Curug Cibareubeuy salah satu air terjun yang indah di Ciater, Subang yang menarik dijelajahi pesonanya. Air terjun dengan tinggi 40 meter ini memiliki pemandangan yang menawan, suasana sejuk dan asri khas pegunungan dan beragam spot foto keren.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.

Provinsi Jawa Barat memang sudah terkenal sebagai kawasan yang dipenuhi dengan area wisata. Baik itu dari segi wisata pantai, hingga kawasan wisata alam hijau yang memanjakan mata, salah satunya yaitu Curug Cibareubeuy di Subang. Dimana keindahan curug ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawa, belum lagi dengan adanya spot foto yang menarik, tentu menjadikan pengalaman liburan semakin berkesan. Penasaran?

Daya Tarik Wisata Curug Cibareubeuy

Daya Tarik Curug Cibareubeuy
Image Credit: Twitter.com @its_rpw

Berbeda dengan wisata air terjun lainnya, Curug Cibareubeuy memiliki daya tarik tersendiri yang mampu memikat siapapun yang datang ke kawasan ini. Saat menginjakkan kaki di area curug, Anda akan dimanjakan dengan suasana pedesaan yang masih tenang dan memberikan kesan asri. Mulai dari panorama sawah yang indah, hingga eksotisme sungai dengan udara sejuk.

Ketinggian dari curug ini, mencapai kisaran 40 meter dengan sumber air terjun diketahui mengalir dari tebing gunung Keramat yang ada tidak jauh di area tersebut. Jika ditelisik lebih dalam, keindahan bentuk curug ini dilihat dari bentuk air terjun yang ramping dengan ada kelokan di setiap bagiannya.

Jika dilihat dari jauh, Anda akan melihat bentuk air terjun ini cukup asing dan jarang ditemui pada beberapa destinasi wisata lainnya. Dimana air terjun yang menyerupai zig zag, menjadi keunikan tersendiri yang bisa dinikmati oleh para wisatawan yang rela datang berkunjung ke tempat tersebut.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Curug Cibareubeuy

Alamat Curug Cibareubeuy
Image Credit: Google Maps (Umar Toriq)

Lokasi air terjun ini berada tidak jauh dari wisata Sari Ater yang berada di kawasan Ciater. Bahkan area curug ini berada satu jalan dengan wisata Sari Ater. Untuk lokasi tepatnya, destinasi Curug Cibareubeuy berada di wilayah Cibeusi, Subang. Dari gerbang Sari Ater sendiri, Anda sudah bisa sampai ke tempat parkir hanya kisaran 3 sampai 4 kilometer saja.

Untuk transportasi, apabila Anda menggunakan kendaraan umum dari arah Bandung, Anda bisa menggunakan angkutan kota Stasiun Hall menuju Lembang. Setelah itu, disambung lagi dengan kendaraan umum dari Lembang ke arah Ciater. Sedangkan dari Ciater hingga sampai ke lokasi, Anda bisa menggunakan jasa ojek yang merupakan warga sekitar kawasan tersebut.

Apabila Anda memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, arahkan kendaraan ke Ciater, kemudian belok ke arah tempat wisata Sari Ater. Tepat di pinggir kanan dari gerbang Sari Ater, Anda bisa melihat ada jalan desa, lalu ikuti terus jalan tersebut hingga Anda bertemu dengan pertigaan besar.

Jika sudah sampai, Anda harus berbelok ke kanan arah desa Cibeusi. Lalu ikuti terus jalan tersebut, yang mana kurang dari kisaran 2 kilometer ada pertigaan dan Anda pun sampai di lokasi parkir Curug Cibareubeuy. Perlu diingat, untuk bisa sampai di kawasan air terjun Anda diharuskan untuk berjalan kaki mulai dari parkiran, bukan menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Curug Cibareubeuy Ciater

Harga Tiket Curug Cibareubeuy
Image Credit: Google Maps (De Lukman)

Harga tiket yang harus Anda bayarkan sebelum menikmati indahnya curug, tidaklah terlalu menguras kantong. Dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar 10 ribu per orangnya, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan air terjun dengan kesegaran air jernih yang mengalir dari atas tebing.

Objek wisata yang berada di Subang ini buka untuk umum selama 24 jam. Tidak perlu khawatir dengan hari libur ataupun tanggal merah, sebab destinasi wisata air ini tetap buka meskipun hari libur. Bahkan, biasanya area tersebut akan dipadati banyak pengunjung saat masuk akhir pekan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Cibareubeuy

Aktivitas Curug Cibareubeuy
Image Credit: Google Maps (Den Hensen)

1. Trekking Hijau yang Memanjakan Mata

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun dari curug ini, pengunjung tidak bisa memanfaatkan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Melainkan Anda harus berjalan kaki dengan waktu kisaran 1 hingga 1,5 jam. Meskipun terkesan panjang, namun perjalanan tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan alam hijau yang membuat siapapun merasa betah menikmati cantiknya.

Perlu diketahui pula, bahwa terdapat dua rute yang bisa Anda pilih untuk menuju Curug Cibareubeuy. Pertama yaitu memilih rute gunung, yang hanya diperbolehkan bagi para pendaki yang telah berpengalaman mengarungi lika liku perjalanan alam. Sedangkan rute kedua adalah jalan setapak yang terbuka untuk umum dan bisa dilintasi oleh siapa saja.

Saat melakukan perjalanan trekking, Anda juga tidak perlu takut kelelahan. Sebab di sepanjang perjalanan Anda akan menemui beberapa kios atau warung yang menyediakan makanan dan minuman untuk para pejalan kaki. Tidak hanya itu saja, namun Anda juga akan mendapatkan pemandangan yang memanjakan mata.

