Banyaknya wisata alam di Garut khususnya air terjun, menjadikan daerah ini sebagai pilihan yang wajib untuk dikunjungi saat liburan dan akhir pekan. Inilah deretan curug di Garut dengan pemandangan yang indah dan menyegarkan pikiran.

Kota Garut merupakan salah satu daerah yang terletak pada Provinsi Jawa Barat. Saat berlibur ke kota ini, tidak akan terasa lengkap jika Anda tidak mengunjungi berbagai wisata alamnya yang populer dengan pesonanya. Nampaknya wisata air terjun atau curug dapat dijadikan pilihan yang tepat sebagai destinasi dengan pemandangan yang indah. Berikut rekomendasi curug di Garut yang bisa dipilih untuk petualangan yang seru.

1. Curug Nyogong

Curug Nyogong
Image Credit: Google Maps (Neneng Hartiningrat)

Tempat wisata air terjun Garut yang pertama adalah Curug Nyogong. Air terjun ini sangatlah tepat untuk dijadikan pilihan bagi Anda yang suka dengan tantangan dan ingin merasakan kesegaran airnya yang meluncur dari ketinggian. Kecepatan air di curug ini sangatlah kuat dan deras jika dibandingkan dengan curug-curug lainnya. Hal ini membuatnya lebih gagah dan berbeda.

Disamping itu, lingkungannya masih sangat terjaga sekali. Jadi, Anda tidak akan merasa menyesal jika memijakkan kaki di Curug Nyogong ini. Untuk dapat melihat keindahan air terjun yang satu ini, para pengunjung diharuskan melewati hutan lebat dan mendaki perbukitan terjal terlebih dahulu. Jangan khawatir, perjuangan Anda tersebut akan terbayarkan dengan keindahan alamnya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mekarwangi, Kec. Cihurip,, Kab. Garut, Jawa Barat.

2. Curug Jaga Pati

Curug Jaga Pati
Image Credit: Google Maps (Fatriyah Fahru Ramzi)

Dari berbagai tempat wisata curug di Garut, Curug Jaga Pati ini tidak boleh Anda lewatkan sebagai destinasi yang harus dikunjungi. Curug ini memiliki tiga air terjun yang lumayan tinggi dengan pemandangan indahnya dari sudut pandang manapun. Selain itu, jernihnya air yang mengalir di air terjun ini dapat menambah kesyahduan saat Anda duduk santai di pinggir curug.

Karena begitu bersih dan jernihnya air di Curug Jaga Pati ini membuat air-air yang berada di kolam-kolamnya terlihat sangat menyegarkan. Anda bisa memanfaatkan waktu untuk bermain-main di sekitarnya karena debit airnya tidak terlalu deras dan juga tidak terlalu kecil. Jadi, Anda tidak perlu takut untuk terseret aliran airnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Neglasari, Kec. Cisompet, Kab. Garut, Jawa Barat.

3. Curug Cibadak

Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps (Rizal Bawonoyudo)

Curug Cibadak juga merupakan salah satu destinasi wisata alam yang harus Anda datangi saat berada di kota Garut. Akses untuk menuju curug ini yang sangat mudah menjadikan tempat ini banyak dilirik oleh para wisatawan. Anda bisa memakai kendaraan pribadi agar dapat sampai ke air terjun ini. Wisata alam yang satu ini sangat cocok untuk menenangkan diri dari hiruk piruknya dunia.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Garut yang Enak dan Diburu Wisatawan

Curug Cibadak ini tidak padat akan penduduk sehingga para pengunjung akan bisa menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan yang sangat luar biasa ini dengan leluasa. Disamping itu, tempat ini masih jarang dijamah oleh tangan-tangan nakal manusia. Jadi, suasananya masih terbilang sangat asri. Hal ini bisa menyegarkan pikiran dan tubuh anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cisangkal, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat.

4. Curug Cisarua

Curug Cisarua
Image Credit: Google Maps (Seven Sembilan)

Wisata alam Garut yang berikutnya adalah Curug Cisarua. Saat pertama kali melihat curug ini, pastinya Anda mungkin bisa menyadari bahwa ada sesuatu yang berbeda dan unik pada air terjun ini. Hal yang berbeda tersebut terletak pada keunikan tebingnya yang mempunyai bentuk seperti bebatuan dengan sengaja disusun rapi.

