Curug Ciparay, Pesona Air Terjun Kembar & Kolam Alami Eksotis di Tasikmalaya

Curug Ciparay, Pesona Air Terjun Kembar & Kolam Alami Eksotis di Tasikmalaya
Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ds. Parentas, Desa. Cidugaleun, Kec. Cigalontang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Ciparay merupakan salah satu tempat wisata alam yang masih asri di Tasikmalaya, Jawa Barat. Tempat wisata dengan air terjun kembar sebagai daya tarik utamanya ini memang masih terbilang sangat asri dan cocok dikunjungi oleh mereka yang ingin mencari tempat liburan atau cuci mata dengan pemandangan hijau khas nuansa alam.

Air terjun atau curug yang ada di lokasi ini memiliki debit air yang cukup besar sehingga menambah keindahan pemandangan sekitar tempat wisata. Inilah alasannya mengapa cukup banyak orang yang datang berkunjung di tempat ini, meski lokasinya harus ditempuh dengan berjalan kaki lumayan jauh. Pemandangan di air terjun ini memang indah.

Bagi yang ingin datang berkunjung ke lokasi wisata alam di Tasikmalaya ini, simak semua informasi lokasi wisatanya di sini. Akan ada informasi tentang daya tarik yang terdapat di Curug Ciparay dan juga hal-hal apa saja yang bisa dilakukan di sana. Ada juga informasi tentang rute perjalanan, jam buka, dan tentu saja harga tiket masuknya.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ciparay

Wisata Alam Curug Ciparay Yang Memukau Dan Menarik Di Tasikmalaya
Photo by Google Maps Fathur Romdhoni

Apa saja hal-hal yang membuat Curug Ciparay sangat diminati oleh banyak orang? Tentu saja ada banyak daya tarik di tempat ini yang membuat curug sarat pengunjung. Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang bisa ditemukan di lokasi ini, baik dari segi pemandangan alam maupun hal-hal lainnya. Bagi yang ingin berkunjung ke sini, simak dulu daftar berikut.

1. Air Terjun Kembar

Di lokasi ini terdapat air terjun kembar. Air terjun yang pertama memiliki tinggi sekitar 50 meter sedangkan yang kedua sekitar 72 meter. Air terjun ini sangat indah dan enak dipandang karena memang sangat deras debit airnya dan memiliki pemandangan hijau di sekitarnya.

Wisata Alam Curug Ciparay Yang Sejuk Dan Menawan Di Tasikmalaya
Photo by Google Maps yanuar ishak

2. Kolam Alami dengan Bebatuan Merah

Di bawah air terjun, ada laguna berwarna biru dengan isian batu-batu alami warna merah. Curug Ciparay cocok untuk berenang ataupun untuk selfie. Tempat ini bisa juga digunakan untuk mandi, tapi jika ingin melakukannya tetap lakukan dengan hati-hati karena ada aliran air yang cukup deras.

3. Dikelilingi Tebing dan Hutan

Pemandangan sekitar tebing sangat indah yaitu dikelilingi oleh tebing dan juga hutan yang masih asri. Selain itu, kawasan wisata ini ada di kaki Gunung Salak sehingga cuaca dan udaranya masih sangat sejuk dan segar, khas pegunungan. Tempat ini juga memiliki beberapa daya tarik lain, seperti jembatan bambu di Sungai Ciparay.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Curug Ciparay

Lokasi Wisata Alam Curug Ciparay Tasikmalaya
Photo by Google Maps Ramadhan Dwi Sanjaya

Tempat wisata yang sangat diminati oleh wisatawan ini bisa ditemukan di Dusun parentas, Cidugaleun, Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi ini, disarankan untuk naik kendaraan roda dua saja karena memang jalannya masih sempit dan kecil-kecil dan tentunya akan sulit bagi kita untuk menempuhnya dengan kendaraan roda empat. Daya tarik utamanya juga harus ditempuh dengan jalan kaki/ trekking.

Jika perjalanan dimulai dari Garut, maka air terjun ini lokasinya sekitar 40 km dari pusat Kabupaten Garut. Jika dari Tasikmalaya, maka ambil arah ke bunderan Singaprana (kira-kira 30 meter), nanti dari sana arahnya menuju ke Gunung Galunggung.

