Berkat keindahannya yang memesona, Curug Cipamingkis berhasil menjadi wisata alam andalan di kawasan Jonggol, Bogor. Curug ini terkenal dengan tata kelolanya yang rapi didukung fasilitas yang memadai sehingga wisatawan dibuat betah pesona yang ditawarkan.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Selain kawasan Puncak, Bogor juga memiliki sejuta wisata air yang salah satunya adalah Curug Cipamingkis di Jonggol. Meski tidak memiliki ketinggian yang teramat sangat, ada begitu banyak keindahan yang tak boleh dilewatkan. Teruntuk Anda yang sudah penasaran mengenai informasi curug nan indah ini, yuk simak penjelasan dalam ulasan berikut!

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cipamingkis

Daya Tarik Curug Cipamingkis
Image Credit: Google Maps (Dwi Prasetyo)

Kawasan wisata Cipamingkis pada dasarnya dapat dicapai dengan cara berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Meski harus menempuh jarak yang cukup jauh, setibanya di wisata ini rasa lelah Anda akan terbayar seketika tatkala keindahan curug berhasil memanjakan mata. Suguhan pertama yang akan Anda dapatkan adalah air terjun mini yang jernih.

Curug Cipamingkis sendiri dialiri oleh dua sungai yang melintas dari Sungai Cisarua dan Sungai Cipamingkis. Dari nama salah satu sumber inilah wisata alam ini dinamakan. Para penduduk sekitar percaya bahwa curug ini terakhir yang ada di kawasan Bogor.

Di Area curug, wisatawan dapat melihat kawasan pedesaan Wargajaya yang pemukimannya tersusun dengan rapi. Aktivitas penduduk yang kesehariannya merupakan petani juga bisa Anda lihat di sini setiap paginya. Tak jarang, wisatawan akan menjumpai jalanan pedesaan yang diselimuti dengan kabut lebat dan embun yang juga berjatuhan.

Curug yang resmi dibuka pada tahun 2009 silam ini mendapatkan pengelolaan dari Perum Perhutani KPH Bogor. Berkat pengelolaan tersebut, Curug Cipamingkis semakin menjadi destinasi wisata alam unggul yang banyak dikunjungi traveler dari berbagai daerah. Tata letaknya yang sangat rapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata ini.

Air Terjun Cipamingkis telah terbukti menjadi wisata andalan yang patut diperhitungkan. Pasalnya, wisata alam ini mampu menyuguhkan pemandangan berbeda yang sulit Anda dapatkan di tempat lainnya. Hamparan pohon pinus nan hijau semakin membuat pemandangan alam sekitar sangat menyejukkan mata.

Suasana tenang dan hawa segar khas pegunungan bisa Anda dapatkan secara cuma cuma di tempat ini. Inilah alasan mengapa air terjun ini sangat recomended untuk Anda yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Pesona alam yang begitu memukau dipadukan dengan ketersediaan fasilitas modern yang menjamin kenyamanan para pengunjung.

BACA JUGA:  Pesona Curug Luhur, Air Terjun Terindah di Lereng Gunung Salak Bogor

Kedua unsur tersebut merupakan perpaduan sempurna yang telah dimiliki wisata Curug Cipamingkis. Ada pula beberapa wahana seperti kolam terapi ikan, area camping seru, dan spot foto keren yang bisa Anda temukan di sana. Sembari menikmati keindahan alam, Anda bisa menjajal kolam terapi ikan dengan memasukkan kaki ke dalamnya.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk mencapai lokasi curug ini Anda harus berjalan kaki dengan waktu tempuh 2,5 jam. Meski menguras seluruh isi tenaga, rasa lelah akan terbayar seketika saat sampai di lokasi. Agar tidak merasa terlalu penat dan dapat mengeksplor air terjun dalam waktu lama, maka Anda butuh akomodasi yang tepat.

Menariknya, wisata air terjun ini juga menghadirkan akomodasi bagi para wisatawan yang datang untuk menginap. Anda tak perlu khawatir soal ketersediaan penginapan di lokasi terdekat dari wisata ini. Pasalnya, ada begitu banyak pilihan hotel dan villa dengan berbagai macam tipe dan harga sesuai dengan keinginan dan kemampuan wisatawan.

Setelah bermalam di Curug Cipamingkis, maka Anda bisa melanjutkan eksplorasi di keesokan harinya. Anda dapat menjangkau kawasan pedesaan yang masih terjaga dengan asri dan lestari. Di pagi hari penduduk sekitar akan melakukan aktivitas wajibnya sebagai petani. Melihat petani yang beraktivitas di sawah sungguh menjadi kesan tersendiri bukan?

