Curug Cigentis salah satu air terjun terindah di Karawang, Jawa Barat yang layak untuk dieksplor. Curug menawan di antara bebatuan dan di tengah hutan rindang menawarkan beragam aktivitas seru.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Tidak hanya terkenal dengan kawasan industri, Karawang memiliki banyak destinasi wisata alam yang patut untuk dikunjungi. Keindahan alam di kabupaten ini dapat memikat banyak hati wisatawan yang datang. Salah satu objek wisata paling populer adalah Curug Cigentis.

Curug Cigentis yang sejuk membuat tempat wisata ini banyak dijadikan pengunjung untuk tempat merilekskan pikiran dari hiruk pikuk kota Karawang. Banyak juga yang pergi ke air terjun indah ini beramai-ramai bersama teman maupun keluarga untuk menghabiskan masa liburannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cigentis

Daya Tarik Curug Cigentis
Image Credit: Google Maps (Fathur Azhari)

Wisata alam ini terletak di bawah kawasan Gunung Sanggabuwana yang memiliki suasana alam sejuk dan asri. Tempat wisata ala mini termasuk destinasi paling populer di Karawang, tidak heran apabila selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Kecantikan alamnya yang masih alami dan terjaga membuat banyak pecinta alam berbondong-bondong mengunjunginya.

Pepohonan yang rindang dan warna daun hijau membuat suasana di Curug Cigentis terasa sangat sejuk dan menenangkan. Banyak pengunjung pergi ke tempat ini untuk sekedar melepas rasa penat dan menghirup udara segarnya. Tak hanya itu, kejernihan air yang mengalir membuat banyak pengunjung betah bermain-main air di sepanjang alur air terjun.

Kawasan ini tidak hanya menyediakan pemandangan alam yang masih alami dan asri, melainkan fasilitas lain juga dibangun untuk mendukung kepuasan para pengunjung yang berwisata ke Curug Cigentis. Terdapat banyak spot foto keren yang bisa Anda jadikan background foto bersama teman-teman dan keluarga yang Anda ajak berlibur kesini.

Daya tarik curug ini cukup banyak dan berhasil membuat para wisatawan dari Karawang maupun luar kota rela untuk pergi mengunjungi curug ini. Salah satu daya tarik yang tidak banyak ditemui pada curug lainnya adalah panorama sekitar air terjun yang dikelilingi banyak tanaman paku hijau. Membuat pemandangan curug semakin terlihat alami dan sangat memukau.

Tak hanya itu bebatuan di sekitar air terjun membuatnya terkesan begitu asri dan menampakkan suasana menenangkan bagi pengunjung. Air bersih yang mengalir dari air terjun bisa dinikmati oleh pengunjung ditemani pemandangan pepohonan rindang di sekitarnya. Nuansa nyaman dan tentram didukung dengan banyaknya kicauan burung yang sering terdengar di sekitar curug.

BACA JUGA:  Candi Jiwa, Candi Tertua Peninggalan Kerajaan Tarumanegara di Karawang

Untuk sampai kawasan Curug Cigentis ini Anda harus berjuang melewati perjalanan yang tidak mudah. Pasalnya untuk sampai di lokasi air terjun Anda harus berjalan kaki melewati berbagai medan yang curam. Bahkan masih ada jalan yang terhalang oleh semak-semak, menambah kesan menantang bagi semua pengunjungnya. Sehingga Anda harus menyiapkan mental dan stamina terlebih dahulu.

Terlepas dari melewati akses jalan yang sedikit membutuhkan tenaga, hal tersebut dapat menjadi momen yang menyenangkan untuk dilalui bersama teman-teman maupun keluarga. Anda bisa merasakan petualangan berjalan di kawasan pegunungan yang masih asri dan alami. Sehingga selama perjalanan tidak akan terlalu melelahkan karena Anda bisa menikmati suasana alamnya.

Daya tarik lainnya dari objek wisata ala mini adalah adanya warung dan tempat makan di sekitar Curug Cigentis yang menyediakan banyak menu menarik dan pastinya lezat. Anda bisa menikmati kuliner sembari menikmati suasana alam yang sejuk dan mempesona. Kebanyakan makanan yang ditemui disini adalah makanan khas sunda.

