Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dukuh Pasir, Desa Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Jawa Barat selalu berhasil menyuguhkan destinasi alam yang menyenangkan. Kali ini terdapat Curug Cipeuteuy yang terletak di Kabupaten Majalengka. Pesona wisata air terjun yang dimiliki sangat memanjakan para pengunjung. Tak heran bila jumlah wisatawan terus meningkat meskipun lokasinya cukup tersembunyi. Penasaran seperti apa keelokannya? Simak ulasan berikut.

Mengenal Curug Eksotis di Majalengka

Wisata Alam Curug Cipeuteuy Yang Indah Dan Menarik Di Majalengka
Photo by Google Maps i’ Kitty

Kabupaten Majalengka perlahan berhasil menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Banyak destinasi wisata yang ditawarkan namun pengunjungnya belum sebanyak wisata di Bandung atau Bogor. Jadi jangan heran jika berkunjung nanti kondisi alamnya masih bersih, karena belum terjamah tangan-tangan jahil. Termasuk Curug Cipeuteuy yang suasana alamnya masih alami.

Curug cantik ini terletak di kawasan lereng Gunung Ciremai, tak heran bila dikelilingi hutan hijau nan asri. Udara sekitarnya juga masih alami khas pegunungan, sangat cocok untuk pengunjung yang ingin melepas penat. Sepanjang perjalanan menuju air terjun dijamin tidak membosankan. Walaupun jalannya sedikit berkelok, tapi anda disuguhi pepohonan rindang dan hawa pedesaan.

Nama Curug Cipeuteuy sendiri diambil dari bahasa Sunda. Kata “peuteuy” sama artinya dengan “pete” bila diartikan dalam bahasa Indonesia. Dulunya sebagian besar area hutan ditanami pohon pete. Kala itu diberi nama ‘Tangkal Peuteuy’ dan menjadi lahan utama milik masyarakat sekitar. Namun karena tanaman pete sering diambil tanpa ada reboisasi, akhirnya menjadi lahan kosong.

Kemudian penduduk dan pemerintah daerah setempat merombak kawasan tersebut menjadi destinasi wisata. Tetapi tidak mengurangi keasrian lingkungan hutan, hanya membenahi area sekitar curug dan menambah beberapa fasilitas. Wisatawan pun juga jarang menemukan tanaman petai disini. Tersisa satu tanaman petai cukup besar di jalan setapak menuju ruang rekreasi ini.

Daya Tarik Wisata Curug Cipeuteuy

Wisata Alam Curug Cipeuteuy Yang Sejuk Dan Menawan Di Majalengka
Photo by Google Maps Rafika Ratik Srimurni

Cipeuteuy menjadi salah satu destinasi alam unggulan di Kabupaten Majalengka. Pesona alaminya layak dikunjungi ketika hari libur bersama keluarga maupun teman-teman. Menyuguhkan panorama alam memukau berupa hutan hijau rindang dan udara khas kaki Gunung Ciremai. Meski sudah direnovasi tetapi aura alami dari air terjun masih bisa dirasakan.

Untuk menuju lokasi wisata ini, pengunjung harus berjalan kaki dari tempat parkir. Tidak begitu jauh, sekitar 300 meter dengan kondisi jalan setapak standar. Treknya menanjak tapi lumayan ramah untuk para amatir. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan pohon-pohon tinggi. Samar-samar terdengar suara burung berkicau yang menenangkan pikiran.

Setelah melewati pintu masuk, anda akan disambut dengan pemandangan taman yang tertata rapi. Taman tersebut sengaja didesain tepat di depan air terjun, supaya dijadikan area swafoto para wisatawan. Dari arah gerbang, anda dibawa menuju jalan setapak untuk menuruni beberapa anak tangga. Kemudian melintasi jembatan yang dibawahnya terdapat kolam hasil bendungan curug.

Berikutnya melalui persimpangan yang memisahkan jalur ke arah curug dengan bumi perkemahan. Di sepanjang jalan ini, anda akan menjumpai suasana hutan pinus yang menghibur mata. Anda boleh berhenti sejenak di area hutan pinus ini untuk sekedar swafoto. Kawasan wisata instagramable dan didukung udara sejuk, sehingga liburan anda dijamin menyenangkan.

Curug Cipeuteuy berada di area legok atau dataran rendah. Jadi pengunjung tidak langsung disambut air terjun, melainkan kolam berundak yang dibendung dari curug. Kolam ini terdiri dari beberapa tingkat, dengan pinggiran kolam disusun dari batuan alam. Area kolam terbagi dua dan ditengahi oleh jembatan bambu yang melintang.

