Curug Cibaliung salah satu objek wisata alam yang eksotis di Sentul Bogor, Jawa Barat. Air terjun yang juga dikenal dengan sebutan Curug Ciung ini menyuguhkan panorama alam memanjakan mata, air berwarna toska dan tebing curam berbalut pepohonan hijau.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Bogor yang terkenal dengan hawa sejuk dan berbagai objek wisata alamnya, selalu menjadi salah satu destinasi favorit bagi para warga ibu kota yang penat dengan kesibukan dan kemacetan kota. Bagi Anda yang juga ingin merasakan liburan di alam dengan pemandangan asri nan indah, maka Curug Cibaliung yang ada di daerah Bogor bisa menjadi tempat tujuan. Udaranya segar, airnya jernih, serta memiliki suasana yang damai.

Daya Tarik Wisata Curug Cibaliung

Daya Tarik Curug Cibaliung
Image Credit: Instagram.com @haviz_amrizal7

Air Terjun Cibaliung adalah satu satu curug terdalam yang ada di Bogor. Namun bukan itu saja yang membuatnya menjadi unik dan berhasil menggaet para wisatawan. Karena bila berbicara mengenai keindahan wisata alamnya, Curug Cibaliung ini bisa dibilang cukup unggul lantaran areanya yang masih begitu asri dan alami.

Meski sudah cukup banyak wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini, namun tidak mengurangi suasana asri dan alami yang berhasil dipancarkan oleh air terjun tersebut. Kesan damai dan tenang juga begitu kental terasa, meski Anda hanya sekadar berdiri dan menarik napas dalam dalam di sana. Benar benar cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menghilangkan penat.

Jadi bagi Anda yang ingin mencari ketenangan lantaran sudah jenuh dengan kesibukan aktivitas sehari hari yang tidak kunjung ada habisnya, maka tidak perlu berpetualang jauh ke pedalaman. Karena menuju curug ini juga dapat memberikan rasa nyaman yang serupa. Ditambah bonus pemandangan alam yang begitu menawan dan mempesona.

Di sekeliling curug tersebut, Anda bisa menemukan hutan yang masih begitu lebat dan hijau. Kicauan hewan hutan akan menambah semarak keindahan yang mampu disajikan oleh Curug Cibaliung atau yang bisa pula disebut dengan nama Curug Baliung ini. Tentu tidak hanya area sekitar curug saja yang mempesona.

Namun air terjun yang mengalir dari Cibaliung sendiri juga sangat spektakuler. Meski air terjunnya ini tidak begitu tinggi, namun airnya sangat jernih dengan debit air yang cukup deras. Sungai tempat bermuaranya air memiliki warna hijau tosca, dan jika Anda berkunjung pada saat musim panas maka akan terlihat jauh lebih terang atau lebih jernih.

Di sekeliling air yang jernih tersebut, terdapat deretan bebatuan raksasa di sepanjang mata memandang. Bebatuan bebatuan tersebut memberikan sensasi tersendiri, seolah kolam tempat bermuaranya air dari curug adalah kolam tersembunyi yang begitu eksotis. Selain berenang di antara bebatuan tersebut, banyak pula yang memilih untuk menyusuri sungainya dari tepi.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Curug Cibaliung

Alamat Curug Cibaliung
Image Credit: Twitter.com @Mycity_co_id

Curug eksotis ini bisa Anda temukan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya memang masih berada di pedalaman serta belum terlalu banyak diakses oleh para wisatawan, meski jaraknya sendiri terbilang masih cukup dekat dengan Jakarta.

Jika perjalanan dimulai dari arah pusat kota Bogor, maka silahkan langsung menuju kawasan Sentul yang terletak di Kabupaten Bogor. Dari sini, Anda bisa langsung menuju Kecamatan Babakan Madang dan dilanjutkan ke arah kawasan Curug Leuwi Hejo. Curug Leuwi Hejo ini berada di sebelah Curug Cibaliung.

Karena di sekitar sudah terdapat banyak plang petunjuk, maka Anda bisa menemukan kedua curug tersebut dengan mudah untuk sampai di kawasan wisata. Parkirkan kendaraan, dan lanjutkan dengan trekking berjalan kaki kurang lebih 1,5 jam. Letak curug ini memang cukup tersembunyi, sehingga Anda tidak bisa menggunakan kendaraan untuk benar benar sampai di air terjunnya.