Seakan Anda dibawa ke dalam kenangan masa lampau yang terkesan sederhana namun sangat berkesan. Selain itu, penduduk desa yang sangat ramah juga semakin menjadikan kegiatan liburan Anda makin istimewa. Bahkan, wisatawan diperbolehkan untuk berfoto di tengah sawah. Namun pastikan bahwa kegiatan Anda ini tidak mengganggu aktivitas mereka.

Wisatawan juga boleh mencari informasi dari para penduduk desa terkait objek wisata terdekat dari lokasi. Tentu saja mereka akan merespons Anda dengan sangat baik. Tak jarang dari mereka menceritakan sekilas info tentang pesona curug ini yang merupakan wisata jawara di daerah tersebut. Menarik bukan?

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Curug Cipamingkis

Alamat Curug Cipamingkis
Image Credit: Google Maps (Curug Cipamingkis)

Air Terjun Cipamingkis terletak di Desa Wargajaya, Sukamakmur, Bogor. Adapun akses menuju ke wisata ini sangat mudah dicapai. Hanya saja, butuh waktu yang lumayan lama untuk bisa sampai ke lokasi. Untuk itu, para wisatawan dianjurkan menggunakan kendaraan kuat yang dapat melibas tanjakan dan turunan.

Mengingat jalur menuju Curug Cipamingkis didominasi dengan tanjakan dan turunan, Anda juga harus menyiapkan kondisi fisik sebaik mungkin. Namun Anda tak perlu khawatir, selagi mengikuti arahan atau petunjuk jalan, Anda tidak akan tersesat. Adapun rute yang bisa Anda pilih mulai dari Bekasi, Jakarta, dan Cianjur.

Jika Anda datang dari arah Bekasi, maka bisa memilih 3 rute salah satunya rute Tol Jagorawi. Pertama tama, mulailah perjalanan dengan melewati Tol Jagorawi hingga menuju ke arah Tol JORR. Kemudian, ambil arah menuju Mayor Oking sampai Anda menemukan pertigaan Pasar Baru Citeureup.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bogor yang Populer

Di pertigaan kiri, ambil arah ke Cibadak dan lanjutkan perjalanan sampai ke Pasar Sukamakmur Jonggol. Teruskan perjalanan sampai Anda berada di Jalan Kampung Ciherang. Dari sini, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk jalan yang akan mengarahkan langsung ke titik lokasi Curug Cipamingkis.

Jika Anda datang dari Jakarta, maka pilih rute Tol Cibubur sampai tiba di kawasan Gunung Putri. Dari Gunung Putri, lanjutkan perjalanan menuju Jonggol hingga ke Kecamatan Sukamakmur. Dari Kecamatan Sukamakmur, Anda tinggal mengarahkan kemudi menuju Desa Margajaya yang mana lokasi dari wisata alam ini.

Sementara untuk Anda yang datang dari Cianjur, maka disarankan memilih rute Jalur Istana Cipanas sampai tiba di polsek Pacet. Sesampainya di sana, ambil arah kanan dan jalan terus hingga menemukan pertigaan. Dari pertigaan tersebut, silahkan belok kanan ke arah Jalan Puncak Dua. Di jalur ini, Anda tinggal belok ke kiri dan sudah tiba di lokasi Curug Cipamingkis.

Sama seperti wisata pada umumnya, untuk memasuki Curug Cipamangkis ada sejumlah biaya yang harus Anda keluarkan. Adapun biaya tersebut diperlukan untuk membayar tarif retribusi dan uang parkir. Adapun harga tiket masuk yang wajib Anda bayarkan mulai dari Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu.

Sebagai informasi, biaya tersebut masih belum satu paket dengan berbagai wahana atau fasilitas di dalamnya. Adapun beberapa fasilitas yang perlu sejumlah biaya meliputi sewa lahan camping, Rumah Pohon, Pondok Air Mancur, Sewa Tenda, Sewa Villa, Sleeping Bag, Matras, dan Hammock.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Cipamingkis

Kegiatan di Curug Cipamingkis
Image Credit: Google Maps (Iif Zizou)

1. Menikmati Keindahan Curug

Kegiatan pertama yang sudah pasti dilakukan pengunjung adalah menikmati suguhan pemandangan Curug Cipamingkis yang menawan. Melihat hijaunya pemandangan dan pegunungan sekitar, dipadukan dengan debit air yang deras menjadi kegiatan yang dapat menenangkan jiwa dan pikiran.

