Curug Luhur salah satu air terjun terindah yang terletak di lereng Gunung Salak, Bogor. Wisata alam terbaik untuk bermain air dan kegiatan hiking yang menawarkan panorama alam yang memukau.

Harga Tiket: Rp 45.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kota Bogor, Jawa Barat.

Berjalan-jalan di Kota Bogor akan lebih lengkap jika singgah di Curug Luhur yang menyimpan pesona air terjun yang menakjubkan untuk dipandang. Selain karena kejernihan airnya, pesona alam yang diciptakan juga menimbulkan kesan yang menarik. Selain itu, ada juga keunikan Curug Luhur yang belum tentu bisa Anda temui di kawasan wisata lainnya. Tertarik berkunjung? Berikut Penjelasan lengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Luhur

Daya Tarik Curug Luhur
Image Credit: Google Maps (YITNO GANDOR)

Kata Curug kerap kali dipakai oleh masyarakat yang berada di Pulau Jawa. Baik itu Jawa Barat, Jawa Tengah serta Jawa Timur. Curug sendiri memiliki artian sebagai air terjun. Sedangkan kata Luhur memiliki arti tinggi. Yang mana tinggi ini mengacu pada ketinggian air terjun ini yang melebihi deretan air terjun yang lainnya.

Ketinggian Curug Luhur ini sangat memukau, yaitu sampai kisaran 62 meter dari permukaan tanah. Namun apabila diukur dari atas kolam penampungan, ketinggian air terjun masih berada di angka kisaran 50 meter. Tidak hanya itu, yang lebih menariknya lagi bahwa kolam penampungan air terjun di bawahnya memiliki kedalaman hingga kisaran 15 meter.

Melihat kedalaman air tersebut, pihak pengelola mengambil keputusan untuk memasukkan beberapa material sebagai upaya meningkatkan keamanan pengunjung. Hingga saat ini kedalaman kolam berkisar 7 meter. Meskipun begitu, Anda juga tetap harus hati hati karena dalam kolam tersebut terdapat pusaran yang diketahui dapat menarik siapa saja untuk masuk ke dalam pusaran tersebut.

Selain dari air terjun utama, Anda juga bisa menemukan pemandangan lain yang berada di sisi Curug Luhur. Warga sekitar dan juga pengunjung sering menyebutnya sebagai Air Terjun Kembar. Berbeda dengan curug ini, ternyata air terjun kembar ini adalah buatan manusia. Hal ini dilakukan sebagai cara menciptakan aliran khusus untuk menuju kolam renang yang berada di kawasan wisata.

Ada satu kelebihan dari aliran air yang dimiliki. Dimana air tidak akan kering meskipun saat musim kemarau tiba. Tentu hal ini berbeda dengan kebanyakan air terjun lainnya yang kebanyakan tidak mengalirkan air pada saat musim kemarau. Begitu juga sewaktu memasuki musim hujan. Meski debit air melimpah, namun sifat air tetap menunjukkan kejernihan seperti biasanya.

BACA JUGA:  15 Villa Murah di Sentul Bogor Dengan Fasilitas Terbaik

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Luhur

Alamat Curug Luhur
Image Credit: Google Maps (Abdul Azis)

Lokasi air terjun terindah ini berada di kaki Gunung Salak. Ketinggian Nya berkisar kurang lebih 624 meter diatas permukaan laut. Kawasan wisata yang menakjubkan ini berada di Desa Ciapus Kabupaten Bogor, provinsi Jawa Barat. Yang mana jarak tempuh jika dilalui dari Kebun Raya Bogor kisaran 22 kilometer. Sedangkan dari pusat kota hanya kisaran 18 kilometer.

Wisatawan yang berangkat berangkat dari Bogor, bisa dimulai dengan berjalan menuju Bogor Trade Mall atau BTM. Lalu melanjutkan perjalanan menuju ke daerah Ciapus. Tidak membutuhkan waktu yang panjang, karena Anda akan segera sampai ke Curug Luhur. Jalur ini juga bisa diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil.

Bagi Anda yang berasal dari Jakarta, Anda bisa mengatur aplikasi map atau peta menuju Kebun Raya Empung yang nanti akan tembus ke Cikaret. Setelah itu, Anda akan sampai ke Daerah Ciapus. Langkah selanjutnya, Anda harus melewati daerah perkembangangan hingga akhirnya bisa sampai ke lokasi air terjun.

