Curug Maribaya salah satu objek wisata alam yang menakjubkan di Lembang, Kabupaten Bandung. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah, pemandian air panas dan spot foto yang keren.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibodas, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Menghabiskan liburan di kota Bandung bukanlah ide yang buruk. Anda akan diajak untuk menjelajahi wisata alamnya yang luar biasa indah. Salah satunya dengan mengunjungi Curug Maribaya yang menawarkan panorama alam yang indah. Menikmati air yang jatuh dari ketinggian memang mampu menyihir siapapun. Untuk mengintip pesonanya, anda bisa menyimak ulasan berikut.

Mengenal Curug Maribaya di Lembang

Mengenal Curug Maribaya
Image Credit: Google Maps (Indra)

Curug cantik ini termasuk destinasi wisata andalan di Bandung. Tidak hanya untuk kawula muda, tetapi juga untuk keluarga. Terutama untuk anda yang ingin menikmati alam sejuk khas pegunungan. Bagi kalangan muda, tempat wisata di Bandung ini akan jadi tempat cocok untuk berburu foto foto yang kekinian.

Suasana alamnya yang sejuk nan segar akan menyapa anda saat pertama kali menginjakkan kaki dii Curug satu ini. Pepohonan hijau yang rindang menjadi salah satu penyebab sejuknya udaranya. Segala penat yang tadinya singgah dijamin akan langsung terhempas begitu saja. Suasananya juga semakin tenang dengan gemericik air yang menjadi latar belakang.

Setelah tiba di air terjunnya, anda akan disuguhkan air yang jatuh dari ketinggian dan hadirkan pesona yang luar biasa. Di bawahnya juga tersaji kolam air terjun yang cocok untuk melepas lelah. Air terjun ini sendiri memiliki 3 curug kecil, masing masingnya memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Tentu saja setiap curug akan memiliki nama yang berbeda.

Curug tersebut terdiri dari curug Cikawari, Curug Cikoleang dan Curug Cigulung. Dari ketiga curug inilah kemudian terbentuk curug Maribaya. Air dari curug ini sendiri berasal dari sungai Cigulung dan juga sungai Cikawari. Karena sumber airnya dari sungai, maka ketika musim penghujan airnya akan berubah menjadi lebih keruk serta agak kecoklatan.

Sementara ketika di musim kemarau, airnya akan menjadi lebih jernih. Hanya saja debit airnya terbilang lebih kecil, dan akan lebih besar saat musim penghujan. Untuk itu pengunjung diminta untuk terus berhati hati saat singgah di musim hujan. Waktu paling tepat berkunjung memang di musim kemarau.

Daya Tarik Wisata Curug Maribaya

Daya Tarik Curug Maribaya
Image Credit: Google Maps (Benang Merah)

Tidak hanya memiliki lukisan alam yang mempesona, anda juga harus tahu sejarah air terjun satu ini. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri pada sebuah tempat wisata. Curug Maribaya memiliki cerita yang hingga kini masih sering terdengar di kalangan masyarakat. bermula dari kehidupan sebuah keluarga yang terbilang miskin dan ingin mengubah nasib.

Kisahnya memang ada di kawasan yang saat ini menjadi curug Maribaya. Dimana hiduplah Eyang Raksa Dinata yang merupakan tua renta. Ia tinggal dengan anak gadisnya yang sangat cantik dengan nama Maribaya. Paras jelita yang dimiliki Maribaya membuat banyak laku laki yang menaruh perasaan padanya. Dan Eyang Raksa Dinata tidak ingin hal ini menjadi malapetaka.

Mengingat laki laki di kampung tersebut sudah pasti akan melakukan persaingan untuk mendapatkan sang gadis. Hingga akhirnya Eyang mengasingkan Maribaya ke dalam hutan. Dan sang eyang juga melakukan semedi agar diberi petunjuk dan memohon agar hidupnya segera berubah. Apa yang dinanti dan dimintanya akhirnya ada titik terang.

Dimana petunjuknya adalah mengelola sumber air panas. Diprediksi dari tahun 1833, pertama kalinya sumber air panas yang ada di kelola oleh Eyang Raksa Dinata dan juga putrinya. Membuat kehidupan mereka berangsur angsur semakin baik. Sumber air panas inilah yang kemudian dikenal dengan nama Maribaya dari nama anak gadis Eyang Raksa Dinata.

