Curug Cigamea salah satu objek wisata alam yang unik di Pamijahan Bogor, Jawa Barat. Air terjun kembar ini masing-masing memiliki ketinggian 30 dan 50 meter, dikelilingi pegunugan hijau, nuansa alam yang masih alami dan dekat kawasan Gunung Salak Endah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kota Bogor, Jawa Barat.

Saat berbicara terkait dengan tujuan wisata, pasti ada saja tempat menarik di area Bogor yang harus masuk ke dalam list wisata bersama keluarga ataupun teman terdekat. Meskipun terkenal dengan wisata puncaknya, wisatawan juga wajib menikmati spot air terjun di Curug Cigamea yang tidak kalah menarik. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya.

Daya Tarik Wisata Curug Cigamea

Daya Tarik Curug Cigamea
Image Credit: Instagram.com @oirionaa

Keindahan yang selalu menjadi ciri khas daya tarik dari Curug Cigamea, yaitu adanya suguhan air terjun berjumlah dua buah. Sebenarnya, air terjun ini tidak sepenuhnya kembar karena lokasi keduanya tidak persis bersebelahan. Selain itu, karakteristik dari air terjun tersebut juga cukup berbeda.

Namun karena jarak keduanya berdekatan yakni berkisar 30 meter, maka banyak warga sekitar yang menyebutnya sebagai air terjun kembar. Sedangkan untuk ketinggian curug, yaitu kisaran 50 meter dan juga berkisar 30 meter. Untuk air terjun pertama, memiliki dinding tebing berwarna hitam dan dominasi pula oleh batuan yang menyelimuti setiap sisinya.

Lalu untuk air terjun yang kedua, memiliki tebing yang merupakan perpaduan dari warna hitam dan juga warna coklat yang indah. Selain itu, ketinggian dari air terjun kedua ini cukup tersamarkan sebab tertutup oleh deretan pepohonan yang rimbun. Pada aliran debit airnya pun cukup deras jika dibandingkan dengan air terjun pertama yang memiliki pola semakin melebar ke bawah.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Curug Cigamea

Alamat Curug Cigamea
Image Credit: Facebook.com @abotz.perusakotakk

Destinasi wisata air yang ini berlokasi di Jalan Curug Cigamea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jarak yang harus ditempuh jika wisatawan berasal dari pusat kota Bogor, yakni kurang lebih 30 kilometer dengan waktu tempuh yakni kisaran 1 hingga 1,5 jam. Tentu waktu tersebut terbilang cukup singkat, terlebih untuk wisatawan yang kurang nyaman dengan perjalanan jauh.

Rute perjalanan yang harus ditempuh agar bisa sampai di kawasan wisata ini, bisa dilalui dengan berbagai jalur. Baik menggunakan kendaraan pribadi seperti roda dua dan roda empat, hingga menggunakan transportasi umum yang juga bisa mengantar wisatawan hingga sampai di Curug Cigamea.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, rute pertama yang dapat dipilih yaitu dari pusat Bogor melewati Cempang atau Cibunglang. Kemudian perjalanan dilanjutkan hingga mengarah ke kecamatan Pamijahan, lalu sampai di area Salak Endah. Dari lokasi tersebut, Anda tinggal mengikuti papan petunjuk yang sudah tersedia di sekitar jalan utama.

Rute alternatif kedua, yakni dengan melalui jalur Cikampang yang nantinya diteruskan hingga sampai di wilayah Salak Endah. Selain itu, wisatawan juga bisa memilih rute dengan melintasi kawasan Cibatok serta Jalur Tamansari yang menuju ke Gunung Bunder hingga sampai ke Salak Endah.

Bagi wisatawan yang lebih memilih menggunakan transportasi umum, perjalanan harus diawali dengan pergi ke Terminal Baranangsiang Bogor. Setelah itu, carilah angkutan kode 03 dengan jurusan ke Bubulak. Jika sudah sampai, selanjutnya Anda bisa ganti angkutan lain dengan jurusan Leuwiliang dan mintalah kepada sopir untuk menurunkan Anda di pertigaan Cibatok.

Jika sudah sampai di pertigaan Cibatok, Anda bisa mengganti angkutan pemberhentian terakhir yang berada di Gunung Picung. Sesampainya di lokasi tersebut, Anda bisa memilih untuk meneruskan perjalanan dengan menggunakan ojek ataupun jalan kaki. Hal ini dilakukan karena gerbang Kawasan Wisata Salak Endah berlokasi tidak terlalu jauh dari lokasi curug ini.

