Pemandangan alam yang memanjakan mata dan membuat rileks tentu bisa dijadikan tujuan liburan yang menyenangkan. Curug Ciherang salah satu wisata air terjun bertingkat di Bogor yang dikelilingi babatuan dan hutan yang rindang.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sirnajaya, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Apabila Anda sedang berwisata ke Bogor yang terletak di Jawa Barat, tidak lengkap tanpa mengunjungi kawasan wisata air terjun Curug Ciherang yang memiliki pemandangan alam yang indah dan mampu memanjakan mata. Mengajak sanak saudara ke air terjun ini adalah solusi yang tepat untuk melepas penat. Ingin tahu keindahannya? Simak ulasannya berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ciherang

Daya Tarik Curug Ciherang
Image Credit: Google Maps (Waladona Setyo Widagdo)

Air terjun Ciherang terletak pada ketinggian 900 mdpl dengan menawarkan udara sejuk dari pegunungan. Melewati tempat ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam seperti hutan dan juga pegunungan hijau yang bisa membuat mata menjadi segar kembali.

Objek utama dari tempat wisata ini adalah curug atau air terjun yang memiliki tinggi sekitar 30 meter. Dengan debit air yang terbilang cukup deras untuk kategori air terjun. Pada bawah curug, Anda bisa bermain air ataupun berenang bersama teman atau keluarga. Tidak perlu khawatir dengan kebersihannya, pasalnya curug ini sangat bersih dan juga alami.

Supaya bisa menikmati keindahan air terjun, Anda diharuskan menempuh rute jalan setapak dengan waktu kurang lebih 15 menit jika dihitung sejak Anda berada di Gerbang Curug Ciherang. Dengan perjalanan yang cukup melelahkan, tentu akan terbayarkan dengan hijaunya pemandangan khas rimbunan jejeran pohon yang berada di tengah hutan.

Bentuk dari air terjun ini ada beberapa undakan batuan yang terbentuk secara alami dan bukan dibentuk atau dibuat sendiri oleh tangan manusia. Adanya aliran debit air yang deras Anda harus menyiapkan diri untuk terkena basah kuyup dari cipratan air curug ini dengan jarak yang cukup dekat.

Bermain air adalah cara yang paling mengasyikkan untuk menikmati air terjun Curug Ciherang Bogor. Namun perlu diperhatikan juga untuk selalu berhati hati karena batu yang Anda pijak bersifat licin dan berlumut. Ukuran batu yang terdapat pada kawasan ini pun bermacam macam, mulai dari bebatuan yang besar hingga batuan kecil.

Ada cerita unik tersendiri dari objek wisata alam di Bogor ini. Konon, jika Anda membasuh muka menggunakan air dari kembaran Curug Ciherang yaitu Curug Cipamingkis, Anda bisa segera mendapatkan jodoh. Diketahui mitos ini sudah sangat terkenal bagi warga sekitaran kota Bogor. Jadi tidak heran apabila banyak para pemuda yang mengunjungi curug ini karena mempercayai mitos yang beredar.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah Dekat Kebun Raya Bogor Dengan Fasilitas Terbaik

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Ciherang

Alamat Curug Ciherang
Image Credit: Google Maps (Mu’adz Mukhadasin)

Wisata air terjun ini berada di sepanjang jalur alternatif Puncak, Sukamakmur Kota Bunga Cipanas. Bagi Anda yang berasal dari kota Jakarta, tempat wisata ini bisa dicapai dengan berkendara yang membutuhkan waktu kisaran 3 jam. Akses jalanan yang Anda lalui juga cenderung melewati jalan besar dan mulus tidak berbatu.

Sebenarnya belum ada angkutan umum yang bisa langsung ke lokasi air terjun, maka dari itu disarankan untuk Anda para wisatawan untuk naik kendaraan pribadi ataupun menyewa mobil. Jika memang Anda diharuskan untuk menggunakan angkutan umum, memang tidak bisa sampai ke lokasi curug dan diharuskan beberapa kali ganti angkutan umumnya.

