Kuningan sudah sangat terkenal dengan pesona alamnya yang sangat asri dan sejuk. Terlebih lagi Kabupaten Kuningan menyuguhkan beragam curug atau air terjun nan memesona yang dapat memanjakan mata para petualang.

Berlibur dan berwisata tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi Anda datang pada destinasi wisata alamnya yang mana sangat sejuk dan asri. Salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal dengan berbagai wisata curugnya adalah Kuningan. Wisata air terjun yang ada di daerah ini memiliki sebuah panorama keindahan alamnya yang menakjubkan. Berikut rekomendasi curug hits di Kuningan yang wajib Anda jelajahi.

1. Curug Landung

Curug Landung
Image Credit: Google Maps (Wibowo Dwi Presetyo)

Objek wisata air pertama yang wajib untuk Anda kunjungi selama berada di daerah Kuningan adalah Curug Landung. Kawasan wisata air terjun ini merupakan salah satu destinasi alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terlebih lagi pemandangan alam sekitar air terjunnya yang tak kalah indah dan menakjubkan, tentunya akan membuat lokasi wisata ini menjadi spot atau tempat yang menarik dan instagramable.

Potensi wisata alam satu ini mampu menarik perhatian para wisatawan untuk berdatangan. Menjadi salah satu air terjun yang sangat eksotis dan berada tepat di bawah kaki gunung. Tak heran apabila tempat ini memiliki panorama pemandangan yang sangat indah. Tak hanya itu, airnya sangat bening dan jernih. Yang mana Anda dapat menyaksikan bebatuan di bawah airnya secara nyata dan jelas.

Untuk dapat berkunjung dan berlibur di tempat ini, tiketnya dibandrol dengan sangat murah dan terjangkau. Bahkan selama berada disana, nantinya Anda dapat melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas yang sangat menarik. Mulai dari menikmati berbagai spot foto yang sangat menakjubkan. Bahkan tak jarang para pengunjungnya datang untuk sekedar melepaskan lelah dan penat pada pikiran.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

2. Curug Cikahuripan Kuningan

Curug Cikahuripan Kuningan
Image Credit: Google Maps (Local Guide Top)

 Air terjun Curug Cikahuripan Kuningan dapat menjadi salah satu alternatif pilihan untuk datang dan berkunjung di tempat wisata ini. Yang mana hal dikarenakan lokasi wisatanya yang sangat menenangkan, mampu membuat Anda merasa nyaman dan betah berada disini. Meskipun termasuk kedalam salah satu kawasan wisata yang tidak terlalu ramai pengunjung atau jarang dijamah manusia.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah di Kuningan yang Populer & Memiliki Fasilitas Terbaik

Destinasi wisata ini menawarkan dan memberikan sebuah pengalaman yang baru dan pastinya tidak Anda dapatkan di daerah wisata lainnya. Mempunyai keindahan air terjun yang sangat memukau, tentunya akan membuat Anda merasa betah dan nyaman. Terlebih lagi nuansa dan suasananya yang sangat asri dan sejuk juga menjadi salah satu faktor penyebab datangnya wisatawan kesini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cikahuripan, Kec. Maleber, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

3. Curug Putri Palutungan

Curug Putri Palutungan
Image Credit: Google Maps (Indri Yuliana)

Salah satu destinasi wisata curug yang sangat digemari dan menjadi lokasi favorit untuk berlibur adalah Curug Putri Palutungan. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan tempat wisata yang dihadirkan oleh air terjun ini sangatlah sejuk dan dingin. Terlebih lagi airnya yang sangat segar, tentunya akan membuat para pengunjung atau wisatawan yang datang merasa betah berada disini.

