Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bantar Karet, Kec. Nanggung, Kota Bogor, Jawa Barat.

Air terjun menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi selama berada di Bogor. Kota yang dikenal sebagai kota Hujan ini, ternyata juga memiliki banyak wisata berupa curug yang menawan, salah satunya adalah Curug Love. Bagi Anda yang sedang berkesempatan berjalan-jalan di kota Bogor, tak ada salahnya untuk mengunjungi destinasi wisata alam yang apik satu ini cocok sebagai tempat untuk melepas stres dan penat.

Daya Tarik Wisata Curug Love

Daya Tarik Curug Love
Image Credit: Instagram.com @lenymarcelina

Bogor adalah salah satu tujuan yang diminati oleh banyak kalangan, terutama ibukota. Hal ini lantaran lokasinya yang tidak terlalu jauh dan disini Anda bisa menemukan banyak sekali destinasi wisata menarik yang cocok sebagai tempat berlibur dan menghabiskan akhir pekan.

Salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi adalah Curug Love yang memiliki air terjun dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi. Disini, Anda pun akan disuguhkan dengan wisata air terjun setinggi kurang lebih 5 meter saja. selain itu, air terjun ini juga memiliki dua aliran air yang mengalir cukup deras.

Sehingga kolam yang berada di bawah air terjun dapat terisi dan teraliri dengan baik. Saat berada disini, Anda pun akan bisa melihat betapa jernihnya air yang ada di kolam air terjun satu ini. tak hanya itu saja, airnya pun sangat bersih sehingga bagi Anda yang berada disini pastinya ingin langsung untuk menceburkan diri.

Kemudian setelah mengalir dari kolam, aliran tersebut akan menuju ke are sungai yang berada di kanan kiri bebatuan tersebut. Keunikan lain yang bisa Anda dapatkan dari air terjun satu ini adalah air pada sungainya yang memiliki warna biru, meskipun Anda akan mendapati bahwa aliran tersebut berasal dari air terjun yang ada di atasnya.

Warna air terjun yang sangat biru tersebut memang sangat indah. Nantinya aliran tersebut akan menuju ke hilir. Hal ini tentu saja akan dapat membuat siapapun ingin untuk masuk dan berenang di aliran tersebut. Selain itu, kolam dan aliran sungai di curug satu ini cukup dangkal. Hanya sekitar satu meter saja kedalamannya dengan aliran yang tidak deras.

Keistimewaan dari Curug Love ini juga adalah airnya yang akan sangat biru ketika musim kemarau tiba. Ditambah dengan sinar matahari yang menerpa, tentunya akan membuat air semakin jernih dan terlihat berkilau. Untuk musim hujan, Anda akan mendapati debit air yang lebih tinggi.

Selain itu, air pun nantinya akan berwarna biru kehijauan. Panorama yang disajikan sungai satu ini memang sangatlah indah. Di kanan kira air terjun tersebut, Anda akan mendapati batuan berkelok yang mengalir dengan memiliki abrasi alami. Sehingga Anda pun akan melihat bebatuan yang mirip dengan Grand Canyon saat sedang berlibur di tempat satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Curug Love

Alamat Curug Love
Image Credit: Instagram.com @adolfina_patrice

Alamat dari Curug Love sendrii adalah berada di Desa Bantar, Karet, Nanggung, Kabupaten Bogor. Apabila Anda ingin mengunjunginya dari Jakarta, Anda bisa berangkat dengan menggunakan mobil dan melewati tol Jagorawi. Kemudian, setelah Anda keluar dari Gerbang tol Sentul City, Anda pun bisa belok ke arah kiri menuju Jungle Land.

Sebelum memasuki gerbang dari Jungle Land, Anda bisa belok ke arah kanan yakni menuju ke jalan perkampungan hingga pertigaan. Lanjutkan perjalanan dengan belok kiri dan mengikuti alan hingga sampai ke petunjuk arah air terjun. Nantinya Anda bisa lurus dan sampai pada lokasi ini dalam waktu 20 sampai 30 menit saja.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Love

Harga Tiket Curug Love
Image Credit: Instagram.com @lenymarcelina

Apabila Anda ingin menghabiskan waktu akhir pekan di lokasi satu ini, Curug Love bisa Anda nikmati keindahannya dari pagi hingga sore hari. Tidak hanya itu saja, Anda sebaiknya datang ketika pagi hari. Hal ini dikarenakan saat sinar mentari masih hangat hangatnya, maka sinarannya tersebut akan memantul ke air.

Hal inilah yang menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berlibur di lokasi satu ini. selain itu, Anda pun akan mendapati bahwa air yang ada di air terjun satu ini akan memiliki warna yang sangat unik apabila terkena pantulan sinar matahari. Jam operasional dari destinasi ini sendiri adalah pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Sedangkan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di lokasi ini, tak perlu khawatir akan biaya tiket masuk yang akan Anda bayarkan. Sebab Anda bisa menikmati keindahan air terjun satu ini dengan harga yang sangat terjangkau yakni sekitar 15 ribu rupiah saja. namun, Anda pun nantinya akan dipatok tarif parkir apabila membawa kendaraan pribadi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Love

Aktivitas di Curug Love
Image Credit: Google Maps (Dee Kei)

1. Hunting Foto

Kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan di lokasi satu ini adalah hunting foto. Saat berada di tempat yang indah dan eksotis ini alangkah baiknya jika Anda tidak lupa dalam membawa kamera. Hal ini dikarenakan wisatawan yang datang bisa mengabadikan momen yang sangat indah di lokasi satu ini dengan berfoto.

