Curug Mariuk, Wisata Air Terjun Indah Nan Menawan di Bogor

Curug Mariuk, Wisata Air Terjun Indah Nan Menawan di Bogor
Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Sukamulya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Curug Mariuk adalah salah satu objek wisata alam yang menawan di Bogor, Jawa Barat. Destinasi alam ini memberikan keindahan air terjun yang sangat cantik namun tidak terlalu tinggi, untuk aliran air yang ada di wisata alam ini sangat jernih. Hal tersebut karena lokasi air terjun yang berada di tengah hutan yang masih belum terjamah tangan-tangan nakal.

Karena berada di tengah hutan jelas membuat alam di sekitar air terjun hits ini sangat indah untuk disaksikan. Selain indah untuk disaksikan, objek wisata alam nan cantik ini juga memiliki hutan yang masih sangat asri jadi bisa sekaligus menjadi tempat healing yang paling bagus untuk anda yang memiliki banyak permasalahan.

Curug Mariuk ini bisa menjadi solusi yang bagus bagi anda yang merasa penat dengan hirup pikuknya dunia perkotaan. Ini dikarenakan air terjun yang mengambil air langsung dari Gunung Kencana ini berada cukup jauh dari area pemukiman warga. Tanpa banyak basa-basi lagi mari kita bahas beberapa hal seputar air terjun cantik dari Kabupaten Bogor ini.

Daya Tarik Wisata Curug Mariuk

Wisata Alam Curug Mariuk Yang Menawan Dan Menarik Di Bogor
Photo by Google Maps Mahfudin Ituborju

1. Air Terjun

Daya tarik yang paling utama dari Curug Mariuk adalah air terjunnya. Memiliki tinggi mencapai 10 meter air terjun cantik ini menjadi hulu dari beberapa sungai di sekitarnya mulai dari Sungai Cileungsi, Sungai Sunter dan Sungai Cikeas. Karena aliran air di air terjun ini berasal langsung dari sumber mata air di Gunung Kencana membuat airnya sangat segar.

Tidak sedikit wisatawan yang menikmati bermain air di area wisata alam ini. Selain segar ada faktor lain yang membuat para wisatawan merasa harus bermain air ketika sampai di lokasi wisata, hal tersebut dikarenakan untuk mencapai lokasi wisata para wisatawan diharuskan berjalan kaki cukup jauh dari area parkiran kendaraan hingga sampai di lokasi air terjun.

2. Kolam Pemandian

Tidak jauh dari area sekitar jatuhnya aliran air terjun terdapat kolam pemandian yang akan selalu ramai dengan para wisatawan yang bermain air. Di dalam kolam tersebut para wisatawan bisa menikmati bermain air yang segar langsung dari gunung atau bisa juga sekedar duduk di pinggir kolam pemandian sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Wisata Alam Curug Mariuk Yang Mempesona Di Bogor
Photo by Google Maps Muhammad Ghalib Marasabessy

3. Pemandangan Alam Sekitar

Salah satu daya tarik yang membuat Curug Mariuk ini semakin diminati para wisatawan dikarenakan pemandangan alam sekitarnya yang sangat asri dan sangat indah. Karena berada jauh dari area pemukiman warga membuat area wisata alam ini sangat nyaman dimana anda bisa menemukan banyak sekali pohon-pohon yang tumbuh di sekitarnya.

Pohon-pohon tersebut membuat wisata air terjun ini semakin indah untuk disaksikan secara langsung. Selain itu suasana dan udara yang begitu segar membuat para wisatawan yang merasa penat karena kesibukan atau capek dengan kehidupan di kota yang sangat ramai bisa merasa menenangkan diri agar lebih merasa santai.

