Curug Cibadak, Pesona Air Terjun Indah yang Super Jernih di Garut

Curug Cibadak, Pesona Air Terjun Indah yang Super Jernih di Garut
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Cisangkal, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat

Liburan dengan mengunjungi wisata alam memang selalu menarik jika tujuannya untuk refreshing. Di Garut, ada sebuah destinasi wisata yang layak dikunjungi jika anda termasuk pecinta alam, yaitu Curug Cibadak. Lokasinya masih berada di kawasan hutan lindung sehingga suasananya asri dan sejuk karena faktor pepohonan yang ada di sekitarnya.

Berbeda dengan air terjun pada umumnya, kali ini mudah di akses hanya dengan berjalan kaki beberapa menit. Letaknya tidak jauh dari pemukiman warga, bahkan anda bisa melihat pesonanya ketika sedang dalam perjalanan menuju lokasi. Hamparan sawah warga menjadi teman setia selama melakukan perjalanan, hijau dan menyejukkan mata pastinya.

Bagi yang belum mengetahui, Curug bisa diartikan sebagai air terjun dalam bahasa jawa. Sedangkan Cibadak sendiri terdiri dari dua kata, yakni Ci yang berarti air, dan Badag yang berarti besar. Nama ini diambil bukan hanya karena debit air yang selalu tinggi, namun juga karena aliran airnya dari Sungai Cibadak.

Daya Tarik Wisata Curug Cibadak

Daya Tarik Curug Cibadak
Photo by Twitter Blogger Reporter

Sebelum menuju ke lokasi, ada baiknya jika anda mengetahui daya tarik apa saja yang dimiliki Curug Cibadak. Memang banyak air terjun yang ada di Jawa Barat, apalagi di seluruh nusantara. Tetapi semuanya memiliki karakteristik masing-masing yang menjadikan ciri khas dan daya tariknya.

1. Pemandangan Asri di Sekitar Air Terjun

Daya tarik yang pertama tidak jauh berbeda dengan air terjun lain yang ada di Indonesia. Kebanyakan memiliki pemandangan asri dari hijaunya pohon yang mengelilingi lokasi air terjun. Bahkan ada beberapa yang hampir tidak terlihat batu tebing sebagai jalan mengalirnya air karena tertutup oleh tanaman liar yang tumbuh subur di sekitarnya.

Untuk Curug Cibadak sendiri juga demikian, banyak vegetasi hijau yang ditemukan ketika berada di lokasi. Bahkan pemandangan alam bisa dirasakan sebelum anda memasuki kawasan curug, tepatnya di perkampungan warga. Bagaimana tidak, hampir semua titik lokasi selama perjalanan dipenuhi dengan tanaman liar dan perkebunan serta persawahan milik warga.

2. Batuan Tebing Unik Curug Cibadak

Daya Tarik di Curug Cibadak
Photo by Google Maps Ade Safari

Destinasi wisata alam ini dikategorikan sebagai air terjun dengan tipe Horsetail. Hal ini dikarenakan batu tebing yang berkelok membentuk mirip seperti ekor kuda. Air tidak langsung jatuh secara vertikal menuju ke kolam, namun terlebih dahulu mengaliri batuan tebing yang ada di bawahnya. Setelah dari batu tebing pertama, aliran air diteruskan ke batu lainnya dan berakhir di kolam.

Setiap batu tebing membentuk mirip seperti undakan, namun tidak dapat dijangkau karena terlalu tinggi. Wisatawan hanya bisa berada di bawah air terjun, dimana letak kolam terakhir berada. Ketinggiannya sendiri sudah pernah diukur dan diperkirakan mencapai 100 meter dari titik terakhir jatuhnya air.

3. Air Kolam yang Jernih

Aliran air Curug Cibadak tidak pernah kering dan selalu ada sepanjang tahun. Meski demikian, tetap saja debit air yang paling tinggi terjadi ketika musim hujan. Aliran air yang deras membawa material tanah sehingga air tampak keruh kecokelatan. Tetapi jika di musim kemarau, air berubah menjadi jernih dengan warna kebiruan yang indah.

Saking jernihnya, batu yang merupakan penghuni tetap di dasar kolam jelas terlihat. Secara keseluruhan, kolam di sini tidaklah terlalu dalam karena aliran air langsung diteruskan menuju ke sungai. Memang tidak cocok dijadikan aktivitas berenang, namun untuk bermain air saja sudah cukup memberikan sensasi seru selama liburan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Curug Cibadak
Photo by Google Maps Haris Darmawan

Alamat lengkap Curug Cibadak berada di Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jika anda berangkat dari pusat kota Garut, maka diperkirakan menempuh perjalanan sepanjang 60 kilometer. Dengan kecepatan kendaraan normal, jarak tersebut bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam.

