Curug Cimahi termasuk air terjun tertinggi dan eksotis di Bandung, Jawa Barat yang menarik dieksplor pesona alamnya. Dikenal sebagai air terjun pelangi karena diterangi lampu warna-warni berpadu keindahan alam yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Banyak yang berpendapat bahwa destinasi wisata di Bandung hanya berpusat di area Kota Bandung saja. Padahal kenyataannya, di Cimahi juga terdapat curug atau air terjun yang begitu mempesona. Bahkan saat dilihat dari sekian banyaknya curug di kota ini, destinasi inilah yang mendapat predikat sebagai air terjun tertinggi. Ingin tahu ulasan lengkap seputar Curug Cimahi? Berikut informasinya.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cimahi

Daya Tarik Curug Cimahi
Image Credit: Facebook.com @curugcimahii

Curug Cimahi atau yang sering disebut sebagai curug pelangi adalah tempat wisata yang cukup terkenal dan menjadi primadona bagi para wisatawan yang senang dengan panorama alam memanjakan mata. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kunjungan wisatawan yang berasal dari daerah Bandung dan juga beberapa daerah sekitarnya saat memasuki musim liburan.

Bahkan saat weekend atau libur nasional, pengunjung yang datang ke area wisata ini bisa mencapai ratusan wisatawan. Dimana mereka ingin menghabiskan waktu berlibur dengan bercengkrama bersama keluarga ataupun melakukan rangkaian aktivitas menarik yang berada di sekitar area curug.

Curug pelangi juga menawarkan daya tarik berupa keindahan kawasan curug yang alami dan tentunya objek air terjun yang memukau setiap orang yang datang ke area tersebut. Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, bahwa Curug Cimahi merupakan salah satu curug yang memiliki ukuran air terjun paling tinggi di kawasan Bandung, yakni sekitar 74 meter.

Apabila Anda memiliki waktu berlibur yang cukup panjang, disarankan untuk Anda bisa menginap di kawasan curug ini. Mengapa? Sebab ketika malam hari, Anda akan melihat keindahan curug dengan adanya hiasan bak lampu disko yang secara tidak langsung membuat airnya tampak berwarna.

Terlepas dari keindahannya, patut diketahui pula bahwa kawasan destinasi wisata ini terletak di tempat yang cukup tinggi, yaitu berkisar 1050 mdpl. Dengan begitu, suasana liburan Anda semakin menyenangkan karena dapat merasakan hawa dingin yang sangat sejuk. Adapun rata rata suhu dingin yang bisa Anda rasakan yakni berkisar 18 hingga 22 derajat celcius.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cimahi

Alamat Curug Cimahi
Image Credit: Google Maps (Tommy Dharmawan)

Salah satu destinasi wisata air yang berada di Jawa Barat ini berlokasi di Cisarua, Bandung Barat. Letak Curug Cimahi pun terbilang relatif dekat jika dibandingkan dengan objek wisata lainnya. Bagi Anda yang ingin membawa kendaraan pribadi, tidak perlu takut dengan aksesnya, sebab jalan menuju lokasi curug pun sudah cukup baik dan memadai.

Agar bisa sampai ke lokasi wisata yang menjanjikan ini, Anda bisa menggunakan beberapa jalur alternatif. Baik dari arah Cimahi, dari pusat Kota Bandung, ataupun dari arah Lembang. Namun salah satu akses yang terbilang cukup mudah yakni melalui jalur Lembang ke Parongpong yang satu arah dengan dusun Bambu

Rutenya mudah, Anda cukup menyusuri jalur tersebut hingga tiba di terminal angkot Cisarua yang berlokasi kurang lebih kisaran 1 kilometer sebelum memasuki pertigaan ke Dusun Bambu Bandung. Setelah itu, ikuti terus jalannya dengan berpatokan para Universitas Advent yang nanti akan Anda temui di pinggiran jalan.

Kemudian Anda akan melewati turunan, jembatan dan juga tanjakan. Setelah tanjakan inilah, gerbang Curug Cimahi sudah mulai terlihat. Yang mana pintu masuk dari destinasi wisata air terjun ini berlokasi persis di sebelah terminal angkot Cisarua dan juga di area pinggir jalan Kolonel Masturi.