Perkiraan jarak yang akan ditempuh apabila Anda dari Jakarta, yakni kisaran 76 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam perjalanan. Mungkin waktu tempuh ini akan sangat panjang untuk mereka yang tidak terlalu senang dengan perjalanan jauh. Namun, rasa bosan dan lelah akan terbayarkan dengan panorama Curug Luhur Bogor yang menawan.

Mungkin ada beberapa dari wisatawan yang lebih memilih menggunakan kendaraan transportasi umum. Jika Anda termasuk, maka terlebih dahulu Anda harus menunggu angkutan di depan Museum Zoologi atau biasanya disebut BTM. Setelah itu Anda bisa memilih angkutan umum dengan kode 03 jurusan ciapus.

Namun disayangkan, dari Ciapus menuju lokasi wisata belum ada transportasi umum lainnya. maka dari itu, Anda bisa meminta bantuan supir angkutan umum untuk dapat mengantarkan hingga sampai tujuan. Tentu dengan menambahkan biaya tambahan karena jaraknya yang tidak terlalu dekat.

Harga Tiket dan Jam Operasional Curug Luhur Bogor

Harga Tiket Curug Luhur Bogor
Image Credit: Google Maps (Nadia Rinda)

Sama halnya seperti tempat wisata lain, Curug Luhur Bogor juga dikenakan tarif atau tiket masuk. Yakni kisaran harga 45 ribu per orang. Tetapi, tarif ini belum termasuk biaya parkir kendaraan pribadi. Yang mana untuk kendaraan roda dua Anda perlu membayar kisaran harga 10 ribu. Sementara untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif kisaran 15 ribu.

Untuk dapat menikmati keindahan yang tersaji di curug ini, Anda bisa mengunjungi objek wisata ini pada hari Senin hingga Minggu. Jam operasionalnya sendiri pada pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Dengan begitu, Anda dapat mengatur waktu keberangkatan yang sesuai dan tepat jika Anda merupakan pengunjung dari tempat tinggal yang cukup jauh dari kawasan Bogor.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah Dekat Kebun Raya Bogor Dengan Fasilitas Terbaik

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Luhur

Kegiatan Dilakukan di Curug LuhurKegiatan Dilakukan di Curug Luhur
Image Credit: Google Maps (Andhi Utomo)

1. Menikmati Panorama Air Terjun

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan menyaksikan air terjun dari jarak yang cukup dekat. Dimana batuan dan area yang kering bisa dijadikan sebagai tempat duduk untuk bersantai sambil menikmati panorama serta keindahan alam yang diciptakan dari tempat wisata Curug Luhur.

Menikmati santapan lezat yang Anda bawa dari rumah dengan mendengar dentuman air yang jatuh mengenai permukaan air dibawahnya adalah suasana yang paling indah. Belum lagi kondisi alam serta pepohonan yang memberikan rasa sejuk dan dingin jika berada di tempat wisata yang menjadi idola para pelancong ini.

2. Bermain Waterboom

Mengajak anak anak ke tempat ini juga solusi liburan yang asyik dan menyenangkan. Pasalnya, di kawasan wisata ini menyediakan wahana permainan waterboom yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Tidak perlu khawatir akan keamanannya, karena pihak pengelola sudah membuat wahana permainan menjadi aman dan nyaman untuk digunakan.

Pihak pengelola tempat wisata juga sudah membangun beberapa kolam renang yang disesuaikan dengan ketinggian anak anak hingga ketinggian orang dewasa. Tidak ketinggalan, disini juga ada fasilitas berbagai macam luncuran yang semakin menarik perhatian anak kecil hingga orang dewasa.

Jika Anda ingin menguji adrenalin, Anda bisa mencoba wahana pipa seluncur panjang serta berkelok yang cukup memacu ketangkasan dan keberanian. Namun bagi Anda yang tidak suka dengan kegiatan menantang, Anda bisa mencoba seluncuran air, spiral, dan juga ember tumpah yang tidak kalah seru.

Pada air kolam renang dialirkan langsung dari air terjun Luhur, jadi Anda tetap bisa merasakan kesejukan air pegunungan dari Gunung Salak ketika melakukan aktivitas di kolam renang. Keadaan air yang segar dan juga dingin tersebut mampu membuat Anda menghilangkan segala kepenatan serta dapat mengembalikan mood menjadi baik kembali.

