Majalengka dikenal sebagai salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki kontur perbukitan. Anda bisa menemukan banyak sekali curug atau air terjun di Majalengka, yang memiliki panorama alam sangat indah dan memukau.

Air terjun atau curug, apabila Anda mendengar kata tersebut sudah pasti kesejukan yang ada di bayangan Anda. Hal tersebut tentu saja tak salah, lantas bagaimana dengan satu daerah yang memiliki banyak wisata alam berupa curug? Sangat indah bukan. Di wilayah Majalengka, Anda bisa menemukan banyak sekali curug yang indah. Berikut rekomendasi air terjun atau curug yang menarik untuk dijelajahi.

1. Curug Cicangkrung

Curug Cicangkrung
Image Credit: Instagram.com @ifarief

Berada di kawasan Gunung Ciremei, daerah satu ini memiliki air terjun yang sangat indah. Dengan terletak di dekat gunung, maka tentu saja Anda akan disuguhkan dengan kesejukan alam yang sangat segar. Ditambah lagi dengan air yang mengalir dengan jernih , akan menambah kesegaran pada destinasi satu ini.

Bagi Anda yang ingin menenangkan diri, Curug Cicangkrung dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Majalengka. Pesona alam dan pemandangannya pun akan membuat Anda terpukau. Belum lagi suara gemericik air terjun yang menenangkan akan membuat Anda betah berlama lama di tempat satu ini.

Lokasi: Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka.

2. Curug Kapak Kuda

Curug Kapak Kuda
Image Credit: Instagram.com @rifan_zuma

Apabila Anda berencana mengunjungi destinasi air terjun yang masih menyuguhkan pemandangan yang alami dan asri, maka Curug Kapak Kuda dapat menjadi jujukan ketika sedang berada di Majalengka. Air terjun satu ini memiliki ketinggian yang lumayan tinggi dan terdiri dari empat tingkatan. Airnya yang jernih dan segar tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasi: Tapak Kuda, Sadawangi, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka.

3. Curug Situhiang

Curug Situhiang
Image Credit: Instagram.com @busibebek

Bagi Anda yang ingin mencari air terjun dengan suasana yang tenang dan sepi, maka Curug Situhiang yang ada di Majalengka dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Hal tersebut dikarenakan saat berada disini, Anda akan disuguhkan dengan suasana yang tentram dan damai. Sebab, keberadaan air terjun satu ini masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Namun, untuk bisa sampai ke kawasan air terjun ini Anda perlu ekstra hati hati. Sebab, sepanjang perjalanan Anda akan melewati jalan yang cukup menantang. Mulai dari adanya jurang di kanan dan kiri jalan membuat Anda harus membutuhkan konsentrasi tinggi. Akan tetapi sesampainya di curug, pemandangan yang indah telah menanti Anda.

Lokasi: Kulur, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

4. Curug Cipeureus

Curug Cipeureus
Image Credit: Instagram.com @onetransport.majalengka

Curug Cipeureus menjadi salah satu air terjun yang ada di Majalengka dengan ketinggian mencapai 12 meter. Keindahan panorama alam yang disajikan oleh destinasi satu ini pun sangatlah memukau. Ditambah lagi dengan adanya tebing tebing kokoh di samping air terjun yang sebagian telah tertutup tumbuhan akan menyajikan nuansa yang eskotis.

BACA JUGA:  10 Hotel Murah di Majalengka yang Populer & Memiliki Fasilitas Terbaik

Dengan pemandangan tersebut, tak heran air terjun yang masih sepi pengunjung ini terlihat tampak sangat megah. Untuk bisa sampai ke curug ini, Anda tentunya harus melewati jalan yang terjal dan berliku. Sebab, akses menuju wisata satu ini masih cukup sulit. Namun, perjalanan yang melelahkan akan sebanding dengan keindahan yang Anda dapatkan.

Lokasi: Sukamenak, Kec. Bantarujeg, Kab. Majalengka.

5. Curug Puntang

Curug Puntang
Image Credit: Instagram.com @ifarief

Memiliki pesona keindahan yang masih tersembunyi, Curug Puntang menjadi destinasi selanjutnya yang bisa Anda singgahi saat berada di Majalengka. Dengan memiliki ketinggian hingga mencapai 15 meter, maka Anda pun akan siap siap dibuat terkagum oleh keindahan yang ditawarkan oleh curug satu ini.

Selain dibius dengan pesona air terjun yang luar biasa indahnya. Pemandangan alam yang ada di sekitar pun juga akan membuat Anda terpesona. Dengan bentang alam yang masih asri, akan menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa Anda jadikan sebagai latar belakang untuk fotografi.

Lokasi: Cengal, Kec. Maja, Kab. Majalengka.