Apabila memutuskan untuk menggunakan angkutan umum, Anda bisa menuju lokasi curug yang berada di Cisarua melalui angkutan kota jurusan Ledeng-Parongpong. Dari terminal Ledeng yang berada di Setiabudi, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum jurusan Parongpong-Padalarang yang jaraknya berkisaran 2 kilometer. Kemudian turun di terminal Cisarua.

Harga Tiket Masuk Curug Cimahi Bandung

Harga Tiket Curug Cimahi
Image Credit: Google Maps (Rokayah kayah)

Meskipun pemandangan alam dari curug sangat menjanjikan dan mampu memanjakan siapapun yang datang, namun harga tiket masuk yang harus dibayarkan oleh pengunjung tidaklah mahal, yakni berkisar 20 ribu per orangnya. Selanjutnya, untuk tarif parkir bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, yaitu kisaran 2 ribu untuk motor dan berkisar 15 ribu untuk mobil.

Sedangkan untuk jam operasionalnya, tempat berlibur yang satu ini berbeda dengan destinasi wisata lain yang umumnya akan tutup di sore hari. Namun jika Anda mengunjungi air terjun fenomenal ini, Anda dapat merasakan keindahannya mulai dari jam 7 pagi, hingga pukul 9 malam. Hal tersebut tentunya berkaitan dengan nyala pelangi air terjun yang dapat dinikmati di kala senja hingga masuk malam hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Cimahi

Aktivitas di Curug Cimahi
Image Credit: Twitter.com @situkangpoles

1. Menyusuri Jalur Trekking Ringan

Air terjun ini memang berada di lokasi yang tidak begitu jauh dari jalan raya. Namun, agar Anda bisa benar benar sampai di lokasi curug, harus terlebih dahulu menuruni tangga yang lumayan panjang. Bahkan perjalanan dari pintu masuk curug melewati tangga tersebut harus ditempuh dengan waktu kisaran 20 hingga 30 menit perjalanan.

Jadi Anda bisa membayangkan betapa jauh dan panjangnya perjalanan yang harus Anda lalui untuk dapat menikmati pesona air terjun fenomenal ini. Tapi tenang saja, sebab di beberapa titik sepanjang tangga telah disediakan shelter atau tempat istirahat yang dibuat khusus untuk wisatawan yang hendak berkunjung ke kawasan curug.

2. Puas Berenang di Kolam Air Terjun

Tidak akan sempurna rasanya jika wisatawan datang berkunjung ke curug tanpa sempat menikmati kesegaran air terjunnya. Dimana setelah Anda melalui jalur trekking yang melelahkan, Anda bisa langsung cuci muka sekaligus berenang di kolam curug yang terbuat secara alami dan persis berada di bawah air terjun.

Perlu diketahui pula, bahwa air dari Curug Cimahi ini berasal dari Situ Lembang yang kemudian mengalir untuk mengairi area Kota Cimahi. Dengan kesegaran air tersebut, Anda tidak perlu ragu lagi dengan kebersihan dan juga kesegaran air yang bisa Anda rasakan langsung jika datang ke kawasan air terjun ini.

3. Berburu Foto

Sudah bukan hal baru lagi apabila semua tempat wisata alam selalu menarik dan menggoda untuk dijadikan sebagai spot berfoto. Entah hanya memotret pemandangan alamnya, atau bisa juga dengan foto beramai ramai dengan rombongan teman ataupun sanak keluarga yang ikut menemani waktu liburan.

Meskipun di destinasi wisata ini tidak tersedia spot foto yang umumnya sengaja dibuat pada beberapa tempat wisata khusus foto, namun di tempat ini Anda akan tetap mendapatkan foto yang terlihat cantik. Tentu Anda terlebih dahulu harus mencari spot dan juga memilih tempat berfoto yang bagus dan berada di area sekitar curug.

Sebagai referensi berburug foto yang aplik, wisatawan bisa mengambil foto di sekitar objek air terjun. Anda bisa berfoto dengan latar belakang curug, atau bisa menggunakan latar belakang foto kawasan curug yang ditumbuhi oleh deretan aneka pepohonan hijau yang menyejukkan mata.