Jika sudah berjalan sekitar 1,5 jam, maka Anda perlu menyusuri sungai yang merupakan aliran curug. Susur sungai setidaknya dilakukan sekitar 20 menit, sebelum Anda bisa melihat secara langsung lokasi dari air terjun tersebut. Dalam perjalanan trekking Anda harus berhati hati, karena aksesnya sedikit sulit dan licin.

Harga Tiket Masuk Curug Cibaliung Bogor

Harga Tiket Cibaliung Bogor
Image Credit: Twitter.com @amos_pls

Curug Cibaliung dibuka untuk umum selama 24 jam, dengan harga tiket masuk yang murah meriah. Biaya retribusi yang perlu dibayarkan adalah kurang lebih sebesar Rp. 5.000 saja per orangnya. Namun biaya ini belum termasuk dengan parkir, serta penyewaan berbagai fasilitas yang ada di dalam objek wisata.

Seperti untuk menikmati fasilitas penitipan barang, kamar mandi, dan parkir, maka masing masing harus membayar dengan kisaran harga Rp. 2.500 hingga Rp. 5.000. Sementara jika Anda juga ingin berkunjung ke lokasi pertama yaitu Curug Leuwi Hejo, maka perlu merogoh kocek yang lebih besar atau sekitar Rp. 15.000.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan di Curug Cibaliung

Aktivitas Seru di Curug Cibaliung
Image Credit: Instagram.com @zay01039

1. Melakukan Trekking yang Menantang

Curug Cibaliung yang letaknya tersembunyi memang bak harta karun. Untuk menikmati keindahan curug tersebut, para wisatawan perlu melewati lintasan track yang cukup menantang dan tempatnya juga tersembunyi. Track tersebut akan Anda lalui setelah memarkirkan kendaraan di lokasi parkir.

Apabila ingin berjalan tidak terlalu jauh, maka disarankan untuk parkir di area yang paling ujung. Sebab area ini merupakan tempat terdekat dengan jalan ke arah curug, sehingga Anda bisa sedikit menghemat tenaga bila kedapatan parkir di lokasi tersebut. Jika sudah parkir, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalur track kurang lebih selama 1 hingga 1,5 jam perjalanan.

Selama perjalanan ini, Anda akan disuguhi pemandangan hijau di kanan dan kiri. Sehingga Anda tidak akan bosan selama perjalanan. Selain itu, Anda juga akan menjumpai curug lainnya pada rute tracking tersebut yaitu Curug Leuwi Cipet dan Leuwi Lieuk. Jika memiliki waktu lebih, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke beberapa curug tersebut.

Lokasi dari Curug Cibaliung sendiri berjarak sekitar 50 meter di sebelah kiri dari Curug Leuwi Lieuk. Tidak sampai di situ saja, Anda juga akan menemukan beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman ringan dalam rute track. Anda bisa sekaligus mampir membeli persediaan makanan untuk nantinya disantap di area curug.

2. Menikmati Keindahan Curug

Memiliki keindahan yang begitu spektakuler, tentu kegiatan menikmati keindahan air terjun ini adalah salah satu aktivitas menarik bagi para wisatawan. Bagaimana setibanya di area curug, Anda akan langsung disambut oleh hutan hijau yang lebat. Dari arah hutan hijau tersebut, biasanya akan terdengar kicauan burung serta suara hewan hutan lainnya.

Suara suara tersebut membuat siapapun akan merasa benar benar berada di alam terbuka bebas, sehingga membawa kedamaian dan ketenangan. Selain itu, curugnya sendiri mempunyai aliran air yang begitu menawan dan tiada duanya. Airnya begitu bersih, jernih, dan juga segar. Saat Anda melihatnya, pasti akan langsung merasa ingin segera melompat untuk menikmati kesegarannya.

Jadi jangan lupa untuk membawa serta pakaian ganti ketika bertandang ke Curug Cibaliung, karena di sini Anda bebas berenang dan berendam di sekitar kolam alami tersebut. Namun ingat untuk berhati hati, karena kolamnya cukup dalam di beberapa sisi. Terlebih jika Anda membawa putra dan putri, sebaiknya bermain air di bagian tepi saja.

Merasakan sensasi diguyur air yang jatuh dari ketinggian juga bisa menjadi aktivitas seru yang bisa dilakukan. Karena aliran air berwarna hijau toska bening ini jatuh dari air terjun yang tidak begitu tinggi, meski aliran airnya terbilang cukup deras. Jadi terasa seperti dipijat oleh ratusan butiran air yang jatuh.

