Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Megamendung, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Menghabiskan liburan seru di wisata alam memang menjadi pilihan banyak orang, termasuk berkunjung ke Curug Cibulao, salah satu air terjun di Bogor, Jawa Barat yang memiliki pesona tersendiri. Air terjun ini sering kali dipilih oleh para pelancong dari berbagai daerah untuk menjadi pilihan untuk menjadi pelarian singkat melepas penat.

Objek wisata alam ini menawarkan sederet pesona alam yang begitu menawan, lengkap dengan suasananya yang masih asri dan menyejukkan. Penasaran? Simak ulasan detailnya berikut ini!

Sekilas Pesona Cibulao yang Menawan

Pesona Curug Cibulao
Photo by Google Maps Ceng Chiang

Berbicara tentang liburan di akhir pekan, tentu destinasi wisata alam bisa menjadi salah satu referensi pilihan utama untuk dikunjungi. Rekreasi ke wisata alam memang paling pas untuk dikunjungi ketika ingin melepas penat. Salah satu destinasi yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau dan mengesankan yaitu Curug Cibulao.

Beberapa orang memang sengaja mengunjungi lokasi air terjun ini lantaran menginginkan sensasi tersendiri di alam bebas. Mengingat kawasan wisata alam ini jauh dari pusat kota, maka mencapai wisata tersebut dibutuhkan perjuangan yang tidak sebentar. Bahkan, setidaknya, anda harus menghabiskan beberapa waktu perjalanan agar tiba disana.

Namun tenang saja, air terjun Cibulao memang jauh dari keramaian, tetapi untuk menjangkaunya bisa diaktakan tidak terlalu sulit. Tempat satu ini memang sering menjadi pilihan wisatawan untuk menghabiskan waktu seru ketika di akhir pekan maupun hari libur lainnya. Pasalnya, kawasan ini menawarkan pesona alam yang masih terjaga keasliannya.

Pesona Wisata Curug Cibulao
Photo by Google Maps NIZHAM NIZHAM AHMAT

Lokasinya yang jauh dari keramaian memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung karena lebih tenang, bersih dan bebas polusi. Tak heran jika para wisatawan betah untuk berlama lama di kawasan air terjun ini ini. Selain itu, ada hal lain yang membuat curug ini tak pernah sepi pengunjung. Air yang mengalir cukup tenang, sehingga membuat semua orang terkagum melihatnya.

Selain memiliki ciri khas tersendiri dari segi kawasan wisatanya, Curug yang satu ini juga unik dari namanya. Pemberian nama ini tak diberikan secara sembarangan untuk merepresentasikan namanya. Sebab, nama yang disematkan di kawasan air terjun yang satu ini memiliki sebuah arti tersendiri yang menambah daya tarik pengunjung.

Nama Cibulao berasal dari bahasa Sunda Ci yang berarti air. Sementara bulao dapat diartikan dengan biru, sehingga jika diartikan secara menyeluruh tempat ini memiliki makna curug biru. Seperti namanya, curug ini memiliki air yang terlihat biru karena saking jernihnya. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan berbondong bondong mendatangi kawasan air terjun ini.

Daya Tarik Wisata Curug Cibulao

Daya Tarik Curug Cibulao
Photo by Google Maps SAM ISSUDIN

Jika berbicara mengenai daya tarik, sebenarnya bentang alam yang dimiliki curug yang satu ini menjadi daya tarik utama. Hal ini tak lepas dari letaknya yang berada di ketinggian, tepatnya di Gunung Paseban. Tak heran jika landscape yang ditawarkan sangat indah. Pengunjung yang datang akan disuguhkan dengan pesona alam menakjubkan berupa deretan pohon hijau.

Berkat adanya pepohonan yang menyelimuti kawasan ini, udara yang dihasilkan menjadi sejuk. Aspek inilah yang juga membuat banyak orang tertarik untuk datang ke kawasan ini untuk melepas penat. Pengunjung bisa dengan nyaman menghirup udara bebas polusi dan bersih. Suasananya semakin menenangkan, ditambah dengan suara dari gemericik air dari curugnya.

Seperti yang sudah diketahui, ternyata nama Curug Cibulao diberikan tanpa adanya alasan. Sebab, pemberian nama tersebut didasarkan dengan karakteristik dari air terjun inni yang memiliki warna biru. Menariknya lagi, air terjun yang mengalir dari bebatuan alami ini tak hanya biru tapi juga begitu jernih.

