Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gunungwangun, Desa Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Bagi wisatawan yang gemar berkunjung ke tempat wisata alam berupa air terjun, anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Curug Hordeng yang berada di Bogor, Jawa Barat. Curug yang dalam bahasa Indonesia berarti air terjun ini juga sering disebut dengan Curug Bidadari. Tahukah anda jika curug ini termasuk salah satu objek wisata hits di Bogor?

Bahkan, belakangan ini tempat wisata air ini menjadi pencarian populer di sosial media. Lantaran banyak pengunjung yang mengabadikan momen saat berkunjung ke Curug Hordeng dan membagikan ke sosial media mereka. Tidak heran jika kemudian banyak orang berbondong-bondong ingin mengunjungi dan menikmati panorama alam yang tersaji di curug ini.

Daya Tarik Wisata Curug Hordeng

Wisata Curug Hordeng Yang Memukau dan Menarik
Photo by Google Maps hasan sadiq syahab

1. Air Terjun yang Indah

Pemandangan air terjun di sini memang tidak perlu diragukan lagi. keindahannya terbukti dengan banyaknya orang yang tertarik untuk berkunjung dan berlibur di Curug Hordeng ini. Nama dari curug ini berasal dari bahasa Sunda “Hordeng” yang artinya adalah tirai. Penamaan tirai di sini menggambarkan bentuk dari air terjun yang lebar dan tidak terlalu tinggi.

Penampakan yang seperti itu terlihat seperti tirai dari air yang indah. Selain air terjun yang indah, curug ini juga memiliki air yang jernih dan segar. Selain itu, kedalaman kolamnya hanya sekitar 1 hingga 2 meter, sehingga sangat aman untuk orang dewasa. Namun, untuk anak-anak tetap memerlukan pengawasan yang ketat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Cocok Untuk Refreshing

Biasanya, wisata alam memang paling sering dikunjungi untuk menyegarkan badan dan pikiran. Anda juga akan merasakan hal itu ketika berkunjung ke Curug Hordeng Bogor ini. Pasalnya, pemandangan di sini sangat indah dan segar. Lokasi yang masih alami berpadu dengan kesegaran air terjun sangat pas untuk dijadikan tempat refreshing bersama orang tercinta.

Wisata Curug Hordeng Yang Alami dan Sejuk
Photo by Google Maps Aditya Eka Nurcahya

Bagi anda yang membutuhkan tempat berlibur untuk menyegarkan pikiran dan badan, air terjun ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Saking segarnya air dan suasana di sini, anda pasti tidak akan tahan untuk menceburkan diri ke dalam kolamnya. Untuk itu, jangan lupa membawa baju ganti agar tidak kedinginan.

3. Kualitas Udara yang Baik

Tidak hanya memiliki air yang segar, Curug Hordeng ini juga memiliki kualitas udara yang bagus. Hal ini salah satunya disebabkan oleh lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 740 meter di atas permukaan laut. Oleh sebab itu, udara yang ada di kawasan ini sangat segar. Anda bisa berkunjung ke sini untuk merasakan kesegaran udaranya dan menikmati pemandangannya.

4. Treking yang Menantang

Bagi beberapa orang, treking yang menantang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Itulah yang mungkin akan anda rasakan saat berkunjung ke air terjun hits di Bogor. Treking yang harus anda tempuh untuk tiba di lokasi cukup menantang karena jalan yang sempit dan masih dari tanah. Anda dianjurkan untuk berhati-hati karena jalannya naik turun dan ada beberapa kelokan ekstrem.

Setelah tiba di pintu gerbang curug, anda masih perlu berjalan kaki lagi untuk tiba di lokasi air terjun. Di sepanjang perjalanan, anda akan disuguhi dengan pemandangan yang asri dari perkebunan warga. Ditambah lagi dengan suasana yang masih alami, sehingga bisa sedikit mengurangi rasa lelah anda. saat tiba di lokasi air terjun, maka pasti rasa lelah anda akan terobati sepenuhnya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Curug Hordeng
Photo by Google Maps Imam Arifiyansa

Lokasi Curug Hordeng tepatnya di Kampung Cibeureum yang terletak di Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Sentul, Bogor. Untuk tiba di lokasi ini, anda perlu perjuangan yang cukup ekstra karena akses jalan yang cukup sulit. Jalannya masih berupa tanah dan tidak begitu terawat, ditambah lagi dengan tanjakan, turunan, dan kelokan.

Sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi jika ingin berkunjung. Untuk kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan tiga rute. Rute yang pertama dari Jonggol Sukamakmur, lalu ke Cibadak dan sampai di Cibeureum. Rute yang kedua dari Sentul ke Jungle Land, kemudian menuju Gunung Pancar hingga tiba di Desa Cibeureum.

Kemudian, rute ketiga yang bisa anda tempuh yaitu dari Citeureup ke Tajur, lalu ke Cibadak dan tiba di Cibeureum. Apabila anda terpaksa harus menggunakan bus, anda bisa turun di Sukamakmur dan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek. Sebab, akses jalan menuju lokasi curug tidak mendukung untuk dilewati kendaraan besar karena berpotensi membahayakan.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Tiket Masuk dan Jam Operasional Di Curug Hordeng Bogor
Photo by Google Maps Apridho Nugraha

Harga tiket masuk ke tempat wisata air terjun yang hits di Bogor ini tidak akan menguras isi kantong anda. Pasalnya, biaya yang perlu anda bayarkan yaitu sebesar Rp 20 ribu untuk satu orang. Namun, anda juga perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5 ribu untuk kendaraan motor dan sebesar Rp 10 ribu untuk mobil. Dengan biaya tersebut, anda bisa menikmati air terjun sampai puas.

Selain harga tiket, anda juga perlu tahu jam operasional dari Curug Hordeng ini agar tidak gigit jari karena lokasi tutup saat anda tiba. Tempat wisata ini beroperasi pada pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WB dan buka setiap hari. Anda bisa berkunjung di jam tersebut dan sebisa mungkin hindari kunjungan saat musim hujan karena lebih rawan dibandingkan saat musim kemarau.

Sebab, akses jalan yang tersedia cukup berbahaya saat musim hujan tiba. Jalan akan menjadi lebih becek dan licin, sehingga sangat rawan untuk kendaraan yang melintas. Terlebih akses tersebut sangat sempit, sehingga anda bisa datang saat musim kemarau agar tidak terjebak di jalan yang sulit.

Berbagai Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Seru di Wisata Curug Hordeng Bogor
Photo by Google Maps Dwiki Arizal Putra

1. Berenang

Salah satu kegiatan wajib yang harus anda lakukan saat berada di air terjun adalah berenang. Terlebih air terjun di Curug Hordeng tidak deras dan cukup dangkal untuk orang dewasa. Untuk itu, saat anda berkunjung ke sini, pastikan anda merasakan kesegaran air di kolam curug dan berenang sampai puas.

Jika anda berkunjung bersama anak-anak, sebaiknya hindari kegiatan yang satu ini untuk menjaga keamanan anak anda. Sekalipun kedalaman kolam di sini tidak terlalu dalam untuk orang dewasa, tetap saja akan sangat dalam untuk anak-anak. Sebagai gantinya, anda bisa bersantai di pinggir kolam sembari bermain air bersama anak-anak anda.

Apabila anda memutuskan untuk berenang saat berada di air terjun ini, pastikan anda membawa baju ganti. Anda tidak perlu khawatir akan ganti baju dimana karena di sini tersedia toilet yang bisa anda gunakan. Rasakan kesegaran pikiran dan tubuh ketika anda merasakan segarnya air di kolam alaminya.

2. Bersantai di Atas Hammock

Kegiatan seru dan menarik lainnya yang bisa anda coba saat berkunjung ke Curug Hordeng adalah bersantai di atas hammock sembari menikmati deburan air. Kegiatan ini juga menjadi kegiatan yang paling populer di curug ini. Anda bisa bersantai di atas hammock yang sudah terpasang di atas kolam air terjun.

