Curug Malela salah satu wisata air terjun yang menawan di Bandung Barat yang menarik dieksplor. Curug terbesar di Jawa Barat ini dikenal sebagai The Little Niagara menyuguhkan pemandangan hijau dan memiliki 5 jalur air terjun.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sindangjaya, Kec. Gununghalu, Kota Bandung, Jawa Barat.

Bandung memiliki ragam wisata alam yang cukup memukau. Salah satu tempat wisata alam yang tak boleh dilewatkan begitu saja yaitu Curug Malela di Bandung Barat. Wisata air terjun terbesar di Jawa Barat ini menyuguhkan pemandangan indah yang mirip dengan waterfall Niagara di perbatasan Amerika Kanada. Tak ayal jika wisata ini dikenal dengan The Little Niagara. Berikut ulasan lengkapnya!

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Malela

Daya Tarik Curug Malela
Image Credit: Google Maps (Irma Suryania)

Belakangan, nama Curug Malela semakin populer karena didanai oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Menyandang air terjun terbesar di Jawa Barat, curug ini menyajikan pesona alam yang begitu menawan. Tak heran jika pemerintah berusaha untuk membuat wisata ini lebih dilirik banyak pelancong dari berbagai daerah di Indonesia maupun traveller luar negeri.

Menariknya, Curug Malela juga memiliki julukan yang hits. Sebab, air terjun terbesar ini digadang gadang memiliki kemiripan dengan air terjun Niagara di perbatasan Amerika Kanada. Karena alasan tersebut. Wisata ini juga dikenal dengan sebutan The Little Niagara dari Jawa Barat dengan bentang alam yang begitu indah dan menakjubkan.

Air terjun ini memiliki sumber air yang berasal dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng atau yang lebih dikenal dengan gunung berapi mati di kawasan Ciwidey Jawa Barat. Airnya mengalir melintasi sungai Cidadap atau Gunung Halu Jawa Barat dan bermuara di Cisokan. Karena alasan tersebut, tak heran jika air curug ini cukup jernih dan bening.

Sebenarnya, air dari curug ini berada di paling atas dari rangkaian air terjun yang ada di sepanjang aliran sungai Cisokan. Selain itu, rangkaian air terjun ini hanya berjarak sekitar 2 kilometer saja. Jadi ketika Anda berkunjung ke lokasi wisata ini, maka bisa mengeksplorasi semuanya sekaligus dalam sehari dengan mudah.

Daya tarik selanjutnya yang ada di lokasi Curug Malela yaitu air sungai yang cukup deras. Sehingga, sangat pas jika digunakan latar belakang foto yang menawan. Tak hanya airnya saja yang begitu segar dan menawan, bentang alam di sekitarnya juga cukup indah. Pengunjung akan disuguhi dengan berbagai pepohonan rindang serta bebatuan curam

Jika Anda beruntung, maka Anda bisa melihat kekayaan flora di lokasi tersebut. Salah satu yang dapat Anda saksikan yaitu ratusan ekor monyet ekor panjang dengan spesies macaca fasciscularis yang sedang minum air di bawah air terjun. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan semakin tertarik untuk berkunjung ke wisata ini.

Tak berhenti sampai di situ saja, pesona air terjun Malela juga terpancar dari air yang mengalir di dalamnya. Setidaknya, air terjun ini memiliki lima buah jalur yang tampak megah bagi siapa pun yang menyaksikannya. Daya tarik Curug Malela semakin indah jika debit air sedang tinggi, sebab memberikan kesan yang lebih nyata.

Memiliki ketinggian sekitar 60 hingga 70 meter dengan lebar mencapai 50 meter, membuat tampilan air terjun ini semakin menawan. Ada baiknya jika mengunjungi lokasi ini ketika debit air sedang tinggi atau pada saat musim hujan. Pasalnya saat musim panas, keindahan air terjun tidak bisa dilihat secara maksimal karena sedang surut.