6. Curug Ciwanda

Curug Ciwanda
Image Credit: Instagram.com @ifarief

Untuk Anda yang memiliki hobi berpetualang, maka Curug Ciwanda menjadi destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi. Sebab, untuk mencapai wisata ini, Anda akan membutuhkan waktu untuk bisa sampai ke destinasi ini sekitar satu jam dari pusat kota Majalengka.

Sesampainya disini, Anda akan langsung disajikan dengan suara gemericik air terjun yang mengalir sangat deras. Kemudian, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang akan memanjakan mata Anda. Ditambah lagi dengan udaranya yang segar akan membuat Anda semakin betah menghabiskan waktu di tempat satu ini.

Lokasi: Lemahsugih, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka.

7. Curug Campaga

Curug Campaga
Image Credit: Instagram.com @dikadityap

Memiliki ketinggian sekitar 8 meter, membuat air terjun satu ini terlihat sangat indah dan menawan. Ketika Anda berada di di Curug Campaga, maka Anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa jatuhnya air terjun dan mengalir pada bebatuan hitam yang ada di bawahnya. Tentunya fenomena satu ini akan sangat menarik perhatian.

Karena wisata ini sudah mulai tersohor bagi warga Majalengka dan sekitarnya, tak heran jika fasilitas yang tersedia juga mulai lengkap. Sehingga hal ini akan menunjang aktifitas liburan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengunjunginya ketika sedang penat atau sekedar berlibur di akhir pekan.

Lokasi: Talagakulon, Kec. Talaga, Kab. Majalengka.

8. Curug Awul

Curug Awul
Image Credit: Instagram.com @onetransport.majalengka

Bagi Anda yang sedang mencari air terjun dengan panorama yang asri dan sejuk, maka Curug Awul harus masuk menjadi bucket list destinasi wajib yang Anda kunjungi. Pemandangan yang indah ditambah dengan pesona air terjun yang sangat memukau akan menjadi panorama yang Anda saksikan.

Bahkan lingkungan yang ada di sekitar air terjun juga sangatlah apik. Dengan memiliki ketinggian sekitar 5 meter, akan membuat Anda terpukau akan aliran air sungainya yang deras dan juga bebetuan yang terdapat di bawah sungai. Tentu saja, curug satu ini wajib Anda singgahi tatkala berada di Majalengka.

BACA JUGA:  10 Hotel Murah di Majalengka yang Populer & Memiliki Fasilitas Terbaik

Lokasi: Kulur, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

9. Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya
Image Credit: Google Maps (Ambia Aditama)

Berada di kawasan pegunungan membuat Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang eksotis saat mengunjungi Curug Muara Jaya. Selain itu, udara Anda yang disini sudah pasti sangat sejuk dan juga segar. Saat berada disini, Anda juga akan disuguhkan dengan indahnya air terjun yang turun melalui tebing yang dipenuhi oleh tumbuhan liar.

Lokasi: Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

10. Curug Tonjong

Curug Tonjong
Image Credit: Velhametsa.wordpress.com

Curug Tonjong menjadi salah satu destinasi wisata air terjun di Majalengka yang memiliki keunikan tersendiri. Hal tersebut dikarenakan adanya jembatan yang sengaja dibangun agar pengunjung bisa memiliki akses untuk menuju puncak dari air terjun. Sehingga Anda pun akan lebih mudah untuk mengabadikan momen saat berada di wisata ini.

Lokasi: Teja, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka.

11. Curug Sempong

Curug Sempong
Image Credit: Instagram.com @umar_mf

Dengan menempuh perjalanan yang cukup jauh, membuat air terjun ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang. Curug Sempong juga memiliki pemandangan dan panorama alam yang luar biasa indahnya. Dengan begitu, Anda tak akan menyesal ketika menghabiskan waktu liburan di destinasi satu ini.

Ketika berada disini, Anda tak hanya akan disuguhkan dengan keindahan air terjun yang mengalir dari ketinggian belaka. Melainkan adanya kebun sayur mayur dan juga palawija akan menambah keindahan wisata ini. Karena berada di area pegunungan, tentu saja akan Anda bisa menghirup udara yang segar sekaligus sejuk.

Lokasi: Cisempong, Sidamukti, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

12. Curug Cilutung

Curug Cilutung
Image Credit: Instagram.com @onitograph

Untuk Anda yang sedang mencari tempat berlibur yang tenang, maka Curug Cilutung dapat menjadi lokasi yang bisa Anda tuju. Sebab, suasana pegunungan dan aliran air terjun yang tenang akan merefresh pikiran Anda. Selain itu, berada disini Anda juga akan disuguhkan dengan adanya batu dengan ukuran yang sangat besar yakni sekitar 20 meter.

Lokasi: Talagakulon, Kec. Talaga, Kab. Majalengka.

