Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Puncak-Gadog No.KM.15, Cisarua, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat

Curug Cilember memang menjadi salah satu dari sederet wisata alam yang cukup populer di Bogor. Berbagai pesona alam yang luar biasa tersaji di kawasan air terjun yang satu ini. Tak ayal jika curug indah di Bogor ini menjadi tujuan utama wisata alam bagi para pelancong dari berbagai penjuru tanah air. Sebab, curug ini memiliki keunikan yang menawan dengan jumlah 7 air terjun.

Dalam satu kawasan, anda bisa sekaligus menikmati keindahan dari curug yang berkontur unik. Plus, pengunjung juga akan disajikan dengan mitos yang kental di kalangan warga sekitar. Dipercayai, bagi siapa saja yang mandi di air tersebut akan mendapatkan manfaat awet muda. Penasaran dengan keseruan berlibur di Curug Cilember Bogor, bukan? Cek di sini!

Daya Tarik Wisata Curug Cilember

Daya Tarik Curug Cilember
Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

1. Memiliki Trek yang Menantang

Salah satu daya tarik yang bisa anda temukan di kawasan air terjun ini yaitu suasana yang sejuk dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Hal ini karena lokasi wisata berlokasi di hutan yang cukup lebat. Tak mengherankan jika curug ini memiliki area yang sangat alami dan belum banyak terjamah oleh tangan tangan manusia.

Mengingat lokasinya yang sedikit masuk ke hutan, hal ini juga membuat akses jalan menuju curug lebih sulit. Akan tetapi, inilah yang membuat tempat wisata Curug Cilember begitu menarik untuk dikunjungi. Para wisatawan menyukai fenomena alam yang begitu menawan. Pasalnya, di lokasi wisata ini pengunjung bisa mendapatkan ketenangan jiwa dari udara segar.

2. Memiliki Pesona Alam yang Begitu Memukau

Pesona keindahan alam yang ada di kawasan wisata curug ini bisa dibilang cukup memukau dan tidak akan mengecewakan para pengunjung. Dengan deretan pepohonan hijau yang lebat, tentu tidak akan mengecewakan siapa saja yang datang ke lokasi wisata ini. Pemandangan yang sangat indah dan cantik ini menjadi pilihan yang sangat disukai para pelancong.

Tidak hanya indah, tetapi tempat ini juga akan menawarkan berbagai daya tarik yang tidak bisa ditemukan di kawasan wisata lainnya. Salah satu yang mampu memikat hati para wisatawan yaitu pemandangan alam yang begitu memukau. Tak ayal jika Curug Cilember menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi para travelers.

3. Tersedia Wahana Jembatan Cinta

Daya tarik selanjutnya akan anda temukan di kawasan yang satu ini adalah wahana berupa Jembatan Cinta yang begitu menarik. Namanya yang unik ini diberikan bukan tanpa alasan yang jelas. Sebab, jembatan ini memiliki bentuk yang sangat menarik untuk jembatan gantung yang menawan.

Selain itu, sesuai dengan nama yang melekat pada jembatan ini, maka tak jarang para pasangan menjadikan latar belakang yang epik. Banyak couple yang sengaja datang ke sini untuk mengabadikan momen bersama ketika mengunjungi wisata air terjun ini. Hasil fotonya pun juga akan lebih menarik dengan background jembatan yang menyatu dengan alam.

Daya Tarik Wisata Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (Melfeyadin Channel)

4. Terdapat 7 Curug

Yang membuat wisata Curug Cilember begitu menarik untuk dikunjungi adalah keberadaan curug yang terpisah menjadi tujuh bagian. Semakin tinggi lokasi curug, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan yang memukau. Tetapi untuk menikmatinya, anda akan dihadapkan dengan trek yang cukup susah.

Untuk mencapainya, memang membutuhkan effort atau usaha yang begitu besar. Sayangnya, kebanyakan pengunjung hanya mampu menaiki air terjun pada level 5 saja karena akses yang cukup melelahkan. Tetapi tak usah khawatir, di level yang satu ini anda sudah disuguhkan dengan pemandangan yang begitu memukau.