Kegiatan yang satu ini sangat cocok untuk berelaksasi dan menikmati kesegaran air terjun Hordeng. Bersantai di atas hammock juga bisa menjadi pilihan jika anda ingin merasakan kesegaran air terjun, tapi tidak ingin berenang. Saat berkunjung ke sini, anda harus mencoba sensasi bersantai di atas hammock dan merasakan deburan air yang menyegarkan di curug ini.

Aktivitas Seru Lainnya di Wisata Curug Hordeng Bogo
Photo by Google Maps Hendra Suprianto

3. Bermain Air

Kegiatan yang satu ini sangat cocok untuk anda yang tidak ingin basah-basahan. Anda bisa bermain air dari tepi kolam dan merasakan kesegaran dari air kolam Curug Hordeng. Kegiatan ini juga sangat aman untuk anda yang berkunjung bersama anak-anak yang masih terlalu bahaya jika diajak berenang.

Pastinya anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk merasakan kesegaran dari air terjun Hordeng. Meskipun hanya bermain air, sebaiknya anda juga berjaga-jaga untuk membawa baju ganti supaya tidak kedinginan setelah terkena air curug yang dingin dan menyegarkan.

4. Camping

Bagi anda yang suka dengan camping, kawasan curug juga menyediakan camping ground yang bisa anda gunakan untuk bermalam di sini. Anda bisa merasakan sensasi bermalam di alam terbuka berteman sejuknya udara di ketinggian. Lokasi yang digunakan untuk samping ini berada di Puncak Masigit.

Untuk lebih jelasnya seputar peraturan camping dan hal lain yang berhubungan, sebaiknya anda bertanya secara langsung kepada pengelola camping ground. Pasalnya, jika ingin camping tentu saja anda memerlukan beberapa perlengkapan tambahan, seperti tenda, tempat tidur, baju ganti, dan lain-lain.

5. Berburu Spot Foto

Sangat disayangkan jika anda berkunjung ke Curug Hordeng yang indah, tapi tidak mengabadikan momen selama di sana. Pasalnya, lokasi ini sangat indah dan sangat alami, sehingga banyak spot foto dengan latar belakang yang eksotis. Hal ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan fotografi atau mengabadikan momen.

Untuk itu, pastikan anda tidak melupakan kamera saat berkunjung ke wisata alam ini supaya bisa mengabadikan momen selama di sana. Jika anda ingin menghasilkan foto yang estetik, anda bisa menggunakan saat-saat bersantai di atas hammock sembari menikmati kesegaran air di kolam curug.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Hordeng

Fasilitas Wisata Curug Hordeng di Bogor
Photo by Google Maps Raden Muhammad Rusdy Fauzy

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun ini tergolong lengkap, seperti toilet, mushala, dan beberapa warung makan di gerbang masuk. Anda bisa menggunakan fasilitas yang ada di sini untuk kebutuhan anda. Begitu juga jika anda lupa tidak membawa bekal dari rumah, maka anda bisa membeli makan atau camilan di warung-warung yang tersedia di gerbang masuk.

Dengan fasilitas yang lengkap, kunjungan anda ke Curug Hordeng akan lebih terasa nyaman. Anda juga tidak perlu khawatir dengan kondisi fasilitas tersebut karena sudah dikelola dengan sangat baik oleh warga sekitar kawasan curug ini. Jadi, bisa dipastikan jika seluruh fasilitas yang tersedia di sini dapat menunjang kenyamanan anda.

Curug Hordeng bisa menjadi pilihan destinasi wisata alam di Bogor yang recommended untuk anda. Terlebih bagi anda yang sedang butuh refreshing di tempat yang sejuk, alami, dan segar. Pastikan anda tidak melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke curug hits ini jika sedang berada di Bogor. Sekalipun aksesnya cukup sulit, tapi pemandangan yang ditawarkan sangat sepadan.