Jangan khawatir mengenai akses jalan, karena terbilang sudah cukup baik. Gunakan Jalan Raya Tasikmalaya Ciawi sebagai patokan utama. Setelah tiba di jalan raya tersebut, silahkan menuju ke Jalan Raya Cisayong dan teruskan menuju ke Jalan Cigorowong. Masih minim petunjuk jalan di lokasi ini, namun anda bisa bertanya kepada warga sekitar karena dipastikan mereka tahu keberadaan curug cantik di Garut ini.

Harga Tiket Masuk Curug Cibadak

Tiket Masuk di Wisata Curug Cibadak
Photo by Google Maps Cucun Sukmawati

Tidak dapat di pungkiri bahwa Curug Cibadak masih belum dikelola dengan sempurna. Pengelolaan hanya mengandalkan swadaya warga setempat dan dari hasil pemasukan air terjun itu sendiri. Untuk harga tiket masuknya berlaku 10.000 rupiah per orang, tidak ada kategori anak-anak maupun dewasa.

Selain tiket masuk, pengunjung yang datang membawa kendaraan pribadi juga dikenakan biaya parkir. Siapkan 3.000 rupiah jika datang menggunakan sepeda motor, dan untuk mobil berlaku harga tiket 5.000 rupiah. Meskipun dibuka setiap hari selama 24 jam, namun alangkah baiknya berkunjung di pagi hari hingga menjelang petang.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Curug Cibadak
Photo by Facebook Fhingkiag

Seperti yang dikatakan tadi, Curug Cibadak tidak cocok dijadikan aktivitas berenang karena kolamnya yang terlalu dangkal. Meski demikian, tetap saja ada beberapa aktivitas pengganti yang pastinya menarik, berikut contohnya!

1. Menikmati Keindahan Curug Cibadak

Khusus bagi yang ingin healing dan mengembalikan pikiran supaya lebih fresh, menikmati keindahan air terjun pastinya menarik dilakukan. Hijaunya pohon menjadi pemandangan pertama yang menyejukkan mata. Kemudian diikuti dengan keunikan kontur batu tebing berundak tidak beraturan yang terlihat eksotis.

Belum berhenti menikmati pesona alam yang menyejukkan mata, suara jatuhnya air terjun pun terdengar seperti lantunan nyanyian alam. Pikiran yang awalnya kalut secara otomatis hilang, begitu juga dengan beban pikiran akibat pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Terlebih, suasana segar dan sejuk pastinya didapat karena Curug Cibadak sendiri berada di lereng Gunung Salak.

2. Bermain Air Seru di Tepi Kolam

Tidak dapat dijadikan aktivitas berenang bukan berarti membatasi kegiatan yang berhubungan dengan air. Sebagai gantinya, anda pun bisa bermain air yang pastinya seru dilakukan. Apalagi jika air di sini sangat jernih dan juga menyegarkan. Banyak batuan kecil yang ada di dasar kolam, silahkan gunakan sebagai pijakan.

Aktivitas Menarik di Wisata Curug Cibadak
Photo by Google Maps Udar1der Channel

Meski demikian, diharapkan selalu waspada ketika melakukan aktivitas ini. Bukan tidak mungkin ada beberapa batuan yang licin karena terlalu lama terendam air. Aktivitas seperti ini memang tidak cocok dilakukan sendirian. Maka dari itulah disarankan mengunjungi Curug Cibadak bersama rombongan, baik keluarga besar atau pasangan.

3. Hunting Foto Background Air Terjun

Aktivitas berikutnya adalah hunting foto, dimana merupakan aktivitas wajib ketika berlibur. Bukan hanya ketika mengunjungi air terjun, namun untuk semua jenis destinasi wisata. Kelebihan aktivitas foto di air terjun tidak lain dari pesona alamnya yang cocok dijadikan latar belakang foto.

Banyak spot liar yang cocok dijadikan background, sebut saja pematang sawah dan pepohonan hijau di sekitar Curug Cibadak. Meski demikian, tetap saja yang menjadi favorit adalah air terjun dengan keunikan nya. Batuan besar yang ada di sekitar air terjun bisa dijadikan titik utama untuk mengambil gambar yang sempurna. Berbagai pose pun cocok, baik duduk maupun berdiri.

Fasilitas Penunjang di Curug Cibadak

Fasilitas di Curug Cibadak
Photo by Google Maps Amet Arief Gunawan

Meskipun dikelola seadanya, tetap saja ada fasilitas umum untuk menunjang kebutuhan wisatawan. Tidak terlalu mewah, namun sudah cukup sebagai sarana dan prasarana yang memadai. Sebut saja toilet yang bersih, area parkir yang aman dan lumayan luas, serta tempat ibadah berupa mushola. Fasilitas lain seperti warung makan dan gazebo juga tersedia, namun tidak terlalu banyak.

Demikian informasi penting yang wajib diketahui sebelum mengunjungi Curug Cibadak. Siapkan segala sesuatu yang diperlukan dari rumah sebagai tips liburan sederhana. Objek wisata yang anda kunjungi kali ini berhubungan erat dengan air, maka jangan pernah lupa membawa baju ganti. Apabila tidak tahan dengan cuca dingin, alangkah baiknya jika membawa jaket dan baju tebal.