Curug Nangka salah satu objek wisata alam yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor. Air terjun indah dalam area hutan lindung yang menarik untuk Anda eksplor.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukajadi, Kec. Tamansari, Kota Bogor, Jawa Barat.

Mengunjungi kota Bogor tidak akan lengkap tanpa singgah di objek wisata Curug Nangka yang berada di TN Gunung Halimun Salak. Wisata alam yang menyuguhkan panorama air terjun yang mampu membuat mata terpana. Jika Anda termasuk orang yang senang berwisata dengan menikmati panorama alam, maka Curug Nangka di Bogor harus menjadi destinasi Anda berikutnya. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Nangka

Daya Tarik Curug Nangka
Image Credit: Instagram.com @bellacalistha

Curug Nangka merupakan objek wisata air terjun yang berada di kaki Gunung Salak, Jawa Barat. Kawasan wisata satu ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Area air terjun ini berada di ketinggian kisaran 750 mdpl serta dikelilingi hutan pinus. Tentu lokasi strategis ini mampu membuat hawa menjadi sangat sejuk.

Selain sebagai kawasan wisata air, curug ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan ziarah ataupun semedi. Adanya ruang semedi yang terletak di area lokasi air terjun, konon pernah digunakan oleh beberapa sesepuh. Salah satunya sesepuh yang banyak dikenal yaitu Raden Surya Kencana.

Daya tarik dari Curug Nangka, yakni terletak pada keunikan air terjun atau curugnya yang memiliki 3 tingkat dan masing masing tingkatan memiliki ketinggian yang berbeda beda antara satu dan lainnya. Untuk ukuran tinggi tingkatan itu sendiri berkisar dari 10 meter sampai dengan 20 meter.

Ada lagi keunikan lainnya, dimana debit airnya selalu mengalir serta tidak pernah habis meskipun sedang masuk musim kemarau sekalipun. Berbeda dengan kawasan air terjun lainnya yang mayoritas akan mengalami penurunan debit air pada saat masuk musim kemarau.

Alamat dan Rute Lokasi Menuju Curug Nangka

Alamat Curug Nangka
Image Credit: Google Maps (Dwi Riza Kurnia)

Lokasi wisata air ini berada di kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Untuk menuju ke curug, Anda disarankan menggunakan transportasi umum. Namun untuk Anda yang berasal dari luar kota Bogor, Anda bisa menggunakan KRL untuk menuju ke arah Bogor.  Yang mana setelah sampai pada stasiun, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju ke Bogor Trade Mall yang ada di depan stasiun.

BACA JUGA:  Pesona Curug Pangeran, Air Terjun Eksotis di Kaki Gunung Bunder Bogor

Setelah itu lanjutkan kembali perjalanan menggunakan angkot nomor 03 yang menuju Ciapus. Untuk jarak tempuh dari Bogor Trade Malll menuju Ciapus membutuhkan waktu kisaran 30 hingga 45 menit. Melalui jarak tempuh yang harus dilewati kurang lebih 10 kilometer. Perjalanan panjang ini akan merogoh kantong berkisar 10 ribu.

Mintalah kepada sopir angkutan untuk menurunkan Anda di pertigaan Ciapus. Setelah itu, Anda bisa menggunakan angkutan BFC yang berwarna biru dengan tujuan Curug Nangka, lalu turun di pertigaan The Highland Park Resort. Berikutnya, Anda bisa kembali menggunakan angkot berwarna hijau untuk menuju ke lokasi air terjun dengan tarif berkisar 15 ribu. Cukup terjangkau bukan?

Selain menggunakan angkutan umum, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan beberapa pilihan rute yang memudahkan agar bisa sampai kawasan air terjun. Pilihan pertama, Anda bisa menggunakan rute melalui Ciapus. Dari arah pintu keluar tol Jagorawi atau Baranangsiang, Anda bisa mengambil rute ke arah Ciomas atau Cipus.

Setelah itu berbelok kekanan di pasir Kuda menuju jalan Raya Ciapus. Melalui rute ini, Anda akan menempuh jarak kisaran 13 kilometer atau berkisar waktu 40 menit berkendara. Lalu untuk pilihan rute kedua, Anda bisa menggunakan rute Tol Lingkar Luar Bogor. Melalui tol ini, Anda harus mengambil pintu keluar Lotte Mart.