3. Mengabadikan Foto

Melakukan perjalanan wisata tidak akan lengkap tanpa mengabadikan setiap aktivitas yang dilakukan. Apalagi sejak populernya penggunaan sosial media, banyak orang yang memiliki wadah khusus untuk dapat berbagi segala pengalaman termasuk perjalanan wisata yang menyenangkan.

Jika Anda termasuk orang yang hobi berfoto, maka kawasan Curug Luhur bisa Anda jadikan bahan berfoto. Untuk menemui spot foto yang ciamik, Anda bisa temukan di area air terjun kembar yang berupa seperti air terjun mini dengan lokasinya yang berada di sekitar air terjun utama.

4. Bersantai dan Istirahat Di Gazebo

Beberapa gazebo juga disediakan oleh pengelola untuk tempat melepas lelah dan bersantai. Hanya sekedar duduk dan menikmati panorama alam yang indah serta kesejukan udara yang diciptakan, tentu membantu Anda dalam proses melepas stress dan penat setelah perjalanan panjang.

BACA JUGA:  10 Hotel Murah Dekat Stasiun Bogor Dengan Fasilitas Terbaik

Meski hanya bersantai dan memandangi indahnya deburan air terjun, secara tidak langsung Anda membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Dengan begitu, duduk bersantai di gazebo akan sangat cocok untuk Anda yang jarang menikmati keindahan panorama alam semesta yang hijau.

Penginapan Terdekat dari Lokasi Curug Luhur

Penginapan Terdekat Curug Luhur
Image Credit: Jalanjalankenai.com

Tidak jarang ditemui wisatawan yang datang dari luar kota merasakan lelah setelah melakukan perjalanan panjang. Maka dari itu banyak dari mereka yang memutuskan untuk menginap di tempat penginapan yang jaraknya terbilang cukup dekat dengan kawasan wisata air Curug Luhur.

Apabila Anda termasuk, maka Anda tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, sudah tersedia beberapa hotel ataupun homestay di sekitar kawasan wisata. Harga kamar per malamnya juga tidak terlalu mahal. Yakni kisaran harga 400 ribu hingga 600 ribu per malamnya, pastinya dengan fasilitas yang bersih dan memadai.

Selain itu, ada juga villa yang bisa Anda sewa bersama dengan rombongan keluarga ataupun teman. Fasilitas villa yang diberikan juga terjamin, seperti adanya televisi, dapur, peralatan memasak, gazebo, serta taman tropis. Harga sewanya berkisar pada harga 2,5 juta hingga 3,5 juta per malam.

Fasilitas Penunjang yang Tersedia di Curug Luhur

Fasilitas di-Curug Luhur Bogor
Image Credit: Facebook.com @tughaccr.tugha

Mengunjungi kawasan wisata Curug Luhur, Anda akan merasakan kepuasan yang maksimal. Pasalnya, ditempat ini juga disediakan fasilitas penunjang yang memang disediakan oleh pengelola. Diantaranya ada warung makan ataupun restoran yang menyediakan makanan siap saji yang lezat untuk Anda yang lelah bermain air.

Bagi Anda yang beragama Muslim, tidak perlu khawatir karena pada destinasi wisata alam ini juga disediakan tempat ibadah yang bersih dan nyaman. Tidak ketinggalan, bahwa disini ada satu tempat makan yang banyak digemari pengunjung. Yaitu restoran dua lantai yang memberikan akses para tamu untuk menyaksikan pemandangan air terjun yang sejuk sambil menyantap hidangan.

Jika lupa membawa bekal, Anda akan menjumpai beberapa penjual makanan dan juga penjual minuman. Mulai dari ringan hingga hidangan utama yang menggugah selera. Sayangnya, bagi Anda yang berjiwa petualang tidak bisa melakukan kegiatan kemah atau camping di kawasan wisata ini. Sebab, pihak pengelola tidak menyediakan area camping.

Itulah beberapa ulasan terkait destinasi wisata air yang berada di Curug Luhur, Bogor. Menjadikan destinasi ini sebagai agenda liburan bersama keluarga akan memberikan kesan liburan yang menyenangkan dan tidak terlupakan. Belum lagi merasakan kegiatan bermain air jernih dan segar yang bersumber langsung dari Gunung Salak yang berada di sekitar kawasan.