Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Kota Bandung memang tak henti hentinya menyuguhkan berbagai macam destinasi wisata, baik wisata kekinian maupun destinasi yang berbau alam. Salah satu yang bisa anda kunjungi saat berada di Kota Kembang ini adalah Curug Layung yang berada di kawasan kaki Gunung Tangkuban Perahu. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan di kawasan air terjun dengan pemandangan yang apik ini.

Sekilas Tentang Curug Layung

Tentang Curug Layung
Image Credit: Google Maps (Fajar Sapara)

Air terjun eksotis ini berada di kawasan kaki Gunung Tangkuban Perahu, tepatnya berada di kawasan Cisarua. Di wisata alam, anda pun akan bisa melihat keindahan air terjun alami yang sangat apik, dilengkapi dengan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi, tak heran lingkungan yang ada di lokasi satu ini sangatlah teduh dan rindang.

Selain itu, di sekitar Curug Layung juga terdapat bumi perkemahan yang membuat anda betah untuk camping di lokasi yang memiliki hawa sejuk satu ini. anda pun juga akan menemukan aliran air yang jernih meskipun air terjun satu ini tidak memiliki ketinggian yang cukup tinggi seperti air terjun yang lain. Suasananya yang tenang akan sangat cocok bagi anda yang ingin melepas penat akan aktivitas harian.

Daya Tarik Wisata Curug Layung

Daya TarikCurug Layung
Image Credit: Google Maps (Pangeran)

1. Pemandangan Alamnya yang Memukau

Berada di ketinggian yakni sekitar 1400 diatas permukaan laut membuat suasana yang ada di Curug Layung sangatlah asri dan sejuk. Hal ini didukung pula dengan adanya deretan pepohonan pinus yang berjajar di lokasi satu ini. dengan memiliki luas yakni sekitar 10 hektar dan berada di bawah naungan Perhutani KPH Bandung Utara, anda pun akan dibuat betah berada disini.

Sebab, pemandangan alam yang indah akan menjadi daya tarik atau alasan tersendiri mengapa banyak pengunjung yang datang ke lokasi satu ini. untuk itu, bagi anda yang kebetulan sedang berada di Bandung dan ingin menikmati keindahan alam yang memukau, maka anda pun bisa datang ke lokasi satu ini.

2. Memiliki Tiga Tingkatan Air Terjun

Tidak hanya pemandangannya saja yang memukau, saat berada disini, anda pun juga akan disuguhkan dengan tiga tingkatan air terjun yang dimilikinya. Meskipun Curug Layung bukan merupakan salah satu air terjun yang memiliki karakteristik tinggi seperti air terjun yang lain, namun tetap saja terdapat keunikan tersendiri yang bisa anda nikmati di lokasi satu ini.

Salah satu keistimewaan yang bisa anda temukan pada air terjun ini adalah tiga tingkatan yang dimilikinya. Dengan begitu, ketika anda berwisata ke lokasi satu ini, tentunya anda akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang cukup unik, istimewa dan berbeda dengan air terjun yang lain.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Alamat Lokasi Wisata
Image Credit: Google Maps (Romlah Romlah)

Apabila anda tertarik untuk mengunjungi lokasi satu ini, ada baiknya anda segera datang ke Desa Kertawangi yang berada di Kecamatan Cisarua, Bandung Barat. Dikarenakan tempat wisata satu ini tidak dilewati oleh angkutan umum, sebaiknya jika anda datang kesini menggunakan kendaraan pribadi saja seperti mobil atau motor.

Sedangkan bagi anda yang berasal dari luar kota dan tidak membawa kendaraan, ada baiknya sebelum datang berkunjung kesini, anda menyewa motor atau mobil terlebih dahulu agar bisa memudahkan perjalanan anda menuju ke lokasi satu ini. kawasan satu ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari Lembang. Anda pun juga bisa melaluinya melewati daerah Cimahi.

