Inilah Daftar Wisata Air Terjun Curug di Puncak Bogor, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terindah, Populer dan Terhits yang Layak Anda Kunjungi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Ketika mendengar kata Puncak, maka sebagian banyak orang akan teringat dengan liburan yang menyenangkan. Wisata alam yang berada di Puncak, Bogor sangatlah beragam. Tentunya masing masing wisata memiliki daya tarik tersendiri,tak terkecuali tempat wisata air terjunnya (curug).

Curug memang memiliki karakteristik udara sejuk dengan pesonanya yang alami sehingga menjadi tujuan terbaik melepas penat. Nah agar mengetahui lebih jela, berikut deretan curug di Puncak Bogor yang menarik untuk dijelajahi.

1. Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung
Image Credit: Tribunnews.com

Curug yang terletak pada aliran air sungai yang berhulu dari Gunung Salak ini belum dikenal oleh banyak orang. Bahkan orang yang berdomisili di Bogor pun belum tentu mengetahui tentang Curug Cikuluwung. Dengan pesonanya yang masih alami, curug Cikuluwung memiliki daya tarik yang dapat memicu adrenalin bagi wisatawan yang akan berkunjung.

Hal ini disebabkan karena letak curug yang tak mudah ditemukan. Berada diantara himpitan bebatuan yang eksotis, curug ini terletak di tengah tengah lembah. Anda harus mempunyai persiapan yang matang karena untuk sampai menuju ke Curug Cikuluwung membutuhkan perjuangan dengan melewati tebing yang curam.

Keindahan yang ditawarkan pun akan sangat memanjakan setiap mata yang memandang. Airnya yang jernih dan keindahan alam sekitarnya memiliki pesona yang berbeda. Terbagi menjadi dua lokasi, curug ini seringkali dianggap sebagai Little Green Crayon. Tak cukup sampai disitu, Curug Cikuluwung juga memiliki 3 kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda.

Keunikan langka yang dimiliki curug ini adalah 2 bebatuan yang memiliki bentuk menyerupai kaki manusia dengan anggota jari yang lengkap. Bahkan meskipun dilihat dari atas tebing bentuk jari pada batu itu tetap terlihat jelas. Sementara itu aktivitas yang dapat Anda lakukan saat berlibur kemari adalah berenang,bermain air, berfoto dan bersantai.

Tempat wisata yang satu ini memiliki tempat parkir yang luas dan akses jalan yang telah terbuat dari semen dan tangga. Tak perlu cemas, Curug Cikuluwung menyediakan air bersih yang telah tersedia di dalam toilet dan kamar bilas yang sudah ada. Anda juga tak perlu membawa banyak barang atau makanan. Karena di tempat ini sudah tersedia warung makanan dan minuman.

Lokasi: Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

2. Curug Kiara

Curug Kiara
Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Menjadi curug yang sudah populer tak membuat semua orang dapat mengunjunginya. Bagaimana tidak, lokasinya harus ditempuh dengan perjalanan melalui tangga yang terbuat dari bambu dengan kondisi yang licin serta memiliki tingkat kemiringan mencapai 90 derajat. Namun rasa lelah dan letih akan terbayarkan dengan sempurna saat melihat pemandangan yang disuguhkan.

Keindahan pemandangan yang ada dapat dinikmati jika turun ke bawah melalui tangga yang telah disediakan. Namun Anda wajib memastikan saat menuju tempat wisata ini tak membawa barang dalam jumlah banyak atau menggunakan alas kaki yang licin, karena hal itu dapat mengakibatkan Anda tergelincir.

Curug Kiara terletak di daerah dataran tinggi sehingga memiliki udara yang dingin dan tingkat kelembapan yang tinggi. Namun hal itu tak mempengaruhi minat pengunjungnya. Curug ini selalu ramai dipadati oleh wisatawan dari berbagai daerah yang penasaran akan keunikan dan keindahannya. Hingga saat ini, kawasannya masih terus dikembangkan oleh pemerintah setempat.

Selain itu tempat wisata alam yang satu ini memiliki suasana yang sepi dan tenang. Sehingga sangat cocok untuk melepaskan penat dari hiruk pikuk keramaian kota. Keindahan curug semakin lengkap dengan adanya bebatuan dan pepohonan rindang serta air terjun yang berwarna jernih membuatnya nampak memukau.

Sayang rasanya jika curug yang satu ini tak menjadi salah satu tujuan liburan Anda. Harga tiket yang ditetapkan untuk Curug Kiara sangat terjangkau dan curug ini juga menyediakan fasilitas guna membuat wisatawan yang berkunjung menjadi nyaman. Fasilitasnya meliputi toilet, mushola, gazebo, loker barang, warung makanan dan lahan parkir.

Lokasi: Ciasihan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

3. Curug Balong Endah

Curug Balong Endah
Image Credit: Instagram.com @Harryharyanto_10

Berada pada ketinggian 900 meter diatas permukaan laut sehingga udara di sekitar curug yang satu ini menjadi sejuk dan sangat dingin, terutama saat menjelang sore hari. Memiliki 3 kolam dengan kedalaman yang berbeda dan air jernih bak seperti kaca tentu menjadi daya tarik yang dimiliki Curug Balong Endah.

Pemandangannya yang asri dan dikelilingi tumbuhan beserta pepohonan yang rindang akan membuat Anda enggan untuk mengangkat kaki dari tempat wisata alam yang satu ini. Mengunjungi curug ini dapat melalui dua jalur yang berbeda, yaitu jalur water trekking atau melalui jalur setapak. Pesona alam yang ditawarkan semakin lengkap dengan adanya pesona kolam yang berundak-undak.

