Curug Pangeran salah satu air terjun eksotis yang berada di kaki Gunung Bunder, Bogor. Wisata air yang menyimpan keindahan alam mulai dari hiasan bebantuan dan pepohonan rindang, dan juga mitos tentang awet muda dan enteng jodoh.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pasir reungit, Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kota Bogor, Jawa Barat.

Mengunjungi kota Bogor akan lebih berkesan lagi jika meluangkan waktu untuk singgah menikmati keindahan Curug Pangeran yang dikenal kaya pesona. Tentu tempat yang satu ini akan sangat cocok dijadikan destinasi wisata air bersama keluarga. Penasaran dengan tawaran panorama yang disajikan air terjun menawan ini? Simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Pangeran

Daya Tarik Curug Pangeran
Image Credit: Instagram.com @abdurrohman_official

Curug merupakan bahasa Sunda yang memiliki artian air terjun. Sedangkan kata Pangeran disematkan pada air terjun yang membuat para wisatawan yang datang dapat merasakan sensasi mandi layaknya seperti anak raja. Sehingga nama Curug Pangeran sangat cocok digunakan pada objek wisata air satu ini.

Curug Pangeran merupakan destinasi wisata yang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Namun hal tersebut bukan dijadikan sebagai kekurangan, melainkan sebuah kelebihan yang malah membuat para penggemarnya berdatangan ke kawasan wisata yang berada di Bogor ini.

Karena jumlah pengunjung yang datang pada area ini belum terlalu banyak, maka para wisatawan yang datang akan lebih leluasa untuk menikmati keindahan curug. Serta dapat dengan bebas melakukan segala aktivitas wisata mereka seperti berenang ataupun hanya bersantai di tepian air terjun.

Ketika memasuki curug, Anda bisa melihat keindahan alam mulai dari pepohonan tinggi yang menjulang, serta jernihnya air terjun yang berwarna hijau tosca. Kesan tenang yang menghadirkan rasa nyaman juga bisa dirasakan ketika berada di destinasi wisata Curug Pangeran ini.

Tidak perlu berlama lama, Anda bisa langsung menyegarkan badan pada kolam alami yang berada di bawa curug. Apabila masih ingin bersantai menikmati semilir angin yang sejuk, Anda bisa bernafas sebentar di area curug sembari memanjakan mata dengan pemandangan hijau dari pepohonan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Pangeran

Alamat Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (Ainul Ma)

Kawasan wisata iar terjun ini berada di Kawasan Wisata Gunung Bunder tepatnya di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Dengan rute perjalanan yang bisa Anda lalui jika menggunakan kendaraan umum, yaitu dengan menaiki jasa kereta api kemudian berhenti di stasiun Bogor.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Puncak Bogor yang Terkenal Enak

Setelah turun di stasiun, selanjutnya Anda bisa mencari angkutan dengan tujuan terminal Bubulak atau Laladon. Setibanya di terminal, berikutnya Anda harus mencari angkutan yang menuju ke Leuwiliang. Saat menaiki angkutan umum, minta kepada supir angkutan untuk menurunkan Anda di pertigaan Cibatok.

Sampai di pertigaan Cibatok, Anda bisa mengambil jalan ke arah kiri yang cukup menanjak, kemudian naik angkutan umum dengan tujuan Curug Pangeran. Namun sayangnya, angkutan umum ini tidak bisa langsung masuk ke area curug. Oleh karena itu, Anda diharuskan melanjutkannya dengan naik ojek hingga sampai di kawasan tempat wisata.

Selain menggunakan angkutan umum, pastinya wisatawan juga bisa menggunakan kendaraan pribadi. Apabila datang dari arah Jakarta, gunakanlah tol Jagorawi lalu keluar di gerbang tol Lingkar Luar Bogor. Setelah itu Anda akan melewati flyover atau jembatan yang cukup panjang hingga sampai pada lampu merah pertama.

Dari lampu merah itulah Anda harus berbelok ke arah kiri menuju Taman Yasmin. Setelah itu ambil jalan lurus hingga bertemu dengan Terminal Bubulak. Kemudian dari Terminal Bubulak, Anda bisa berbelok kearah kanan lalu jalan ke arah IPB Dramaga. Ketika sudah melintasi kampus IPB, selanjutnya lurus terus hingga sampai di pertigaan Cibatok.