Pemandangan hijau di sekitarnya juga menjadi daya tarik tersendiri yang dapat dinikmati bagi para wisatawan. Pasalnya, rindangnya pepohonan di sekitar curug ini menambah kesan asri ketika berada di kawasan Curug Malela. Dengan begitu, Anda bisa menikmati keindahan wisata alam yang satu ini lebih nyaman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Malela

Alamat Air Terjun Malela
Image Credit: Google Maps (Reysal Official)

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Curug Malela, maka dapat menempuhnya melalui Bandung. Rute pertama yang harus Anda lewati yaitu Cimahi dan dilanjutkan ke daerah Batujajar. Kemudian, perjalanan harus dilanjutkan ke arah Cihampelas dan mengambil jalur kiri untuk menuju jalur Cililin. Jika sudah, Anda harus melewati jalan menuju daerah Sindangkerta.

Perjalanan berikutnya harus dilanjutkan dengan menyusuri kawasan Gunung Halu. Kemudian, teruskan hingga masuk ke daerah Bunijaya. Setelah melewati jalur tersebut, barulah Anda bisa sampai ke di wisata Curug Malela. Karena jalurnya sudah dikelola dengan baik, maka rute tersebut bisa ditempuh hanya dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun empat.

Bagi Anda yang menggunakan transportasi umum untuk menjangkau lokasi wisata dengan bus, Anda bisa naik dari Terminal Ciroyom. Kemudian, pilihlah minibus atau elf jurusan Terminal Ciroyom menuju Bunijaya. Jika sudah sampai Terminal Bunijaya, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan memanfaatkan kendaraan ojek motor ke desa Cicadas.

Setelah sampai di desa Cicadas, amka artinya perjalanan Anda menuju air terjun Malela sudah hampir tiba. Pasalnya, lokasi wisata air terjun ini berada di desa Cicadas. Dari pintu masuk desa, Anda hanya perlu berjalan kaki sebentar saja hingga sampai ke kawasan wisata air terjun. Jalur menuju wisata sudah dalam kondisi yang baik, sehingga memudahkan pengunjung untuk menjangkaunya.

Harga Tiket Masuk Curug Malela Bandung

Harga Tiket Malela Bandung
Image Credit: Google Maps (Iman Abdurahman)

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Malela, Anda harus membayarkan tiket masuk berkisar 10 ribuan saja. Dengan tarif tersebut, Anda bisa menyaksikan pesona alam yang begitu menawan seperti hutan yang asri dan pemandangan air terjun menawan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati beberapa fasilitas penunjang, seperti taman, toilet, spot foto dan lain sebagainya.

Tak berhenti sampai di situ saja, ketika berkunjung ke lokasi ini Anda juga perlu menyiapkan anggaran lebih. Sebab, Anda harus membayar biaya tambahan untuk parkir dan juga menikmati fasilitas lainnya. Sehingga, Anda bisa menikmati keindahan curug dengan puas tanpa perlu khawatir kehabisan anggaran untuk liburan seru.

Selain memperhatikan anggaran untuk masuk ke lokasi wisata alam ini, Anda harus mengetahui akses lokasinya. Sebab, wisata air terjun ini harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar dua kilometer dengan trek yang cukup terjal. Di sepanjang jalan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan menawan dari hutan yang lebat.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan di Curug Malela

Aktivitas Seru di Curug Malela
Image Credit: Google Maps (Tiara Davita)

1. Bermain Air di Sekitar Curug

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di kawasan wisata ini yaitu bermain air. Meskipun airnya cukup deras, tetapi permukaan air terjun ini cukup dangkal. Sehingga, pengunjung bisa menikmati segarnya air terjun ini secara langsung. Didukung dengan udara sejuk dan pemandangan indah, hal ini membuat Anda dapat merasakan ketenangan dan betah berlama lama di sini.

Kegiatan yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja ketika berada di wisata alam. Anda bisa sekedar bermain air ataupun berenang di aliran air curug ini. Air jernih dari Curug Malela terasa sejuk dan segar, apalagi ditemani dengan rindangnya pepohonan sekitar dan bebatuan yang cukup eksotis serta menawan.

2. Camping

Kegiatan selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu camping. Pihak pengelola memberikan izin serta menyediakan kawasan aman untuk para wisatawan yang berencana camping di sini. Anda bisa menyiapkan berbagai alat alat camping dari rumah dan memastikan bahwa barang barang penting tidak ada yang tertinggal.