Sensasi menikmati pemandangan alam sekitar juga ditawarkan melalui jembatan penghubung yang tersedia. Saat melihat pemandangan di bawahnya, akan nampak air Curug Balong Endah yang sangat jernih dan dihiasi dengan tumbuhan di sekitarnya. Meskipun memiliki air terjun yang tak terlalu tinggi, namun debit airnya cukup deras.

Jika Anda takut berenang dikarenakan debit air yang cukup deras, maka Anda dapat duduk dengan santai di tepi kolam sembari melihat lingkungan sekitar. Selain dapat menikmati keindahan wisata alam yang satu ini dengan berenang, Anda juga dapat menjadikannya sebagai spot foto yang instagramable dan tak lupa Anda juga dapat berwisata dan bersantai.

Akan sangat sayang jika Anda melewatkan setiap momen saat berada di curug yang satu ini. Maka dari itu mengabadikannya merupakan pilihan yang tepat. Tak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia, karena fasilitas yang disediakan sudah memadai seperti kamar mandi, warung makanan dan minuman, gazebo, area parkir serta mushola.

Lokasi: Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

4. Curug Cibulao

Curug Bulao atau Cibulao
Image Credit: Denubay.com

Curug Cibulao dapat menjadi pilihan wisata alam yang cocok sebagai tujuan liburan Anda bersama dengan orang tersayang. Berkat air yang berwarna kebiruan pada dasar curug, membuat curug yang satu ini diberi nama Cibulao. Memiliki karakteristik unik, tak heran jika banyak wisatawan yang sangat ingin berkunjung ke tempat yang satu ini.

Karakteristik unik tersebut adalah keberadaan dua kolam dengan kedalaman berbeda dan dapat digunakan untuk aktivitas berenang. Masing masing kolam yang ada memiliki kedalaman 5 meter dan 8 meter. Saat berada di curug yang satu ini hawa sejuk akan senantiasa menemani Anda.

Karena kondisi air yang sangat jernih dan bersih membuat Anda dapat melihat dengan jelas pemandangan yang berada di dasar telaga. Curug yang memiliki banyak daya tarik ini merupakan sumber air dari beberapa air terjun di Bogor, seperti Curug Orok dan Curug Jamping. Meskipun terletak dekat dengan pemukiman penduduk, keasrian tempatnya masih terjaga dengan baik.

Fasilitas yang sudah tersedia mampu meningkatkan kenyamanan berkunjung anda, yaitu warung makan, kamar mandi, area parkir dan tempat penyewaan pelampung. Dengan pesona alam yang ditawarkan akan membuat Anda berpikir ulang untuk beranjak. Aktivitas yang dapat dilakukan sangat beragam, antara lain berenang, berselancar, river trekking dan cliff jumping.

Dengan kejernihan airnya yang baik seperti kaca dapat menjadikan tempat wisata yang satu ini cocok sebagai pengambilan foto underwater. Dengan ini, Anda dapat melihat penampakan pesona keindahan dibawah air yang sangat memukau dan menyegarkan mata. Harga tiketnya yang terjangkau membuat Curug Cibulao cocok menjadi tujuan liburan bagi kalangan low budget.

Lokasi: Megamendung, Kec. Megamendung, Kab. Bogor.

5. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk
Image Credit: Gloob-online.com

Saat mengunjungi Puncak, Bogor Anda harus memastikan bahwa tak melewatkan wisata alam air terjun yang satu ini. Curug Leuwi Lieuk menawarkan pemandangan dan daya tarik khas yang tentunya tak dimiliki oleh curug-curug lainnya. Pemandangan bebatuan yang menjulang tinggi semakin lengkap dengan adanya air yang jernih berwarna kebiruan dengan memiliki gradasi warna.

Air terjun yang satu ini berada pada lokasi yang rimbun dan memiliki udara yang sejuk. Diapit oleh beberapa batu tebing yang kokoh membuat penampakan curug Leuwi Lieuk tampak sangat memukau. Tempat wisata yang sudah populer ini juga kerap kali dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Jika Anda memiliki hobi pada bidang fotografi, maka tempat ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mendapatkan foto yang indah dan kekinian. Untuk menuju ke lokasi curug ini, Anda harus melewati jalan yang memiliki keberadaan cukup jauh dari tempat parkir yang tersedia. Anda wajib berhati-hati saat berjalan menuju lokasi karena kondisi medannya yang curam dan licin.

Memiliki aliran air yang tak terlalu deras membuat Anda dapat berenang tanpa rasa khawatir. Selain itu kedalaman airnya kurang dari 4 meter sehingga Anda juga dapat bermain air di tepi bebatuan. Bebatuan yang tinggi menjulang di sekitar curug ini memiliki keberadaan yang mengapit air terjun sehingga membuatnya tampak eksotis dan memukau.

Aktivitas yang dapat dilakukan di Curug Leuwi Lieuk adalah berenang, berfoto, bersantai dan melihat pemandangan dibawah air yang menarik. Agar semakin lengkap, tak lupa fasilitas yang memadai sebagai penunjangnya , yaitu toilet,tempat parkir, warung makanan dan minuman, tempat bilas, dan mushola.

Lokasi: Pabuaran, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

Puncak memang menyajikan banyak sekali pesona alam yang memukau. Tak heran saat musim liburan tiba, Puncak ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan adanya rekomendasi curug tersebut, Anda tak perlu bingung menentukan tujuan wisata saat berada di Puncak, Bogor. Namun pastikan Anda memperhatikan persiapan saat akan berlibur.