Adapun rute yang bisa anda tempuh untuk bisa sampai ke lokasi satu ini juga tidak begitu sulit. Sebab, anda bisa memilih dua rute yang tersedia untuk sampai ke Curug Layung. Adapun rute tersebut antara lain adalah dengan melalui Cihanjuang. Setelah itu, anda pun bisa berbelok ke kiri yakni menuju ke arah Curug Cimahi.

Kemudian, bagi anda yang ingin menempuh rute kedua, maka anda pun bisa dengan mudah untuk melaluinya dengan melewati kawasan Cisarua. Perjalanan dilanjutkan dengan melewati SPN Cisarua dan juga RSJ Cisarua. Untuk patokannya sendiri adanya adanya Dusun Bambu Lembang.

Apabila anda telah melewati Dusun Bambu Lembang, maka perjalanan yang anda tempuh untuk bisa sampai ke lokasi wisata satu ini sudah tidak terlalu jauh. Sebab, anda hanya butuh waktu sekitar 300 meter lagi, maka anda pun telah bisa menemukan Curug Layung yang mempesona satu ini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun

Harga Tiket Air Terjun
Image Credit: Google Maps (Hanif Abdurrohim)

Jika anda mencari wisata alam yang memiliki harga terjangkau, maka Curug Layung dapat menjadi alternatif yang bisa anda tuju. Hal ini dikarenakan anda hanya perlu untuk membayar sekitar 10 ribu rupiah saja untuk tiket hiking. Sedangkan bagi anda yang ingin melakukan aktivitas camping, maka anda pun diharuskan untuk membayar yakni sekitar 20 ribu rupiah.

Dengan harga tiket tersebut, bagi anda yang ingin berkemah juga tak perlu khawatir. Sebab, fasilitas yang tersedia cukup lengkap untuk anda yang ingin bermalam di kawasan satu ini. sedangkan untuk jam buka dari kawasan wisata satu ini adalah selama 24 jam penuh. Mengingat anda pun bisa berkemah dan menginap di kawasan satu ini.

Umumnya, kawasan satu ini akan lumayan ramai dan padat pengunjung ketika akhir pekan tiba atau masa liburan. Oleh karena itu, jika anda ingin berwisata dan berkemah dengan suasana yang lebih tenang, ada baiknya anda bisa datang ketika weekdays atau hari biasa saja ke tempat satu ini.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Layung

Aktivitas di Curug Layung
Image Credit: Google Maps (Fajar Sapara)

1. Trekking atau Hiking

Apabila anda ingin merasakan trekking atau hiking dengan medan yang cocok untuk berlatih seperti di gunung, maka Curug Layung akan menjadi salah satu lokasi yang tepat. Hal ini dikarenakan ketika anda berada disini, untuk bisa sampai ke air terjun memang dibutuhkan trekking atau hiking terlebih dahulu.

Selain itu, bagi anda yang ingin trekking di kawasan satu ini, terdapat dua cara yang bisa untuk anda tempuh agar bisa sampai di wisata air terjun ini. Diantaranya adalah yang pertama anda bisa trekking dari gerbang bawah. Ketika anda memilih untuk menggunakan jalur satu ini, anda pun akan melewati hutan dan juga curug lain, salah satunya adalah Curug Tilu.

Untuk itu, bagi anda yang baru pertama kali melakukan pendakian sebaiknya disarankan untuk tidak menggunakan jalan satu ini. sebab, jalur tersebut cukup menantang dan juga memiliki rintangan yang cukup tinggi. Sehingga, jalur satu ini pun lebih cocok bagi anda yang sudah sering mendaki gunung.

Akan tetapi, ketika anda melewati jalur pertama ini, anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan yang akan membuat anda takjub dan tak berkedip saking indahnya. Pemandangan dan panorama berupa hamparan perkebunan teh yang menghijau ini akan memanjakan mata anda.