Harga Tiket Masuk Curug Cigamea Bogor

Harga Tiket Curug Cigamea
Image Credit: Google Maps (Hasan Sadiq)

Wisatawan yang ingin menikmati eksotisme pesona Curug Cigamea, harus terlebih dahulu membayar tiket masuk yang terbilang relatif murah. Hanya menggocek harga kisaran 10 ribu per orang, Anda sudah bisa melihat indahnya air terjun Cigamea yang berada di kawasan Jawa Barat ini.

Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, nantinya akan dikenakan tarif parkir. Untuk sepeda motor, kisaran 5 ribu, sedangkan untuk mobil yakni berkisar 10 ribu. Beberapa harga tersebut tidak menutup kemungkinan akan mengalami perubahan, karena tergantung pada kebijakan pemerintah daerah setempat. Meskipun demikian, tarif tempat wisata ini tetap tidak akan menguras kantong.

Berbicara tentang jam operasionalnya, air terjun ini buka setiap hari. Wisatawan bisa mengunjungi tempat ini dari pukul 7 pagi hingga sore hari, tepatnya sebelum memasuki waktu petang. Kawasan ini terbilang masih minim penerangan, maka dari itu hindari berada di lokasi ini ketika matahari mulai terbenam.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Cigamea

Aktivitas di Curug Cigamea
Image Credit: Instagram.com @antooke12345

1. Menikmati Jalur Trekking yang Aman dan Nyaman

Perlu diketahui, bahwa lokasi Curug Cigamea ini hanya berkisar 400 meter dari pintu masuk dengan waktu tempuh kisaran 15 menit. Akses jalan yang akan dilalui oleh wisatawan juga tertata rapi dengan tangga berundak. Untuk menunjang keamanan wisatawan, jalur tersebut juga dilengkapi dengan pagar pembatas dalam rangka mengurangi terjadinya hal hal yang bisa membahayakan pengunjung.

Saat sudah dekat dengan air terjun, pengunjung harus menempuh jalan menurun. Dimana di area kanan kiri terdapat deretan bukti yang memenuhi pemandangan di sepanjang jalan. Jika beruntung, wisatawan juga akan bertemu dengan beberapa kera putih yang kerap kali terlihat bergelantungan di sekitar pepohonan sepanjang jalur trekking.

2. Bermain Air

Saat mengunjungi curug kembar ini, tidak jarang Anda menemui banyak wisatawan yang menikmati sejuknya curug. Cukup berdiri di bawah air terjun, Anda sudah bisa merasakan kenikmatan aliran air yang jatuh seperti rintik hujan. Tentu kegiatan ini menjadi pengalaman berlibur yang memberi kesan tersendiri untuk wisatawannya.

Tidak hanya itu saja, tetapi beberapa wisatawan juga menikmati dinginnya air sambil berendam dan juga duduk bermain air. Patut dipahami pula, bahwa kawasan ini memiliki batas aman yang harus dipatuhi. Dimana wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang di kolam yang berada tepat di bawah curug. Selain karena kedalamannya, debit air juga bisa melonjak tiba tiba dan membahayakan wisatawan.

3. Terapi Ikan

Terapi ikan yang ada di kawasan Curug Cigamea, dipercaya mampu membuat kulit menjadi bersih. Hal ini disebabkan karena ikan tersebut memakan kulit mati pada area kaki wisatawan yang menjajal terapi unik ini. Gigitan dari ikan juga dapat merangsang sel sel syaraf, menghilangkan stres, dan juga mampu meningkatkan kelancaran peredaran darah dalam tubuh.

Untuk bisa menikmati terapi ikan, wisatawan bisa menemuinya di sepanjang jalan dan juga tangga menuju air terjun. Biaya yang dikeluarkan agar bisa menjajal terapi ini juga tidak perlu menggocek harga yang mahal. Sebab Anda hanya cukup merogoh kantong berkisar 5 ribu per orangnya. Menarik bukan?

Aktivitas Seru di Curug Cigamea
Image Credit: Google Maps (Hasan Sadiq)

4. Uji Adrenalin Dengan Flying Fox

Wahana flying fox disediakan khusus oleh pihak pengelola untuk wisatawan Curug Cigamea yang gemar menikmati tantangan pemacu adrenalin. Wahana satu ini dibuka setiap akhir pekan, dimana jumlah wisatawan yang menikmatinya akan naik jika dibandingkan dengan hari hari biasa.