Daya tarik yang dimiliki curug ini tak hanya terletak pada sejarahnya. Tetapi juga hadirnya spot spot menarik yang bisa anda eksplor. Beberapa pengunjung sengaja datang untuk mengambil foto pre wedding. Wahana yang dihadirkan di tempat satu ini juga sangat banyak. Sehingga pengunjung bisa bebas ingin melakukan kegiatan seru yang mana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug

Alamat Lokasi Curug
Image Credit: Google Maps (Revan Hardi)

Curug eksotis ini berada di Kampung Cikondang, tepatnya di Jl. Raya Maribaya, Langensari, Lembang. Lokasinya masih berada di kawasan Taman Hutan Raya Djuanda atau yang dikenal dengan Maribaya Hots Spring. Dari pusat kota Bandung, anda harus menempuh jarak sekitar 15 km. Dimana jarak tersebut bisa anda tempuh dengan waktu sekitar 60 menit berkendara.

Akses menuju tempat wisata air terjun di bandung ini tidaklah sulit. Anda bisa mengandalkan beberapa rute untuk tiba di sini. Ada baiknya jika menggunakan kendaraan pribadi, karena anda akan lebih leluasa dalam berlibur. Memang anda bisa menjangkau wisata satu ini dengan menggunakan kendaraan umum seperti angkot maupun bis.

Salah satu rute yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah rute melewati Dago Atas. Dari arah terminal Dago, anda akan menemukan pertigaan. Silahkan mengambil arah belok kiri untuk menuju Dago Giri. Selanjutnya silahkan ikuti rute ini hingga akhirnya sampai di daerah Lembang. Dari lembang tinggal menuju ke arah Maribaya dan menuju air terjun Maribaya.

Anda tak perlu khawatir akan tersesat, karena ada banyak tanda jalan yang akan membimbing anda sampai di tujuan. Selanjutnya, anda bisa menggunakan rute Dago Ciumbuleuit. Tak jauh berbeda, dari Dago anda akan menuju Ciumbuleuit untuk menuju Punclut. Dari sini, silahkan melanjutkan perjalanan ke Lembang dan menuju Maribaya.

Satu lagi rute yang bisa anda andalkan untuk tiba di Curug Maribaya. Yakni memulai perjalanan dari Dago kemudian menuju ke Jl. Setia Budi. Jalan ini dekat dengan UPI atau Ledeng. Anda hanya perlu menjalankan kendaraan anda lurus menuju arah Lembang ke Maribaya. Jika anda mengalami kesulitan, anda bisa mengandalkan GPS yang terpasang di smartphone anda.

Harga Tiket Masuk Curug Maribaya Lembang

Harga Tiket Curug Maribaya
Image Credit: Google Maps (Hendry Christian)

Menikmati keindahan yang dimiliki Curug Maribaya tidaklah mahal. Harga tiket masuk akan dibedakan berdasarkan hari anda melakukan kunjungan. Umumnya harga tiket akan mengalami kenaikan ketika hari besar atau akhir pekan. Sementara hari biasa harga tiketnya akan lebih terjangkau, dan tentu saja akan lebih nyaman karena bisa bebas liburan.

Harga tiket yang ditetapkan oleh pihak pengelola di weekday sekitar Rp 35 ribu. Sementara ketika akhir pekan, harganya akan naik hingga Rp. 45 ribu. Harga tiket masuk wisata air terjun tersebut masih belum termasuk dengan biaya parkir. Biaya parkir kendaraan juga dikenakan berdasarkan kendaraan yang anda bawa.

Untuk kendaraan roda dua mulai dari Rp 5 ribu, sementara kendaraan roda empat atau lebih bisa mulai Rp 20 ribu. Tentu saja baik harga tiket masuk maupun harga parkir kendaraan bisa mengalami kenaikan sewaktu waktu. Bukan hanya itu, beberapa wahana tambahan yang disediakan juga bisa saja dikenakan biaya tambahan.