Setelah kira-kira 45-60 menit dengan kendaraan, maka kita akan menemukan gerbang masuk utama menuju kawasan wisata curug. Setelah parkir, kita masih harus meniti jalan setapak untuk bisa menuju ke air terjun utamanya. Namun, perjalanan yang ekstrim ini akan dibayar lunas dengan pemandangan indah saat di lokasi utama.

Harga Tiket Masuk Curug Ciparay

Tiket Masuk Di Wisata Alam Curug Ciparay Tasikmalaya
Photo by Google Maps Agus Abd Aziz

Bagi yang ingin liburan ke Curug Ciparay, tentu saja salah satu hal yang harus diperhatikan adalah harga tiketnya. Jangan bingung karena nanti kita akan disuruh untuk membayar 2x. Ya, ada dua jenis tiket yang harus dibayar dan kedua tiket tersebut diberikan di dua lokasi yang berbeda. Pertama, ada di gerbang utama dan yang kedua di pintu masuk curug.

Di gerbang utama menuju kawasan curug, kita harus membeli tiket seharga Rp 10.000. Nah, nanti kita akan dipersilakan masuk untuk melanjutkan perjalanan menuju ke curug. Nanti setelah sampai di pintu masuk curug, kita harus membayar lagi Rp 10.000.

Meski tiketnya dobel, namun semuanya akan sepadan karena kita bisa melihat pemandangan alam yang asri. Untuk jam buka, lokasi wisata Curug Ciparay buka dari jam 08.00 pagi hingga jam 17.00 sore.

Jika ingin menikmati keindahan alam di sini dengan maksimal, disarankan untuk datang ke lokasi ini pada saat musim kemarau. Pada saat musim hujan, debit air akan meningkat drastis sehingga membahayakan pengunjung. Selain itu jalan setapak menuju curug juga lebih licin.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Curug Ciparay

Kegiatan Menarik Di Wisata Alam Curug Ciparay Tasikmalaya
Photo by Google Maps rudi toher

Nah, setelah kita mengetahui hal-hal apa saja yang membuat Curug Ciparay menarik bagi pengunjung, maka sekarang tiba saatnya kita memahami jenis-jenis kegiatan yang bisa dilakukan di curug ini. Ada banyak hal yang menarik yang bisa dilakukan di curug ini, beberapa di antaranya akan dijelaskan dalam daftar di bawah ini.

1. Trekking

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan di sini adalah trekking atau menjelajah medan alam yang ada di lokasi Curug Ciparay. Memang tempat wisata ini masih sangat alami sehingga dibutuhkan perjalanan kaki dari parkiran menuju ke air terjun utama. Pada saat menuju ke sana, medan yang kita lalui masih berupa jalan setapak alami.

Trekking di sini bisa sangat memanjakan mata karena banyak sekali pemandangan alami yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan, termasuk indahnya tebing, bebatuan besar, dan juga pepohonan yang ada di sekitar jalan setapak. Semuanya begitu indah dan sangat menyejukkan mata.

2. Cliff Jumping

Air terjun yang ada di kawasan wisata ini terbilang tidak terlalu tinggi yaitu kurang lebih 10 meter saja tingginya. Alhasil, banyak orang yang menyukai kegiatan cliff jumping atau loncat dari tebing. Namun, meski Curug Ciparay tebingnya tidak terlalu tinggi, tetap harus diutamakan keselamatan, ya.

Jangan nekad terjun dari tebing jika tidak memiliki pengalaman atau tidak membawa perlengkapan yang memadahi. Kegiatan ekstrim ini banyak dilakukan oleh para professional sehingga jika kita hanya iseng-iseng saja, tentu hal ini bisa merugikan diri kita sendiri hingga berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Hunting Foto

Pemandangan di lokasi ini terbilang sangat unik dengan air terjun kembar, bebatuan besar, dan juga banyak sekali daya tarik alam lainnya yang ada di sini. Alhasil, tempat ini sangat cocok untuk acara hunting foto, baik untuk fotografer professional maupun yang sekedar selfie dan bersenang-senang mengambil foto dengan ponsel mereka.