Di curug yang paling bawah memiliki akses yang paling mudah untuk dijangkau karena lokasinya yang sangat dekat dengan pintu masuk. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang biasa berkumpul di area tersebut untuk menikmati berbagai keindahan yang ditawarkan di kawasan air terjun ini untuk menenangkan diri.

Apalagi bagi anda yang ingin suasana damai dan sepi, ada baiknya naik sampai ke curug level 5 agar menemukan ketenangan. Aksesnya pun terbilang cukup mudah dan tidak begitu susah. Ketika sampai di lokasi, pengunjung akan disuguhi dengan suasana yang sangat mendamaikan hati bagi siapa pun yang mengunjunginya.

5. Penangkaran Kupu Kupu

Selain menawarkan pesona alam yang indah, Curug Cilember ini juga memiliki spot yang terbilang cukup bermanfaat untuk membantu wisatawan mempelajari beberapa spesies hewan. Salah satu yang paling ikonik di kawasan wisata ini yaitu area penangkaran kupu-kupu. Di area tersebut, wisatawan dapat mengenal berbagai jenis kupu kupu yang dikembangbiakkan pihak pengelola.

Perlu diketahui, di area penangkaran tersebut para wisatawan bisa dengan bebas melihat bagaimana kupu kupu dikembangbiakkan. Selain itu, kawasan yang satu ini menjadi tempat yang terbilang sangat edukatif untuk memperluas pengetahuan bagi pengunjung yang masih anak anak. Pengunjung bisa belajar mengenai siklus dari kupu kupu dari awalan sampai akhir.

Ketika mengunjungi kawasan ini, maka anda tidak perlu khawatir tidak paham dengan berbagai informasi mengenai kupu kupu. Pasalnya, akan ada petugas ramah yang siap sedia dalam menjelaskan proses metamorfosis itu kepada anak. Seluruh proses akan dijelaskan dengan detail yang jelas sambil menggunakan bahasa sederhana yang tentunya mudah dimengerti.

6. Taman Cinta

Ternyata, ada pesona lainnya yang bisa ditemukan di kawasan curug yang satu ini. Anda bisa menemukan Jembatan Cinta. Sarana ini akan anda temukan sebelum melewati Jembatan Cinta yang cukup unik. Di kawasan taman ini, pengunjung akan menemukan beberapa bunga yang disusun sedemikian rupa sampai akhirnya membentuk hati.

Mengingat bentuknya yang lucu, tak ayal jika tempat ini pun menjadi spot terbaik yang paling dilirik oleh para pengunjung bersama. Khususnya bagi mereka yang membawa pasangannya masing masing. Selain indah, taman ini juga memiliki ciri khas yang cukup unik yaitu dengan papan ucapan yang penuh oleh tulisan kata kata manis penuh perasaan.

7. Mitos yang Menarik di Kawasan Wisata Alam

Selain menarik karena keindahan alam yang begitu menawan, tempat ini juga terkenal dengan cerita mitosnya. Bisa dikatakan, Curug Cilember ini terkenal dengan adanya mitos yang beredar. Berdasarkan cerita warga setempat, curug ini menjadi tempat pemandian putri kerajaan Pasundan yang memiliki paras jelita.

Bahkan sampai akhir hayatnya, putri cantik tersebut tetap menggunakan tempat ini sebagai salah satu lokasi untuk pemandiannya. Karena kisah tersebut, banyak wisatawan yang meyakini jika cuci muka atau mandi di air terjun akan memperoleh keuntungan tersendiri yaitu kulit mulus awet muda. Tak hanya itu saja, ada juga yang percaya jika mandi di sini akan menemukan jodoh sejati.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Curug

Alamat Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (Fachri Microlearning)

Untuk menjangkau air terjun cantik ini, maka lokasinya tak sulit untuk ditemukan. Bahkan para pengunjung dari luar daerah pun akan cepat menemukan destinasi wisata yang satu ini. Lokasi curug ini tepat berada di Desa Cilember yang berada di Puncak Bogor. Jika masih kebingungan, maka bisa menemukan lokasi dengan bantuan peta digital.

