Curug Ciomas, Menikmati Keindahan Air Terjun & Batu Tebing Eksotis di Bogor

Curug Ciomas, Menikmati Keindahan Air Terjun & Batu Tebing Eksotis di Bogor
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jonggol, Cikutamahi, Kec. Cariu, Kab. Bogor, Jawa Barat

Curug Ciomas merupakan salah satu objek wisata alternatif yang ada di Kabupaten Bogor. Tempat ini lumayan indah, kondisinya pun terkesan alami karena belum banyak terjamah tangan jahil manusia. Ini dikarenakan lokasinya yang berada di pedalaman hutan, perjalanan jauh pun wajib dilakukan jika ingin menikmati segala pesona curug atau air terjun ini.

Sebelum dijadikan objek wisata alam di Bogor, air terjun ini seringkali digunakan untuk tempat mandi warga sekitar. Fungsi sebenarnya adalah sebagai bendungan untuk mengairi sawah dan ladang penduduk sekitar. Berada di kaki Gunung Sanggabuana, suasana di sekitar curug ini sangat menyejukkan dengan pemandangan yang asri.

Selain bernama Curug Ciomas, air terjun ini dikenal dengan Green Canyon Cariu Bogor. Hal ini dikarenakan panorama alamnya hampir mirip dengan Green Canyon yang ada di Pangandaran. Selain itu, kejernihan airnya juga sama, dengan warna hijau yang permukaannya bening layaknya cermin dan diapit oleh tebing eksotis.

Daya Tarik Wisata Curug Ciomas

Daya Tarik Curug Ciomas
Photo by Google Maps Sarkiyah

Dilihat dari namanya yang terkesan sebuah wisata yang ada di Amerika, tentu di Indonesia kali ini memiliki berbagai daya tarik. Dengan alasan ini pula tidak sedikit wisatawan yang rela menempuh perjalanan jauh untuk menikmati keindahannya. Berikut adalah daya tarik Curug Ciomas yang dimaksud!

1. Keindahan Curug Ciomas

Air terjun di Bogor ini memang tidak terlau tinggi, namun dalam hal keindahannya tidak kalah dengan curug yang ada di tempat lain. Pertama dari suasana hijau yang mengelilingi lokasi. Wisatawan yang datang dapat merasakan bagaimana suasana di sini sangat sejuk. Pohon rindang yang ada di sekeliling lokasi bukan hanya memberikan pemandangan indah, namun juga eksotis.

Dikelilingi oleh hutan dengan kerapatan tanaman, sebagian akr pohon bahkan terlihat menjulur di sekeliling air terjun. Keindahan ini belum tentu didapatkan di tempat lain, terlebih kondisinya yang masih alami. Perjalanan jauh yang ditempuh untuk mengunjungi Curug Ciomas bisa jadi tidak terasa dengan keindahan alma di sekitarnya.

Pasalnya, ada banyak vegetasi hijau dari persawahan milik warga. Hamparan padi dan kebun berupa sayuran menjadi pemandangan yang berkesan dan tidak terlupakan. Sedikit memasuki kawasan hutan, pohon perdu memayungi setiap ayunan langkah. Suasana semakin ramai dengan adanya berbagai suara hewan, terutama burung dan serangga.

2. Batu Tebing Eksotis

Daya Tarik di Curug Ciomas
Photo by Google Maps Marko Marko

Meski keindahan alam sekitar sangat terlihat, namun Curug Ciomas lebih dikenal karena batuan tebing yang cukup eksotis. Oleh karena batu yang terbentuk alami inilah objek wisata yang ini dikenal dengan Green Canyon Cariu. Pemandangan cukup mengherankan tatkala batu tebing yang kokoh ternyata tidak mampu pertumbuhan tanaman di sekitarnya.

Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa akar tanaman yang menembus tebing menuju ke dasar sungai. Tidak sampai ke permukaan sungai, namun cukup mendekati. Ternyata pemandangan ini menambah eksotisme batu tebing yang membatasi air terjun, berikut sungai mengalir yang ada di bawahnya.

3. Air Sungai Jernih

Daya tarik Curug Ciomas berikutnya yakni air sungai yang jernih. Dengan batu tebing sebagai pembatas nya, sungai di sini semakin terlihat cantik. Permukaan yang jernih memancing setiap pengunjung untuk berenang. Kesegaran airnya dijamin mampu mengobati rasa lelah dari perjalanan jauh yang sebelumnya ditempuh.

Sungai yang menjadi tempat penampungan air dari curug ini tidak terlalu panjang, hanya sekitar 200 meter dengan lebar kira-kira 3 meter. Meski tidak terlalu panjang, namun untuk bentuknya sendiri menjadi salah satu daya tariknya. Dari atas tebing terlihat kelokan yang cantik, anggap saja seperti kelokan Sungai Amazon.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Curug Ciomas
Photo by Google Maps Syamsul Arifin

Curug Ciomas berada di Jonggol, Cikutamahi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota Bogor lumayan jauh, belum lagi tracking menuju lokasi. Tetapi ada jaminan bahwa perjuangan yang anda lakukan nantinya mendapat imbalan yang setimpal dengan pesona yang dimiliki.