Kegiatan Menarik Lainnya Di Wisata Alam Curug Ciparay Tasikmalaya
Photo by Google Maps Heruman Sidik

Tempat ini memang memiliki daya tarik alami dan hasil foto yang dihasilkan memang bisa cukup baik. Alhasil, jika kita memang ingin mengambil foto dengan maksimal, jangan lupa datang pada saat cuaca sedang mendukung dan juga bawalah perangkat foto yang memadahi. Hasil foto di sini akan terlihat sangat memuaskan.

4. Berenang

Di bawah air terjun terdapat kolam dengan bentuk semacam laguna. Kolam ini tidak dalam dan juga airnya berwarna biru menggoda. Selain itu, terdapat bebatuan warna merah di dalam kolam alami ini sehingga membuat perpaduan warna di kolam menjadi sangat cantik dan indah kebiruan.

Batu alam merah-merah ini berasal dari bebatuan dengan kandungan mineral yang tinggi. Tentu saja hal ini cukup unik dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Jika akan berenang di sini, selalu utamakan keselamatan dan jangan melakukan hal-hal yang bisa membahayakan diri sendiri dan orang-orang di sekitar.

5. Menikmati Pemandangan Alam

Hal utama yang bisa dilakukan di Curug Ciparay memang menikmati pemandangan alam. Hal ini dikarenakan tempat ini memang pemandangan alamnya masih sangat asri dan bisa dijadikan lokasi untuk cuci mata. Bagi yang ingin melihat kombinasi antara air terjun tinggi menjulang dengan pemandangan hutan hijau, di sinilah tempatnya.

Selain hutan hijau, udara di tempat ini juga sangat segar dan suasananya masih kadang-kadang berkabut tipis sehingga cocok bagi siapa saja yang benar-benar ingin menikmati suasana khas pegunungan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Tempat ini memang cocok dijadikan salah satu tempat relaksasi saat liburan.

6. Menenangkan Diri

Hal terakhir yang bisa dilakukan di sini adalah menenangkan diri. Ya, jika suasana sedang sepi, maka yang terdengar di lokasi curug hanyalah deras air terjun dan juga suara burung dari dalam hutan. Tentu saja suara-suara ini sangat enak didengar dan juga bisa membuat kita tenang dan bisa melupakan sejenak beban pikiran.

Inilah mengapa cukup banyak orang yang bermeditasi di sini, terutama saat suasana memang sedang sepi. Tempat ini cocok untuk memenangkan diri dan juga menjauhkan diri dari beban pikiran sehari-hari. Kunjungilah curug ini jika memang kita sedang butuh ketenangan demi Kesehatan mental.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Ciparay

Fasilitas Di Wisata Alam Curug Ciparay Tasikmalaya
Photo by Google Maps Andry Prasetya

Lokasi Curug Ciparay terdapat di kawasan kaki Gunung Salak di mana tempat-tempat wisata di sini dikelola oleh pemerintah desa-desa setempat. Karena tempat wisata curug ini sudah cukup terkenal hingga ke luar daerah, maka pengelola berusaha memberikan fasilitas untuk menunjang kepuasan pengunjung curug, baik yang dari Tasikmalaya maupun luar kota.

Fasilitas parkir bisa ditemukan di lokasi ini. Kebanyakan pengunjung memang datang dengan menggunakan sepeda motor karena rute menuju lokasi curug ini agak sulit jika ditempuh dengan kendaraan roda empat. Meski demikian, tempat parkir yang ada di sini cukup luas sehingga juga muat untuk parkir beberapa mobil. Tarif parkirnya juga lumayan terjangkau.

Untuk yang mengendarai sepeda motor, Anda akan ditarik biaya Rp 2.000 sebagai biaya parkir. Sedangkan untuk mobil, cukup Rp 5.000 saja. Selain tempat parkir, di kawasan wisata juga terdapat penginapan atau homestay dan juga warung-warung untuk makan dan minum para wisatawan.

Berdasarkan penjelasan di atas, cukup paham, bukan, jika lokasi wisata curug ini memang memiliki daya tarik yang besar, terutama bagi mereka yang menyukai kegiatan outdoor dan juga kegiatan yang berkaitan dengan pemandangan alam yang masih hijau dan asri. Curug Ciparay memang adalah salah satu tempat wisata alam terbaik di Tasikmalaya saat ini.