Air terjun ini juga memiliki spot foto yang menarik untuk para wisatawan yang ingin berbagi liburannya disini. Berbagai sudur dan latar belakang dari curug yang menawan dengan hijauan pohon maupun batuan membuatnya tampak cantik untuk dibagikan ke sosial media. Anda bisa mencari berbagai spot foto unik di berbagai sudut sekitar curug ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cigentis

Alamat Curug Cigentis
Image Credit: Google Maps (Bagus Sutomo)

Air terjun indah ini berlokasi di Desa Mekar Buana Kecamatan Tegalwaru, dimana hanya berjarak 44 km dari pusat Kota Karawang. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Tempat Tersebut merupakan lokasi yang cukup strategis untuk bisa dikunjungi. Sehingga tak heran apabila wisatawan luar kota dapat dengan mudah pergi kesana.

Bahkan Anda bisa melewati jalur alternatif bagi pengunjung dari Jakarta maupun Bekasi. Anda bisa melewati daerah Cibubur dan melanjutkan perjalanan ke daerah Cariu menuju ke Pasar Loji. Bagi pengunjung yang berasal dari depok, jalur alternatif bisa melalui Cileungsi dan Jonggol. Saat melewati jalur alternatif Anda akan lebih cepat sampai ke kawasan Curug Cigentis.

Untuk daerah Karawang sendiri, ada rute cepat yang bisa dilewati untuk menuju ke tempat wisata ini. Dari kota Karawang masuk ke Jalan Cikampek menuju ke pintu tol kantor Asper ke Parakan Badak mengambil jalur ke Desa Jayanti. Setelah itu Anda bisa memarkirkan kendaraan untuk kemudian menyelasar kawasan Curug dengan jalan kaki karena aksesnya terbilang curam dan tidak bisa dijangkau kendaraan.

Kondisi rute yang cukup curam dan banyak bebatuan licin, pengunjung dihimbau untuk selalu hati-hati dan menggunakan sepatu yang tepat saat mengunjungi Curug Cigentis. Tak hanya perlengkapan pakaian dan berhati-hati, akan lebih baik apabila Anda juga mengamati kondisi cuaca terlebih dahulu. Sebaiknya berkunjung ke air terjun ini disaat cuaca dengan cerah atau tidak hujan.

BACA JUGA:  Pantai Tanjung Pakis, Objek Wisata Bahari Favorit di Karawang

Harga Tiket Masuk Curug Cigentis Karawang

Harga Tiket Curug Cigentis
Image Credit: Google Maps (Ceng Chiang)

Menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Karawang, tak membuat harga tiket masuk destinasi ini melonjak mahal. Harga tiket terbilang cukup terjangkau untuk pengunjung dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga tidak perlu khawatir mengenai besaran biaya masuknya. Anda bisa menikmati keindahan alam disini tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Harga tiket masuk pada hari biasa dengan hari akhir pekan memiliki perbedaan. Pada hari biasa tarik yang dikenakan pada tiket masuk berkisar 15 ribu, sedangkan saat akhir pekan atau masa liburan tiket masuk berkisar 20 ribu per orangnya. Untuk biaya parkir kendaraan sendiri, motor dikenakan sekitar 5 ribu dan mobil dikenakan biaya parkir sebesar 7 ribu saja.

Harga tersebut sangat terjangkau dan bersahabat mengingat tempat wisata ini telah menyediakan banyak fasilitas yang memadai untuk menunjang keamanan dan kenyamanan pengunjung. Sehingga Anda bisa berlibur dengan tenang dan nyaman untuk menikmati pemandangan alam maupun bermain air terjun yang jernih. Harga tiket tersebut bisa berubah tergantung kebijakan pihak terkait.

Mengenai jam operasional dari tempat wisata Curug Cigentis ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Banyak yang berkunjung pada malam hari untuk melakukan camping maupun kegiatan lainnya. Namun selama hari senin hingga minggu, wisata ini akan lebih ramai dikunjungi di akhir pekan, tidak heran apabila terdapat perbedaan harga di hari biasa dan akhir pekan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Cigentis

Aktivitas Menarik di Curug Cigentis
Image Credit: Google Maps (Muhyar Sutarma)

1. Bermain Air di Curug

Kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan selama di Curug Cigentis adalah bermain air di bawah curug maupun di sepanjang alur air mengalir. Tentu saja kegiatan ini menjadi hal utama yang seharusnya Anda lakukan saat berkunjung ke tempat wisata ini. Air jernih dari Curug Cigentis terasa sejuk, terlebih ditemani dengan rindangnya pepohonan sekitar dan bebatuan yang eksotis.

