Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Majalengka merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang menyimpan puluhan wisata air paling menakjubkan. Salah satunya Curug Muara Jaya yang terletak di lereng Gunung Ciremai. Karena lokasinya di lereng gunung, objek wisata air ini memiliki suhu yang sejuk dan pemandangan alam dominasi hijau yang memukau. Menghabiskan waktu liburan di air terjun ini akan memberikan kesan tak terlupakan. Agar lebih tahu mengenai pesona wisata ini, yuk simak ulasan berikut!

Daya Tarik Wisata Curug Muara Jaya

Daya Tarik Curug Muara Jaya
Image Credit: Twitter.com @explorejabar

Curug eksotis ini berada di kawasan lereng Gunung Ciremai. Aliran air yang mengalir di curug ini merupakan bagian dari Sungai Muara Jaya. Adapun air yang dialirkannya sangat jernih dan juga dingin. Anda yang berendam di air ini dijamin dapat merelaksasi badan dan pikiran yang penat dengan hiruk pikuk kota.

Lokasinya yang berada di lembah, membuat para pengunjung dapat melihat pepohonan yang mengitarinya dengan leluasa. Udara yang sejuk serta suasananya yang menenangkan akan begitu terasa saat pertama kali sampai di Curug Muara Jaya Majalengka ini. Cipratan air yang jatuh dari ketinggian 60 meter seraya membuat tubuh terasa segar seketika.

Pada dasarnya, curug ini memiliki dua tingkatan aliran air yang berbeda. Di tingkatan paling bawah memiliki ketinggian yang mencapai 15 meter dengan kolam alami yang sangat lebar. Aliran airnya yang tak terlalu besar cocok jika digunakan untuk berendam di bawah air terjun. Airnya juga sangat jernih dan pastinya segar.

Sementara pada tingkatan kedua memiliki tinggi sekitar 60 meter dengan kolam alami yang tak terlalu besar. Debit aliran air pada tingkat kedua ini cukup deras sehingga menimbulkan cipratan di sekitar area. Tingkat kedua air terjun ini sudah terlihat pada saat Anda menuruni tangga untuk bisa menjangkau lokasi.

Alamat dan Rute Menuju Curug Muara Jaya

Alamat Curug Muara Jaya
Image Credit: Google Maps (Agus Catim)

Curug Muara Jaya atau yang disebut dengan Curug Apuy ini berjarak sekitar 83 km dari Kota Cirebon. Sementara dari pusat Kota Majalengka berjarak sekitar 23 km. Untuk bisa menuju wisata air ini, Anda bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat milik pribadi, atau angkutan umum.

Bila Anda datang dari Kota Majalengka, maka terlebih dahulu berkunjung ke kota kecil yang disebut dengan Maja. Dari sana, lanjutkan perjalanan hingga menuju ke desa Argalingga. Sebagai informasi, keadaan jalan menuju desa ini lumayan sulit jika dilalui kendaraan roda empat. Apalagi saat kendaraan roda empat berpapasan dengan sejenisnya.

Setibanya di Desa Argalingga, Anda akan mendapati adanya pertigaan. Pilih arah dan belok ke kiri menuju Rajagaluh yang nantinya akan melewati kecamatan Sindangkerta. Lanjutkanlah perjalanan hingga menuju ke Desa Argamukti dimana lokasi air terjun ini berada. Jarak antara pertigaan ke desa Argamukti kurang lebih 2 km.

Setelah sampai di Desa Argamukti, maka Anda akan mendapati pertigaan lagi dengan informasi petunjuk arah Curug Muara Jaya. Ikuti panduan tersebut untuk bisa sampai ke lokasi wisata air terkenal di Majalengka ini. Tak berselang lama, Anda akan tiba di gerbang curug ini dan wajib melanjutkan trekking.

Trekking Menuju Lokasi Curug Muara Jaya

Trekking Curug Muara Jaya
Image Credit: Instagram.com @n.dar_

Selama meniti perjalanan menuju wisata alam ini, Anda akan melihat banyaknya pemandangan yang terlihat masih sangat alami. Udara dingin dan sejuk seketika menerpa tubuh saat sampai ke area curug. Udara yang dingin akan terasa begitu tajam saat cuaca sedang mendung, oleh sebab itu bawalah jaket untuk melindungi diri dari dinginnya udara.

Setelah meniti perjalanan yang cukup jauh, Anda akan menemukan sebuah gapura Curug Muara Jaya yang akan mengarah tepat menuju tempat parkir. Pasca memarkirkan kendaraan, Anda harus melakukan trekking dengan berjalan kaki hingga sampai ke lokasi. Beruntungnya. jalanan yang Anda lalui sangat mudah diakses.

Pihak pengelola dan pemerintah setempat telah melakukan pemavingan jalan untuk menuju ke lokasi. Selama melakukan trekking, Anda akan melihat hamparan persawahan dan perkebunan di kanan dan kiri. Lahan yang penuh dengan berbagai macam sayuran membuat pemandangan sekitar terasa lebih syahdu.

Tak ada hiruk pikuk kota selama menapaki jalan menuju lokasi curug. Hanya ada kicauan burung dan aktivitas petani setempat yang akan menemani perjalanan Anda hingga sampai ke lokasi. Saat semakin dekat dengan curug, Anda akan melalui beberapa anak tangga. Di sinilah Anda dapat menemukan spot foto menarik yang telah dibuat pihak pengelola.