Selanjutnya, selepas keluar tol Anda harus berbelok ke kiri atau ke arah Yasmin. Selanjutnya teruskan perjalanan melewati Jalan Cimoboran kemudian teruskan sampai ke Curug Nangka Bogor. Apabila masih merasa bingung, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi map yang bisa Anda temui pada handphone.

Harga Tiket Masuk Curug Nangka Bogor

Harga Tiket Curug Nangka Bogor
Image Credit: Wisatakuliner09.blogspot.com

Untuk bisa menikmati panorama kawasan air terjun ini, Anda akan dikenakan biaya tiket yang terbilang murah. Adapun harga tiket masuk yang harus dibayarkan jika Anda berkunjung pada hari biasa berkisar 15 ribu, sedangkan untuk akhir pekan yaitu berkisar 17 ribu per orangnya.

Selain itu ada juga tiket parkir kendaraan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk dapat sampai ke kawasan wisata air ini. Pada hari biasa, tiket parkir roda 2 berkisar 5 ribu, dan roda 4 berkisar harga 7 ribu. Harga ini akan berbeda jika Anda datang pada waktu akhir pekan, dimana tiket untuk roda 2 berkisar harga 7 ribu, dan untuk kendaraan roda 4 kisaran harga 15 ribu.

Sebelum melakukan perjalanan panjang hingga sampai ke Curug Nangka, ada baiknya para wisatawan yang berasal dari luar kota Bogor mengetahui jam operasional destinasi wisata air ini. Dimana kawasan ini dibuka setiap hari dengan jam operasional yaitu pada pukul 7 pagi hingga jam 5 sore.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Nangka

Kegiatan di Curug Nangka
Image Credit: Google Maps (Anang Official)

1. Melakukan Trekking Menyenangkan

Sebelum menikmati keindahan curug, Anda diharuskan menempuh jarak sekitar 700 meter dengan berjalan kaki dari pintu gerbang hingga sampai ke lokasi air terjun fenomenal ini. Namun tidak perlu khawatir dengan jalur trekking yang berbahaya, pasalnya jalan setapak sudah dibuat senyaman dan seaman mungkin untuk para pelancong yang berkunjung ke Curug Nangka.

BACA JUGA:  20 Air Terjun (Curug) di Bogor yang Paling Indah & Hits

Saat memasuki kawasan wisata, Anda akan disuguhkan dengan keindahan alami. Diantaranya seperti jajaran pohon pinus yang menjulang dan berbaris rapi di sisi kiri. Pada sebelah kanan, Anda akan melihat pemandangan area persawahan serta pegunungan yang memberikan hawa sejuk yang merasuki tubuh.

Ketika perjalanan sudah akan mendekati kawasan air terjun, Anda harus berjalan diatas bebatuan. Kemudian pengunjung juga harus menyusuri sungai yang memiliki panjang kisaran 50 meter. Tidak perlu khawatir dengan dalamnya air, karena kedalaman sungai tersebut hanya setinggi betis orang dewasa.

Jika Anda beruntung, pada saat perjalanan trekking Anda bisa saja menemui gerombolan kera yang bergelantungan di pepohonan sekitar kawasan wisata. Hal ini akan menjadi sangat menarik apabila Anda senang berinteraksi dengan para kera yang tidak jarang ditemui pada Curug Nangka.

2. Berenang di Kolam Alami

Saat tiba di lokasi air terjun, wisatawan dapat dengan bebas berenang disini. Tepatnya di bawah air terjun, Anda akan menemui kolam alami yang bisa dijadikan tempat berenang yang seru dan mengasyikkan. Belum lagi dengan hawa dingin yang menerpa, dan juga sentuhan air pegunungan yang memberikan sensasi dingin dan menyegarkan.

Jika Anda lupa membawa baju ganti saat sedang berwisata di Curug Nangka, Anda juga bisa membeli baju yang dijual pada beberapa area kawasan wisata air ini. Selain itu, tidak jarang juga ditemui beberapa pengunjung yang sengaja membawa pelampung untuk menemani berenang ataupun bersantai di atas kolam.

3. Hunting Foto

Selain bermain air, pada kawasan air terjun Anda juga bisa hunting foto menarik. Umumnya wisata menjadikan bawah air terjun sebagai spot foto favorit. Hal ini dikarenakan pada area tersebut tidak berbatu sehingga memudahkan pengunjung untuk berlalu lalang dan berpose bersama keluarga ataupun teman dekat.