Berada di daerah bumi perkemahan yang luas, membuat curug ini mampu memberikan pengalam terbaru dan menarik bagi pengunjungnya. Bahkan di sekeliling area wisata ini dikelilingi oleh pepohonan hutan pinus yang menjulang sangat tinggi dan rimbun. Hal tersebut mampu membuat Anda merasa nyaman dan betah berlama-lama di kawasan wisata air terjun di Kuningan ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

4. Curug Ngelay Kuningan

Curug Ngelay Kuningan
Image Credit: Google Maps (Angga Wijaya)

Daerah Kuningan memiliki sejuta keindahan alamnya, tak heran apabila kawasan ini mendapatkan sebuah julukan surga tersembunyi. Curug Ngelay Kuningan ini menjadi salah satu tempat yang sangat indah dan memukau para pengunjungnya. Terlebih lagi panorama pemandangan yang disuguhkan sangatlah memanjakan mata para pengunjung atau wisatawan yang datang.

Untuk dapat datang ke lokasi wisata ini, Anda perlu melakukan sebuah perjalanan yang cukup melelahkan. Yang mana nantinya harus berjalan sekitar kurang lebih 1,5 km untuk dapat menyaksikan secara dekat keindahan dan kemegahan air terjunnya. Sedangkan untuk fasilitas yang ada di kawasan wisata ini sudah sangat lengkap dan pastinya mampu menunjang kebutuhan wisatawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bagawat, Kec. Selajambe, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

5. Curug Sidomba

Curug Sidomba
Image Credit: Google Maps (Ujang Joseph)

Masih seputar destinasi wisata curug yang ada di Kuningan, Anda dapat menyempatkan waktu berkunjung dan berlibur di kawasan Curug Sidomba. Tempat satu ini merupakan aliran air terjun yang sangat unik dan simpel. Bahkan curug ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan andalan sebagai lokasi berlibur dan berwisata bersama dengan keluarga, sanak saudara, atau bahkan teman.

Sebenarnya, curug satu ini tidak terlalu tinggi yang mana hanya sekitar 4 meter saja. Bahkan telah banyak pengunjung yang mengetahui bahwa sebenarnya air terjun ini merupakan sebuah curug buatan. Meskipun begitu, curug ini mampu memikat banyak pengunjung untuk berdatangan. Terutama untuk menikmati keindahan panorama alamnya dan kesegaran air terjun satu ini.

BACA JUGA:  Situ Cicerem, Pesona Telaga Biru yang Eksotis di Kuningan
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Peusing, Jalaksana, Kec. Kuningan, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

6. Curug Cisurian Kuningan

Curug Cisurian Kuningan
Image Credit: Google Maps (Slamat Riyadi)

Objek wisata air selanjutnya yang wajib Anda jadikan sebagai pilihan adalah Curug Cisurian Kuningan. Kawasan wisata satu ini sudah sangat terkenal dan populer dikalangan para wisatawan bahkan dari luar daerah Kuningan sekalipun. Curug satu ini sering ramai dikunjungi pada hari libur bahkan hingga hari biasa. Meskipun ramai dikunjungi wisatawan, namun kondisi wisata alamnya sangat asri dan alami.

Untuk akses yang wajib Anda tempuh jika ingin berkunjung di kawasan wisata satu ini masih terbilang sangat mudah. Dikarenakan lokasinya yang berada daerah bumi perkemahan, tentunya memberikan kemudahan dan kenyamanan selama melakukan perjalanan. Lokasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang gemar melakukan olahraga hiking dan penikmat keindahan alam yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukamukti, Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

7. Curug Payung Palutungan

Curug Payung Palutungan
Image Credit: Google Maps (Juan)

Seperti yang telah banyak diketahui bahwa Kuningan memiliki banyak sekali curug yang indah. Salah satunya adalah Curug Payung Palutungan. Tempat wisata air terjun ini menjadi lokasi favorit untuk berwisata dan melepaskan beban pikiran dari kesibukan di perkotaan. Sehingga tak heran apabila banyak pengunjung atau wisatawan yang berdatangan untuk menikmati keindahan panorama alamnya.