Dalam bidikan kamera, Anda pun akan banyak mendapatkan spot spot yang sangat instagramable. Bagaimana tidak, di Curug Love ini terdapat banyak sekali spot foto yang indah. Ditambah lagi dengan latar belakang alam yang sangat memukau. Anda bisa berfoto di area sungai yang berkelok kelok. Dengan mengambil foto dari ketinggian, maka hasilnya akan sangat bagus dan estetik.

2. Berendam di Sekitar Air Terjun

Berendam dan mandi di air terjun adalah salah satu kegiatan yang wajib Anda lakukan. Hal ini dikarenakan kurang lengkap rasanya apabila Anda berada di lokasi ini namun tidak mandi dan berendam. Bahkan pihak pengelola pun memang sengaja menyiapkan tempat bagi pengunjung untuk bisa merasakan segarnya air di curug ini secara langsung.

Dengan tempat mandi yang khusus disediakan oleh pengelola, pengunjung pun bisa merasakan sensasi mandi dan bermain air secara langsung di bawah guyuran air terjun. Hal ini tentu saja, akan menjadi salah satu kegiatan yang segar sekaligus menyenangkan. Anda pun pastinya akan lupa waktu saat berada disini.

3. Menjelajah Hutan Pinus

Kawasan Curug Love ini memang dikelilingi oleh hutan pinus. Di sekitar lokasi air terjun, Anda pun akan mendapati area hutan pinus dengan luas yang cukup besar dan terbilang lebat. Sebab ketika Anda berada disini, akan menemukan banyak sekali pohon pinus yang menjulang sangat tinggi.

Untuk itu, saat melakukan perjalanan ke lokasi satu ini, Anda pun bisa menjadikannya sebagai alternatif untuk berlibur. Dengan bersantai dan duduk di hutan pinus ini akan menjadi salah satu ide yang paling menarik yang bisa Anda lakukan. Dengan merasakan kesegaran dan sejuknya udara di hutan, tentunya akan membuat Anda betah menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Aktivitas Menarik di Curug Love
Image Credit: Google Maps (Kang Abikana)

4. Body Rafting

Ingin melakukan kegiatan seru yang memacu adrenalin ketika mengunjungi Curug Love, maka Anda pun bisa mencoba body rafting. Pada area wisata ini, pihak pengelola juga akan menyediakan wisata body rafting yang bisa Anda coba. Disini, Anda pun akan diajak untuk menyusuri sungai dengan cara yang tak biasa.

Dimana Anda diharuskan untuk menggunakan ban karet. Tak hanya itu saja, bagi Anda yang menyukai petualangan, pastinya akan menjadi tertantang dengan aktivitas satu ini. dengan menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet tentunya akan memiliki sensasi tersendiri yang bisa Anda rasakan.

Anda akan disuguhkan pemandangan sungai dan air terjun yang sangat mempesona. Bukan hanya itu saja, pemandangan alam yang ada di sekitarnya pun akan membuat Anda sangat tertarik dan ingin merasakan keindahan dengan cara yang tak biasa. Mungkin jika berada di wisata alam ini, body rafting menjadi salah satu kegiatan yang wajib untuk Anda lakukan.

5. Menjelajahi Alam di Curug Love

Melakukan penjelajahan alam juga bisa Anda lakukan di lokasi wisata satu ini. Mengingat air terjun ini adalah salah satu destinasi wisata alam dengan panorama alam yang sangat indah, maka Anda pun akan dibuat terpukau akan keindahan dari wisata satu ini.

Hal ini juga telah didukung oleh pihak pengelola kawasan destinasi wisata satu ini. dimana terdapat aktivitas yakni jelajah alam bagi pengunjung yang datang ke lokasi satu ini. dengan kegiatan satu ini, Anda pun nantinya akan memiliki kesempatan untuk berjalan jalan dan mengitari sekeliling kawasan air terjun.

Tentunya dengan adanya kegiatan tersebut akan membuat Anda bisa merasakan secara langsung keindahan alam yang ada di wisata satu ini. bagi Anda yang baru pertama kali melakukan penjelajahan, tak perlu khawatir karena medan yang nantinya akan Anda lalui tidaklah berat.

Selain itu, Anda pun juga akan diajak untuk merasakan dan mencoba pengalaman seru ketika berada di Curug Love. Uniknya lagi, jalanan yang terbilang cukup menantang ini akan menjadi perjalanan penjelajahan Anda ke lokasi air terjun tidak terlupakan dan lebih berkesan.

6. Outbound

Disini, Anda pun juga bisa untuk mencoba kegiatan outbound. Tentunya bagi Anda yang menyukai kegiatan memacu adrenalin, rasanya body rafting tak cukup untuk memuaskan Anda saat berada disini. Itulah mengapa Anda pun juga bisa sekaligus mencoba wahana outbound saat berada di air terjun ini.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Curug Love Bogor

Fasilitas di Curug Love Bogor
Image Credit: Google Maps (Yermia Tangguh)

Saat Anda melakukan penjelajahan di lokasi satu ini, fasilitas yang tersedia akan mampu menunjang kegiatan jelajah Anda agar semakin seru. Salah satunya adalah kelengkapan fasilitas penyewaan. Bagi Anda yang ingin melakukan penjelajahan, tak perlu khawatir sebab berbagai fasilitas telah disiapkan di lokasi satu ini.

Salah satu fasilitas yang tersedia di lokasi satu ini adalah paket outbound. Tidak hanya itu saja, Anda pun juga bisa untuk menyewa alat alat wisata lainnya. Sebut saja seperti pelampung, ban bahkan tenda yang bisa Anda sewa di lokasi satu ini. tentunya akan menunjang aktivitas bermain Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika berada di Curug Love, Bogor. Wisata satu ini memang memiliki keistimewaan tersendiri. Salah satunya adalah pemandangan alamnya yang sangat indah. Berada disini akan membuat Anda betah dan ingin berlama lama menghabiskan waktu di tempat satu ini.