Karawang salah satu kabupaten di Jawa barat yang menyuguhkan beragam wisata alam yang menawan. Inilah rekomendasi air terjun atau curug terindah di Karawang yang menarik untuk dijelajahi.

Karawang yang termasuk dalam Provinsi Jawa Barat sudah sangat identik dengan berbagai potensi wisata alamnya yang melimpah. Terlebih lagi wisata alam yang ditawarkan oleh kabupaten ini memiliki panorama pemandangan alam sangat indah dan menakjubkan. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya curug atau air terjun yang sangat mengagumkan di Karawang.

1. Curug Green Canyon Mini Ciomas

Curug Green Canyon Mini Ciomas
Image Credit: Google Maps (Curug Ciomas)

Seperti yang telah banyak diketahui bahwa Karawang sangat terkenal dengan berbagai destinasi wisata alamnya. Salah satunya adalah wisata alam curug atau air terjun, yang mana memiliki keindahan pemandangan alam yang menyejukkan. Destinasi wisata alam air terjun pertama yang dapat Anda kunjungi dan dijadikan sebagai pilihan berlibur adalah Curug Green Canyon Mini Ciomas.

Curug satu ini dapat Anda jadikan sebagai alternatif pilihan untuk destinasi dalam berlibur. Untuk soal keindahan panorama alamnya tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dikarenakan wisata alam air terjunnya memiliki pesona yang sangat indah dan menakjubkan. Curug satu ini diapit dengan tebing bebatuan yang sangat tinggi dan kokoh. Tebing tersebut memberikan kesan keindahan dan keunikannya tersendiri.

Untuk lokasi wisata satu ini sebenarnya memiliki tempat yang tidak terlalu luas. Hanya saja pemandangan dan fasilitas yang ada di lokasi ini sangat memadai. Terlebih lagi dapat memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. Terdapat banyak pepohonan yang ada di sekitar curug ini, yang mana menambah kesan keindahan dan kesejukan saat Anda berkunjung dan berlibur di tempat ini.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke lokasi wisata ini perlu melakukan sebuah perjalanan yang lumayan panjang dan lama. Terlebih lagi tempat wisata ini termasuk destinasi wisata baru. Sehingga nantinya Anda perlu mengandalkan berbagai informasi yang ada miliki. Bahkan tak jarang para pengunjung bertanya kepada warga sekitar agar dapat tiba di curug satu ini.

Nantinya, selama di perjalanan Anda juga akan disuguhkan dengan panorama alam sekitar yang tak kalah indahnya. Lokasinya yang jauh dari pusat kota, menjadikan tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat melepaskan penat dan menghilangkan diri sekejap dari kesibukan di perkotaan. Pada lokasi wisata ini nantinya Anda dapat melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas yang menarik.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Karawang yang Terkenal Enak

Anda dapat melakukan berendam dan bermain pada air terjunnya secara puas. Bahkan tak jarang ada beberapa orang yang duduk di sekitar curug ini, yang mana sekedar untuk menikmati kudapan khas daerahnya. Atau bahkan Anda datang untuk mengabadikan momen dan berswafoto dengan pemandangan alamnya. Tak heran, apabila banyak wisatawan yang datang di hari biasa bahkan hari libur.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cikutamahi, Kec. Cariu, Kab. Bogor, Jawa Barat.

2. Curug Cigentis

Curug Cigentis
Image Credit: Google Maps (Tony K)

Karawang yang sangat terkenal dengan berbagai tempat wisata curug yang sangat indah dan menakjubkan, salah satunya adalah Curug Cigentis. Tempat berlibur satu ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada tepat di bawah kaki gunung. Sehingga tak perlu heran dan diragukan kembali mengenai panorama pemandangan alamnya dan nuansa yang ada di sekitar curug ini.

Curug Cigentis ini termasuk kedalam jajaran curug atau wisata air terjun yang banyak dikenal dan diketahui para wisatawan. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa dengan adanya pengunjung dari berbagai daerah di luar Karawang. Terlebih lagi mulai dari hari biasa yang kerap ramai pengunjung hingga di hari libur yang mana intensitas wisatawan yang datang sangatlah banyak dan ramai.

Jika Anda tertarik untuk datang ke tempat wisata alam satu ini, maka harus melakukan perjalanan yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Karawang. Untuk aksesnya sendiri menuju ke lokasi wisata ini sudah ada dengan sangat baik. Hanya saja selama perjalanan Anda harus tetap berhati hati dalam mengendarai kendaraan. Hal ini dikarenakan banyaknya tanjakan dan tikungan tajam selama di perjalanan.

Setibanya di lokasi curug ini, Anda akan langsung disambut dengan keindahan dan kemegahan air terjunnya. Mempunyai tinggi sekitar 25 meter dan lebarnya sekitar 3 meter, mampu menghadirkan kesannya tersendiri. Bahkan debit airnya yang muncul sangatlah deras sehingga memberikan kesan megah dan eksotis. Tak heran apabila nuansa dan suasana di sekitar air terjun ini sangat sejuk dan segar.

Selama berada di kawasan wisata satu ini, nantinya Anda dapat melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas menarik. Yang mana dijamin akan menambah keseruan selama berlibur dan bermain di curug ini. Salah satunya adalah bermain air di sekitar air terjunnya. Selain itu, tak jarang banyak pengunjung yang tertarik untuk melakukan kegiatan berkemah di kawasan ini.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak dan Diburu Wisatawan
Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:Jl. Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.