Selain itu, aliran curug ini jatuh ke bawah dan membentuk sebuah kolam alami yang tampak kebiruan. Tak berhenti sampai di situ saja, curug ini memiliki dua tingkatan beserta dua kolam alami yang terbentuk. Meskipun ketinggiannya yang tak terlalu seberapa, tetapi kesegaran dan kejernihan airnya mampu menghipnotis para pengunjung yang datang.

Menariknya Wisata Alam Curug Cibulao
Photo by Google Maps unon doublesix

Mengapa air dari curug ini bisa terlihat biru? Hal ini memang datang bukan tanpa sebab. Karena memang curug ini terbentuk dari beberapa gabungan sumber air terjun yang ada di Bogor seperti Curug Panjang dan Curug Orok. Tentu saja, masing masing kolam alami ini terbentuk dengan kedalaman yang cukup berbeda yaitu sekitar 5 meter dan 8 meter.

Bagi pengunjung yang ingin sampai di bagian atasnya, maka bisa menaiki bebatuan di aliran air yang paling ada di bawah. Kemudian, anda bisa memanfaatkan seutas tali untuk menuju bagian tersebut. Sementara itu, di bagian atasnya, pemandangan tak kalah takjub dengan landscape yang ada di sekitarnya. Sebab, Curug Cibulao ini memang dikelilingi oleh tebing bebatuan.

Ketika anda mencoba di curug ini, anda seakan berada di kolam pribadi karena airnya yang begitu bersih. Dengan pemandangan sekitar yang begitu asri, tentu memberikan kesan tersendiri bagi anda yang ingin melepas penat. Selain itu, anda juga bisa melakukan aktivitas menarik di sekitar curug. Membuat pengunjung betah berlama-lama ketika berada di air terjun cantik ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Curug

Lokasi Wisata Curug Cibulao
Photo by Google Maps Roma Afrizon

Objek wisata air terjun yang satu ini berada di daerah Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa barat. Untuk mencapai lokasi Curug Cibulao, estimasi perjalanan yang dibutuhkan yaitu 30 menit menggunakan kendaraan jika ditempuh dari Jalan Raya Puncak. Agar tiba di lokasi tujuan, anda harus mengambil jalur kiri ke arah jalan masuk Desa Cilember setelah Cimory River.

Jangan salah mengambil jalur dan ikuti terus jalan tersebut sampai menemukan beloka. Jika sudah, maka anda bisa mengarahkan kendaraan ke kiri yaitu menuju Jalan Pesantren. Di sini, anda harus sedikit berhati hati karena kondisi jalanan menanjak dan di beberapa bagian. Setelah melewati jalanan terjal ini, maka anda akan menemukan lokasi air terjun ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Masuk Curug Cibulao
Photo by Google Maps Emjet

Bagi pengunjung yang ingin masuk ke wisata yang satu ini, maka harus membayarkan sejumlah biaya. Biaya retribusi yang dikenakan dewasa dan anak anak memang sama, tetapi hal ini tidak bagi wisatawan mancanegara. Untuk bisa menikmati wisata ini, maka biaya yang harus dibayarkan yaitu 12 ribuan (wisatawan lokal) dan 50 ribuan (wisatawan mancanegara).

Selain tiket masuk, aspek penting lainnya yang perlu anda perhatikan yaitu jam buka tempat wisata. Mengingat kawasan wisata ini merupakan destinasi alam, maka dibuka setiap hari untuk umum. Jika ingin mendapatkan view terbaik dari curug ini, pengunjung bisa datang pada pagi hari ketika belum terlalu banyak orang.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengujung

Aktivitas yang Menarik di Curug Cibulao
Photo by Google Maps NoWhite

1. Menikmati Keindahan dari Curug Cibulao

Bagi anda yang sedang mencari lokasi terbaik untuk healing atau menenangkan diri, maka bisa memilih air terjun Cibulao sebagai pilihan. Menjadi hulu atau sumber dari beberapa air terjun di Bogor, air terjun yang satu ini memiliki air ini cenderung jernih dan kebiruan. Hal ini karena sumbernya juga masih dalam keadaan asli dan bersih.

Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berdatangan. Pasalnya, tak banyak tempat wisata alam yang ada di dekat perkotaan yang masih terjaga keasriannya. Tak heran jika air jernih ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri kenapa banyak wisatawan datang ke lokasi tersebut.

