Curug Leuwi Hejo salah satu wisata alam yang eksotis dan unik di Sentul, Bogor. Air terjun indah berdekatan dengan sungai berbatu, kolam yang luas dan menawarkan pemandangan alam yang memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kota Bogor dikenal sebagai kota yang identik dengan tempat wisatanya yang beragam dan bisa membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Jika Anda sedang mengunjungi kota Hujan yang terletak di Jawa Barat ini, akan semakin berkesan rasanya jika menikmati indahnya panorama alam yang disuguhkan oleh Curug Leuwi Hejo. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Leuwi Hejo

Daya Tarik Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Google Maps (Ruli Prasetya)

Tempat wisata ini barusan dibuka pada tahun kisaran 2014 silam. Setelah adanya opening bagi wisatawan umum di bulan Oktober, tempat ini menjadi lebih booming dan lebih dikenal. Karena tidak jarang para blogger ataupun pengunjung yang datang mengunggah ceritanya terkait kawasan wisata air yang memiliki panorama yang menjanjikan ini.

Curug berarti air terjun, sedangkan nama Leuwi Hejo dari tempat wisata air ini diambil dari bahasa Sunda. Leuwi memiliki artian sebagai kolam, dan Hejo memiliki arti warna hijau. Pemaknaan dari kedua kata ini sudah bisa dipastikan gambaran betapa hijaunya air yang berada pada Curug Leuwi Hejo yang menjadi tempat wisata air yang memiliki banyak penggemar.

Daya tarik air terjun eksotis ini yang utama adalah adanya sumber air dengan tampilan air yang sangat bersih dan jernih. Tentu hal ini yang menjadi penyebab kolam air terjun ini memikat perhatian para wisatawan untuk ikut menikmati jernihnya air sembari berenang dan mandi di sekitaran lokasi curug.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Leuwi Hejo

Alamat Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Google Maps (Doni Herdiansyah)

Lokasi kawasan wisata air ini berada di Kampung Wangun Cileungsi, Karang Tengah, Sentul tepatnya di Kota Bogor. Lokasinya berjarak pada kisaran 10 kilometer dari pusat kota Bogor. Dimana dengan jarak tersebut akan Anda tempuh dengan memakan waktu perjalanan kurang lebih 20 menit hingga 45 menit.

Berkunjung pada Curug Leuwi Hejo, Anda tidak akan mendapatkan kondisi perjalanan yang macet sebagaimana ketika berwisata ke puncak Bogor. Selain itu, rute yang dilalui juga cukup mudah, jika Anda menggunakan mobil pribadi, Anda bisa memasuki tol ke arah Bogor lalu keluar di tol Sentul Selatan.

BACA JUGA:  10 Air Terjun (Curug) di Sentul Bogor yang Paling Indah & Hits

Setelah Anda keluar dengan melalui Tol Sentul Selatan, Anda bisa melanjutkan menuju ke arah kompleks Sentul Nirwana hingga menemukan bundaran dan berputar lalu belok kearah kiri. Tidak terlalu jauh dari wahana Jungle Land, berikutnya perjalanan Anda akan memasuki sebuah pedesaan yang rutenya hanya mengikuti arah jalan saja.

Bagi Anda wisatawan pengguna kendaraan umum, Anda bisa menggunakan moda kereta KRL Commuter Line dan berhenti di Stasiun Cilebut. Sangat disayangkan karena belum ada angkutan umum yang langsung menuju ke Curug. Namun dari Stasiun Cilebut Anda bisa menggunakan angkutan umum nomor 7 yang ke arah Jalan Soleh Iskandar atau sering juga disebut Jalan Baru.

Ketika sudah sampai di Jalan Baru, Anda bisa menunggu bus APTB ke Jakarta serta turun di Belanova Sentul, dengan perjalanannya yang harus ditempuh kurang lebih 15 menit. Berikutnya Anda bisa menggunakan angkutan seperti ojek. Sebaiknya Anda menunggu di seberang Mall Bellanova karena apabila persis dari depan Mall, tempat putar balik akan cukup jauh.

Sebenarnya, angkutan umum seperti angkot belum ada yang dapat mengakses hingga ke arah Curug Leuwi Hejo, Bogor. Mengingat akses serta tempatnya berada di perkampungan warga. Tentu hal ini menjadi penghambat karena akan sulit dijangkau. Oleh karena itu, disarankan untuk Anda menggunakan kendaraan atau mobil pribadi untuk dapat mengunjungi kawasan wisata air tersebut.

