Curug Cileat salah satu objek wisata alam yang menawan di Cisalak, Subang. Air terjun tertinggi di tengah hutan berpadu tebing nan eksotis dalam kawasan Gunung Canggah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibogo, Kec. Cisalak, Kab. Subang, Jawa Barat.

Bagi para pelancong yang suka petualangan, Subang bisa menjadi destinasi yang tepat untuk berwisata. Salah satu wisata alam yang dapat Anda kunjungi yaitu Curug Cileat yang merupakan air terjun tertinggi di Subang. Bukan hanya suguhan air terjunnya yang menawan, tapi juga pengalaman menyatu dengan alam menjadi daya tarik tersendiri yang bagi para pengunjung yang datang. Namun, untuk menjangkau lokasi tersebut, Anda harus melewati trek yang tidak mudah. Seperti apa keseruan wisata air terjun ini? Simak di sini!

Daya Tarik Wisata Curug Cileat Cisalak

Daya Tarik Curug Cileat Cisalak
Image Credit: Instagram.com @hedikroy

Selain menyuguhkan keindahan alam yang begitu menawan, ternyata Curug Cileat memiliki cerita unik dibaliknya. Perlu diketahui, nama Cileat ini berasal dari cerita turun temurun yang beredar di masyarakat sekitar mengenai perlombaan dari dua orang pangeran. Keduanya disebut sebut berlomba untuk menuju laut dengan berlawanan arah yaitu selatan dan utara.

Pangeran pertama berlari ke utara dan terpeleset atau tiporeat, sehingga tiba lebih dahulu di laut. Sedangkan pangeran kedua mengarah ke selatan dan menyebabkan kesedihan atau pundung. Hal inilah yang menjadi cikal bakal nama Cileat (dari Tiporeat). Sedangkan pundung menjadi asal usul dari nama Sungai Cikapundung.

Menjadi salah satu kekayaan alam di Subang, air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang begitu eksotis. Air terjun destinasi wisata alam ini mengalir di dinding tebing uang dikelilingi oleh rimbunnya hutan. Meskipun menjadi salah satu air terjun tertinggi di Subang, tetapi masih banyak wisatawan yang belum mengenal lokasi wisata yang satu ini.

Karena lokasinya yang berada di tengah hutan, maka para pengunjung harus melewati jalur yang cukup memacu adrenalin. Sehingga, para pemula tidak dianjurkan untuk datang ke kawasan wisata Curug Cileat. Trek yang harus dilewati tidak mudah dan kurang bersahabat. Bahkan wisatawan akan menemui jalan tanah yang begitu terjal dengan kontur yang bergam.

Rute pertama, wisatawan akan melewati jalur yang bisa dikatakan lumayan aman yaitu jalan setapak. Sedangkan ada lagi jalur kedua berupa persawahan yang biasanya digunakan warga setempat untuk bertani. Jalur ini tidak begitu jelas, sehingga pengunjung membutuhkan pemandu lokal untuk sampai ke lokasi tujuan. Namun, rute kedua ini menawarkan jalur yang lebih cepat sampai.

Daya Tarik Curug Cileat
Image Credit: Instagram.com @diluarjam_kuliah

Mengingat lokasinya yang begitu terjal, maka waktu tempuh yang dibutuhkan agar sampai ke lokasi air terjun berkisar 2 jam. Namun saat perjalanan, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan indah dan lukisan hamparan terasering yang masih asri. Bahkan ketika perjalanan, Anda juga akan menemukan pos pos peristirahatan bagi pengunjung yang merasa lelah.

Setibanya di lokasi tujuan, Anda akan disambut dengan pemandangan menawan dari air terjun. Yang lebih menarik, Anda akan disuguhkan dengan ketinggian air terjun menakjubkan. Selain itu, panorama sekitar Curug Cileat begitu menawan dengan lanskap tebing setinggi lebih dari 100 meter.

Keunikan lainnya yang bisa Anda temukan ketika berada di lokasi ini yaitu papan yang bertuliskan A(t)stronaut. Tulisan tersebut merupakan singkatan kreatif yang dibuat pihak pengelola. Artinya sendiri dikenal dengan Air Terjun Sejuta Tetesan Rinai dan Oksigen Untuk Terapi. Pasalnya, air terjun tersebut dipercaya mendatangkan kesehatan tubuh.

Selain air terjun yang meluncur dari ketinggian 100 meter, wisatawan juga bisa melihat keindahan alam sekitar. Terdapat pemandangan menawan dari pohon pohon yang ada di sekitar lokasi Curug ini. Tak hanya itu saja, di bawah aliran sungai terdapat bebatuan besar berwarna hitam dengan bentuk unik.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Curug Cileat

Alamat Curug Cileat
Image Credit:  Google Maps (Muhammad Nur Baharudin)

Destinasi wisata yang satu ini berada di tengah hutan Gunung Canggah yang tepatnya di Kampung Cibogo, Kabupaten Subang. Jika ingin ke lokasi wisata yang satu ini, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Pasalnya, tidak ada kendaraan umum yang melintasi objek wisata Curug Cileat.

Wisatawan yang datang hanya bisa menjangkau destinasi air terjun di Subang ini dengan berjalan kaki atau hiking. Kendaraan yang digunakan harus diparkir di lahan yang sudah disediakan oleh warga sekitar. Jangan khawatir soal aksesnya, sebab jalan menuju kawasan wisata sudah cukup baik. Namun, jalan setapak menuju air terjun bisa dibilang cukup sempit dan licin ketika hujan.