Apabila start dari Alun-alun Bogor, anda wajib menempuh jarak sekitar 74 kilometer. Dengan jarak ini, artinya anda butuh waktu selama kurang lebih 1 jam 45 menit supaya tiba di lokasi. Rute terbaik yang dapat ditempuh yaitu melewati daerah Citeureup, kemudian melanjutkan perjalanan ke kawasan Cileungsi.

Supaya lebih mudah, gunakan Alun-alun Jonggol sebagai patokan rute selanjutnya. Silahkan menuju ke Pasar Cariu yang melintasi Jalan Raya Jonggol untuk rute berikutnya. check poin selanjutnya yakni menuju ke SMP 2 Cariu. Dari titik terakhir ini, jarak objek wisata tujuan sekitar 3 kilometer dengan melewati Jalan Mayor Oking.

Harga Tiket Masuk Curug Ciomas

Tiket Masuk di Curug Ciomas
Photo by Google Maps Zainal Mutakin

Tidak ada pengecualian, semua wisatawan yang mengunjungi Curug Ciomas wajib membayar tiket masuk. Bisa dikatakan bahwa biayanya sangat murah, mengingat daya tariknya yang cukup banyak dan eksotisme objek wisata ini. Cukup sediakan biaya sebesar 10.000 rupiah untuk satu orang, anda bebas masuk dan menikmati semua keindahannya.

Biaya lain yang dibutuhkan dari tiket parkir kendaraan, anggap saja sebagai jasa penitipan atau sewa lahan. Bagi yang membawa sepeda motor, retribusi parkir yang berlaku hingga saat ini sebesar 5.000 rupiah. Pengunjung yang membawa mobil diwajibkan membayar 8.000 rupiah. Curug cantik di Bogor ini dibuka setiap hari mulai pagi hingga sore menjelang petang.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Curug Ciomas
Photo by Google Maps Dedi Rahman

Selama mengunjungi Curug Ciomas, tidak kurang aktivitas yang dapat anda lakukan. Beberapa aktivitas terlihat sama dengan apa yang biasa dilakukan di air terjun pada umumnya. Namun untuk sensasi nya dijamin berbeda, dapat dikatakan jauh lebih seru.

1. Bermain Air

Selain ketinggiannya hanya beberapa meter, curug eksotis ini memiliki kolam yang jernih dan tidak terlalu dalam. Kolam ini menyatu dengan sungai yang ada di sebelahnya, aliran air pun langsung diteruskan ke sungai. Di sebelah kolam terdapat beberapa batu yang dapat dijadikan pijakan. Biasanya, pengunjung menggunakan batu tersebut sambil bermain air.

2. Berenang di Sungai

Aktivitas Menarik Dilakukan di Curug Ciomas
Photo by Google Maps March on Tuesday

Kedalaman sungai yang ada di Curug Ciomas sekitar 3 meter di bagian tengahnya. Bagi yang ahli berenang, aktivitas ini dipastikan sangat menarik. Bukan berenang di kolam seperti halnya air terjun pada umumnya. Namun berenang di sungai yang diapit ole batu tebing eksotis. Sensasi ini dijamin langka, sayang sekali jika menyia-nyiakan kesempatan.

Apabila anda termasuk tidak bisa berenang atau kurang ahli bukan berarti kehilangan sensasi unik ini. Pengelola menyediakan tempat penyewaan ban karet dan pelampung di sekitar curug. Dari keduanya, sangat disarankan menggunakan pelampung karena jauh lebih aman.

3. Lepaskan Beban dengan Lompat Tebing

Tidak cukup hanya bermain air atau berenang di Curug Ciomas? Ada satu lagi aktivitas yang dijamin seru, yakni lompat tebing atau cliff jumping. Sebagian batu tebing yang mengapit sungai memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Gunakan batu yang dimaksud sebagai pijakan untuk melompat di sungai sambil melepaskan beban hidup.

4. Foto Selfie

Aktivitas selanjutnya adalah foto selfie, atau yang juga dikenal dengan swafoto. Berbagai spot foto berlatar alam bisa anda dapatkan di sini. Contohnya hamparan sawah luas, kerapatan pohon dengan vegetasi hijaunya, dan yang pasti adalah air terjun itu sendiri. Bagi yang sedang lompat tebing, tidak ada salahnya selfie terlebih dahulu sebelum melompat.

Fasilitas Penunjang di Curug Ciomas

Fasilitas di Curug Ciomas
Photo by Google Maps Eko Wahono

Hingga saat ini, Curug Ciomas masih dikelola secara swadaya oleh warga sekitar. jadi bisa dikatakan tanpa adanya campur tangan pemerintah. Meski demikian, dalam hal fasilitasnya tergolong memadai. Ada tempat parkir dan toilet yang menunjang kebutuhan wisatawan. Curug ini tidak jauh dari mushola yang ada di sekitar pemukiman warga.

Mengunjungi sebuah tempat wisata hingga saat ini masih menjadi alternatif utama untuk mengisi waktu liburan. Memilih tempat yang cocok biasanya lebih sulit dari melakukan perjalanan. Curug Ciomas yang kita bahas kali ini adalah salah satu rekomendasi dari kami. Apabila anda tertarik setelah membaca ulasan selengkapnya, silahkan data berkunjung.