Curug Panjang salah satu objek wisata dengan panorama alam yang menakjubkan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Terletak di lereng Gunung Paseban, air terjun ini memiliki pesona yang luar biasa, air yang menyegarkan dan kawasan sekitar yang masih alami.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Citamiang, Kec. Megamendung, Kota Bogor, Jawa Barat.

Bogor yang terkenal sebagai kota Hujan memang dikarunia banyak sekali air terjun atau curug yang cantik. Bagi Anda yang sedang menghabiskan liburan di kota ini, tak ada salahnya menyambangi curug-curugnya. Salah satunya adalah Curug Panjang yang terkenal dengan pesona juga mitosnya. Airnya jernih dengan suasana yang asri dijamin akan hilangkan segala penat.Untuk mengintip keindahannya, simak ulasan berikut.

Mengenal Curug Panjang yang Menawan

Mengenal Curug Panjang
Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

Kota Bogor memang selalu ramai dikunjungi selain kota Bandung, terutama bagi masyarakat kota Jakarta atau kota terdekat lainnya. Menghabiskan liburan akhir pekan atau liburan panjang di Bogor Anda bisa memilih ingin melakukan apa. Mengingat kota ini memang memiliki banyak atraksi yang sanggup untuk melepas segala penat Anda.

Dikaruniai dengan udara yang sejuk, Bogor juga memiliki banyak curug curug cantik. Dan salah satu curug yang wajib untuk Anda kunjungi adalah Curug Panjang. Bisa Dikatakan jika curug ini begitu kondang di kalangan wisatawan. Terutama ketika foto fotonya mulai bertebaran di sosial media, mengundang banyak orang yang penasaran akan keindahannya.

Air terjun ini masih menjadi bagian dari lereng Gunung Paseban. Bentang alam yang dimilikinya begitu luar biasa. Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang masih terjaga keasliannya. Mulai dari udara yang sejuk hingga air terjunnya yang berbeda dari air terjun kebanyakan. Karena air terjun ini tidak jauh dari ketinggian seperti curug lainnya.

Melainkan meluncur deras dan memanjang seperti seluncuran. Seluncuran yang terbentuk alami ini mengalir di sela sela bebatuan dan memiliki debit air yang deras. Inilah yang membuat Anda tidak diperbolehkan untuk mendekati tepat di bawah aliran Curug Panjang. Sebab terdapat pusaran yang akan membahayakan jika didekati.

Aliran curug ini mengalir melewati bebatuan yang tersebar, membuat keindahannya terlihat berkali kali lipat. Sebagian bebatuan menjadi kesatuan dan tak bisa dipisahkan, tapi tetap saja airnya masih sanggup untuk menembusnya. Curug satu ini walaupun sudah terkenal, tapi tak begitu ramai. Sehingga Anda bisa bebas bermain atau menikmati keindahannya.

Daya Tarik Wisata Curug Panjang

Daya Tarik Curug Panjang
Image Credit: Instagram.com @noor_firmansyah

Daya tarik utama yang dimiliki curug ini tentu saja air terjunnya yang berbeda dari kebanyakan air terjun. Kemurnian dari air terjun ini juga menjadi daya tariknya, karena belum banyak dikunjungi. Apalagi jika dibandingkan dengan curug curug lainnya di Bogor, nama curug ini masih belum santer di dengar oleh masyarakat.

Namun hal ini justru memberikan keuntungan tersendiri, walaupun perlahan curug ini banyak dikenal berkat adanya media sosial. Pengunjung yang singgah bisa menikmati pesonanya tanpa harus berdesak desakan. Anda bebas menikmati kesegaran airnya dengan udara yang sejuk dan alam sekitarnya yang masih sangat terjaga keasliannya.

Air yang mengalir diantara bebatuan ini juga sangat jernih. Bahkan membentuk kolam alami di bawahnya yang warna airnya terlihat kebiruannya. Curug Panjang sendiri merupakan bagian dari aliran Sungai Cirangrang. Sungai ini juga melalui beberapa curug lainnya di kota Bogor. Selain jernih, air ini juga begitu segar membuat siapapun tak tahan untuk tak bermain air.

Yang akan membuat pengunjung nyaman liburan di tempat wisata hits Bogor ini adalah sambutan masyarakat sekitarnya. Memang Suku Sunda yang mendiami kawasan Bogor terkenal dengan keramahannya. Sehingga wisatawan domestik maupun mancanegara akan diberlakukan layaknya berada di kampung sendiri.

Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri selain menikmati curug yang memiliki panjang sekitar 20 meter ini. Daya tariknya sendiri tidak lepas dari adanya mitos yang menyelimutinya. Mitos yang berkembang menyebutkan jika air terjun ini merupakan portal untuk menuju dunia lain.

Ada beberapa pintu yang tersebar di lokasi, dan bisa membuat manusia memasuki sebuah kerajaan dari dunia lain. Kerajaan ini konon juga menjadi tempat bertemunya raja dari seluruh Nusantara. Oleh sebab itu, pengunjung yang liburan di tempat ini tidak dianjurkan untuk memiliki kesombongan di dalam hatinya juga tetap sopan santun dalam bertingkah laku.

Masyarakat sekitar mempercayai jika akan ada yang mengawasi ketika sedang ada di Curug Panjang. Percaya ataupun tidak dengan mitos tersebut, menjaga serta menghormati alam sudah menjadi kewajiban siapapun. Ada baiknya untuk memperhatikan tingkah laku dan tidak berbuat seenaknya. Dan tentunya selalu berhati hati ketika bermain di curug ini.

Mengingat di tahun 2017 silam, terjadi kejadian yang tentu tak diinginkan semua orang. dimana seorang pemuda meninggal lantaran tenggelam di kolam. Setelah sebelumnya melompat dari atas bebatuan tanpa menggunakan pelampung. Diperkirakan, pemuda tersebut terbawa arus hingga ke pusaran air yang memang sudah diperingatkan untuk tak didekati.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Curug

Alamat Menuju Curug
Image Credit: Facebook.com @meonk.pushz

Bagi Anda yang berniat untuk mengunjungi curug unik ini, Anda bisa melajukan kendaraan Anda menuju Jl. Curug Panjang di desa Citamiang, Kec. Megamendung, Bogor. Tepatnya lokasinya berdekatan dengan Taman Safari Indonesia Cisarua. Dan tentu saja untuk menjangkau wisata alam cantik ini tak akan membuat Anda kesulitan.

Akses menuju lokasi air terjun sudah memadai dan bisa ditempuh dari mana saja. bagi Anda yang melakukan perjalanan dari Jakarta, Depok, Subang, Cilacap atau daerah lainnya silahkan lebih dahulu tiba di Kabupaten Bogor. Anda bisa menggunakan pribadi maupun naik kereta untuk turun di stasiun Parung Panjang Bogor.

Setelah itu dilanjutkan dengan berkendara sekitar 1, 5 jam dari pusat kota Bogor. Jarak yang harus ditempuh menuju lokasi sekitar 20 km. Anda bisa langsung melewati Jalan Raya Bogor Puncak. Setelah itu, Anda silahkan lajukan kendaraan menuju daerah Megamendung. Dari sinilah petualangan akan segera dimulai.

Tantangan tersendiri untuk bisa menemukan jalan menuju curug. Medannya terbilang menantang dengan jalan yang berbatu, belum diaspal dan cukup sempit. Nantinya Anda akan menemukan spanduk yang merupakan spanduk selamat datang di Curug Panjang. Barulah nanti Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan trekking sepanjang 200 meter.

Perjalanan ini akan tetap mengasyikkan karena Anda akan melalui jalan setapak. Di kanan kiri terdapat tebing tebing tinggi juga pepohonan rindang. Perjalanan ini tak akan seberapa jika dibandingkan dengan keindahannya. Pastikan Anda menggunakan pakaian juga alas kaki yang nyaman untuk melakukan trekking pendek ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug

Harga Tiket Curug
Image Credit: Instagram.com @bacoktiga

Selain mengetahui lokasinya, Anda juga harus mengetahui harga tiket wisata air terjun Bogor ini. Anda tak perlu mengeluarkan budget tinggi untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini. Harga tiketnya sekitar Rp 13 ribu untuk wisatawan lokal, sementara untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 50 ribu.

Harga tiket tersebut masih belum termasuk dengan tarif parkir kendaraan. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, biaya parkir sekitar Rp 3 ribu baik untuk roda dua maupun roda empat. Anda juga perlu menyiapkan biaya tambahan jika ingin berenang. Pelampung disewakan mulai dari harga Rp 15 ribu.