Harga Tiket dan Jam Operasional Curug Leuwi Hejo

Harga Tiket Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Instagram.com @xridersindependentdepok

Untuk menikmati indahnya air terjun dikenakan tiket masuk yang cukup terjangkau yaitu kisaran 15 ribu per orangnya. Apabila membawa kendaraan pribadi seperti motor, Anda diwajibkan untuk membayar biaya parkir sebesar 8 ribu. Kemudian untuk parkir mobil, diharuskan membayar biaya parkir kisaran 10 ribu.

Adanya lahan parkir ini juga tidak usah membuat Anda khawatir. Karena kendaraan akan dijaga oleh pihak parkiran agar kendaraan tidak hilang. Petugas yang berada di kawasan objek wisata ini juga cukup ramah dengan para wisatawan. Dengan begitu akan meningkatkan kepercayaan pengunjung untuk menitipkan kendaraan mereka pada petugas.

Jam operasional pada kawasan Curug Leuwi Hejo buka setiap hari pada pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Oleh karena itu, bagi Anda wisatawan yang hendak datang pada kawasan wisata, harus menentukan dengan matang jam keberangkatan. Jangan sampai Anda datang diwaktu yang tidak tepat atau terlalu sore hingga tidak bisa menikmati indahnya air terjun Leuwi Hejo.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Leuwi Hejo

Kegiatan di Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Google Maps (Rinaldi Bahar)

1. Hiking Ringan

Sepanjang perjalanan yang Anda lalui mulai dari tempat parkir, wisatawan akan melakukan tracking atau hiking ringan melalui jalur yang memang sudah disediakan untuk trek perjalanan menuju Curug Leuwi Hejo. Jarak yang harus ditempuh dengan berjalan kaki, kisaran jarak 300 meter hingga tiba di lokasi wisata ini.

BACA JUGA:  Indahnya Curug Bidadari, Air Terjun Favorit di Sentul Bogor

Saat melalui tracking anda, pasti Anda juga dapat mendengar suara gemericik dari aliran air yang seolah memanggil para pengunjung untuk segera berenang menikmati aliran air. Setelah sampai pada lokasi air terjun, Anda akan menemukan sebuah kolam yang tersembunyi dan berlokasi di antara rimbunnya pepohonan.

Selama perjalanan hiking, jika beruntung Anda bisa melihat gerombolan kera yang berlompatan di pepohonan pada sekitaran perbukitan. Pemandangan ini tentu menjadi seru dan mengasyikkan dengan melihat keindahan alam serta hewan hewan yang berlalu lalang di sekitarannya.

Bila perjalanan sudah semakin dekat dengan air terjun, wisatawan akan diharuskan untuk menyeberangi jembatan. Yang mana jembatan ini terbuat dari bambu yang merupakan hasil buatan dari warga secara. Meskipun sederhana, namun jembatan bambu ini akan aman jika digunakan oleh para wisatawan.

2. Berenang dan Bermain Air

Setelah hiking, rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan Curug Leuwi Hejo dengan airnya yang berwarna hijau bening. Di bagian yang sangat dangkal, warna air yang nampak terlihat sangat jernih. Karena berasal dari air terjun, pastinya Anda akan merasakan sensasi air alami yang dingin dari pegunungan.

Tidak hanya menikmati jernihnya air yang diberikan, tapi Anda juga melihat susunan batu yang disusun secara alami. Bagi para wisatawan yang tidak ingin berenang, Anda juga diperbolehkan untuk menyantap makanan atau bekal di sekitaran bebatuan yang berada di pinggiran kolam air terjun.

Selain pemandangannya yang menjanjikan, ada mitos yang beredar dikalangan masyarakat bahwa air Leuwi Hejo memiliki khasiat sebagai cara penyembuhan alami bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Menurut salah satu tokoh masyarakat yang berada di kawasan wisata, air ini memiliki khasiat seperti menyembuhkan penyakit gatal gatal hingga kelumpuhan pada anggota gerak tubuh.