4. Wisata Kuliner

Daya tarik selanjutnya adalah makanan yang dijual di warung-warung sekitar objek wisata alam ini. Memiliki banyak sekali makanan dan minuman yang dijual di warung-warung sepanjang area perjalanan hingga area wisata, dari sekian banyak makanan dan minuman tersebut ada beberapa makanan khas yang bisa anda jadikan wisata kuliner.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alam Curug Mariuk Di Bogor
Photo by Google Maps Taufik Hdy

Untuk alamat dari Curug Mariuk berada di jalur pendakian Gunung Kuta, dimana lokasi pasti dari wisata alam ini sendiri berada di Kecamatan Sukamakmur, Desa Sukamulya, Kabupaten Bogor. Karena berada di wilayah pendakian Gunung Kuta membuat tempat wisata alam ini sering dikunjungi oleh para pendaki ketika sudah turun dari Gunung Kuta.

Berikutnya untuk rute perjalanan anda bisa mengambil lokasi awal dari Kebun Raya Bogor di Jl. Raya Pajajaran menuju Jl. Tol Jagorawi kemudian pilih Jl. Labuan – Cianjur. Setelah sampai di KM 37 ambil jalur keluar menuju Jl. Tol LKR. Bogor hingga masuk ke Jl. MH. Thamrin hingga sampai ke Tugu Love dan ambil jalur keluar kedua.

Tetap ikuti Jl. MH. Thamrin hingga masuk ke Jl. Siliwangi kemudian tetap lurus sampai masuk ke Jl. Bali Raya. Ikuti Jl. Bali Raya sampai memasuki bundaran Sentul Nirwana lalu ambil jalur keluar pertama di Jl. Raya Jungleland Avenue lalu tetap di jalan tersebut sampai anda menemukan perempatan TBA Motor lalu belok kiri di Jl. Gn. Pancar.

Ikuti Jl. Gn. Pancar hingga masuk ke Jl. Raya Babakan kemudian masuk lagi ke Jl. Cimandala. Ikuti jalan tersebut sampai anda memasuki Jl. Cibadak dan anda akan menemukan lokasi wisata alam yang anda cari di sebelah kiri jalan. Untuk total perjalanan akan memakan waktu sekitar 1 jam 7 menit menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak 31, 8 km.

Harga Tiket Masuk Curug

Tiket Masuk Di Wisata Alam Curug Mariuk Bogor
Photo by Google Maps nadhif zakhruf

Untuk harga tiket masuk ke Curug Mariuk dihari libur maupun hari kerja sama yaitu Rp 20.000 per orang, harga tersebut tidak memandang anak-anak atau orang dewasa dan belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Untuk biaya parkir kendaraan dikenakan harga yang beragam dimana untuk harga paling murahnya diperkirakan Rp 5.000 per kendaraan yang Anda bawa.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Curug Mariuk Bogor
Photo by Google Maps apri romadan

1. Trekking

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di Curug Mariuk adalah trekking atau pendakian. Pendakian merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh semua wisatawan yang datang ke objek wisata alam nan cantik ini, hal tersebut dikarenakan untuk sampai ke lokasi air terjun anda diharuskan untuk berjalan kaki dari area parkir sampai lokasi air terjun.

Untuk rute pendakian juga lumayan jauh dan membutuhkan waktu juga tenaga ekstra untuk sampai ke lokasi air terjun. Sepanjang jalur pendakian anda juga bisa beristirahat di warung-warung sekitar untuk membeli makanan atau minuman sesuai kebutuhan. Ketika anda sudah sampai ke lokasi utama tempat wisata ini anda akan otomatis merasa lega.

2. Bermain Air

Kegiatan selanjutnya dan juga merupakan salah satu kegiatan wajib yang bisa anda lakukan di area wisata alam ini adalah bermain air. Ada sebuah kolam pemandian yang letaknya tidak jauh dari titik aliran air jatuh dari ketinggian, di kolam pemandian tersebut para wisatawan bisa bersantai merendamkan badan sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Tidak hanya bermain air di kolam saja, namun anda juga bisa bermain air di aliran sungai yang menjadi lokasi air terjun cantik ini berada. Namun jika anda ingin bermain di aliran air sungai tersebut anda juga harus berhati-hati karena pijakan yang ada di aliran air tersebut cukup licin.

3. Berfoto

Berfoto merupakan sebuah kegiatan wajib jika anda sedang berlibur. Ketika sedang berada di Curug Mariuk anda juga bisa dengan bebasnya berfoto, namun perlu hati-hati karena anda sedang berada di tempat wisata alam yang kaya akan air jadi pastikan kamera atau hp anda tetap jauh dari air agar tidak rusak.

