Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Curug Landung cukup populer dikunjungi para wisatawan akhir-akhir ini. Hal tersebut dikarenakan destinasi wisata alam ini telah banyak dibangun beragam spot foto menarik. Tak heran apabila pesona objek wisata ini semakin terlihat menarik. Selain termasuk aur terjun tertinggi di Kuningan, wisatawan juga dapat menikmati suasana alam yang indah sekaligus mengoleksi banyak foto yang instagramable. Simak berikut ini.

Mengenal Curug Landung yang Memesona

Mengenal Curug Landung
Image Credit: Twitter.com @lingkarid

Curug merupakan bahasa sunda dari air terjun, dimana Curug Landung artinya adalah air terjun Landung. Kuningan memiliki beragam destinasi alam yang mempesona, salah satunya adalah Landung. Curug tersebut memiliki air terjun yang eksotis dan cantik, dimana ai terjun cantik ini berada di kaki Gunung Ciremai. Kawasan wisata ini baru dibuka pada awal tahun 2016 lalu.

Pemandangan alamnya yang sejuk ditambah suara gemericik air jatuh membuatnya cocok dijadikan tempat menenangkan pikiran. Air terjun yang mengalir cukup jernih, sehingga banyak orang betah bermain-main air di sekitar curug. Bagi Anda yang menyukai destinasi alam, Curug Landung Kuningan wajib untuk masuk pada list rekomendasi wisata yang wajib dikunjungi.

Meski masih baru, daya tarik dari air terjun dengan ketinggian 30 meter berhasil membuat banyak wisatawan ingin mengunjunginya. Keindahan curug ini membuat Anda bisa menenangkan pikiran dari hiruk pikuk pekerjaan ataupun kesibukan lainnya. Spot-spot foto yang baru saja dibangun juga membuat banyak pengunjungnya merasa senang berlama-lama disini.

Daya Tarik Wisata Curug Landung

Daya Tarik Curug Landung
Image Credit: Google Maps (Nofi Agung Fajar)

Berlokasi di kaki Gunung Ciremai, dimana gunung tersebut adalah satu gunung tertinggi di Jawa Barat membuat situasi Curug Landung terasa sangat sejuk dan asri. Air yang mengalir sangat jernih dan menyegarkan. Cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga maupun teman-teman. Pengunjung juga aman bermain air atau berenang di bawah curug.

Orang sekitar sering kali menyebut curug ini sebagai Jurang Landung. Keindahan alam yang dimilikinya sangat memukau dan cantik apabila dijadikan background foto. Tak heran apabila kemudian banyak dilakukan pembangunan spot foto di sekitar curug. Spot-spot foto tersebut menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Membuat banyak wisatawan semakin tertarik mengunjunginya.

Spot-spot foto yang ada terdiri dari dinding raksasa yang berada di atas jurang. Tak hanya itu, ada juga spot foto berupa balon udara, permadani terbang, sarang burung, ayunan langit, deck view dan masih banyak lagi. Spot tersebut cukup instagramable dan banyak orang sudah membagikannya ke sosial media masing-masing.

Tidak heran apabila tempat wisata alam ini banyak dikunjungi oleh para pemuda pemudi di Jawa Barat hingga luar daerah Kuningan. Curug Landung ini memang menarik untuk dikunjungi beramai-ramai bersama teman. Selain dapat menjernihkan pikiran, kesejukan alam nan asri membuat suasana berbincang-bincang bersama teman lebih menyenangkan.

Daya Tarik Landung
Image Credit: Instagram.com @kuningan_west_java

Pembangunan dari spot-spot foto dan fasilitas lainnya dibantu oleh Komunita Penggerak Pariwisata (Kompepar) yang tentunya selalu berkreasi dengan ide-ide terbaru untuk membangun spot foto baru. Selain yang telah disebutkan, ada beberapa fasilitas hiburan seperti sepeda terbang. Wahana tersebut menjadi salah satu yang paling diminati oleh pengunjung.

Anda bisa mencoba wahana sepeda terbang di Curug Landung Kuningan dengan membayar biaya tambahan kisaran 25 ribu rupiah. Bentuknya yang seperti roda tunggal raksasa dan melekat di rel membuatnya terlihat menyenangkan untuk dicoba. Anda bisa merasakan sensasi menantang dengan berkeliling menyusuri rel yang dibangun mengelilingi kawasan curug.

Spot foto lainnya seperti gardu pandang, tower bambu dan rumah hobbit juga menjadi daerah foto yang menarik. Banyak orang menjadikannya spot foto aesthetic untuk kemudian dibagikan ke sosial media. Untuk mendapat suasana lingkungan yang bagus, ada baiknya apabila berangkat pada pagi hari atau sore hari agar tidak terlalu panas akibat terik matahari.

Alamat dan Rute Menuju Curug

Rute Menuju Curug
Image Credit: Youtube.com (Regi Ardiana)

Rute menuju ke Curug Landung sudah dibangun sebaik mungkin. Akses sudah baik dengan kelengkapan plang-plang informasi penunjuk jalan yang dapat memudahkan pengunjung liburan di Kawasan air terjun. Lokasi curug ini berada kurang lebih 9 km dari pusat Kota Kuningan. Anda bisa mengunjungi dengan kendaraan mobil atau motor menuju lokasi wisata.