Untuk itu, lebih baik Anda bisa mengunjungi tempat wisata Curug Cisarua ini pada musim kemarau. Hal ini dikarenakan agar jalanan menuju curug ini tidak licin. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk sampai disana. Saat musim panas juga membuat airnya tidak mengalir begitu deras sehingga Anda juga bisa dengan mudah untuk melihat keunikannya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukamurni, Kec. Cilawu, Kab. Garut, Jawa Barat.

5. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje
Image Credit: Google Maps (Hesty_Chadel_)

Curug Sanghyang Taraje adalah air terjun Garut yang paling fenomenal. Konon, curug ini menyimpan cerita legenda yang dipercaya para warga disana bahwa tempat ini merupakan lokasi dimana Sangkuriang mengambilkan bintang untuk sang kekasihnya Dayang Sumbi dan juga tempat penyimpanan harta karunnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kombongan, Pakenjeng, Kec. Pamulihan, Kab. Garut, Jawa Barat.

6. Curug Arjuna

Curug Arjuna
Image Credit: Google Maps (Majidseha Seha)

Curug dengan nama yang unik ini diambil dari nama salah satu tokoh wayang Pandawa yakni Arjuna. Curug Arjuna adalah salah satu wisata air terjun yang sangat eksotis di Garut. Pemberian nama pada air terjun ini mengarahkan pada pemandangan yang elok. Hal ini dikarenakan oleh tokoh Arjuna tersebut yang mempunyai wajah yang tampan dan pandai memanah.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panawa, Kec. Pamulihan, Kab. Garut, Jawa Barat.

7. Curug Rahong

Curug Rahong
Image Credit: Google Maps (Saljiadi)

Curug yang bisa Anda jadikan pilihan tempat wisata alam ketika berlibur ke Garut adalah Curug Rahong. Anda akan dapat menemukan air terjun ini dengan sangat mudah karena tempat ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat setempatnya dan juga para wisatawan. Anda bisa bertanya kepada orang-orang sekitar, bahkan mereka bisa menjadi pemandu agar sampai dengan selamat.

Hal yang menjadi pertanda apabila Anda sudah hampir sampai di tempatnya adalah jembatan Rahong. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memperhitungan kapan waktu sampainya. Walaupun tempat ini cukup terkenal, namun sangat disayangkan sekali Curug Rahong ini belum dikelola dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari tidak adanya tiket masuk untuk berkunjung kesini.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Garut yang Paling Terkenal
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukajaya, Kec. Cisewu, Kab. Garut, Jawa Barat.

8. Curug Orok

Curug Orok
Image Credit: Instagram.com @jangahmad_s

Nama Orok yang diberikan pada air terjun ini diambil dari bahasa sunda yang berarti Indonesia menjadi bayi. Berdasarkan ceritanya, dahulu kala ada seorang ibu yang tega untuk membuang bayi yang dilahirkannya dari puncak Curug Orok ini. Hal ini dilakukannya karena anak tersebut hasil dari hubungan gelapnya.

Berkat adanya pengelolaan yang tepat oleh PT. Perkebunan Nusantara dan juga warga sekitar, membuat curug ini terawat dengan baik. Dengan begitu, para pengunjung akan merasa lebih nyaman untuk berwisata ke tempat ini. Harga tiket masuknya juga tergolong sangat terjangkau sehingga tidak membuat uang Anda terkuras habis.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Cikandang, kec. Cikajang, Kab. Garut, Jawa Barat.

9. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng
Image Credit: Instagram.com @desri.n.wijaya

Curug Dengdeng juga salah satu wisata alam di Garut yang patut untuk didatangi. Berbeda dengan air terjun lainnya yang pada umumnya memiliki ketinggian tertentu, curug ini justru mempunyai lebar yang hampir mencapai 2x lipat tingginya. Tinggi curug yang satu ini hanya berkisar sekitar 20 meter hingga 30 meter saja. Pastinya Curug Dengdeng ini juga tidak kalah bagus dan unik dari curug lainnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Margamulya, Kec. Cisompet, Kab. Garut, Jawa Barat.

10. Curug Ngaleng

Curug Ngaleng
Image Credit: Google Maps (Budiono Budi)

Destinasi alam Garut yang ke sepuluh adalah Curug Ngaleng. Air terjun ini hampir mirip dengan air terjun Sanghyang Taraje. Meskipun begitu, curug ini berukuran lebih pendek dan lingkungan sekitarnya juga tidak seluas Sanghyang Taraje. Anda disarankan lebih berhati-hati untuk menuju ke lokasi Curug Ngaleng yang satu ini, sebab Anda harus melewati sungai yang arusnya cukup deras.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sindangsari, Kec. Cisompet, Kab. Garut, Jawa Barat.