Aktivitas Curug Cimahi
Image Credit: Facebook.com @wisatalengkapcom

4. Piknik Sembari Menikmati Pemandangan Curug

Bagi wisatawan yang tidak tertarik untuk berenang , Anda bisa melakukan kegiatan lain yang tidak kalah menyenangkan. Yaitu dengan bersantai menikmati keindahan curug, sembari duduk beralaskan tikar pada area area yang rindang. Selain mendapatkan hawa yang sejuk, pemandangan curug juga bisa Anda nikmati untuk melepas penat.

Agar semakin nikmat lagi, jangan lupa untuk menyiapkan beberapa bungkus camilan ringan ataupun kue yang mudah dibawa. Selain itu, tambahkan pula dengan sajian kopi atau teh hangat sebagai teman bersantai. Dengan begitu, dijamin waktu berlibur di Curug Cimahi menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

5. Bertemu Satwa Liar

Destinasi wisata air ini memang cukup dikenal sebagai habitat dari satwa liar seperti monyet. Pada beberapa waktu tertentu, wisatawan yang datang berkunjung bisa melihat secara langsung sekelompok satwa liar yang bergelantungan di pohon besar yang dekat dengan kawasan curug.

Bahkan jika beruntung, wisatawan pun bisa berinteraksi langsung dengan satwa liar ini. Namun sebelum melakukannya, wajib juga diperhatikan bahwa ada beberapa peraturan yang dikeluarkan oleh pihak pengelola. Diantaranya seperti wisatawan yang tidak boleh memberikan makanan sembarangan kepada satwa liar.

Penginapan Murah Dekat dari Curug Cimahi

Penginapan Curug Cimahi
Image Credit: Tiket.com

Wisatawan yang berasal dari daerah yang cukup jauh dari Bandung, bisa menginap di sekitar lokasi Curug Cimahi. Di antaranya seperti Villa Air Natural Resort yang berjarak tidak jauh dari curug, yakni berkisar 0.64 kilometer. Di penginapan ini, Anda sudah bisa menikmati villa yang dilengkapi dengan gazebo serta kolam kecil yang menenangkan dengan suara gemericik yang merelaksasi.

Setiap villa memiliki tiga kamar tidur, dua kamar mandi, satu dapur, dan juga ruang tamu yang didekorasi dengan mengusung konsep ala rumah Jepang. Adapun fasilitas lainnya yang bisa Anda rasakan yaitu restoran, kedai kopi, kolam renang khusu untuk anak, tempat olahraga tenis, dan juga ruangan pijat. Hanya menggocek kisaran harga 2 juta, Anda sudah bisa menikmati Villa Air Natural Resort.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cimahi Bandung

Fasilitas Curug Cimahi
Image Credit: Google Maps (Indra Pratama)

Fasilitas umum yang disediakan pada di kawasan ini pun sudah terbilang lengkap dan sangat memadai. Bagi wisatawan yang lupa membawa bekal, Anda bisa mampir mengisi perut di beberapa warung yang dekat dengan lokasi curug. Selain itu, ada pula tempat istirahat yang cukup luas untuk Anda yang lelah setelah seharian beraktivitas di Curug Cimahi.

Tidak perlu khawatir dengan kamar kecil serta mushollanya, pasalnya secara umum fasilitas tersebut sudah cukup terawat dan bersih. Selain itu, kondisi air yang bisa digunakan oleh wisatawan pun jernih. Hal ini ditandai dengan banyaknya capung jarum dan juga kupu kupu yang biasanya dijadikan sebagai parameter tingkat kesehatan air di satu tempat tertentu.

Untuk wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, di sana sudah disediakan pula tempat parkir yang cukup luas dan berada di area dekat gerbang masuk wisata Curug Cimahi. Karena saat ini area curug sudah dikembangkan, alhasil sudah terdapat penambahan beberapa dek untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana sejuk di sekitar lokasi wisata.

Demikian beberapa ulasan menarik yang ditawarkan oleh destinasi wisata yang berada di kawasan Bandung, yaitu Curug Cimahi. Karena keindahan dan fasilitasnya yang lengkap, tentu Anda bisa mengajak keluarga maupun kerabat dekat untuk turut serta menikmati liburan menyenangkan dengan pesona alam yang menjanjikan ini.