13. Curug Ibun Pelangi

Curug Ibun Pelangi
Image Credit: Google Maps (Ricky Ilyas)

Berada di Majalengka tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Curug Ibun Pelangi. Sebab, letaknya yang berada di perbukitan akan menghadirkan pemandangan yang unik tersendiri. Tak hanya itu saja, lingkungan yang ada di air terjun ini pun cukup bersih. Ditambah lagi adanya pelangi yang muncul di air terjun ketika matahari sedang bersinar akan menambah keunikan.

Lokasi: Sukadana, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

14. Curug Sawer

Curug Sawer
Image Credit: Detik.com

Salah satu air terjun tersembunyi yang ada di Majalengka lainnya adalah Curug Sawer. Dengan jarang dikunjungi oleh banyak orang, membuatnya memiliki pesona alam yang masih sangat terjaga keindahannya. Dengan tebingnya yang ditutup oleh tumbuhan akan membuat Anda merasakan suasana asri dan alami saat sedang berada di wisata satu ini.

Lokasi: Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

BACA JUGA:  10 Hotel Murah di Majalengka yang Populer & Memiliki Fasilitas Terbaik

15. Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy
Image Credit: Cirebon24.com

Curug Cipeuteuy berada di sekita kawasan taman nasional Gunung Ciremai. Saat berada di destinasi ini, Anda akan disuguhkan dengan air terjun dengan suasana alam yang masih alami. Bahkan air terjun yang mengalir pun akan memiliki bentuk layaknya tirai. Sehingga tak mengherankan banyak orang yang menjadikan tempat satu ini sebagai spot paling instagramable.

Lokasi: Jl. Dukuh Pasir, Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka.

16. Curug Cibali

Image Credit: Instagram.com @erikmulyana7_

Selanjutnya, Anda juga bisa mengunjungi Curug Cibali saat sedang berada di Majalengka. Air terjun satu ini memiliki aliran yang cukup deras. Dengan adanya bebatuan yang terletak tepat di bawah air terjun menjadikannya lokasi yang tepat untuk berfoto. Banyak orang yang menaiki batu besar tersebut dan mengabadikan air yang mengalir dari jarak cukup dekat.

Lokasi: Cikondang, Kec. Cingambul, Kab. Majalengka.

17. Curug Sawiyah

Curug Sawiyah
Image Credit: Instagram.com @abidar96

Curug satu ini berada di sekeliling pepohonan yang masih rimbun. Sehingga ketika Anda sampai di tempat wisata satu ini, seakan akan Anda sedang berada di dalam hutan yang indah. Suasana yang sejuk sekaligus asri akan bisa Anda dapatkan ketika menginjakkan kaki di Curug Sawiyah. Sehingga, tak jarang beberapa orang membawa hammock untuk bersantai.

Lokasi: Sawiyah, Sangiang, Kec. Banjaran, Kab. Majalengka.

18. Curug Kemuning

Curug Kemuning
Image Credit: Instagram.com @iewenk

Memiliki air terjun yang tidak terlalu tinggi menjadikan Curug Kemuning menjadi destinasi apik yang wajib untuk Anda kunjungi. Selain itu, dengan adanya undak undakan yang berada di aliran air terjun akan membuatnya nampak indah dan eksotis. Air terjun ini juga memiliki dua tempat untuk mengalir.

Sehingga, apabila Anda mengambil gambar dari kejauhan akan tampak sangat cantik. Ada banyak spot menarik yang bisa Anda jadikan tempat untuk berfoto. Namun, spot terbaik adalah terletak di batu besar tepat di bawah air tejun. Pemandangan yang indah pun akan membuat Anda betah menghabiskan waktu di tempat satu ini.

Lokasi: Sukadana, kec. Argapura, Kab. Majalengka.

19. Curug Remis

Curug Remis
Image Credit: Google Maps (Bfc Bonsai Bonsai)

Curug Remis menjadi air terjun selanjutnya yang wajib untuk Anda kunjungi. Saat berada disini, Anda akan ditawarkan dengan pemandangan alam berupa rimbunnya tumbuhan yang berada di sekitar air terjun. Air yang mengalir dari ketinggian tersebut akan nampak sangat eksotis apabila Anda melihatnya dari dekat.

Lokasi: Sangiang, Kec. Banjaran, Kab. Majalengka.

20. Curug Baligo

Curug Baligo
Image Credit: Google Maps (Khosiah Osi)

Di Majalengka juga terdapat salah satu curug yang menyajikan pemandangan tak kalah indahnya. Saat berada disini, Anda pun bahkan bisa bermain air di aliran air terjun. Selain itu, berfoto di bebatuan juga menjadi hal yang wajib untuk Anda lakukan bersama sahabat ketika berada di Curug Baligo.

Lokasi: Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka.

Majalengka memiliki banyak sekali air terjun dengan panorama dan pemandangan alam berbeda. Untuk itu, Anda pun tak akan pernah bosan menghabiskan waktu di kawasan satu ini. Sebab, banyak destinasi wisata curug terindah yang bisa untuk Anda jumpai saat sedang berada di Majalengka.