3. Curug Bandung Loji

Curug Bandung Loji
Image Credit: Google Maps (Kholifah Safitri)

Rekomendasi wisata air terjun selanjutnya adalah Curug Bandung Loji. Tempat wisata satu ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya curug yang ada di daerah Karawang. Wisata alam satu ini sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai pilihan tempat ketika akan berlibur atau bahkan berniat untuk melepaskan beban dan penat pikiran serta menghilangkan diri sejenak dari kesibukan di perkotaan.

Wisata alam satu ini memiliki keunikan atau ciri khasnya tersendiri, yakni memiliki tujuh air terjun yang mengalir dalam satu aliran saja. Terlebih lagi air terjunnya menjadi sangat megah dengan perpaduan pepohonan rindang yang ada disekitar. Hal inilah yang membuat wisata curug satu ini sangat menarik dan tak heran apabila kawasan wisata ini banyak pengunjung atau wisatawan yang berdatangan.

Bagi Anda yang menyukai sebuah petualangan, maka tempat ini sangat pas untuk didatangi. Anda dapat menyatu dengan alam secara langsung, dikarenakan selama perjalanan untuk tiba di lokasi ini Anda juga harus melakukan perjalanan kaki. Dikarenakan dapat menyaksikan secara langsung hamparan perkebunan teh sangat hijau dan asri. Sehingga di setiap langkah perjalanan tidak akan merasa bosan.

Selama perjalanan yang telah Anda lakukan kurang lebih satu jam, akan terbayarkan langsung dengan kemegahan dan keindahan alamnya. Kemegahan yang dihadirkan oleh wisata air terjun ini akan membuat Anda terpesona dan pastinya akan betah berada disini. Bahkan nantinya, sembari beristirahat Anda juga dapat bermain airnya yang sangat segar sepuasnya. Hal tersebut mampu menghilangkan rasa lelahnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mekarbuana, Kec, Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.

4. Curug Cipanundaan

Curug Cipanundaan
Image Credit: Facebook.com @ebeeynatrisani.ebeey

Jika belum merasa puas dengan curug yang ada telah disebutkan tadi, maka Anda dapat berkunjung ke kawasan wisata air terjun satu ini. Curug Cipanundaan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sudah sangat terkenal di telinga para pengunjung atau bahkan wisatawan dari luar daerahnya. Sehingga tak heran apabila curug satu ini sangat ramai di hari libur bahkan hari biasa sekalipun.

Lokasinya yang berada tepat di bawah kaki gunung, menyebabkan kawasan wisata ini memiliki nuansa dan suasana yang sangat sejuk, asri, dan masih alami. Pada tempat wisata ini terdapat 3 curug yang telah mengalir seperti layaknya anak tangga. Bahkan pada setiap curugnya mempunyai sebuah kolam yang mana kemudian akan turun ke bawah hingga pada tingkatan kolam curug yang terakhir.

BACA JUGA:  15 Cafe & Tempat Nongkrong di Karawang yang Unik & Instagramable

Namun, untuk dapat menyaksikan keindahan alamnya secara langsung membutuhkan sebuah perjuangan. Anda wajib untuk menaklukkan berbagai medan dan rintangan yang ada selama di perjalanan. Mulai dari jalanan setapak yang berliku hingga jalanan yang terjal wajib untuk dilewati. Hingga akhirnya akan bertemu aliran sungai yang lengkap dengan bebatuan serta tak lupa tebing dan jurang di pinggirannya.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:Jl. Kutamaneuh, Kec, Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.

5. Curug Lalay

Curug Lalay
Image Credit: Instagram.com @henrieabhi

Destinasi wisata alam air terjun terakhir yang wajib untuk Anda kunjungi selama berada di Karawang adalah Curug Lalay. Bagi pengunjung atau wisatawan yang menyukai sebuah tantangan, maka lokasi wisata satu ini sangat cocok dan pas untuk Anda kunjungi. Bahkan Curug Lalay ini sudah sangat terkenal di telinga para wisatawan dari luar daerah Karawang.

Meskipun wisata curug satu ini belum terlalu terekspos oleh internet, sehingga tak heran apabila pemandangan dan panorama alamnya masih sangat alami dan terjaga. Bahkan air terjunnya terlihat sangat bersih dan jernih. Hal ini mampu menciptakan kesan keindahan dan kenyamanan tersendiri saat Anda berkunjung dan berlibur di tempat ini, atau bahkan untuk melepaskan beban dan penat pikiran.

Untuk dapat menyaksikan keindahan dan kesejukkan udaranya, maka Anda harus melalui perjalanan yang lumayan panjang. Hanya saja seluruh perjalanan yang Anda lalui, akan langsung terbayar dengan panorama air terjun setinggi 7 hingga 9 meter. Bahkan terdapat banyak undakan yang jumlah masing-masing ada 2. Untuk undakannya ini kerap dijadikan sebagai lokasi untuk bermain air terjunnya yang segar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kampung Tonjong, Desa Cikutamahi I, Kec. Cariu, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Itulah beberapa rekomendasi curug yang ada di Karawang. Air terjun tersebut merupakan objek wisata alam terindah di kabupaten ini yang sangat terkenal dan populer. Tak heran apabila banyak pengunjung atau wisatawan yang berdatangan untuk menyaksikan secara langsung pemandangan alamnya. Bahkan tak jarang tempat ini dijadikan sebagai area untuk melepaskan lelah dan penat pikiran.