Selanjutnya pilih jaluk ke kiri kemudian bertemu dengan jalanan yang agak menanjak. Dari sinilah, Anda mengikuti jalur lurus hingga jarak kisaran 15 kilometer melalui pertigaan Cibatok hingga bisa sampai di Curug Pangeran Bogor. Meskipun perjalanan cukup panjang, tapi Anda tidak perlu khawatir karena rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan indah yang tersaji di wisata air terjun ini.

Harga Tiket Masuk Curug Pangeran Bogor

Harga Tiket Curug Pangeran
Image Credit: Facebook.com @nurrohmanandes

Agar bisa menikmati panorama yang disuguhkan, Anda diharuskan untuk memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak terlebih dahulu. Itu berarti, Anda diwajibkan untuk membeli tiket yang terdiri dari dua jenis. Yang pertama tiket masuk Taman Nasional, dan kedua adalah tiket masuk Curug Pangeran.

Bagi wisatawan yang belum pernah masuk, pasti khawatir persoalan harga yang diberikan oleh pihak pengelola. Namun nyatanya, harga tiket kedua tempat ini apabila ditotal masih termasuk dalam kategori harga yang sangat terjangkau. Yang mana biaya untuk memasuki kawasan Taman Nasional, wisatawan hanya perlu membeli tiket dengan harga kisaran 20 ribu per orang.

Sedangkan untuk memasuki kawasan Curug Pangeran, harga tiket yang perlu dibayarkan yakni kisaran harga 10 ribu. Lalu untuk harga tiket parkir jika Anda membawa kendaraan pribadi berupa motor yaitu kisaran 5 ribu. Sedangkan tiket parkir mobil yang harus dibayar yakni kisaran 10 ribu.

Hari operasional destinasi wisata yang berada di Jawa Barat ini bisa Anda kunjungi setiap hari, baik itu hari biasa ataupun akhir pekan. Waktu operasionalnya yakni pada pukul 6 pagi dan tutup pada pukul 6 sore. Apabila wisatawan datang dari luar kota Bogor, Anda bisa berangkat dari rumah pada pagi hari, guna menikmati keindahan curug ini dengan maksimal.

BACA JUGA:  Curug Leuwi Hejo, Air Terjun Nan Eksotis di Bogor

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Pangeran

Kegiatan Menarik di Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (Muhammad Faisal Adlani)

1. Trekking

Sebelum sampai ke Curug Pangeran, Anda diwajibkan untuk melewati jalan setapak sejauh 500 meter untuk bisa sampai di lokasi air terjun. Suka atau tidak, hal ini harus dilakukan demi menikmati panorama indahnya air terjun yang ditawarkan oleh kawasan wisata yang berada di Bogor ini.

Bagi Anda penyuka trekking, perjalanan ke curug ini dari lokasi parkir akan sangat menyenangkan. Selain sebagai cara menyalurkan hobi trekking, Anda juga akan disuguhi pemandangan indah berupa aneka tumbuhan serta beberapa jejeran pohon yang rindang dan sejuk.

Tidak ketinggalan juga dengan spot foto yang cantik dan cocok untuk berfoto selfie atau foto bersama teman teman. Dimana spot foto ini akan mudah Anda temui di tengah perjalanan menuju curug. Sebagai pemanasan, Anda bisa menggunakan kamera dalam beberapa kali foto di jalanan setapak yang seru ini.

2. Menikmati Pemandangan Curug

Perjalanan trekking yang cukup melelahkan akan terbayar dengan pemandangan curug setelah Anda sampai di Curug Pangeran. Adanya warna muara dari air terjun ini memberikan ketertarikan tersendiri. Yang mana warna tersebut berasal dari pantulan cahaya yang ada pada kolam di bawah air terjun

Arusnya pun tidak terlalu deras, jadi akan aman untuk Anda yang ingin berenang di bawahnya. Selain itu, di sekitar air terjun juga bisa ditemui tumbuhan pakis yang membingkai keindahan dari curug yang menawan ini. Belum lagi aneka batu alam yang terlihat jelas dan bisa digunakan sebagai tempat bersantai melepas lelah sembari melihat hijaunya pepohonan.

3. Berenang di Bawah Air Terjun

Berenang di air terjun merupakan hal yang tidak boleh terlupakan untuk menikmati kesegaran destinasi wisata air terjun. Terlebih jika air terjun memiliki tingkat kejernihan yang tinggi, pasti wisatawan akan merasa terpanggil untuk dapat segera mencicipi kesegaran air terjun yang menggoda.

