Purwakarta bisa Anda jadikan tujuan wisata karena menawarkan wisata alam yang indah. Suasana alam yang menyejukkan seperti air terjun dapat dijadikan tempat melepas penat. Inilah daftar curug terindah di Purwakarta yang wajib Anda ekplor keindahannya.

Purwakarta, yaitu salah satu kota di Jawa Barat yang dijuluki dengan Kota Pensiun karena memiliki suasana yang memberikan ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk kota. Namun, suasana tenang di Purwakarta saat ini sepertinya sudah sedikit berubah. Ini dikarenakan Purwakarta sekarang sudah menjadi kota pariwisata.

Kota ini dikelilingi oleh pegunungan dan sungai sehingga berpotensi memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Wisata alam yang ada di kota ini dapat disandingkan dengan kota tetangganya, yaitu Bandung. Banyak curug atau air terjun yang indah bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata. Curug ini tidak hanya menyajikan pemandangan yang indah, tetapi juga kegiatan alam bebas yang bisa Anda coba.

Kegiatan alam yang bisa Anda lakukan di curug ini seperti berfoto, camping, arung jeram, dan lainnya. Air terjun dan wilayah sekitarnya juga masih sangat terjaga. Sehingga cocok sekali tempat ini dijadikan tempat berlibur atau sekedar mengobrol dengan kerabat dan sahabat. Berikut beberapa rekomendasi air terjun atau curug yang bisa Anda kunjungi saat mampir ke Purwakarta.

1. Curug Cipurut

Curug Cipurut
Image Credit: Travelingyuk.com

Curug pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Curug Cipurut. Curug ini menjadi salah satu curug terindah dan paling terkenal diantara curug lainnya. Objek wisata ini juga memiliki area yang cukup luas. Dijamin Anda tidak akan menyesal jika memasukkan curug ini ke dalam list kunjungan selama berlibur ke Purwakarta.

Curug Cipurut berlokasi di kaki Gunung Burangrang, tepatnya di Kampung Babakan. Ketinggiannya mencapai kurang lebih 25 meter dan memiliki keindahan alam yang eksotis ditambah dengan pohon pinus yang teduh dan rindang di sekelilingnya. Curug ini dihiasi dengan batu-batuan hitam mirip corak lukisan.

Selain itu, di bawah curug ini terdapat aliran sungai yang biasanya sering dipakai untuk perosotan serta berenang-renang. Batuan andesit yang ada di dasar sungai juga bisa dijadikan perosotan alami. Ketika berkunjung kesini, Anda akan merasakan seperti berkunjung ke waterpark buatan dengan tema alam. Tetap berhati-hati saat bermain di sekitar air terjun ini, karena batuan yang ada cukup licin.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Purwakarta yang Terkenal Lezat

Lokasi: Desa Sumurugul, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

2. Curug Cijalu Cipancar

Curug Cijalu Cipancar
Image Credit: Google Maps (Mentew pow)

Curug yang satu ini juga tidak kalah terkenal dengan Curug Cipurut. Dalam bahasa Indonesia, Curug Cijalu ini mempunyai arti curug jantan atau laki-laki perjaka. Curug ini juga banyak dilirik oleh wisatawan, sebab curug tertinggi yang terletak di perbatasan Purwakarta-Subang ini memiliki pesona yang luar biasa dan sulit digambarkan dengan kata-kata.

Tebingnya memiliki ketinggian lebih dari 70 meter. Konon, awal dibuka curug ini mempunyai nama Curug Cikondang yang berarti terkenal atau pesohor, lalu semenjak adanya kisah kedatangan jagoan atau pendekar bujangan yang mempunyai taji, air terjun yang berada di ketinggian 1030 mdpl ini menjadi terkenal dengan nama Curug Cijalu.

Untuk dapat menikmati keindahan di air terjun ini, Anda harus menyusuri aliran sungai dari Kampung Cipacar yang kurang lebih perjalanannya akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit dengan berjalan menyusuri sungai. Rute ini tidak akan terlalu panas karena ditutupi pohon yang sangat rindang sehingga sinar matahari terhalang.