Udara sejuk yang berhembus juga semakin menambah ketenangan yang akan membuat segala rasa penat hilang terhempas. Inilah yang menjadi alasan mengapa curug ini dipilih sebagai tujuan liburan untuk menghilangkan rasa penat akibat aktivitas harian. Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kota membuat udara yang berhembus lebih segar.

2. Bermain Air

Berkunjung ke Curug Cipamingkis tak akan lengkap jika belum mencicipi kesegaran air yang dapat menyeka penat di seluruh tubuh. Baik berendam atau hanya sekedar memasukkan kaki ke dalam kolam di bawah air terjunnya secara langsung menjadi hal yang wajib dilakukan. Jika ingin mendapatkan pengalaman baru, bisa bermain air di kolam terapi ikan.

BACA JUGA:  20 Makanan Khas Bogor yang Terkenal Lezat

3. Menjajal Kolam Terapi Ikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di air terjun ini terdapat sebuah wahana berupa kolam ikan terapi yang sangat recomended. Ikan ikan kecil di dalamnya akan memakan sel kulit mati pada kaki pengunjung yang dicelupkan ke dalam kolam. Rasakan sensasi pijatan ikan terapi yang akan membuang penat Anda jauh jauh.

Kegiatan Seru di Curug Cipamingkis
Image Credit: Facebook.com @ririnnyoyatoni.toni

4. Berkemah Atau Camping

Bagi para treveler pencinta alam, bercamping menjadi kegiatan wajib saat berlibur di wisata alam. Di Curug Cipamingkis, Anda dapat melakukan kegiatan camping pada sebuah lahan yang telah disiapkan oleh pihak pengelola. Menariknya, mereka juga menyediakan peralatan camping yang akan sangat berguna bagi para wisatawan.

5. Menyusuri Jembatan

Aktivitas selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dilakukan ialah menyusuri jembatan yang letaknya di antara pepohonan Pinus. Jembatan yang dibuat pada dasarnya bertujuan untuk menghubungkan satu titik dengan titik yang lain. Namun, kegiatan menyusuri jembatan patut Anda lakukan jika ingin melihat pemandangan dari atas ketinggian.

6. Berburu Foto Kekinian

Pihak pengelola wisata air terjun ini memang sengaja mendesain tempat tersebut dengan menambahkan banyak spot foto menarik. Tak hanya swafoto atau groufie berlatar belakang air terjun saja, latar lain seperti jembatan, pegunungan, dan rumah pohon juga dapat dijadikan background foto yang menarik.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cipamingkis Bogor

Fasilitas di Curug Cipamingkis Bogor
Image Credit: Google Maps (M. Wijaya)

Berbicara tentang fasilitas, Curug Cipamingkis merupakan wisata alam yang mendapat pengelolaan terbaik dengan adanya kelengkapan sarana dan prasarana di dalamnya. Ada begitu banyak fasilitas yang akan Anda dapatkan saat mengunjungi objek wisata ini. Mulai dari fasilitas dasar hingga tambahan semuanya tersedia secara lengkap.

Seperti tempat rekreasi pada umumnya, Curug Cipamingkis dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti toilet, mushola, area parkir luas, warung makanan, dan lain lain. Sementara fasilitas tambahannya berupa kolam ikan terapi, sewa hammock, villa atau penginapan, sewa peralatan camping, sewa matras, area camping, dan spot foto menarik.

Anda yang mulai lelah setelah menelusuri ruas curug bisa memanjakan diri dengan mencoba kolam ikan terapi. Anda pun juga bisa mengisi perut yang lapar dengan mencicipi berbagai sajian kuliner yang dijual di lokasi tersebut. Soal harga, tak perlu risau. Sebagian besar gerai kuliner di wisata ini merupakan miliki penduduk setempat. Jadi harga tiap porsi makanannya sangat wajar.

Berbicara tentang Bogor tak melulu membahas tentang Puncak. Ada begitu banyak destinasi wisata unik dan keren di Kota Bogor yang layak untuk dikunjungi. Sebagai contoh Curug Cipamingkis. Wisata alam yang berpadu dengan fasilitas modern ini selalu mengundang perhatian para wisatawan. Anda yang datang ke Bogor, jangan lupa melipir ke air terjun Cipamingkis ini.