Untuk rutenya sendiri, pengunjung bisa memulai perjalanan dari pusat kota Bogor menggunakan kendaraan pribadi ke arah Puncak Bogor. Setelah itu, lanjutkan rute perjalanan menuju ke Taman Matahari agar sampai ke lokasi dengan tepat. Jangan lupa untuk berhati hati, sebab trek jalan ini bisa dikatakan tidak mudah.

Ragam Ativitas yang Menarik Dilakukan di Curug Cilember

Ativitas Menarik di Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (ARIF ALFAUZY)

1. Mandi di Curug

Jika mengunjungi lokasi air terjun, maka kurang lengkap rasanya jika tak mencoba kesegaran air khas pegunungan. Air yang mengalir di air terjun ini bisa dibilang sangat jernih dan juga segar. Bagi wisatawan yang sudah merasa lelah setelah melewati perjalanan yang panjang menuju tempat ini, maka mandi di curug menjadi pilihan yang sangat pas.

Ketika menyeburkan ke air yang begitu sejuk ini, maka dengan mudah mengembalikan kondisi tubuh segar seperti sedia kala. Air yang mengalir di Curug Cilember ini juga memiliki suhu yang cukup rendah, sehingga sangat segar jika digunakan untuk melepas penat. Dengan air yang sejuk, maka memberikan sensasi sendiri bagi pengunjung yang datang ke lokasi wisata satu ini.

Terlepas dari mitos yang beredar, air curug ini memang mempunyai kualitas air yang begitu bagus. Pasalnya, air dari curug ini berasal dari mata air pegunungan yang tentunya masih segar. Mandi atau sekedar bermain di dalam air tersebut tentu mampu membuat anda lebih merasa rileks dalam menghilangkan beban pikiran saat berlibur.

2. Menjelajahi Keindahan Curug

Seperti yang sudah diketahui, tempat ini memiliki beberapa curug dengan lokasi yang terpencar pencar. Ada sekitar 7 curug yang bisa anda kunjungi ketika berada di kawasan wisata ini. Namun, setiap curug tersebut memiliki tantangan tersendiri agar tiba dengan selamat di air terjun tersebut.

Jika anda termasuk salah satu pengunjung yang merasa tertantang untuk menaklukan semua curug sampai di puncaknya, sama bisa melakukan aktivitas yang satu ini. Anda bisa dengan leluasa untuk menjelajah curug sampai ke lokasi yang sulit dijangkau. Dengan begitu, anda bisa merasakan sensasi tersendiri ketika berlibur di Curug Cilember.

Ketika menjelajah curug ini, maka anda tak perlu khawatir tersesat. Pasalnya, anda bisa mendapatkan bantuan dari pemandu dalam membimbing anda untuk mencapai puncak yang paling tinggi. Meskipun cukup menantang adrenalin, tetapi anda akan disuguhi dengan pesona alam yang begitu memukau.

3. Bermain Flying Fox

Kegiatan menarik lainnya yang dapat anda lakukan di air terjun yang satu ini yaitu menikmati wahana outbound. Ada beberapa fasilitas outbond yang disediakan oleh pihak pengelola. Tetapi satu yang cukup populer di kalangan pengunjung yaitu wahana berupa flying fox. Di sini, anda bisa menantang adrenalin dari ketinggian sambil melihat pesona alam dari ketinggian.

Ativitas di Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (Aris Fadillah)

4. Camping di Kawasan Air Terjun

Tidak hanya mencoba wahana seru atau menikmati pemandangan saja, wisatawan yang datang pun dapat melakukan perkemahan di kawasan Curug Cilember. Pihak pengelola sudah menyediakan lahan yang luasnya cukup signifikan untuk dibangun beberapa tenda dalam ukuran yang bisa dibilang bervariasi.

Dari segi keamanannya, maka tak usah khawatir dan cemas. Pasalnya, pihak pengelola sudah menjamin dari segi safety. Tak jarang, para pengunjung menggunakan area camping tersebut untuk tempat beristirahat dengan spot menyatu dengan alam. Selain itu, area ini juga sering digunakan bagi pelajar yang sedang melakukan kegiatan perkemahan.