Objek wisata ini dapat ditempuh 20 hingga 30 menit dari pusat kota Kuningan. Anda bahkan juga bisa melewati kawasan ini dengan angkot jurusan Palutungan. Jika dari terminal Kuningan, Anda bisa melalui arah selatan menuju Desa Gunung Keling kemudian belok ke kiri Jalan Desa Gunung Keling. Kemudian menuju Jalan Cirendang-Cigugur untuk kemudian lurus masuk Jalan Cigugur-Palutungan.

Telusuri Jalan Raya Cisanta dan Jalan Pejambon-Sagara Hiang, setelahnya Anda akan sampai di daerah Cisanta. Alamat tepatnya air terjun ini berada di Jalan Pejambon-Sagara Hiang, Desa Cisanta, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Apabila Anda kesusahan mencari alamat tersebut, maka gunakanlah aplikasi penunjuk arah.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug

Harga Tiket Wisata Curug
Image Credit: Twitter.com @theluxuryadhara

Harga tiket untuk memasuki objek wisata alam di Kuningan ini cukup terjangkau, sehingga Anda bisa mengajak ramai-ramai bersama teman atau keluarga. Untuk orang dewasa tiket masuk dipatok dengan harga kisaran 10 ribu saja. Sedangkan pada anak-anak harga tiket masuk berkisar 5 ribu rupiah saja. Untuk biaya parkir sendiri dikenakan sekitar 5 ribu rupiah.

Tak hanya tiket masuk, ada beberapa wahana di Kawasan wisata yang dikenakan biaya tambahan. Seperti contohnya Permadani Terbang memiliki harga tiket 10 ribu untuk sekali naik, Sepeda gantung 10 ribu, foto atau video menggunakan drone dikenakan biaya 20 ribu dan Landung Sky Bike membayar biaya tambahan 25 ribu untuk sekali putar mengitari relnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Landung

Aktivitas di Curug Landung
Image Credit: Twitter.com @budiiman_

1. Berenang

Memiliki air yang jernih dan bersih, banyak dari pengunjung suka bermain-main air hingga berenang di curug ini. Anda bisa bersenang-senang menikmati kesegaran air beserta pemandangan alamnya yang cantik. Kegiatan ini akan lebih seru apabila dilakukan bersama dengan keluarga maupun teman-teman. Semakin ramai suasananya akan semakin menyenangkan membuat memori bersama.

2. Berswafoto

Memiliki spot yang menarik dan instagramable membuat Curug Landung menjadi salah satu destinasi untuk hunting foto paling populer di Kuningan. Ada banyak spot foto dari yang gratis hingga berbayar. Anda bisa mencetak berbagai foto unik dan lucu dengan banyak spot berbeda disini. Oleh sebab itu, datang ke tempat ini disaat cuaca sedang cerah sehingga hasil fotonya akan terlihat bagus.

3. Menikmati Wahana Bermain

Ada beberapa wahana permainan yang disediakan disini, salah satu yang paling terkenal adalah Sepeda Terbang atau Landung Sky Bike. Anda bisa menyusuri kawasan air terjun dengan mengayuh roda tunggal diatas rel. Hal ini tentu menyenangkan meskipun memacu sedikit adrenalin. Bagi Anda yang ingin mencoba wahana unik ini akan dikenai biaya tambahan.

4. Wisata Kuliner

Curug Landung sudah memiliki banyak fasilitas menarik seperti tempat makan dari warung atau kantin hingga café. Anda bisa menikmati beragam kuliner yang disediakan di sana bersama dengan teman maupun keluarga sembari menikmati indahnya pemandangan alam yang tersaji. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda tidak perlu merasa khawatir akan kelaparan ketika berwisata disini.

5. Menginap atau Berkemah

Ketika Anda berlibur ke destinasi wisata alam ini, Anda akan menemukan beberapa fasilitas penginapan bagi para wisatawan jauh. Penginapan ini bisa Anda dapatkan di lokasi yang tidak jauh dari curug. Kurang lebih hanya berjarak 5 kilometer saja. Jenis penginapannya pun cukup beragam dan memiliki fasilitas yang cukup baik. Harga yang ditawarkan pun rata-rata berkisar 250 ribu saja.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Curug Landung Kuningan

Fasilitas Curug Landung
Image Credit: Google Maps (Kullackulla Ninda)

Meskipun terkesan baru dibuka, wisata alam Curug Landung sudah dibangun banyak fasilitas yang menunjang kenyamanan para pengunjungnya. Berawal dari tempat parkir, mushola, kamar mandi atau WC, Gazebo hingga warung atau kantin sudah ada di dalam Kawasan wisata. Tidak hanya fasilitas umum saja, pengelola juga terus menghadirkan wahana baru.

Fasilitas tambahan seperti spot-spot foto juga terus dilakukan pengembangan. Hal tersebut membuat minat dari pengunjung semakin meningkat. Tak heran apabila kemudian fasilitas-fasilitas tambahan akan dibangun di sekitar air terjun. Sebagai seorang pengunjung, alangkah baiknya apabila ikut serta menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas yang telah dibangun.

Jawa Barat memang terkenal dengan banyak destinasi wisata alamnya. Salah satu daerah dengan destinasi wisata alam yang memukau adalah Kota Kuningan. Curug Landung menjadi objek wisata paling populer akhir-akhir ini. Pemandangan alam di kaki Gunung Ciremai membuat curug ini semakin cantik dan memiliki udara yang sejuk. Terlebih banyak wahana unik yang menarik.