Harga Tiket: Rp 17.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Subang, Jawa Barat.

Anda punya rencana untuk berwisata ke Jawa Barat? Jangan lupa untuk mengunjungi Curug Cijalu yang berada di Subang. Di wisata air ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang luar biasa indah dan udara yang sangat sejuk. Suasana seperti ini sangat cocok untuk berlibur bersama orang tercinta dan refreshing dari agenda pekerjaan yang padat. Yuk simak ulasan lengkapnya!

Sekilas Tentang Curug Cijalu

Tentang Curug Cijalu
Image Credit: Instagram.com @jameskancil12

Curug Cijalu merupakan salah satu destinasi wisata alam yang bisa Anda kunjungi di Subang. Tempat wisata ini selalu ramai pengunjung, terlebih saat hari libur tiba. Pasalnya, air terjun ini sangat cocok untuk menyegarkan badan dan pikiran karena memiliki suasana yang sangat sejuk dan panorama alam yang indah.

Hal ini juga didukung dengan kondisi geografis Subang yang secara umum terbagi menjadi tiga kawasan. Kawasan utara berupa dataran rendah yang langsung menghadap ke Laut Jawa dan kawasan selatan merupakan pegunungan atau dataran tinggi. sementara itu, kawasan tengah terdiri dari dataran yang sebagian besar diisi dengan perkebunan.

Selain banyak perkebunan, baik milik rakyat atau milik negara, kawasan Subang juga memiliki banyak hutan dan lokasi wisata Curug Cijalu. Air terjun ini sendiri termasuk ke dalam wilayah Cagar Alam Gunung Burangrang. Oleh sebab itu, tidak heran jika lokasi ini memiliki udara yang sangat sejuk dan segar.

Selain itu, didukung pula dengan pemandangan berupa pepohonan yang masih sangat rindang. Jalur yang perlu Anda lewati untuk mencapai lokasi curug pun terbilang sangat mudah meskipun tidak berupa jalan beraspal. Namun, sudah ada jalan bebatuan yang disediakan agar para pengunjung dapat mencapai lokasi air terjun dengan mudah.

Daya Tarik Wisata Curug Cijalu

Daya Tarik Wisata Curug Cijalu
Image Credit: Instagram.com @cijalu_resort

1. Mitos yang Melegenda

Salah satu curug yang ada di Subang ini ternyata juga memiliki kisah yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Dulunya, curug ini bernama Curug Cikondang yang kemudian berganti nama menjadi Curug Cijalu setelah didatangi oleh seorang pendekar yang sakti. Kata curug memiliki arti air terjun, ci adalah aliran air, dan jalu adalah laki-laki.

Keberadaan curug lain yang lebih kecil dan diberi nama Curug Putri juga masih dikaitkan dengan curug ini. Menurut kisah yang beredar, Curug Putri dan Cijalu disebut sebagai sepasang kekasih. Dengan demikian, muncul sebuah mitos jika seorang pengunjung yang masih jomblo mandi di curug ini, maka jodohnya akan segera datang.

Mitos ini kemudian menjadi salah satu daya tariknya, dan tidak sedikit pengunjung yang ingin menguji kebenaran mitos tersebut. Namun, terlepas dari benar atau tidaknya, curug ini memang memiliki pemandangan alam yang indah dan udara yang segar, sehingga sangat cocok untuk Anda kunjungi sebagai destinasi wisata alam.

2. Pemandangan yang Indah

Terletak di kawasan pegunungan menjadikan Curug Cijalu Subang memiliki sajian pemandangan alam yang luar biasa. Anda akan disuguhi dengan jejeran pohon yang hijau dan rindang serta suasana yang masih sangat alami dan terjaga. Pemandangan alam yang indah memang tidak bisa dibandingkan dengan buatan manusia.

3. Udara yang Sejuk dan Bersih

Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, curug di Subang ini juga memiliki kualitas udara yang bersih dan sangat sejuk. Oleh karena itu, banyak pengunjung dari kota yang ingin merasakan nikmatnya udara sejuk di curug ini. Kualitas udara yang baik ini tentunya juga didukung oleh letak yang masih sangat alami dan terjaga keasriannya.