Mulai dari suasana persawahan yang hijau dan sejuk, hingga beberapa penampilan dengan air jernih yang tidak kalah menarik. Tentu dengan panorama alam tersebut, akan membuat perjalanan tidak terasa jauh dan tidak menjenuhkan. Belum lagi jika sambil mengobrol dan berbincang hangat dengan teman dekat, pastinya perjalanan akan semakin menyenangkan.

Aktivitas di Curug Cibareubeuy
Image Credit: Google Maps (Rizky Hairil)

2. Selfie di Ketinggian

Apabila belum puas mengeksplorasi spot foto dengan pemandangan alam yang ditemui saat trekking, Anda bisa berjalan sedikit ke atas ke tempat yang lebih tinggi. Tepatnya mendekati punggung bukti, disana telah disediakan area swafoto atau selfie dengan pemandangan ketinggian yang layak untuk dijajal.

Bagi Anda yang hobi dan senang hunting foto, cobalah untuk menjajal beragam spot berfoto dengan latar Curug Cibareubeuy dari kejauhan. Sarana foto yang disediakan oleh pihak pengelola pun bermacam macam. Diantaranya seperti area duduk yang tersusun dari meja dan kursi kayu, ayunan, hingga hammock yang bisa digunakan oleh semua wisatawan yang datang.

Jika pengunjung datang di wisata alam ini pada hari akhir pekan atau hari libur, biasanya akan banyak wisatawan lain yang mengantri panjang untuk bisa berfoto di menara foto ini. Bahkan pihak pengelola yang berada disekitarnya membatasi waktu berfoto perorangan yakni kisaran 5 menit saja.

Penginapan Terdekat dari Lokasi Curug Cibareubeuy

Penginapan Curug Cibareubeuy
Image Credit: Google Maps (A.Tinoess)

Mempertimbangkan akomodasi penginapan adalah hal penting yang kadang menjadi perhatian lebih untuk wisatawan yang hendak melakukan kegiatan liburan. Tidak terkecuali pula bagi mereka yang memutuskan untuk menikmati liburan ditemani dengan keindahan alam yang berada di Curug Cibareubeuy.

Sebagai kawasan wisata andalan para pelancong, area di sekitaran curug juga menyediakan beberapa akomodasi penginapan yang layak dijajal oleh wisatawan. Diantaranya seperti penginapan yang ada di Kampung Senyum. Lokasi penginapan ini pun tidak terlalu jauh dari lokasi air terjun ini, jadi Anda akan mudah untuk mengakses tempat penginapan tersebut.

Jika Anda tertarik untuk bermalam, Anda bisa coba menginap dengan menyewa pondok yang berada di kawasan tersebut. Hanya perlu mengeluarkan dana kisaran 60 ribu per malam, pengalaman wisata Anda di kota Subang ini menjadi hal yang tidak akan terlupakan, apalagi jika bersama dengan orang orang tersayang.

Wisatawan yang tertarik dengan villa lain yang berada di sekitar curug, bisa menjadikan Oyo 3040 D’pineapple Villa sebagai tempat penginapan bersama dengan keluarga. Penginapan dengan harga kisaran 200 ribu ini, memiliki jarak berkisar 3 kilometer dari destinasi wisata Curug Cibareubeuy. Cukup dekat bukan?

D’pineapple Villa kerap kali dijadikan sebagai penginapan favorit para pelancong. Mengapa? Karena suasana yang asri mampu membuat waktu istirahat wisatawan menjadi lebih nyaman. Selain itu, dengan gaya bangunan yang mengusung konsep kayu, akan menyihir para wisatawan dengan kecantikannya. Belum lagi dengan bangunan bergaya rumah panggungnya yang berjejer rapi, tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Fasilitas umum yang disiapkan khusus untuk para tamu yang datang, pihak pengelola sudah menyediakan kolam renang outdoor berbentuk segitiga yang unik. Di sekitar kolam renang juga terdapat tempat duduk kayu yang digunakan sebagai tempat bersantai setelah lelah menikmati dan menjelajah di sekitar air terjun.

Pineapple’s Villa ini tidak hanya dekat dengan wisata curug saja, tapi juga dekat dengan beberapa area wisata lainnya. Diantaranya seperti destinasi Tangkuban Perahu dengan waktu tempuhnya siaran 34 menit, pemandian air panas Ciater dengan waktu tempuh berkisar 11 menit, hingga kawasan Orchid Forest Cikole yang juga cukup terkenal di kalangan pelancong.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Curug Cibareubeuy Subang

Fasilitas Curug Cibareubeuy
Image Credit: Google Maps (Hasan Basri)

Tidak jauh berbeda dengan tempat wisata kebanyakan, Curug Cibareubeuy juga memiliki berbagai fasilitas penunjang sebagai tambahan kenyamanan untuk wisatawan. Salah satunya seperti tersedianya lahan parkir kendaraan pribadi dengan luas yang cukup mumpuni dan bisa menampung banyak kendaraan.

Saking asyiknya dan tidak sabar menikmati wisata, terkadang banyak dari mereka yang lupa membawa bekal. Jika Anda sering kelupaan bawa persediaan makanan dari rumah, Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab di area curug banyak disediakan warung wisata yang bisa dicicipi. Tidak hanya makanan berat saja, tapi juga ada makanan ringan untuk pengganjal rasa lapar.

Demikian informasi seputar Curug Cibareubeuy yang berada di Subang, Jawa Barat. Setelah melihat serba serbi destinasi wisata air yang satu ini, dijamin Anda semakin tertarik dan ingin segera datang berkunjung. Namun perlu diingat, sebelum melakukan perjalanan wisata pastikan bahwa Anda memiliki kondisi tubuh yang fit agar perjalanan wisata dapat berjalan lancar.