Aktivitas di Curug Cibaliung
Image Credit: Twitter.com @BreaktimeInd

3. Berburu Foto

Bagi para pecinta fotografi, jangan lupa membawa kamera kesayangan saat bermain main ke Curug Cibaliung. Keindahan dan pesona wisata yang dimilikinya dapat memberi Anda berbagai momen yang apik untuk ditangkap menggunakan kamera. Mulai dari jalan trackingnya, hingga aliran airnya bisa menjadi objek foto yang menawan.

Namun spot foto yang paling direkomendasikan yaitu tepat di samping air terjun. Karena latar belakang pemandangan alam air terjunnya yang memukau terlihat begitu apik ketika diabadikan. Jika Anda bisa membawa drone untuk mengambil gambar dari atas, tentu akan jauh lebih baik.

4. Camping di Sekitar Curug

Apabila Anda ingin menikmati air terjun ini lebih lama, dan ingin lebih menyatu dengan alam. Maka melakukan aktivitas berkemah di destinasi ini akan menjadi pilihan yang seru. Kawasan hutan di sekitar curug memang cukup sering dijadikan sebagai lokasi camping, sehingga kawasan ini terbilang cukup aman.

Namun Anda harus membawa peralatan camping sendiri, mengingat bahwa di sekitar tidak terlihat ada orang yang menyewakan peralatan camping. Sementara untuk persediaan makanan dan minumannya bisa membawa seadanya saja. Karena Anda bisa membeli beberapa di warung yang tersedia di jalan tracking.

Penginapan Murah Dekat dari Lokasi Curug

Penginapan Dekat Curug
Image Credit: Traveloka.com

Anda memang bisa memilih berkemah untuk menikmati keindahan Curug Cibaliung lebih dekat dan lebih lama. Namun risiko dari berkemah adalah Anda harus berteman dengan serangga serangga malam yang ada di hutan. Mungkin bagi orang yang tidak terbiasa dengan suasana seperti itu, akan sulit camping di hutan terbuka.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih untuk menginap di sekitar destinasi apabila berasal dari luar Bogor. Di sekitar lokasi wisata ini terdapat beberapa penginapan apik yang bisa dipilih, dimana Anda bisa tidur nyaman di atas tempat tidur. Seperti Sentul City Highland Villa yang hanya berjarak sekitar 412 meter dari arah lokasi wisata.

Kemudian ada juga Sentul 75 Guest House dan Pasebanan Villa yang hanya berada di Sentul, dengan jarak kurang lebih 1,1 km dari arah Air Terjun Cibaliung. Di daerah Sentul, memang terdapat cukup banyak penginapan yang bisa Anda pilih. Masing masing memasang tarif berbeda beda sesuai dengan fasilitas yang disediakan.

Tips Berkunjung ke Wisata Alam Curug Cibaliung

Tips ke Curug Cibaliung
Image Credit: Instagram.com @ahmadaulia_19

Saat berkunjung ke Curug Cibaliung, sebaiknya di luar musim hujan. Karena pada musim hujan dengan curah hujan tinggi, jalan tracking akan lebih sulit dilalui karena jalannya masih berupa tanah. Terlebih ketika Anda harus susur sungai selama kurang lebih 20 menit sebelum sampai ke lokasi curug. Jalan di sekitar sungai akan menjadi sangat licin dan cukup berbahaya untuk dilewati.

Oleh karena itu, sebaiknya mengunjungi Curug Cibaliung disarankan pada musim kemarau. Apalagi air curug terlihat jauh lebih berwarna tosca saat dilihat pada musim kemarau. Selain itu, jangan lupa untuk membawa lotion anti serangga. Mengingat bahwa area curug dikelilingi oleh hutan lebat yang penuh dengan serangga seperti nyamuk dan lain sebagainya.

Ketika penat dengan aktivitas sehari hari dan kesibukan di tengah kota, berkunjung ke objek wisata alam memang menjadi liburan paling menyenangkan bagi hampir semua orang. Dalam hal ini, Curug Cibaliung dengan segudang keindahannya yang ada di Bogor bisa menjadi destinasi tepat untuk dituju. Jadi, liburan selanjutnya sudah siap berkunjung ke Cibaliung?