Jika Anda tertarik untuk datang dan berlibur di kawasan wisata ini, maka wajib melakukan sebuah perjalanan darat yang sangat menantang dan menyenangkan. Untuk akses lokasi yang akan dilalui para pengunjungnya masih terbilang cukup susah. Terlebih lagi saat musim penghujan, yang mana pada jalurnya mempunyai banyak sekali bebatuan licin. Sehingga Anda perlu berhati-hati selama di perjalanan.

Usai melakukan perjalanan yang cukup menguras tenaga, nantinya Anda akan langsung disambut dengan pemandangan alam air terjun yang sangat bagus dan indah. Terlebih lagi air terjunnya yang sangat tinggi dan airnya jatuh pada sebuah cekungan tebing serta menciptakan suatu kolam tepat di bawah air terjunnya. Hal inilah yang menambahkan kesan keindahan dan kenyamanan lokasi wisata ini.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

8. Curug Winujanti

Curug Winujanti
Image Credit: Google Maps (Ahmad Subkhi)

Rekomendasi lokasi wisata alam selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Curug Winujati. Kawasan wisata ini termasuk ke dalam salah satu tempat favorit untuk berlibur dan melepaskan lelah beban pikiran. Hanya saja untuk intensitas pengunjung per harinya masih dapat dibilang sepi. Meskipun begitu, panorama pemandangan alamnya mampu membuat para pengunjung atau wisatawan yang datang merasa terpesona.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Kuningan yang Paling Terkenal
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl.  Sumberjaya-Ciwaru, Kec, Sumberjaya, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

9. Curug Bangkong

Curug Bangkong
Image Credit: Instagram.com @tjeperick

Masih seputar destinasi wisata curug yang ada di daerah Kuningan adalah Curug Bangkong. Tempat wisata satu ini merupakan salah satu destinasi alam yang sangat terkenal dan populer. Sehingga tak heran apabila banyak pengunjung atau wisatawan yang berdatangan untuk menikmati keindahan alamnya. Bahkan tak jarang banyak yang datang untuk melepaskan beban dan penat pikiran dari kesibukan di kota.

Kawasan wisata ini terkenal dengan nuansa yang dingin dan tempatnya yang sangat sejuk serta asri. Bahkan untuk pemandangannya sendiri terlihat masih sangat asri dan alami, yang mana dapat memanjakan mata para pengunjungnya. Untuk air terjunnya sendiri mempunyai debit air yang sangat kuat dan deras. Sehingga mampu menciptakan bunyi gemuruh yang mampu memberikan kesan kenyamanan.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl.  Kertawirama, Kec. Nusaherang, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

10. Curug Cilengkrang Kuningan

Curug Cilengkrang Kuningan
Image Credit: Google Maps (Jonathan Haryana)

Destinasi wisata curug terakhir yang wajib Anda sempatkan untuk berkunjung di daerah Kuningan adalah Curug Cilengkrang Kuningan. Tempat wisata ini menjadi lokasi terbaik untuk dapat melepaskan beban pikiran dan kesibukan dari dunia perkotaan. Sehingga lokasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang tertarik untuk menghilangkan diri sejenak dari kebisingan di kota.

Wisata air terjun satu ini mempunyai tempat pemandian air panas. Yang mana sumber air panas tersebut langsung bersumber dari air Gunung Ciremai. Untuk air yang ada sangatlah jernih, bersih, dan sangat sejuk. Sehingga pemandian satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merilekskan badan dan pikiran Anda. Yang mana pastinya akan membuat pengunjung merasa nyaman dan betah.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pajambon, Kec. Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Itulah beberapa wisata curug yang ada di Kuningan, Jawa Barat. Yang mana kawasan wisata air satu ini menjadi pilihan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terlebih lagi daerah Kuningan ini mempunyai banyak sekali wisata air terjun dengan keindahan panorama alamnya. Dengan pepohonan hijau yang rimbun disekitarnya menambah kesan kesejukan yang ada. Jadi, sudah tertarik untuk berkunjung di curug yang mana?