Saat berkunjung ke sini, Anda bisa merasakan udara yang baik dan bisa menyegarkan tubuh Anda. Tempat wisata yang semacam ini memang sangat direkomendasikan untuk Anda yang sering sibuk dengan hiruk-pikuk kota, sehingga perlu melakukan refreshing dengan wisata alam yang segar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Alamat Wisata
Image Credit: Google Maps (Indra Hutagalung)

Curug Cijalu berlokasi di Desa Cipancar, Serangpanjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat dan terletak di kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang. Letak dari curug ini juga berada di tapal perbatasan antara Subang dan Purwakarta di bagian barat – selatan. Anda bisa menempuh rute dari Subang, Purwakarta, maupun Bandung.

Jika Anda berangkat dari Bandung, maka Anda perlu menyusuri jarak sejauh 63 kilometer. Untuk yang berangkat dari Subang, jarak yang ditempuh sejauh 37 kilometer dan dari Purwakarta sejauh 40 kilometer ke arah selatan. Seluruh perjalanan bisa dimulai dari pusat kota Subang dan Anda akan melewati situs Wanayasa.

Setelah bertemu dengan pertigaan, Anda bisa belok ke kiri dan akan melewati Pasar Wanayasa serta Alun-Alun. Lanjutkan perjalanan Anda hingga tiba di kawasan Serangpanjang, kemudian belok kanan dan Anda akan tiba di gapura Curug Cijalu. Di gapura ini, Anda akan diminta untuk membayar tiket masuk dan akan menyusuri jalan desa sejauh 3 kilometer.

Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi dengan pemandangan desa yang masih asri dan suasana khas pedesaan yang damai. Tidak hanya itu, di sepanjang jalan juga terdapat perkebunan teh yang menghijau. Sesampainya di area parkiran, Anda masih harus berjalan kaki sekitar 300 meter melalui jalan berbatu dan disuguhi dengan pemandangan alam yang asri.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug

Harga Tiket Wisata Curug
Image Credit: Google Maps (Ria Arini D.J.)

Sebelum berkunjung ke Curug Cijalu, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu berapa tiket masuk dan tiket masuk kendaraan. Tiket masuk untuk setiap orang sebesar Rp 17.500,00. Untuk tiket masuk kendaraannya berbeda-beda dan terbagi menjadi mobil mini, mobil truk, bus, motor dengan 1 orang, dan motor dengan 2 orang.

Tiket kendaraan untuk mobil mini sebesar Rp 5.000,00 dan untuk mobil truk sebesar Rp 10.000,00. Sementara itu, bus dikenai tiket kendaraan sebesar Rp 15.000,00. Untuk motor dengan 1 orang sebesar Rp 20.000,00 dan untuk 2 orang sebesar Rp 35.000,00. Curug cantik di Subang ini buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 07.30 WIB hingga 17.00 WIB.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Cijalu

Aktivitas Menarik di Curug Cijalu
Image Credit: Instagram.com @hafizprat

1. Bermain Air

Salah satu aktivitas yang wajib untuk dilakukan ketika berkunjung ke curug adalah bermain air. Bahkan, mungkin Anda juga perlu untuk membawa baju ganti supaya bisa lebih leluasa untuk berenang dan berendam di kolam air terjun. Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk bermain air karena air di sini sangat segar dan berasal dari mata air pegunungan yang alami.

Namun, sebelumnya pastikan jika Anda tahan dengan udara dingin karena suhu air di Curug Cijalu ini terbilang dingin. Jadi, jangan sampai badan Anda menggigil karena tidak kuat dengan suhu air curug yang dingin. Di bagian bawah curug terdapat kolam yang cukup luas dan memiliki kedalaman yang berbeda. Semakin dengan curug, kedalamannya akan semakin dalam.