3. Melompat dari Tebing

Bagi Anda yang berjiwa petualang dan memiliki nyali yang besar, Anda bisa mencoba untuk melompati bebatuan besar yang berada di tepian kolam. Jangan lupakan untuk tetap berhati hati ketika akan melompat. Karena dikhawatirkan Anda akan terjatuh pada spot yang salah karena area tersebut berisi beberapa bebatuan dengan ukuran yang besar.

Agar sampai di atas tebing batu, Anda harus mendaki batu tersebut dengan bantuan seutas tali tambang yang dijadikan sebagai pegangan. Pastinya mendaki tebing serta melompat dari batu akan terasa seru apabila dilakukan bersama dengan teman teman terdekat untuk menikmati waktu liburan di kawasan wisata ini.

Tantangan menguji adrenalin dengan melompat dari ketinggian bisa memberikan sensasi kesegaran pada tubuh. Kedalaman kolam ini memiliki tinggi yaitu pada kisaran 3 meter. Dengan begitu, jika Anda berniat untuk melompat bebas dari tebing tentu akan sangat aman untuk dilakukan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Jonggol Bogor Terbaru & Terhits Buat Liburan

4. Foto Berlatar Air Terjun

Melakukan kegiatan wisata bersama keluarga atau teman, tidak akan lengkap rasanya tanpa mengabadikan setiap momen yang dilakukan. Anda bisa berfoto bersama dengan penampilan latar belakang yaitu air terjun Leuwi Hejo yang sangat instagramable jika Anda ingin mengunggahnya pada akun media sosial.

Tidak hanya pada sekitaran air terjun saja, tetapi pemandangan indah juga tersaji ketika perjalanan menuju lokasi wisata ini. Banyaknya persawahan dan perbukitan hijau bisa Anda jadikan sebagai spot foto yang sangat menarik untuk bisa dijadikan sebagai latar berfoto yang indah dan mempesona.

Penginapan Murah Terdekat dari Area Curug

Penginapan Murah Area Curug
Image Credit: Hotelsekitar.com

Seperti tempat wisata kebanyakan, pada kawasan wisata air ini juga terdapat hotel yang jaraknya cukup dekat dengan kawasan wisata. Seperti adanya hotel, resort atau homestay dan juga vila yang bisa Anda tempati. Biaya yang perlu Anda persiapkan untuk menginap yaitu pada kisaran 200 ribu per malam hingga harga kisaran 1,5 juta per malamnya.

Jika Anda tidak ingin menginap di beberapa tempat penginapan yang berada dekat dengan kawasan wisata, Anda juga bisa membawa tenda dari rumah untuk melakukan camping atau kemah. Dimana lahan kemah juga sudah tersedia untuk pengunjung yang ingin menghabiskan malam dengan melakukan camping

Biaya yang perlu Anda keluarkan juga tidak terlalu mahal, alias terjangkau. Yang mana untuk biaya camping hanya menggocek harga kisaran 40 ribuan per orangnya. Pastinya liburan bersama teman teman akan lebih seru dan mengasyikkan dengan gotong royong untuk membangun tenda bersama.

Fasilitas Penunjang yang Tersedia di Curug Leuwi Hejo

Fasilitas di Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Google Maps (Didin Muhamad)

Sebagai upaya untuk menjaga keamanan para pengunjung, pihak kawasan wisata juga menyediakan pos pemantau yang berada di dekat lokasi air terjun. Ada pula jasa penyewaan alat pelampung yang bisa Anda gunakan. Pada lokasi curug juga ditemui tali tambang yang memiliki fungsi sebagai pegangan saat berada pada aliran sungai.

Disini Anda tidak akan takut kelaparan jika lupa membawa bekal. Sebab pada area ini juga tersedia beberapa warung makan yang bisa mengisi kekosongan perut selepas lelah bermain air. Jika membawa bekal, menggunakan beberapa saung atau gazebo kecil sebagai tempat menikmati makanan seraya beristirahat.

Demikian ulasan lengkap seputar kawasan wisata yang berada di Bogor, yaitu Curug Leuwi Hejo yang menyimpan sejuta pesona pemandangan yang memanjakan mata serta mampu merelaksasi pikiran dengan deretan perbukitan hijau yang indah. Ingat kembali untuk menentukan waktu yang tepat jika ingin berwisata ke alam. Sebaiknya hindari musim hujan agar liburan tidak terhambat.