Wisata Alam Curug Cipeuteuy Yang Alami Dan Mempesona Di Majalengka
Photo by Google Maps Rafika Ratik Srimurni

Tinggi air terjun tidak lebih dari 6 meter, warna air hijau kebiruan dan sangat bersih. Di bagian bawah air sengaja dibendung dan membentuk kolam-kolam. Tujuannya agar para pengunjung bisa menikmati kesegaran air dengan arus yang tenang. Uniknya, pinggir kolam-kolam ini dibuat layaknya kolam renang buatan. Dihiasi tumbuhan di tengah dan tepinya jadi suasana khas alam sangat terasa.

Kolam-kolam tersebut aman untuk anak-anak maupu dewasa karena tidak terlalu dalam. Namun tetap saja, bila si kecil berenang disini perlu pengawasan dari orang tua. Pihak pengelola wisata turut menyediakan pelampung kekinian dengan harga sewa tertentu. Jadi pengunjung dapat bersantai di atas air sambil menikmati indahnya hutan konservasi.

Konon, kolam alami di wisata air terjun ini memiliki khasiat tersembunyi. Segarnya air yang mengalir bisa dimanfaatkan untuk terapi. Airnya dipercaya dapat membuat tubuh rileks dan awet muda. Pengunjung cukup berendam di kolam terapi ini, maka tubuh yang awalnya pegal-pegal langsung hilang. Bahkan wisatawan diperkenankan membawa botol atau kendi untuk mewadahi air.

Selain kolam bertingkat dan air terjun, Curug Cipeuteuy juga difungsikan sebagai lahan konservasi burung Elang Jawa. Diketahui bahwa Elang Jawa merupakan hewan endemik di Pulau Jawa berukuran sedang. Hewan ini telah diambang kepunahannya karena perburuan manusia. Hampir seluruh habitatnya sudah rusak dan hanya tersisa kawasan Curug Cipeuteuy.

Di tempat wisata inilah anda dapat melihat keelokan Elang Jawa secara langsung. Pengunjung bisa mengamati dengan mata telanjang kala si Elang terbang rendah. Pihak pengelola juga menyediakan spot pengamatan, sehingga dapat melihatnya dengan teropong. Akan tetapi disarankan tidak mengganggunya apalagi memburu tanpa izin, karena akan mengusik ketenangan burung ini.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alam Curug Cipeuteuy Majalengka
Photo by Google Maps Teti Lisnawati

Curug Cipeuteuy berada di Desa Bantaragung, sekitar wilayah Sindawangi, Kabupaten Majalengka. Akses jalan menuju lokasi ini sudah baik bahkan plang penunjuk jalan bertebaran. Perjalanannya lumayan panjang jika anda berangkat dari pusat kota Majalengka. Jarak yang ditempuh kurang lebih 25 kilometer, dengan kondisi trek sedikit berliku.

Rute pertama yang perlu ditempuh ialah melalui Jalan Raya Majalengka menuju Cikijing. Patokannya adalah Terminal Maja Kabupaten Majalengka, berikutnya melaju sekitar 750 meter. Setelah itu belok kanan ke arah Sukahaji, lalu kendalikan kemudi menuju Jalan Widara. Kurang lebih 350 meter, anda perlu belok kanan untuk sampai di Jalan Majalengka dan tiba di daerah Rajagaluh.

Dari Rajagaluh, anda bisa belok kanan ke kawasan Sindangwangi. Di daerah ini suasana pedesaan mulai terasa, lalu melaju ke desa Jerukleueut. Selanjutnya belok kanan menuju Jalan Bantaragung, terakhir belok kiri ke Jalan Dukuh Pasir. Perjalanan diteruskan dengan mengikuti papan petunjuk lokasi wisata Curug Cipeuteuy. Dari gerbang Dukuh Pasir jaraknya sekitar 10 menit saja.

Harga Tiket Masuk Curug Cipeuteuy

Tiket Masuk Di Wisata Alam Curug Cipeuteuy Majalengka
Photo by Google Maps Hasan Basri

Untuk menikmati taman rekreasi ini, pengunjung perlu membayar tiket masuk dengan harga terjangkau. Khusus dewasa dikenakan harga kisaran 15 ribu, remaja usia 5-16 tahun sekitar 10 ribu, dan anak-anak rentang usia 1-4 tahun sebesar 5 ribu.

Bagi yang membawa kendaraan mobil dikenail retribusi parkir 10 ribu per unit, sedangkan tarif parkir motor kurang lebih 3 ribu per kendaraan.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Curug Cipeuteuy Majalengka
Photo by Google Maps TWINS ADVENTURE CHANNEL

1. Bermain Air di Kolam Bertingkat

Aliran air Curug Cipeuteuy terbilang tenang dan tidak terlalu deras. Airnya jernih, bersih, serta berwarna bening kebiruan. Adanya kolam di yang menampung air terjun membuat pengunjung leluasa menikmati kesegarannya. Kalau membawa si kecil dipastikan anak-anak senang bermain air disini.