5. Berburu Fotografi di Kawasan Curug Cilember

Mengunjungi suatu destinasi wisata kurang afdol rasanya apabila tidak mengabadikan momen bersama ketika mengunjungi air terjun cantik di Bogor. Pasalnya, ada berbagai spot yang memiliki background pemandangan yang menakjubkan. Tak jarang, para pengunjung melakukan pemotretan di lokasi wisata yang sangat memukau.

6. Bersantai Bawah Pohon Pinus

Di tempat wisata ini anda juga bisa menemukan berbagai pohon pinus yang menjulang cukup tinggi. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan lokasi wisata ini begitu sejuk dan segar. Untuk itu, pengunjung bisa dengan leluasa untuk duduk santai di bawah pohon pinus sambil menikmati pemandangan alam sekitarnya yang begitu menawan.

7. Trekking

Seperti yang sudah diketahui, lokasi curug ini memiliki trek yang sulit dicapai. Sebagai solusinya, anda bisa melakukan trekking atau berjalan kaki dari parkiran menuju curug. Ada baiknya jika menggunakan alas kaki yang nyaman untuk menunjang perjalanan anda agar tiba dengan selamat. Hal ini juga akan menghindarkan dari terpeleset oleh jalan yang licin.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Lokasi Air Terjun

Fasilitas di Lokasi Air Terjun
Image Credit: Google Maps (N AlRawahi)

Seperti halnya dengan wisata populer yang ada di Jawa Barat, Curug Cilember pun sudah memiliki sederet fasilitas yang begitu memadai. Hal ini telah dipersiapkan oleh pihak pengelola demi menunjang berbagai macam kegiatan seru ketika berada di lokasi wisata air terjun yang cukup unik dan menarik.

Pengunjung sudah bisa dengan leluasa untuk menggunakan fasilitas umum seperti area parkir, tempat ibadah, jalan setapak, kamar mandi, beserta petunjuk jalan yang mempermudah akses jalan untuk menjelajah kawasan wisata. Selain itu, bagi Anda yang ingin beristirahat, maka bangku bangku yang ada di taman.

Setelah lelah menghabiskan waktu di kawasan air terjun, maka tidak perlu khawatir jika merasa kelaparan. Pasalnya, pihak pengelola sudah melengkapinya dengan beberapa warung makan yang menjual beberapa kuliner khas daerah Bogor atau Jawa Barat dan sekitarnya. Tentu, hidangan yang disajikan tersebut mampu membuat wisatawan merasa kenyang.

Tips Berkunjung ke Curug Cilember Bogor

Tips ke Curug Cilember
Image Credit: Instagram.com @ecedoank

Sebelum mengunjungi wisata alam yang satu ini, ada beberapa tips dan triks yang bisa anda terapkan. Hal ini penting dilakukan, mengingat lokasi wisata berada di kawasan alam terbuka. Jadi, sebisa mungkin hindari mengunjungi lokasi wisata alam pada saat iklim sedang tidak bersahabat atau sedang musim hujan.

Sebagai saran, anda harus merencanakan perjalanan dengan melihat perkiraan cuaca dengan baik. Selain itu, persiapan barang barang pribadi juga cukup penting ketika mengunjungi lokasi ini. Ada baiknya jika anda menyiapkan baju ganti, peralatan kesehatan, sampai dengan item yang mampu membantu menunjang kebutuhan ketika di perjalanan nantinya.

Tips berikutnya, anda tak boleh lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen berharga di kawasan curug. Anda bisa menyiapkan kamera maupun ponsel yang memiliki kamera yang cukup baik. Tak ketinggalan, persiapkan baterai cadangan ketika membawa kamera. Pasalnya, akan ada banyak spot menarik yang bisa anda temukan di kawasan ini untuk memenuhi kamera.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat anda ketahui mengenai Curug Cilember di Bogor. Destinasi wisata yang satu ini memang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi ketika berlibur. Degan sederet pesona alam yang memukau beserta fasilitasnya yang lengkap, maka sangat cocok dijadikan referensi destinasi wisata alam untuk melepas penat.