Layaknya objek wisata air terjun lainnya, curug ini memiliki jam buka selama 24 jam dan dibuka bagi umum. Sedangkan untuk tiket masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan biaya yang cukup terjangkau. Namun perlu diketahui, harga tiket lokasi wisata ini sewaktu waktu bisa berubah, terutama pada musim liburan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Cileat

Aktivitas di Curug Cileat
Image Credit: Google Maps (Myshop martin)

1. Menikmati Jalur Hiking yang Menantang

Perlu diketahui, bahwa lokasi Curug Cileat ini berada di dalam hutan dan membutuhkan sekitar 2 jam untuk sampai ke air terjun. Akses jalan yang akan dilalui juga cukup terjal dengan jalanan setapak. Tak heran jika kawasan ini menjadi salah satu lokasi terfavorit bagi pecinta adrenalin yang hobi hiking. Jadi, para pemula tidak dianjurkan untuk mencoba trek yang satu ini.

Saat sudah dekat dengan air terjun, para wisatawan harus menempuh jalan yang cukup terjal. Pasalnya di area kanan kiri terdapat deretan bukit dan pepohonan yang memenuhi pemandangan di sepanjang jalan. Jika sedang hujan, maka pengunjung disarankan untuk lebih berhati hati karena trek jalan setapak bisa sangat licin.

2. Bermain Air di Sekitar Kawasan Curug Cileat

Ketika mengunjungi Cileat, tidak jarang Anda menemui banyak wisatawan yang menikmati sejuknya air terjun curug. Hanya dengan berdiri di bawah air terjun, pengunjung sudah bisa merasakan segarnya aliran air yang jatuh. Tentu kegiatan tersebut menjadi keseruan tersendiri ketika menikmati waktu berlibur di wisata alam yang menawan.

Tidak hanya itu saja, banyak wisatawan yang juga menikmati dinginnya air sambil berendam dan juga sambil bermain air di bawah pancuran air terjun. Perlu diketahui juga, jika kawasan ini memiliki batas aman yang harus dipatuhi. Sebab, ada banyak bebatuan dan debit air yang bisa melonjak kapan saja dan dapat membahayakan keselamatan pengunjung yang datang.

3. Terapi Dengan Air

Selain bermain-main dengan air, air terjun ini dipercayai memiliki sumber air yang masih murni. Selain itu, banyak warga yang beranggapan jika air di Curug ini mampu membuat kulit menjadi lebih sehat. Selain itu, warga sekitar juga meyakini jika air tersebut memiliki kandungan baik yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Aktivitas Curug Cileat
Image Credit: Google Maps (Metta Lily Lie Li Hoa)

4. Melakukan Camping di Alam Terbuka

Sejak memasuki kawasan air terjun, pengunjung akan disambut dengan hawa yang cukup dingin. Pasalnya, curug yang satu ini berada di tengah tengah hutan. Belum lagi dengan sejuknya pepohonan dua sekitar air terjun yang menjulang tinggi, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan eksotis beserta lahan luas yang biasa digunakan untuk camping ground.

Meskipun di kawasan Curug Cileat dikelilingi oleh pepohonan yang menjulang tinggi, namun cahaya matahari masih mampu menembus celah dedaunan. Tak ayal jika pecinta adrenalin, menjadikan kawasan wisata alam ini sebagai tempat perkemahan bersama teman dekat. Selain itu, bermalam di lokasi wisata ini juga memberikan keleluasaan untuk menjelajah keindahan curug ini.

5. Mengabadikan Momen dengan Latar Pemandangan

Sudah bukan hal yang baru lagi jika semua tempat wisata alam selalu menarik bagi para wisatawan untuk berfoto. Para pengunjung selalu menjadikan pemandangan alam sebagai salah satu spot terbaik untuk mengabadikan momen berharga ketika berada di lokasi wisata alam. Hal ini tentunya akan menambah rasa bahagia tersendiri ketika mengunjungi Curug Cileat yang menawan.

Meskipun tidak tersedia tempat untuk berfoto secara khusus, namun Anda bisa memilih banyak spot menarik dari keindahan alam sekitar. Misalnya saja mengambil banyak foto di sekitar air terjun secara puas. Kemudian, pengunjung bisa menjadikan curug sebagai latar belakang yang menawan dengan deretan pepohonan hijau yang memanjakan mata sebagai tangkapan layar.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Curug Cileat Subang

Fasilitas Curug Cileat Subang
Image Credit: Google Maps (Echo Jadoel)

Mengingat lokasinya yang jauh berada di tengah hutan, tak heran jika fasilitas yang ada dua dalamnya tidak banyak. Bahkan, fasilitas parkir yang disediakan pun hanya mampu menampung beberapa kendaraan roda dua dan sejumlah kendaraan roda empat. Jadi, ada baiknya untuk mempertimbangkan kendaraan yang digunakan ketika ingin berwisata ke Curug Cileat.

Di sepanjang jalan, Anda akan menemukan sebuah mushola yang nyaman untuk digunakan beribadah bagi pengunjung yang Islam. Selain itu, ada juga warung warung kecil di beberapa titik untuk digunakan beristirahat. Sementara itu, fasilitas toilet atau kamar mandi masih belum tersedia di sekitar curug untuk menunjang para pengunjung. Namun, sudah ada bale atau bilik peristirahatan.

Itulah beberapa ulasan menarik yang ditawarkan oleh destinasi alam yang berada di Subang, Jawa Barat yaitu Curug Cileat. Dengan keindahan alam menawan dan trek menantang, tak heran jika para wisatawan kerap menjadikan lokasi wisata ini untuk memacu adrenalin. Tentu liburan akan semakin seru jika datang bersama kerabat atau teman dekat untuk menikmati pesona alam tersebut.