Untuk itu, awasi anak Anda jika Anda berkunjung ke sini membawa anak supaya tidak tenggelam di kolam curug yang dalam. Jika Anda ingin merasakan berendam di curug ini, pastikan membawa baju ganti supaya Anda tidak kedinginan. Namun, banyak juga pengunjung yang memilih untuk merendam kakinya ke dalam kolam.

2. Berkunjung ke Curug Putri

Selain Cijalu, di sekitar kawasan ini juga terdapat sebuah curug yang disebut dengan Curug Putri. Warga sekitar sering menyebutnya dengan Curug Cibuntu dan terletak sekitar 100 meter dari area parkir. Pengunjung yang datang ke lokasi ini biasanya juga mampir ke curug yang hanya setinggi 30 meter ini.

Selain air terjunnya tidak setinggi Cijalu, kolam air di Curug Putri juga lebih kecil. Akan tetapi, pemandangan di sekitar curug tidak kalah bagusnya dengan curug satu ini. Banyak pepohonan rindang yang hijau dan udara yang segar, sehingga banyak orang yang berkunjung ke curug ini untuk bersantai sejenak.

Aktivitas di Curug Cijalu
Image Credit: Facebook.com @siti.rusmiyati.37

3. Camping

Kegiatan yang satu ini wajib untuk Anda lakukan jika Anda suka dengan kegiatan camping di alam terbuka. Di sekitar wilayah Curug Cijalu juga terdapat camping ground yang bisa Anda manfaatkan untuk mendirikan tenda. Letaknya tidak jauh dari pintu masuk curug dan berada di sepanjang jalan menuju air terjun.

Dengan camping di sini, Anda akan menikmati hamparan pemandangan alam pohon pinus yang banyak tumbuh di sekitar area camping. Saat malam hari, suasana di sini juga tidak kalah indahnya, ditambah dengan udara yang segar dan sejuk. Tidak heran jika banyak pengunjung yang tertarik untuk melakukan camping dan menikmati menginap di sekitar curug ini.

Untuk bisa camping di sini, Anda akan diminta untuk membayar biaya sebesar Rp 20.500,00 sangat terjangkau, bukan? Untuk itu, jika Anda datang dengan teman-teman anda, jangan sampai kelewatan kesempatan untuk bisa camping di sekitar Curug Cijalu dengan udara yang segar pemandangan yang indah.

4. Berburu Spot Foto

Saat berkunjung, mengabadikan momen melalui jepretan kamera adalah hal yang wajib Anda lakukan. Di sepanjang jalan menuju lokasi wisata pun Anda sudah disajikan dengan pemandangan alam yang indah berupa perkebunan teh dan pepohonan yang rindang. Panorama alam juga tidak kalah indahnya di sekitar air terjun ini.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cijalu Subang

Fasilitas di Curug Cijalu Subang
Image Credit: Google Maps (Kaira n sabrina)

Fasilitas yang tersedia di Curug Cijalu tergolong sudah cukup lengkap untuk kebutuhan para pengunjungnya. Di sini sudah tersedia toilet yang bisa Anda gunakan ketika ingin buang air kecil. Selain itu juga ada mushala yang disediakan untuk penganut agama Islam yang ingin beribadah. Bagi Anda yang lupa tidak membawa bekal, di Kawasan wisata sudah banyak warung makanan dan minuman.

Menariknya lagi, tersedia juga toko souvenir yang menyediakan oleh-oleh yang unik untuk Anda bawa pulang. Selain dapat menikmati pemandangan curug yang indah, Anda juga bisa melakukan camping di sini karena sudah disediakan camping ground. Apabila Anda ingin camping, maka Anda bisa menghubungi pengelola untuk melakukan konfirmasi lebih lanjut.

Curug Cijalu bisa menjadi destinasi wisata alam di Subang yang cocok untuk Anda dan orang-orang tercinta. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini dan dapat menyegarkan badan. Udara yang sejuk dan segar serta pemandangan alam yang indah sangat mendukung kenyamanan wisata Anda selama di sini. Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke sini?