Wisatawan yang berkunjung ke wisata ini sengaja datang hanya untuk melihat pemandangan sekitar. Bahkan, tak jarang para pelancong jauh jauh datang hanya untuk melepas penat sejenak sambil menghirup udara segar khas dataran tinggi. Dengan begitu, anda bisa menghabiskan seru ketika berlibur ke wisata yang satu ini.

2. Jump cliff atau Lompat dari tebing

Bagi pengunjung yang menyukai kegiatan ekstrim, maka bisa mencoba lompat dari ketinggian tebing batu di sekitar curug yang satu ini. Dengan kejernihan airnya yang memikat, kegiatan ini menjadi salah satu yang paling digemari bagai para pelancong yang datang. Selain itu, kedalaman air juga tidak terlalu dalam, sehingga memberikan sensasi tersendiri.

Curug Cibulao yang dikelilingi oleh bebatuan alami ini bisa dinaiki oleh para pengunjung untuk mencoba kegiatan ekstrem. Jika kondisi bebatuan sekitarnya tak terlalu licin, maka pengunjung bisa naik serta melompat ke telaga dari bebatuan yang ada di sekitarnya. Namun perlu diketahui, pengunjung harus tetap berhati hati untuk mencapai bebatuan tersebut.

3. Berenang

Selain jumpcliff, ada kegiatan seru lainnya yang bisa anda pilih yaitu dengan berenang atau menyelam. Pengunjung bisa memilih dua telaga dengan kedalaman yang berbeda. Bagian bawah, wisatawan bisa mencoba sensasi menyelam di kolam berkedalaman 8 meter. Di atasnya, anda juga bisa berenang di kolam air sungai sedalam 5 meter.

Aktivitas di wisata Curug Cibulao
Photo by Google Maps muhamad firdaus

4. Mengabadikan Momen Berharga

Mengingat lokasinya berada di ketinggian, maka kawasan sekitar Curug Cibulao ini memberikan pengalaman tak terlupakan. Sehingga sudah sangat wajar ketika wisatawan datang disambut dengan pepohonan tinggi yang terhampar sejauh mata memandang. Semakin lengkap suasana kawasan ini masih begitu asli karena jarang terjamah tangan manusia.

Melihat keindahan yang ditawarkan dari curug ini, para pengunjung tak pernah melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen terbaik di kawasan ini. Untuk mendukung para wisatawan melakukan aktivitas yang satu ini, pihak pengelola sudah dilengkapi dengan beberapa spit foto yang kekinian dan hits.

Anda bisa menangkap gambar di sekitaran rumah pohon, hammock, ayunan, dan dek dengan latar belakang air terjun. Sebagai bentuk biaya retribusi, maka pengunjung wajib membayarkan sejumlah biaya yaitu bekisar 5 ribu rupiah per orang. Karena peminatnya cukup banyak, maka menimbulkan antrian yang cukup panjang.

5. Piknik

Setelah lelah bermain di sekitaran air terjun ini, saatnya untuk mengisi perut. Tak perlu khawatir, sebab tersedia warung dan juga deretan kios yang menyediakan kuliner khas. Jika pengunjung yang membawa bekal ke kawasan wisata ini, maka wajib melakukan piknik di sekitaran Curug Cibulao. Carilah spot yang cukup luas untuk menikmati santapan yang sudah anda bawa.

6. Berkemah

Bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan curug dari dekat lebih lama, maka bisa bermalam di sekitaran air terjun ini. Pihak pengelola sudah menyediakan area kemah yang cukup luas hanya dengan membayar biaya sewa sebesar 40 ribuan saja. Dengan begitu liburan yang anda habiskan di kawasan wisata ini menjadi lebih seru dan tak terlupakan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Curug Cibulao

Fasilitas di Curug Cibulao
Photo by Google Maps Ibnu Mubarok

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata alam ini sudah terbilang cukup memadai. Pengunjung yang datang bisa mendapatkan sederet fasilitas seperti ruang ganti, toilet, parkiran yang luas, mushola, sampai dengan warung.

Selain itu, ada juga jasa sewa jaket pelampung bagi pengunjung yang ingin melakukan aktivitas seru seperti berenang atau menyelam menikmati kesegaran air terjun.

Tak hanya menawarkan pemandangan alamnya yang indah dan menawan, wisatawan juga dapat memilih sederet kegiatan seru di Curug Cibulao, Bogor. Mulai dari aktivitas yang umum dilakukan di wisata air seperti berenang dan menyelam, mengabadikan momen, sampai dengan jumpcliff dari bebatuan tinggi semua bisa dilakukan dengan mudah di kawasan wisata ini