Hal tersebut membuat suasana bermain air bersama teman-teman maupun keluarga terasa sangat menyenangkan. Banyak dari pengunjung merasa betah selama berendam atau hanya bermain di pinggiran air mengalirnya. Didukung dengan udara yang sejuk dan kicauan burung, hal ini membuat wisatawan merasakan ketenangan dan betah berlama lama disini.

2. Berburu Foto

Memiliki sudut-sudut yang terlihat menawan dan mengesankan, kawasan wisata ala mini juga menjadi incaran para hunters foto. Ada banyak pemuda pemudi yang hunting foto dengan latar belakang air terjun dari Curug Cigentis. Didukung dengan batuannya yang eksotis, pemandangan alam disini cukup memukau dan sangat cantik untuk dibagikan ke sosial media.

BACA JUGA:  10 Mall di Karawang yang Paling Populer

Pastikan pada saat mengunjungi tempat ini dalam kondisi cuaca yang cerah. Sehingga hasil foto yang didapatkan akan terlihat bagus. Tidak hanya itu, ketika berkunjung ke air terjun dalam kondisi cuaca yang buruk membuat akses menuju ke tempat ini akan lebih berbahaya. Akan lebih baik apabila mempersiapkan perjalanan jauh-jauh hari dan sudah mengamati kondisi cuacanya juga.

Aktivitas di Curug Cigentis
Image Credit: Google Maps (MG Channel)

3. Camping

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan di Curug Cigentis adalah melakukan kegiatan camping. Pihak pengelola memberikan izin dan menyediakan kawasan yang aman untuk para pengunjung yang berencana camping disini. Anda bisa menyiapkan alat-alat camping dari rumah dan memastikan bahwa barang-barang penting untuk camping tidak ada yang ketinggalan.

Keamanan dari kawasan ini sudah pasti terjaga dengan baik oleh pihak terkait, sehingga Anda bisa melakukan kegiatan camping di kawasan ini. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan dilakukan bersama sama dengan teman maupun keluarga. Anda bisa menikmati suasana malam hari dan pagi hari dengan pesona air terjun yang sejuk dan mempesona.

4. Wisata Kuliner

Anda juga bisa melakukan wisata kuliner disini, ada beberapa fasilitas warung makan dan restoran di sekitar Curug Cigentis. Anda bisa menyantap berbagai menu makanan unik yang disediakan sembari melihat pemandangan alam sekitar. Umumnya, menu yang ditawarkan disini adalah makanan sunda. Sehingga Anda tidak perlu khawatir merasa kelaparan selama berwisata disini.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cigentis Karawang

Fasilitas di Curug Cigentis
Image Credit: Google Maps (Fredy Sr)

Fasilitas yang disediakan di Curug Cigentis cukup lengkap dan dapat digunakan untuk keperluan dari para pengunjung. Salah satu fasilitas umum yang telah dibangun di kawasan ini adalah kamar mandi, mushola, kamar ganti dan area parkir. Anda bisa menggunakannya dengan bebas selama berada di kawasan tersebut. Tidak hanya itu keamanan dan kebersihan dari fasilitas juga dijaga dengan baik.

Oleh sebab itu, akan lebih baik sebagai pengunjung juga ikut menjaga kebersihan dengan tidak merusak fasilitas umum dan membuang sampah tidak secara sembarangan. Namun tidak hanya itu, Curug Cigentis juga memiliki fasilitas lain seperti beberapa arena bermain anak dan spot foto.

Kenyamanan dan rasa puas pengunjung adalah prioritas dibangunnya fasilitas disini. Sehingga pihak terkait akan terus melakukan pembangunan fasilitas-fasilitas baru untuk menunjang kepuasan pelanggan selama mengunjungi air terjun ini. Tidak hanya itu, semua fasilitas disini dijaga dan dirawat dengan baik, sehingga pengunjung dapat menggunakannya dengan baik.

Itulah beberapa hal menarik mengenai Curug Cigentis di Karawang. Ada banyak pesona dan daya tarik yang dimiliki, membuat banyak pecinta alam memasukkan air terjun indah ini ke dalam list tempat wisata yang wajib dikunjungi. Bagi Anda yang berada di Karawang, tempat wisata ini adalah objek wisata yang populer, sehingga wajib untuk Anda kunjungi.