Namun, setelah sampai rasa lelah Anda akan terganti dengan indahnya pemandangan yang disuguhkan. Jatuhan air terjun dari ketinggian 100 meter tersebut tertampung di tempat semacam kolam. Karena tempat yang satu ini masih belum begitu terjamah oleh wisatawan, kondisi airnya masih sangat bersih dan bening.

Lokasi: Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kiarapedes, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang.

3. Curug Ciseoh

Curug Ciseoh
Image Credit: Ramabergawa.blogspot.com

Curug yang satu ini menjadi destinasi misterius yang berada di tebih sebelum memasuki kawasan Gunung Burangrang. Curug Ciseoh bisa dibilang air terjun baru sehingga fasilitasnya masih minim. Namun, tidak perlu khawatir, Anda tidak akan rugi saat mengunjungi curug ini. Udaranya sangat segar dan juga banyak pepohonan yang menghiasi sepanjang di perjalanan.

Lokasi curug yang satu ini memang sulit ditempuh. Anda masih perlu menempuh jarak 1 kilometer dengan berjalan kaki dari tempat parkir sepeda motor. Itupun kita perlu sangat berhati-hati agar tidak terpeleset karena licinnya bebatuan yang ada disini. Disarankan Anda membawa bekal saat ingin berwisata disini karena sulit menemukan orang berjualan di sekitarnya.

Lokasi: Cihanjawar, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta.

4. Curug Cisomang

Curug Cisomang
Image Credit: Instagram.com @red_one_127

Di Desa Depok, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, inilah letak dari Curug Cisomang yang indah.Curug Cisomang juga biasa disebut oleh Curug Jembatan Cisomang oleh masyarakat sekitar. Pemberian nama tersebut bukan tanpa alasan, namun dikarenakan letaknya yang berada di bawah jembatan kereta perbatasan.

BACA JUGA:  13 Restoran & Tempat Makan di Purwakarta yang Terkenal Enak

Tempat wisata yang satu ini mungkin bisa dijadikan pilihan saat Anda ingin berlibur tetapi tidak ingin mengeluarkan biaya. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk bisa berwisata di air terjun yang satu ini. Hanya saja akses menuju tempatnya saja yang cukup sulit karena tempatnya yang masih asri dan tersembunyi jauh dari perkotaan.

Karena keasriannya yang masih terjaga, sangat cocok untuk Anda yang ingin healing dan menyegarkan pikiran dengan bersantai sambil mendengarkan gemericik air yang jatuh dari ketinggian. Ini membuat Anda bisa menikmati keindahan air terjunnya, selain itu juga akan betah dengan suasana alamnya yang masih segar dan asri.

Lokasi: Desa Depok, Kec. Darangdan, Kab. Purwakarta.

5. Curug Ponggang

Curug Ponggang
Image Credit: Ayotraveling.com

Curug Ponggang merupakan salah satu wisata alam di Purwakarta yang cukup populer. Para penduduk sekitar curug ini banyak yang menggantungkan hidupnya pada objek wisata satu ini. Pertama kali datang, Anda akan dibuat terkejut karena sebelum sampai di air terjun akan terlihat pepohonan yang rindang berjejer bagaikan bentang alam.

Jika Anda datang di pagi hari, kilauan embun akan terlihat seperti berkilauan di dinding-dinding tebing. Namun, jangan terlalu kagum hingga Anda tidak meneruskan perjalanan ke air terjun. Air terjun ini mengalir ke bawah dengan aliran yang deras, dan berhulu ke Sungai Cilamaya. Aliran dari air terjun ini terbendung seperti kolam dan terkenal dengan airnya yang dingin.

Pada awal tahun 2000 an, banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Curug Ponggang ini. Suasana yang tenang dengan gemericik air terjun membuat sebagian besar pengunjung ingin berlama-lama di tempat ini. Anda juga bisa mengambil selfie estetik di curug ini untuk di posting di laman instagram Anda.