Selanjutnya, anda pun bisa menempuh jalur yang kedua yakni melalui pintu gerbang utara. Untuk jalanan satu ini terbilang lebih mudah lantaran bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda empat. Dengan begitu, anda pun hanya perlu jalan sedikit dan nantinya akan langsung sampai di bumi perkemahan hutan pinus yang ada di lokasi Curug Layung.

2. Menikmati Indahnya Perjalanan Menuju Air Terjun

Kegiatan lain yang sudah pasti anda lakukan di lokasi satu ini adalah menikmati indahnya air terjun. Untuk bisa sampai ke air terjun, maka dari gerbang tersebut anda hanya perlu untuk berjalan kurang lebih sekitar 500 meter hingga 1 kilometer untuk bisa mencapai lokasi tersebut.

Meskipun begitu, perjalanan pun tidak akan terasa melelahkan atau bosan. Hal ini dikarenakan ketika anda berada disini, anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus. Melewati area pinus ini, anda pun akan langsung merasakan rindang dan teduhnya suasana yang ada di lokais satu ini.

Ketika anda akan sampai, maka suara aliran air terjun yang menggelora akan langsung terdengar. Gemericik air yang samar samar menjadi jelas tersebut akan membuat anda lebih bersemangat lagi untuk melangkah dan sampai di lokasi tersebut. Meskipun suaranya tidak terdengar terlalu keras seperti air terjun yang lain, hal ini dikarenakan Curug Layung merupakan jenis air terjun yang tidak mengalir di tempat tinggi.

Namun, anda pun akan mendapati aliran air yang sejuk tersebut mengalir pada tanah yang berundak undak setinggi tiga tingkat tersebut. Perlu anda ketahui bahwa air terjun satu ini setiap tingkatannya memiliki sungai dengan ukuran yang berbeda. Hal ini tentu saja membuat air terjun ini tergolong cukup unik.

Untuk tingkat yang pertama, anda pun akan mendapati curug utama dengan ukuran telaga yang sedang. Sedangkan untuk tingkatan kedua ini dipisahkan dengan jembatan batu. Anda pun akan menemukan air terjun kecil lengkap dengan telaga yang berukuran memanjang. Dan untuk yang ketiga, ini merupakan air terjun dengan ukuran yang paling tinggi dan juga lebar, dimana memiliki aliran air yang cukup deras.

3. Berfoto

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan di lokasi satu ini sudah pasti mengabadikan foto. Hal ini dikarenakan ketika anda berada di Curug Layung, terdapat beberapa spot foto yang sangat estetik dan instagramable. terutama di daerah sekitar hutan pinus dan perjalanan menuju ke air terjun.

Pasalnya anda pun akan melewati jalan setapak yang dihiasi dengan berbagai spot foto maupun terowongan yang berasal dari ranting pohon. Dengan ranting yang tidak dipoles tersebut akan menimbulkan kesan yang alami. Pastikan anda untuk mengabadikan foto di spot satu ini.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Curug Layung Bandung

Fasilitas di Curug Layung Bandung
Image Credit: Google Maps (Elvira Alicia)

Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata alam ini terbilang cukup lengkap. Karena memang menjadi bumi perkemahan yang populer, maka anda pun akan menemukan toilet, kamar ganti hingga mushola di sekitar lokasi air terjun.

Tak hanya itu saja, bagi anda yang kelaparan atau kehabisan bekal, di Kawasan curug juga tersedia warung-warung yang menyediakan makanan ringan sebagai pengganjal perut. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Untuk itu, bagi anda yang sedang berlibur di Bandung tak ada salahnya untuk mampir dan menjajal wisata Curug Layung. Hal tersebut dikarenakan air terjun eksotis ini menjadi salah satu destinasi wisata yang memiliki pemandangan indah dan juga menawan. Selain itu, fasilitasnya yang terbilang cukup lengkap akan mampu menunjang liburan anda agar lebih nyaman.