Sementara untuk jam operasionalnya yakni buka mulai dari pukul 08.00 Wib sampai dengan pukul 22.00 WIB dan anda bisa berkunjung setiap hari. Karena kawasan curug ini memang selalu buka, walaupun hari libur nasional. Ada baiknya anda datang saat musim kemarau, karena airnya tidak terlalu deras dan juga sangat jernih.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Maribaya

 

Aktivitas  Dilakukan di Curug Maribaya
Image Credit: Twitter.com @infolembangBDG

1. Bermain di Air Terjun

Ketika mengunjungi tempat satu ini, rasanya tidak lengkap jika tidak bermain di area air terjunnya. Pengunjung bisa turun dan juga berenang di area Curug Cikawarinya. Sementara di dua curug lainnya tidak diizinkan untuk berenang. Kolam yang terbentuk secara alami ini tentunya akan membuat pengunjung mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

2. Berendam di Air Panas

Selain bisa menikmati kesegaran curugnya, anda juga bisa berendam di air panas. Pemandian air panas Maribaya akan membuat pengunjung merasa rileks. Kolam air panas ini juga mengandung belerang, sehingga banyak dimanfaatkan untuk pengobatan. Untuk kolamnya, anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Pengunjung bisa memilih beberapa pilihan kolam, mulai dari VIP Pool, Deluxe Pool, kamar berendam privat hingga foot spa. Suasana alam sekitar yang sejuk, akan membuat kegiatan berendam air panas semakin menyenangkan. Segala lelah selepas menjelajah juga akan hilang setelah berendam di kolam air panas ini.

Aktivitas di Curug Maribaya
Image Credit: Facebook.com @kitamuda.id

3. Trekking Ke Taman Hutan Raya Djuanda

Anda tidak hanya bisa mengunjungi air terjun maupun pemandian air panasnya saja. berpetualang dengan trekking ke Taman Hutan Raya Djuanda juga bukanlah ide yang buruk. Anda bisa mengelilingi taman sembari berburu foto foto yang cantik. Dengan udara sekitar yang sejuk, dijamin anda akan betah berlama lama.

4. Berburu Foto Kekinian

Menikmati pemandangan indah dari Sky Bridge Tapak Halimun sekaligus berburu foto kekinian juga bukan ide yang buruk. Curug Maribaya memang memiliki banyak spot yang sangat cocok untuk jadi objek bidikan kamera anda. Bagi anda yang bersama anak anak, bisa melangkahkan kaki ke Children Playground. Anda bisa menemukan spot rumah hobbit di sini.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Curug Maribaya Bandung

Fasilitas i Curug Maribaya
Image Credit: Google Maps (Baromeus Portrait)

Menyajikan pemandangan yang memukau, bukan berarti fasilitas juga tidak diperhatikan. Fasilitas dalam tempat wisata tentunya menjadi pertimbangan yang menjadikan pengunjung semakin merasa nyaman. Fasilitas penunjang yang dimiliki oleh Curug Maribaya terbilang lengkap dan juga memadai. Membuat siapapun yang menghabiskan liburan di kawasan ini betah.

Anda bisa menemukan lahan parkir yang luas dan aman. Terdapat juga toilet juga kamar bilas yang memadai dan bersih. Sehingga pengunjung tak perlu ragu jika ingin bermain air hingga puas. Anda juga tak perlu khawatir akan meninggalkan ibadah, karena terdapat mushola yang bisa digunakan untuk urusan ibadah anda.

Setelah berkeliling, anda bisa mengisi kembali energi anda dengan melakukan wisata kuliner. Pada area curug sendiri terdapat resto dan juga Cafe yang siap dijadikan tujuan wisata kuliner. Seperti misalnya food Court Langlang Buana, Twig cafe dan juga Maribaya Barbeque Riverside. Menyediakan berbagai macam menu, dijamin lidah anda akan dimanjakan.

Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di Curug Maribaya atau pulang sudah petang, anda bisa menyewa penginapan. Ada banyak penginapan di sekitar curug dengan harga yang terjangkau. Anda bisa menginap dengan menyiapkan dana mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribu per malamnya. Pilihan penginapannya juga beragam, dari homestay hingga hotel berbintang.

Menghabiskan liburan di Curug Maribaya tidak akan membuat anda menyesal. Berdekatan dengan alam yang masih terjaga akan menghilangkan segala penat. Udaranya yang sejuk juga akan membuat pikiran segar. Pastikan anda ikut menjaga kebersihan sehingga alam air terjun ini masih tetap terjaga. Jadi tertarik untuk singgah di air terjun andalan Bandung ini?