Sambil meluncur pada sling baja yang sudah disediakan, wisatawan juga bisa menikmati panorama area sekitar dari ketinggian. Tentu pengalaman ini memberikan sensasi terbang menuju air terjun yang putih menjulang. Perihal keamanannya, Anda tidak perlu ragu lagi. Sebab flying fix ini sudah mengantongi keamanan yang dapat menjamin keselamatan wisatawan.

5. Melakukan Perkemahan di Alam Terbuka

Sejak memasmuki kawasan curug cigaema, wisatawan akan disambut dengan hawa yang cukup dingin, yakni berksiar 20 derajat celcius. Belum lagi dengan sejuknya pepohonan pinus yang menjulang tinggi, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan eksotis beserta lahan luas yang kerap dijadikan sebagai arena perkemahan.

Meskipun di area ini dikelilingi oelh pohin pintus dengan tingi puluhan meter, cahaya matahari tetap cerah menembus celah dedauannya. Momen inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat perkemahan bersama dengan keluarga atauapun teman dekat. Bermalam di kawasan ini, juga akan memberi waktu lebih banyak untuk dapat menjelajahi area wisata Curug Cigamea.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Curug Cigamea

Penginapan Curug Cigamea
Image Credit: Jejakpiknik.com

Wisatawan yang tidak memmbawa perlengkapan berkemah, bisa melepas lelah di beberapa penginapan yang berlokasi tidka jauh dari Curug Cigamea. Diantranya seperti Anggrek Villa by Pondok Ciparay yang berada di dalam kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Akomodasi penginapan yang satu ini, kerap dijadikan sebagai penginapan idela untuk pelancong maupaun keluarga.

Dengan harga yang cukup terjangkau, villa ini menawarkan fasilitas yang tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari kamar yang bersih dan luas, televisi, dapur, dan juga kamar mandi. Adapaun beberapa fasilitas umum yang juga bisa dinikmati oleht amu yang datang Diantaranya seperti wifi, restoran, area parkir yang luas, hingga layanan kamar.

Penginapan berikutnya yang juga dapat dijadikan sebagai referensi yaitu Pondok Rasamala dengan lokasi ksiaran 2 kilometer dari lokasi curug. Jika dilihat sekilas dari penampilan laurnya, akomodasi hunian ini menampilkan kesan tradisional dengan ukiran kayu yang ditatap dengan rapi.

Saat menginajkkan kaki dibagian dalamnya, Pondok Rasamala menyguhkan kawasan penginapan yang asri dan sejuk. Menelisik lebih dalam, Pondok Rasamala juga meneydiakan berbagai fasilitas penunjang yang tidak kalah menarik. Mulai dari meeting room, bungalow, serta kolam renang.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Curug Cigamea Bogor

Fasilitas di Curug Cigamea Bogor
Image Credit: Lovelybogor.com

Tidak jauh berbeda dengan kawasan curug lainnya, pasalnya Curug Cigamea juga telah meneydiaka fasilitas penunjang yang dapat dinikmati oleh wisatawan yang datang berkunjung. Diantranya seperti mushola yang bersih, kamar ganti, hingga toilet yang nyaman dan layak digunakan.

Di seapnjang jalan setapak saat menuju air terjun, juga terjajar rapi beebapa sarana umum yang berdiri dipinggiran jalan. Menurut seumber, terdapat lebihd ari ksiaran 20 warung penual makanna dan minuman yang berada di area tersebut. Mulai dari makanan ringan hingga maknana berat, semua bisa Anda temui untuk mengisi kekosongan perut setelah lelah bermain di sekitar curug.

Apakah Anda mengincar cinderamatan khas? Jika iya, Anda bisa melihat ragam pernak pernik yang juga dijual oleh para penjajak di area ini. Contohnya seperti pakian bergambar Curug Cigamea dengan desain yang menarik. Tentunya oleh oleh ini bisa menjadi suvenir sebagai kenanga kenangan perjalanan Anda saat mengunjungi air terjun yang satu ini.

Demikian beberapa ulasan tentang Curug Cigamea yang berlokasi di kawasan Jawa Barat. Mulai dari daya tarik, harga tiekt masuk, kegiatan yang bisa dilakukan di area curug, dan akomodasi penginapan. Sebagai saran, agar pengalaman berwisata semakin menyenangkan, ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatan supaya tubuh tetap fit saat melakukan beragam kegiatan wisata di air terjun cantik ini.