagi pengunjung yang beragama Islam juga telah disediakan musala yang bisa digunakan untuk menunaikan ibadah. Jadi, sekalipun sedang berlibur menikmati keindahan curug ini, anda tetap bisa menjalankan kewajiban dengan nyaman. Bagi pengunjung yang ingin mengisi perut atau mengobati rasa haus juga tersedia banyak warung yang menjajakan makanan dan minuman.

Namun, pastikan anda juga tetap menjaga kebersihan di curug ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan begitu, anda juga turut menjaga kelestarian lingkungan di area curug ini. Selain itu, jangan melakukan hal-hal yang dapat merugikan anda sendiri maupun orang lain supaya kunjungan anda lebih nyaman dan dapat menikmati alam sampai puas.

Curug Putri Kencana bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata alam yang cocok untuk menyepi dari ramainya perkotaan. Dengan jarak yang tidak jauh dari ibukota, tentu akan lebih mudah untuk diakses. Namun, sebaiknya anda menggunakan kendaraan roda dua dengan pertimbangan jalan yang curam dan cukup sempit ketika sudah dekat dengan lokasi curug.