11. Curug Salawe

Curug Salawe
Image Credit: Google Maps (Stone Victory)

Air terjun yang berikutnya adalah Curug Salawe. Curug ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi dan licin, namun hal ini tidak membuat berkurangnya para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Sayangnya, pengunjung tidak dapat bermain air di sekitarnya, sebab medan curug ini tidaklah mulus. Walaupun begitu, Anda masih tetap bisa menikmati kesegaran alamnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Maupassant, Kec. Peundeuy, Kab. Garut, Jawa Barat.

12. Curug Luhur

Curug Luhur
Image Credit: Facebook.com @iwansetiaonebudhi

Curug Luhur disebut-sebut sebagai surga yang tersembunyi karena menawarkan pemandangan alam yang mempesona dan cantik. Walaupun tidak terlalu tinggi, air pada curug ini cukup melimpah dan sangat segar. Bahkan, adanya kolam berbentuk alami ini dapat menggoda pengunjungnya untuk bermain-main air di kolam tersebut.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Garut yang Terkenal Lezat
Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. ranca buaya, Kec. Caringin, Kab. Garut, Jawa Barat.

13. Curug Ciharus

Curug Ciharus
Image Credit: Google Maps (Asep Kudus)

Nama Curug Ciharus masih terdengar sangat asing di kalangan warga sekitarnya dikarenakan tempat lokasinya yang tersembunyi dan tidak banyak dijelajahi. Padahal curug tersembunyi ini mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan dan sayang sekali untuk dilewatkan dengan begitu saja. Namun, aksesnya tidak begitu mudah untuk dan berbentuk bebatuan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dano, Kec. Leles, Kab. Garut, Jawa Barat.

14. Curug Cikanay

Curug Cikanay
Image Credit: Facebook.com @kagebe.jabar

Curug Cikanay merupakan salah satu air terjun yang sangat banyak digemari oleh para pengunjungnya. Hal ini disebabkan oleh suguhan suasana alam yang indah, asri, dan sangat terjaga. Wisata alam yang satu ini sangat cocok untuk pelarian disaat ingin meluapkan emosi. Sayangnya, curug ini bukan wisata komersil dan tidak sembarang orang bisa mengunjunginya.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cikandang, Kec. Cikajang, Kab. Garut, Jawa Barat.

15. Curug Cihanyawar

Curug Cihanyawar
Image Credit: Google Maps (Christine Lawira)

Salah satu tempat wisata alam yang masih sangat terlindungi akan keindahan alamnya yang alami adalah Curug Cihanyawar. Suasana lingkungan sekitarnya masih tergolong asri, sebab curug ini tidak begitu diekspos dan didatangi oleh para wisatawan. Bukan karena tempat ini tidak indah seperti curug lainnya, namun masih banyak orang yang belum mengetahui lokasinya.

Bukan hanya menyediakan keindahan alam dengan air derasnya yang berjatuhan, melainkan curug ini mempunyai pesona yang lainnya. Apabila Anda melihat ke sebelah kanan air terjun ini, maka Anda akan dapat melihat sebuah gua yang berukuran cukup besar. Akan tetapi, belum ada penjelajah yang menelitinya apakah gua tersebut bisa dijadikan wisata baru atau hanya longsoran batu saja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukamurni, Kec. Cilawu, Kab. Garut, Jawa Barat.

16. Curug Cibitung

Curug Cibitung
Image Credit: Google Maps (Cacing Gaming)

Wisata alam Garut yang terakhir adalah Curug Cibitung. Destinasi curug ini menawarkan pesona yang berbeda yaitu adanya sebuah formasi bebatuan cadas yang memecahkan aliran airnya disekitar pendaratan air terjunnya. Hal ini akan menjadikan para pengunjung curug tersebut tidak akan merasa bosan saat berkunjung ke wisata ini. Namun, diharapkan untuk tetap hati-hati dengan batunya yang licin.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kertamukti, Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat.

Berdasarkan ulasan tersebut, kota Garut memiliki tempat wisata alam yang sangat banyak dan bervariasi terutama wisata air terjunnya. Bagi Anda pecinta alam yang suka sekali menjelajah, Anda bisa mengunjungi beberapa curug di atas untuk menikmati pesona pemandangan yang menakjubkan.