Tidak ketinggalan juga latar foto yang digemari adalah pepohonan pinus yang berada di sekitar area wisata. Yang mana pepohonan ini memang sudah dapat dinikmati sejak memasuki area parkir Curug Nangka. Kerap kali dilakukan juga oleh para wisatawan yang berhenti sejenak untuk mengabadikan momen liburan yang berkesan.

4. Camping

Melakukan kegiatan camping merupakan kegiatan yang paling diidolakan oleh mereka yang berjiwa petualang. Jika Anda termasuk, sebaiknya Anda melakukan camping di sekitar air terjun yang menyediakan berbagai fasilitas yang membuat Anda merasa ingin berlama lama untuk berada di kawasan wisata yang berada di Jawa Barat ini.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata Alam di Bogor yang Populer Buat Liburan

Lokasi camping ground bisa ditemui pada sisi kanan yang berdekatan dengan anak sungai. Bagi para wisatawan yang tertarik untuk berkemah pada kawasan ini, akan dikenai biaya kisaran 29 ribu untuk hari biasa. Namun untuk akhir pekan, tiket camping yang diberikan berkisar pada harga 32 ribu.

Selain camping menggunakan tenda yang umumnya digunakan pada saat berkemah, pada destinasi Curug Nangka Bogor juga menawarkan area glamour camping atau biasa disebut dengan Glamping. Fasilitas yang diberikan di area glamping terbilang sangat memadai dan lengkap. Diantaranya seperti tersedia shower, listrik, toilet duduk serta bonus sarapan di pagi hari.

Penginapan Murah di Sekitar Area Curug Nangka

Penginapan Sekitar Curug Nangka
Image Credit: Penginapan.net

Bagi para wisatawan yang berasal dari luar kota Bogor, pasti akan merasakan lelah karena perjalanan panjang selama menempuh perjalanan menuju Curug Nangka. Jika ingin beristirahat dengan nyaman, wisatawan juga diperkenankan untuk menginap di tempat penginapan yang jaraknya cukup berdekatan dengan kawasan wisata alam air terjun ini.

Beberapa penginapan berlokasi di dekat gerbang kawasan wisata air terjun cantik ini, diantaranya seperti Highland Park Resort. Dimana penginapan ini memberikan kapasitas kamar yang cukup memadai. Selain itu, ada juga beberapa villa yang bisa Anda sewa dengan mudah. Fasilitas yang ditawarkan pun juga sangat lengkap, seperti dapur, kolam renang hingga bilyard.

Fasilitas Penunjang yang Tersedia di Curug Nangka

Fasilitas di Curug Nangka
Image Credit: Google Maps (Akbar Nugroho)

Karena wisata Curug Nangka dikelola langsung oleh pemerintah Bogor, maka fasilitas penunjang yang akan Anda dapati ketika berkunjung pada wisata air satu ini akan sangat memadai. Seperti adanya pos jaga, pondok kerja, ruang ganti, serta toilet yang bersih sehingga nyaman digunakan oleh siapapun yang berwisata.

Jika lupa membawa bekal, Anda tidak perlu pusing untuk dapat mengisi perut. Pasalnya, akan terdapat warung penjaja makanan yang ada disekitar kawasan air terjun. Menu makanan yang dihidangkan cenderung masakan khas Sunda yang nikmat dan lezat. Sangat menggoda jika dinikmati selepas melakukan kegiatan berenang yang melelahkan.

Area parkir yang disediakan berada sekitar 200 meter dari pintu gerang Curug Nangka. Di area tersebut juga sering ditemui para pedagang souvenir kaos dan juga aksesoris yang unik dan lucu. Sangat cocok dijadikan oleh oleh untuk teman ataupun tetangga yang berada di lingkungan rumah.

Ulasan seputar Curug Nangka yang berada di Bogor pasti semakin membuat Anda penasaran untuk dapat mengunjungi kawasan wisata ini. selain panorama wisatanya yang indah dan mempesona, Anda juga bisa menikmati fasilitas menarik pada area ini. Salah satunya seperti menikmati fasilitas Glamour Camping dan juga Ground Camping yang menarik, apalagi jika dilakukan bersama keluarga ataupun teman terdekat.