Wisatawan yang hobi berenang, bisa melakukan renang sampai ke tengah kolam. Diketahui kedalaman kolam tersebut memiliki tinggi sekitar 5 meter. Sedangkan untuk Anda yang masih kurang pandai berenang, disarankan untuk berenang di pinggir kolam yang tingkat kedalamannya masih dalam batas aman.

Tidak perlu khawatir tenggelam, pasalnya disediakan tali pembatas sebagai tanda batasan berenang untuk wisatawan yang belum mahir berenang. Hal ini tentu bertujuan untuk meningkatkan keamanan serta kenyamanan para pengunjung yang berenang di Curug Pangeran.

Kegiatan di Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (Curug Pangeran)

4. Melompat dari Tebing

Apakah Anda termasuk orang yang senang uji adrenalin? Jika iya, Anda harus mencoba lompat dari tebing yang berada di kawasan wisata air ini. Meskipun ukurannya tidak terlalu tinggi, tapi melompat dari tebing menjadi wahana paling menarik untuk dapat melompat ke permukaan air terjun.

BACA JUGA:  10 Air Terjun (Curug) di Sentul Bogor yang Paling Indah & Hits

Tidak sedikit juga para wisatawan yang melakukan aksinya untuk melompat dari tebing atas aliran air terjun. Yang mana sensasi kesegaran akan dirasakan saat jatuh di permukaan kolam. Namun kembali lagi, aktivitas melompat dari tebing ini sangat tidak dianjurkan bagi para wisatawan yang belum mahir melakukan renang. Demi menjaga diri serta keamanan kegiatan berenang.

5. Berkemah di Camping Ground

Melakukan kegiatan kemah atau camping bisa Anda lakukan pada area objek wisata Curug Pangeran Bogor. Pasalnya, pada lokasi sekitar curug tersedia area datar yang kerap kali dijadikan sebagai lokasi camping. Jadi, kalau Anda tertarik untuk menambah kesan liburan yang seru dan mengasyikkan, camping di sekitar curug ini menjadi solusi yang paling tepat.

Namun disayangkan, pada kawasan wisata belum tersedia fasilitas camping seperti tenda ataupun peralatan lainnya. Maka disarankan jika wisatawan berniat untuk camping, sebaiknya membawa tenda dan juga membawa peralatan camping lainnya dari rumah. Seperti tikar, peralatan masak, dan lain sebagainya.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Curug Pangeran

Penginapan Terdekat Curug Pangeran
Image Credit: Penginapan.net

Jika Anda berencana untuk menginap ketika berkunjung di Curug Pangeran, Anda akan dihadapkan oleh beberapa pilihan homestay maupun guest house. Diantaranya seperti homestay abah Nduy. Dimana homestay ini terletak di area belakang Pendopo Bupati 47. Penampilan homestay yang diberikan sangat cocok untuk Anda yang senang desain interior khas Sunda.

Selanjutnya ada pula homestay Ciwalen, yang terletak di sekitaran sawah dan hutan. Jika Anda memilih homestay Ciwalen, Anda akan disuguhkan dengan panorama hutan Halimun yang membuat waktu istirahat Anda semakin nyaman dengan pemandangan pepohonan yang rindang.

Fasilitas Penunjang yang Tersedia di Curug Pangeran

Fasilitas di Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (Hasan Sadiq)

Destinasi wisata air terjun ini telah didukung oleh beberapa fasilitas yang memadai. Seperti adanya lahan parkir yang luas, toilet serta kamar bilas yang bersih dan layak pakai. Tidak ketinggalan juga disediakan mushola untuk mereka yang beragama Islam untuk dapat menunaikan ibadah.

Bagi pengunjung yang lupa membawa bekal, tidak perlu khawatir akan kelaparan. Pasalnya, pada kawasan ini bisa ditemui beberapa warung yang menyediakan hidangan ringan dan juga menu utama untuk mengisi perut. Selain itu, ada juga beberapa saung yang pastinya bisa digunakan untuk bersantai di area sekitar curug.

Demikian ulasan seputar pesona Curug Pangeran di Bogor. Jika tertarik untuk mengunjunginya, jangan lupa membawa segala perlengkapan berlibur seperti bekal dan baju ganti. Bila ingin menginap, pastikan juga untuk membawa tenda dan perlengkapan camping lain agar suasana camping semakin seru dan menyenangkan.