Kembali lagi ke kegiatan berfoto, dimana ada banyak sekali spot menarik yang bisa anda gunakan untuk berpose depan kamera anda. Spot-spot menarik seperti air terjun, kolam pemandian, hingga beberapa spot alam yang natural bisa menjadikan hasil foto anda semakin cantik.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Curug Mariuk Bogor
Photo by Google Maps Muhammad Ghalib Marasabessy

4. Wisata Kuliner

Meskipun objek wisata ini merupakan wisata alam namun ada beberapa warung yang bisa anda temukan di sekitarnya. Warung-warung tersebut menyediakan banyak sekali makanan dan minuman, dimana ada beberapa diantaranya adalah makanan khas dari daerah-daerah sekitar objek wisata alam nan cantik ini.

Dengan makanan dan minuman tersebut membuat para wisatawan yang datang untuk berlibur tidak perlu terlalu khawatir soal makanan dan minuman. Tidak hanya itu dengan adanya beberapa makanan khas membuat beberapa wisatawan juga sekaligus melakukan kegiatan wisata kuliner untuk mencicipi rasa dari makanan khas yang dijual tersebut.

5. Menikmati Keindahan Alam Sekitar

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan di Curug Mariuk adalah menikmati keindahan alam sekitar yang masih sangat asri. Keindahan alam tersebut sangat indah, dimana dengan perpaduan air terjun yang cantik bersama hutan yang kaya akan pepohonan hijau membuat mata para wisatawan akan terpaku sejenak karena terlena akan keindahan alam tersebut.

Tidak hanya bisa dinikmati dengan mata saja, tetapi alam yang tenang dan jauh dari area pemukiman penduduk terkhususnya perkotaan membuat tempat wisata alam ini sangat cocok untuk melepaskan kepenatan. Tidak sedikit wisatawan yang sengaja datang ke tempat wisata alam ini hanya untuk melepaskan stres atau melupakan semua beban yang ada.

6. Camping

Kegiatan menarik terakhir yang bisa anda lakukan di Curug Mariuk adalah camping atau bermalam di area wisata alam tersebut. Dikarenakan tempat wisata alam ini buka 24 jam membuat beberapa wisatawan memanfaatkan hal tersebut untuk mendirikan tenda dan bermalam di sekitaran air terjun dengan ketinggian mencapai 10 meter ini.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Curug Mariuk

Fasilitas Di Wisata Alam Curug Mariuk Bogor
Photo by Google Maps Andris Setiawan

1. Area Parkir Kendaraan

Area parkir kendaraan sendiri merupakan sebuah fasilitas wajib bagi sebuah tempat wisata. Di tempat wisata alam yang berlokasi di Kabupaten Bogor ini memiliki sebuah area parkir yang bisa digunakan untuk memarkirkan kendaraan para wisatawan kemudian kendaraan tersebut akan dijaga oleh para security selama wisatawan berada di dalam area wisata.

2. Kolam Pemandian

Fasilitas selanjutnya yang bisa anda temui di Curug Mariuk adalah kolam pemandian. Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan para pengurus objek wisata alam ini membuat sebuah kolam pemandian yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk bermain air sepuasnya dengan aman.

3. Warung Makan

Fasilitas selanjutnya adalah warung makan yang bisa ditemukan di beberapa titik dari area objek wisata alam yang sangat cantik ini. Warung-warung makan tersebut tidak hanya menyediakan makanan dan minuman saja, namun ada beberapa barang lain yang dijual juga seperti oleh-oleh dalam bentuk kerajinan tangan, rokok hingga kantong plastik.

Itulah beberapa penjelasan mengenai wisata alam Curug Mariuk yang berlokasi di Kabupaten Bogor. Objek wisata alam ini sangat cantik dengan air terjun dan alam hijau di sekitarnya. Memang untuk mencapai area utama wisata alam ini membutuhkan perjuangan, namun ketika anda sudah berada di lokasi tersebut rasa puas akan keluar secara otomatis.