Lokasi: Ponggang, Kec. Serangpanjang, Kab. Subang.

6. Curug Suhada

Curug Suhada
Image Credit: Instagram.com @rizkymonster

Curug Suhada ini disebut-sebut sebagai curug paling besar di Purwakarta. Anda akan merasakan keasrian yang masih sangat terjaga di kawasan air terjun ini. Curug ini memang tidak terlalu tinggi, tingginya hanya sekitar 7 meter. Di sekitar air terjun ini terdapat bebatuan yang menawan yang menghiasi.

Pemandangan yang disuguhkan disini pasti membuat Anda melepaskan penat dengan mudah begitu saja. Terlebih lagi udaranya yang sejuk akan membuat Anda tidak ingin segera pulang. Debit airnya akan menjadi sangat deras saat musim penghujan dan menjadi menurun sangat musim kemarau tiba.

BACA JUGA:  15 Cafe & Tempat Nongkrong di Purwakarta yang Unik & Instagramable

Untuk Anda yang suka camping, selain hanya menikmati pemandangannya saja, Anda juga bisa berkemah di kawasan ini. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang tertarik untuk melakukan kegiatan adventure lainnya di sepanjang aliran Curug Suhada ini. Berkunjung di curug paling besar se Purwakarta ini dijamin tidak akan membuat Anda menyesal.

Lokasi: Sindanglaya, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta.

7. Curug Tilu Sukasari

Curug Tilu
Image Credit: Instagram.com @Anggiafandy

Curug Tilu Sukasari di Purwakarta ini mempunyai arti air terjun yang mempunyai tiga undakan. Pengunjung akan disuguhkan dengan view pemandangan alam yang indah nan hijau dipadu dengan batu-batuan di tebing curug. Warna air dari Curug Tilu ini sedikit ke hijau-hijauan seperti di Grand Canyon, Loji Karawang.

Daya Tarik dari Curug Tilu ini sendiri adalah alamnya yang masih asri dan belum terjamah tangan manusia dengan pesonanya yang tidak biasa seperti curug pada umumnya. Dalam air terjun tersebut terdapat leuwi yang berarti cekungan besar sungai yang cukup dalam. Beberapa leuwi memiliki kedalaman sekitar 1 hingga 1 setengah meter, yang cocok digunakan untuk berendam oleh orang dewasa.

Leuwi yang ada memang kurang pas jika diperuntukkan anak-anak, tapi memang cukup nyaman untuk orang dewasa. Leuwi ini mempunyai lebar sekitar 5 hingga 10 meter yang memang tidak terlalu luas. Sehingga, Anda tidak bisa bebas berenang disini, tetapi sudah cukup luas untuk sekedar berendam dan membersihkan diri.

Terdapat mitos yang tersebar di lokasi air terjun ini, yaitu tidak diperbolehkan berenang di waktu-waktu tertentu. Ada sebuah papan di dekat leuwi yang bertuliskan tidak boleh berenang pada hari Selasa pada pukul 12.00 hingga 13.00 WIB. Tidak ada yang tahu persis apa maksud dari tulisan tersebut, namun lebih baik dituruti saja. Karena akan tidak nyaman jika berenang di tengah hari yang panas.

Berwisata saat ini sudah menjadi hal yang wajib dilakukan di tengah padatnya jadwal pekerjaan atau jadwal sekolah. Menikmati indahnya alam adalah hal yang menyenangkan. Untuk sekedar menghilangkan penat atau bersenang-senang, berwisata juga bisa mengisi semangat untuk melakukan aktivitas kembali.

Lokasi: Ciririp, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta.

Itu tadi daftar rekomendasi curug terindah di Purwakarta yang bisa Anda kunjungi! Anda bisa membuktikan keindahannya ketika mengunjungi tempatnya secara langsung. Perhatikan cuaca saat Anda ingin berkunjung ke salah satu curug tersebut. Juga selalu perhatikan keselamatan, karena itulah yang terpenting. Jadi, sudah tertarik mengunjungi curug yang mana?