Misalkan saja dari Stasiun Bogor ke Curug Ciherang bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan 01 Cipinang Gading. Lalu Anda bisa turun di jalan Sukasari Toko Sepatu Milano. Kemudian dilanjutkan dengan angkot 02A jurusan Cisarua. Pada angkot terakhir hanya sampai kawasan Cisarua, untuk melanjutkan ke air terjun Anda bisa sewa ojek motor ataupun kendaraan sewa yang disediakan.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi dan datang dari Jakarta atau Depok, Anda bisa melewati jalur dari daerah Cibinong. Selanjutnya melewati carrefour dan menemukan jembatan atau flyover. Setelah itu Anda mengambil jalur naik ke flyover kemudian menuju ke jalan Ry Mayor Oking Jayaatmaja. Apabila sudah sampai daerah Citeureup, kemudian dilanjutkan ke Cipanas kemudian Jonggol.

Wisatawan yang dari arah Bandung, bisa melewati jalan Cibogo-Ciranjang. Setelah itu melewati jalan Cinangsi-Cibogo lalu melewati SPBU Cinangsi. Jika Anda sudah melewati SPBU Cinangsi, Anda hanya perlu untuk mengikuti petunjuk arah untuk mencapai hingga ke daerah Jonggol kemudian memasuki area air terjun.

Harga Tiket dan Jam Operasional Curug Ciherang Bogor

Harga Tiket Curug Ciherang
Image Credit: Google Maps (sartoni Indaka)

Harga tiket masuk yang wajib Anda bayarkan sebelum menikmati keindahan Curug Ciherang Bogor yaitu seharga kisaran 20 ribu per orang. Bagi Anda yang membawa kendaraan beroda dua atau motor, bisa membayar biaya parkir yang dipatok harga kisaran 15 ribu. Sedangkan untuk kendaraan roda 4 dikenakan biaya kisaran 25 ribu.

Bagi Anda wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun eksotis ini, Anda bisa datang ke tempat ini dengan mengetahui jam operasional wisata air terjun terpopuler ini. Menurut informasi, jam buka kawasan wisata yaitu pada pukul 7 pagi, dan akan ditutup pada pukul 6 sore.

BACA JUGA:  Indahnya Curug Nangka, Air Terjun Unik di Bogor

Spot yang Menarik Dijelajahi di Curug Ciherang

Spot Menarik di Curug Ciherang
Image Credit: Google Maps (Himawan Haryanto)

1. Rumah Pohon

Kegiatan yang bisa Anda nikmati ketika berada di Curug Ciherang, yaitu dengan menaiki rumah pohon yang sangat indah. Anda juga bisa berfoto bersama sanak keluarga ataupun teman terdekat yang ikut menikmati liburan bersama di kawasan wisata air terjun Ciherang.

Rumah pohon ini terbilang unik karena dibangun tidak hanya pada bagian sebuah pohon dengan ukuran raksasa. Tapi juga berada pada tebing jurang yang memiliki ketinggian yang sangat dalam. Untuk menuju rumah pohon juga diberikan trek perjalanan yang cukup aman dan tidak membahayakan bagi para wisatawan yang hendak menikmati keindahan rumah pohon.

Dengan berada di rumah pohon, wisatawan bisa menikmati indahnya alam dari ketinggian. Pada bahan dasar pembuatan rumah pohon ini menggunakan bahan kayu. Pewarnaannya pun juga unik karena menggunakan warna merah yang cantik. Adanya kesan eksotis akan Anda rasakan ketika adanya kabut tipis yang mulai turun.

Pemandangan yang disajikan sangat cocok untuk Anda yang senang dengan dunia fotografi. Pasalnya tempat ini memberikan kesan yang sangat instagramable. Berfoto berdua bersama pasangan juga merupakan solusi yang tepat untuk bisa mengabadikan momen berdua dengan pasangan.

2. Jembatan Gantung

Jika tidak memiliki phobia ketinggian, Anda wajib menaiki jembatan gantung yang indah ini. Banyak wisatawan yang menjadikan jembatan gantung sebagai tempat berfoto ria yang bisa diunggah pada sosial media sehingga banyak orang yang penasaran sehingga mengunjungi tempat wisata air terjun yang indah ini.

Ketika akhir pekan ataupun musim liburan telah tiba, tidak jarang pengunjung yang ingin menikmati jembatan gantung harus mengantri terlebih dahulu sebelum bisa berfoto disana. Agar bisa menikmatinya, Anda cukup menggocek biaya yang sangat murah, yaitu membayar biaya 2 ribu per orangnya.