Selain itu, keamanan dari kawasan ini sudah pasti terjaga dengan baik oleh pihak pengelola. Jadi pengunjung dapat melakukan kegiatan camping di kawasan ini dengan tenang. Aktivitas ini akan sangat menyenangkan dilakukan bersama sama dengan teman, kerabat, maupun keluarga. Anda bisa menikmati suasana malam dan pagi hari dengan pemandangan air terjun yang mempesona.

Aktivitas camping sangat cocok bagi Anda yang ingin menyatu dengan alam lebih dekat. Dengan segudang keindahan yang ada di sekitar kawasan wisata ini membuat siapa saja tak ingin beranjak dari air terjun ini. Menariknya jika Anda tidak membawa peralatan camping, maka pihak pengelola wisata alam ini sudah menyediakan persewaan tenda dengan harga yang bersahabat.

3. Berburu Foto

Kawasan wisata alam ini dikenal memiliki sudut sudut yang terlihat mengesankan dan menawan. Sehingga, destinasi wisata ini kerap menjadi incaran pemburu foto. Ada banyak spot yang dapat diambil di Curug Malela yang begitu indah. Tak heran jika sebagian pengunjung sengaja datang hanya untuk mengabadikan pesona yang tersaji di curug ini.

Tak hanya menjadi incaran bagi para fotografer, kawasan wisata alam yang indah ini juga menjadi incaran para muda mudi. Bahkan, para orang tua juga tak mau ketinggalan untuk mengabadikan momen terbaik di lokasi yang satu ini dengan latar belakang air terjun dari Curug Malela. Hasil jepretan yang sangat cantik tersebut, tak jarang dibagikan pengunjung ke akun sosial media.

Ketika mengunjungi wisata yang satu ini, pastikan dalam kondisi cuaca yang cerah. Dengan begitu, hasil tangkapan yang didapatkan lebih terlihat bagus dan menarik. Selain itu, berkunjung ke curug dalam kondisi cuaca yang buruk juga berbahaya bagi wisatawan. Maka dari itu, persiapkan perjalanan dari jauh jauh hari dan mengerti kondisi cuacanya.

Aktivitas di Curug Malela
Image Credit: Google Maps (UJANG MAMAN)

4. Wisata Kuliner

Setelah lelah berkeliling dan bermain air wisata alam yang indah ini, Anda bisa mengisi perut dengan hidangan lezat. Ada beberapa fasilitas warung makan dan restoran yang tersedia di lokasi Curug Malela. Pengunjung bisa memilih berbagai menu makanan unik khas Jawa Barat sambil melihat pemandangan yang mempesona di alam sekitar.

Menariknya lagi, Anda bisa menentukan sendiri makanan apa yang ingin disantap. Sebab, variasi menunya terdiri dari makanan pembuka, kudapan, makanan berat, hidangan penutup, sampai dengan aneka minuman khas. Tak perlu khawatir, semua menu yang dijual di wisata ini dibanderol dengan harga yang bersahabat.

5. Piknik

Bagi Anda yang tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk membeli makanan, maka ada baiknya membawa bekal. Jadi, Anda bisa berlibur ala piknik bersama keluarga tercinta atau teman dekat. Lokasinya yang cukup rindang bisa dijadikan spot terbaik untuk berpiknik. Sembari menikmati indahnya alam, Anda dapat menyantap sajian yang dibawa dari rumah.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Malela Bandung Barat

Fasilitas di Curug Malela Bandung Barat
Image Credit: Google Maps (Yulia Yushan)

Untuk menunjang kegiatan seru di wisata alam yang satu ini pengelola menyediakan fasilitas yang mumpuni. Bahkan setiap tahunnya, fasilitas di Curug Malela dilakukan perbaikan, pembaruan, hingga penambahan. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan jumlah wisatawan dari tahun ke tahun agar lebih nyaman.

Salah satu fasilitas yang dapat dinikmati bagi para pengunjung yaitu Plaza ikon wisata air terjun Malela. Dengan fasilitas ini, wisatawan yang hadir dapat berfoto menggunakan latar belakang ikon tersebut. Tentunya hasil foto menjadi lebih hits dan populer jika di bagian ke akun sosial media yang Anda miliki.