Puas berfoto, maka Anda harus melanjutkan perjalanan dengan menuruni anak tangga yang sudah tertata dengan baik. Selama menuruni anak tangga, Anda akan melihat Curug Muara Jaya dari kejauhan. Berhiaskan pepohonan yang masih rimbun, menjadikan udara dan suasana di sekitar lokasi dapat menenangkan pikiran.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Muara Jaya

Harga Tiket Curug Muara Jaya
Image Credit: Google Maps (Kang Paket)

Wisata air yang eksotis ini merupakan tempat rekreasi murah yang wajib dikunjungi untuk mengisi waktu liburan. Pengunjung hanya dimintai tarif retribusi sebesar Rp 6 ribuan saja per orang. Sementara biaya parkir untuk sepeda motor dipatok dengan harga Rp 2 ribuan saja dan untuk roda empat Rp 3500 per orang.

Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, Anda sudah bisa liburan di wisata alam Curug Muara Jaya. Perlu Anda ketahui, harga tiket masuk tersebut bisa saja berubah pada saat musim liburan. Meski ada perubahan, namun biaya yang harus dikeluarkan untuk berlibur ke air terjun ini tidak akan menguras isi dompet Anda.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Muara Jaya

Aktivitas di Curug Muara Jaya
Image Credit: Instagram.com @moch4n.sr

1. Menikmati Segarnya Air

Kegiatan yang paling utama saat berlibur di Curug Muara Jaya adalah menikmati segarnya air. Pengunjung bisa bermain air di kolam yang ada di bawah air terjun secara langsung. Kolam tersebut tidak terlalu dalam sehingga sangat aman untuk anak anak. Disarankan bagi Anda yang membawa anak untuk bermain air di tingkat pertama yang aliran airnya tidak terlalu deras.

Baik di tingkat pertama maupun kedua memiliki keistimewaan tersendiri. Biasanya para pengunjung lebih memilih bermain air di kolam penampungan air yang ada di atas. Mungkin karena lokasinya yang masih perawan dan terjaga kelestariannya. Saat bermain air di lokasi tersebut, Anda akan merasakan sensasi dipijat oleh aliran air yang cukup deras.

2. Bermain di Arena Ramah Anak

Pihak pengelola sangat menjamin mutu dan kenyamanan para wisatawan. Hal ini bisa diketahui dari adanya fasilitas berupa arena bermain ramah anak. Di area ini, Anda bisa mengajak anak anak bermain bersama sama. Mereka akan sangat menyukai berbagai permainan yang letaknya ada di tengah perjalanan ke curug.

Aktivitas Curug Muara Jaya
Image Credit: Instagram.com @rizkiaqiqi1

3. Berburu Foto Menarik

Saat mengunjungi Curug Muara Jaya, kegiatan berfoto menjadi hal yang wajib Anda lakukan. Anda akan menemukan banyaknya spot foto menarik yang wajib dicoba satu per satu. Satu hal yang tak boleh Anda lewatkan adalah mengabadikan keindahan curug itu sendiri. Berfoto dengan latar belakang air terjun yang mempesona ini akan membuat hasil bidikan Anda terlihat sempurna.

4. Camping atau Berkemah

Bagi Anda yang belum tahu, air terjun ini memiliki sebuah area yang bisa digunakan untuk kegiatan camping. Fasilitas ini akan sangat membantu para pencinta alam yang ingin melakukan kegiatan tersebut. Jaraknya pun tak terlalu jauh dari area curug, sehingga Anda bisa tetap menikmati keindahan curug setiap waktu.

Bermalam di tengah hamparan pepohonan dan gemericik air sungguh pengalaman yang tak akan terlupakan. Kegiatan inilah yang merupakan cara menikmati hidup yang sesungguhnya. Jangan lupa membawa perlengkapan menginap dan jaket yang tebal karena semakin malam, udara yang berhembus akan semakin dingin. Bawa serta perlengkapan memasak karena warung tidak akan buka malam.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Curug Muara Jaya

Fasilitas Curug Muara Jaya
Image Credit: Google Maps (Indra Susandi)

Curug ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Adapun fasilitas yang akan Anda dapatkan mulai dari panggung hiburan, balai pertemuan, arena bermain anak, mushola, kamar mandi umum, warung makanan dan minuman, area parkir yang luas, dan camping ground.

Di saat saat tertentu, Curug Muara Jaya menyajikan kesenian daerah yang cukup terkenal. Kesenian daerah yang ditunjukkan di lokasi ini merupakan daya tarik tersendiri bagi curug ini. Setiap 2 tahun sekali, di curug ini akan mengadakan upacara Ngalaksa sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas anugrah panen melimpah.

Karena Anda berkunjung di tempat wisata yang cukup populer dan dan merupakan tempat terbuka, maka disana sudah disiapkan area berteduh yang akan melindungi wisatawan dari panas dan hujan. Sembari menikmati pemandangan yang eksotis, Anda bisa mengisi perut yang lapar dengan mencicipi berbagai kuliner yang dijual di warung warung sekitar lokasi.

Berjalan jalan ke Kota Majalengka, tidak akan lengkap jika belum mengunjungi Curug Muara Jaya. Saat mengunjungi tempat ini, Anda akan menemukan begitu banyak pesona alam yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Setelah membaca ulasan tersebut, Anda akan lebih tahu tentang curug cantik ini yang begitu menenangkan pikiran dan sanubari.