2. Camping di Bumi Perkemahan

Pengelola wisata ini sudah menyiapkan spot camping yang ramah untuk pengunjung. Lengkap dengan persewaan alat-alat kemah, seperti tenda dan kayu bakar. Bumi perkemahan ini bernama Awilega, lokasinya tidak jauh dari kawasan air terjun. Jadi anda masih bisa mendengar suara gemericik air dari kejauhan.

Fasilitas yang tersedia di Curug Cipeuteuy cukup lengkap, seperti adanya toilet bersih dan listrik. Lahannya juga lumayan lapang dengan rumput-rumput kecil dan dikepung pohon besar. Suasana bumi perkemahan sangat syahdu serta jauh dari hiruk pikuk kota. Sangat cocok untuk anda yang ingin rehat sejenak dari rutinitas membosankan. Boleh juga untuk agenda rekreasi keluarga di akhir pekan.

Namun, selama camping harus mematuhi protokol keamanan yang ditetapkan oleh pihak pengelola. Misalnya tidak boleh keluar area perkemahan saat malam hari. Mengingat lokasinya berada di tengah hutan rimbun, ada kemungkinan binatang buas berkeliaran. Jangan lupa membawa selimut dan jaket tebal, sebab udara saat malam hari menuju subuh sangat dingin.

3. Outbond

Area outbond menyatu dengan bumi perkemahan dan dilengkapi wahana flying fox. Bagi anda yang suka menguji adrenalin boleh mencoba permainan ini. Ketinggiannya sedikit mengkhawatirkan, sekitar 10 meter dari permukaan tanah. Tapi jangan khawatir, keamanannya terjaga ketat seperti alat dan pemandu. Anda bisa melihat pemandangan menajubkan dari atas ketika meluncur.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Curug Cipeuteuy Majalengka
Photo by Google Maps Teguh Nugraha

4. Berburu Foto

Bukan rahasia lagi jika Curug Cipeuteuy punya panorama yang instagramable. Lanskap alamnya benar-benar menawan hati dengan kombinasi sempurna. Paduan hutan pinus, taman tengah hutan, kolam berundak, hingga area Awilega tampak cantik di kamera. Berbagai sudut disini seolah spot foto terbaik.

Kalau belum puas hunting foto, anda bisa mampir ke Bukit Batu Semar atau Bukit Selfie. Dinamakan demikian karena tempatnya tak kalah instagramable. Berada di ketinggian dan menampilkan panorama pegunungan. Wisatawan serasa berfoto di atas awan berlatarkan hijaunya hutan. Ada pula wahana ayunan langit yang memberikan sensasi berayun dari ketinggian.

5. Berkunjung ke Ciboer Pass

Tidak jauh dari Curug Cipeuteuy terdapat satu tempat menarik, namanya Ciboer Pass. Tempat ini merupakan hamparan sawah berbentuk terasering. Jika dilihat sekilas tampak seperti pemandangan di Ubud, Bali. Tak ketinggilan aneka wisata kuliner bisa dicicipi disini, serta nikmati kopi asli Ciremai.

6. Jalan-Jalan di Area Konservasi

Khusus pengunjung yang tidak minat berbasah ria, boleh berkeliling sekitar kawasan konservasi. Anda akan merasakan suasana hutan tropis yang harmonis, serta udara segar anti polusi. Sesekali anda akan menjumpai kupu-kupu dengan warna langka beterbangan. Tak heran bila liburan di Curug Cipeuteuy begitu mengesankan.

Fasilitas Wisata di Kawasan Curug

Fasilitas Di Wisata Alam Curug Cipeuteuy Majalengka
Photo by Google Maps budi able

Sebagai objek wisata yang mulai diminati wisatawan, pengelola curug sudah menyediakan berbagai fasilitas memadai untuk menunjang kebutuhan pengunjung. Ada sejumlah gazebo beratap yang bisa dimanfaatkan untuk singgah para pengunjung.

Kondisi toilet umum juga lumayan bersih, airnya pun jernih karena berasal dari sumber mata air. Serta adanya pusat informasi jadi kalau ada laporan kehilangan bisa langsung cepat ditanggapi.

Siapa sangka Kabupaten Majalengka menyimpan keindahan wisata alam tak tertandingi. Terbukti hadirnya Curug Cipeuteuy menyedot perhatian para wisatawan. Rata-rata ingin merasakan suasana asri dari air terjun di tengah hutan. Tak ketinggalan sensasi berenang di kolam bertingkat yang didesain unik oleh pengelola setempat. Tunggu apa lagi? Segera agendakan liburan kesini.