Fasilitas kedua yang ditawarkan Curug Malela yaitu shelter. Bagi para wisatawan yang tidak ingin lelah jalan kaki, maka bisa menggunakan fasilitas shelter yang disediakan. Shelter yang disediakan oleh pihak pengelola terdapat delapan unit. Masing masing unitnya memiliki jarak sekitar 60 meter dengan ukuran 4 x 4 meter.

Bagi Anda yang ingin berjalan kaki, maka bisa memanfaatkan fasilitas pedestrian. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan bagi pengunjung yang ingin mengelilingi sekitar kawasan wisata air terjun Malela. Dengan panjang pedestrian mencapai kurang lebih 120 meter, Anda bisa berjalan kaki dengan nyaman dan aman di sekitar curug ini.

Fasilitas selanjutnya yang ditawarkan destinasi wisata alam ini yaitu jembatan. Dengan adanya jembatan tersebut, pengunjung yang hendak menyeberang ke Curug Malela bisa dimudahkan. Karena bentuknya yang cukup unik, biasanya para wisatawan berhenti di tengah jembatan untuk melakukan swafoto dengan latar belakang Air Terjun Malela.

Tak kalah pentingnya, ada juga fasilitas toilet yang disediakan oleh pihak pengelola bagi pengunjung yang datang. Jangan khawatir, toilet di kawasan tempat wisata dirawat dengan baik dan bersih. Alasannya, pihak pengelola selalu siap sedia membersihkan toilet setelah pengunjung selesai menggunakannya.

Bagi pengunjung yang ingin menyatu dengan alam, maka tersedia juga kawasan camping ground. Fasilitas tersebut dapat Anda gunakan dengan menyewa tenda terlebih dahulu. Untuk menyewa fasilitas ini, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ditawarkan dengan tarif yang cukup terjangkau dan tidak menguras kantong.

Selain itu, ada juga fasilitas taman yang asri di sekitar wisata Curug Malela. Taman ini memperindah tampilan air terjun terbesar di Jawa Barat ini. Menariknya, taman ini dilengkapi dengan berbagai macam bunga dan pepohonan yang asri. Kemudian, di samping taman tersebut ada juga kursi untuk digunakan pengunjung bersantai atau sekedar melepas penat.

Setelah lelah berkeliling dan bermain air, Anda bisa mengunjungi fasilitas Food Court yang disediakan oleh pihak pengelola. Ada banyak makanan yang dijual di lokasi ini, mulai dari kudapan, makanan berat, sampai dengan hidangan penutup. Tentunya, semua makanan dan minuman tersebut dijual dengan harga yang bersahabat.

Tips Berwisata ki Curug Malela

Tips Berwisata ki Curug Malela
Image Credit: Google Maps (Irma Suryania)

Sebelum berlibur ke wisata alam, ada baiknya jika mempersiapkan beberapa hal untuk menunjang perjalanan Anda. Mulai dari kendaraan, persediaan baju ganti, hingga anggaran harus dipersiapkan dengan cukup baik. Dengan begitu, waktu berlibur Anda menjadi lebih seru tanpa adanya hambatan sedikit pun.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi untuk berlibur, maka tips pertama yang harus diterapkan adalah memastikan kondisinya tetap prima. Hal ini penting dilakukan ketika perjalanan jauh agar terhindar dari kejadian mogok dan lain sebagainya. Sebab, medan untuk mencapai Curug Malela cukup terjal dan berat.

Jika sudah sampai di lokasi wisata, Anda harus memperhatikan aktivitas yang dilakukan. Pasalnya, berenang atau bermain air hingga ke tengah dapat meningkatkan risiko bahaya. Selain itu, jangan lupa patuhi peraturan yang berlaku di kawasan wisata Curug Malela yang dianjurkan pihak pengelola. Sehingga, Anda bisa mendapatkan pengalaman liburan seru dengan selamat.

Itulah beberapa informasi mengenai keindahan Curug Malela yang ada di Jawa Barat. Curug yang satu ini menawarkan keindahan menawan yang tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Ada berbagai pesona yang disuguhkan wisata alam ini, mulai dari kontur air terjun yang menarik, pepohonan rindang, fasilitas memadai, hingga kekayaan fauna di sekitarnya.