3. Sewa Kostum Ala Korea Selatan

Pasti tren ini sudah tidak asing lagi untuk Anda para pecinta drama korea. Dimana baju Hanbok adalah baju tradisi ala Korea Selatan yang memiliki desain yang unik dan cantik. Sangat cocok untuk digunakan oleh para wanita dari semua kalangan. Jika Anda berkunjung di Curug Ciherang, Anda bisa menyewa baju Hanbok ini untuk digunakan sebagai kostum berfoto ria.

Pakaian tradisional Korea yang saat ini banyak diminati oleh anak muda, memiliki ciri khasnya tersendiri. Maka tidak heran banyak wisatawan yang menggunakan kostum ini bersama dengan teman teman sebagai kostum foto yang unik. Hanbok juga bisa menambah nilai estetika dari hasil foto yang menarik ditambah latar belakang foto area persawahan indah.

4. Kolam Renang

Meskipun wisata air, namun Curug Ciherang Bogor juga menyediakan kolam renang dengan desain yang rupawan dilengkapi spot kapal. Berenang pada kolam renang ini sangatlah menyenangkan terlebih Anda bisa menyaksikan langsung pemandangan indah dari alam sekitar. Diantaranya seperti perbukitan serta gunung gunung hijau.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah Dekat Taman Safari Bogor Dengan Fasilitas Terbaik

Supaya Anda bisa berenang dengan suguhan pemandangan alam yang memanjakan mata, Anda bisa menggunakan paket masuk kolam renang. Dengan biaya kisaran 35 ribu, yang mana harga ini sudah termasuk tiket masuk wisata curug ini dan juga tiket masuk untuk berenang di kolam renang yang ciamik ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Curug Ciherang Bogor

Fasilitas di Curug Ciherang Bogor
Image Credit: Google Maps (ihsan Sadiq)

Dalam setiap tempat wisata pasti memiliki fasilitas yang ditawarkan untuk bisa memudahkan para pengunjung. Anda tidak perlu khawatir juga ketika mengunjungi tempat ini, pasalnya ada disediakan kamar bilas, dan kamar ganti untuk Anda yang ingin membersihkan diri selepas bermain air.

Adapun fasilitas seperti toilet umum yang bersih serta area parkir yang cukup luas. Untuk Anda yang ingin melakukan ibadah, juga disediakan mushola yang bersih dan nyaman untuk digunakan. Jika ingin duduk santai menikmati pemandangan, Anda juga bisa menempati gazebo yang sudah tersedia.

Buat wisatawan yang tidak membawa bekal ketika berwisata, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat banyak pedagang makanan serta minuman yang akan ditemui. Di sarankan Anda untuk membawa uang tunai lebih sebagai upaya untuk berjaga jaga apabila Anda ingin membeli makanan ringan sebagai cemilan bersantai bersama keluarga ataupun orang terdekat.

Penginapan Murah Terdekat dari Curug Ciherang

Penginapan Terdekat Curug Ciherang
Image Credit: Travel.tribunnews.com

Merasa tempat wisata ini cukup jauh dengan mengendarai kendaraan pribadi, terkadang membuat beberapa orang merasa kelelahan. Jika Anda termasuk, kawasan wisata ini juga menyediakan tempat untuk menginap. karena terdapat beberapa penginapan yang letaknya dekat dengan Curug Ciherang Bogor ini.

Ada beberapa homestay, villa, hotel, serta bungalow yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menghabiskan malam setelah melakukan kegiatan berwisata di air terjun. Biaya penginapan yang ditawarkan juga sesuai dengan pemandangan yang diberikan. Anda hanya perlu menyediakan biaya sebesar 100 ribu hingga 1 juta per malamnya.

Terlepas dari itu, biasanya banyak juga wisatawan yang membawa tenda untuk menginap. Dimana pada kawasan ini disediakan juga area yang cukup luas untuk membangun tenda atau kemah. Bagi wisatawan yang berjiwa petualang, Anda dapat menginap menggunakan tenda yang terbuka.

Itu dia beberapa ulasan lengkap seputar tempat wisata air Curug Ciherang Bogor yang bisa menjadi agenda wisata Anda bersama dengan saudara ataupun teman terdekat. Untuk mengunjungi objek wisata ini, disarankan untuk dikunjungi pada waktu musim kemarau. Sebab debit air curug tidak terlalu deras dan tanah juga tidak terlalu becek.