Sementara untuk jam operasional Curug Panjang ini setiap hari dan buka 24 jam. Dengan begitu Anda bisa mengunjungi curug cantik ini kapan saja. Beberapa pengunjung juga banyak yang akhirnya memilih untuk mendirikan tenda di area wisata ini. Namun jika Anda tidak berencana menginap, Anda bisa datang dari pagi sehingga lebih puas bersenang senang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Panjang

Aktivitas di Curug Panjang
Image Credit: Instagram.com @Iutfialhadiseptian

1. Menikmati Panorama Alam

Suara air yang mengalir, udara yang sejuk dan suasana yang tenang memang sangat cocok untuk melepas penat Anda. Tak heran beberapa pengunjung yang tak ingin bermain air memilih untuk bersantai sembari menikmati pemandangannya. Pepohonan rindang seringkali dimanfaatkan untuk mendirikan hammock dan sebagai tempat bersantai.

2. Bermain Air

Kegiatan seru yang juga menjadi jujugan para pengunjung adalah bermain air. Kegiatan uni memang menyenangkan dan rasanya tak bisa dilewatkan. Apalagi ketika Anda melihat jernihnya air, rasa tidak sabar untuk segera bermain air akan muncul. Tak harus berenang, Anda juga bisa bermain di pinggiran kolam saja. ada bebatuan yang mirip sungai sebagai tempat main air.

Air yang berada di Curug Panjang ini memang masih alami, sehingga airnya dingin. Jika Anda ingin bermain air ada baiknya menyewa pelampung sebagai pendukung keselamatan. Sekalipun merupakan kolam alami, curug ini memiliki kedalaman sekitar 7 meter. Pastikan Anda memang mahir berenang dan mematuhi arahan serta terus berhati hati.

Aktivitas Menarik di Curug Panjang
Image Credit: Instagram.com @haryadi.eka

3. Melompat dari Atas Batu

Kegiatan ini juga masih banyak dilakukan oleh pengunjung. Walaupun Anda yang ingin menjajalnya harus tetap ekstra hati hati. Pastikan Anda tidak mendarat di area pusaran maupun di bebatuan sekitarnya. Dan tentu saja harus menggunakan pelampung agar tetap aman. Batu yang ada memiliki ketinggian yang berbeda.

4. Berburu Foto Keren

Perlu Anda ketahui Curug Panjang juga memiliki banyak spot foto yang cantik. Sehingga pastikan Anda membawa kamera terbaik Anda saat berkunjung. Salah satu spot yang paling jadi favorit adalah di atas batu dengan latar belakang curug yang menawan. Di area hutan maupun di sepanjang jalan menuju curug juga menarik untuk diabadikan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Curug Panjang Bogor

Fasilitas di Curug Panjang Bogor
Image Credit: Twitter.com @Open_trip

Fasilitas yang bisa Anda temukan di curug cantik ini sangat beragam dan bisa dibilang memadai. Anda bisa menemukan area parkir yang cukup luas di wisata ini. Kemudian juga terdapat toilet dan kamar bilas yang bisa dimanfaatkan dan tentunya bersih. Anda juga masih tetap bisa beribadah dengan hadirnya mushola di Curug Panjang ini.

Pusat informasi juga tersedia, sehingga wisatawan bisa menanyakan apapun di pusat informasi ini. Beberapa tempat sampah juga bisa Anda temukan di beberapa sudut, sehingga tak ada alasan untuk membuang sampah sembarangan. Anda bisa membawa makanan sendiri dari rumah, namun juga bisa membeli di beberapa warung di kawasan wisata ini.

Berbagai menu dihadirkan di warung warung ini, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Anda yang ingin mendirikan tenda, Anda bisa mengunjungi camping groundnya. Area curug sendiri memang dibagi menjadi dua, area air terjun dan juga camping ground. Anda yang tak membawa tenda juga bisa menyewa di sini.

Curug Panjang walaupun dikenal angker atau mistis memiliki pesona yang luar biasa di Bogor. Ketika Anda tertarik mengunjungi air terjun unik ini, pastikan cuaca sedang cerah. Anda juga harus selalu berhati hati serta mematuhi petunjuk yang ada. Jika ingin puas bermain, Anda bisa datang selain akhir pekan karena lebih sepi.